oleh oleh khas blitar.webp

7 Rekomendasi Oleh-Oleh Khas Blitar yang Banyak Dibeli!

Diterbitkan30 Apr 2024

Siapa yang tidak suka membawa pulang “sedikit potongan” alias oleh-oleh khas Blitar sebagai salah satu kota yang telah dikunjungi? Saat mengunjungi Blitar, tak lengkap rasanya apabila tidak membawa pulang sedikit oleh-oleh kuliner yang lezat dan unik. Pasalnya mengunjungi Blitar tak bisa hanya menjelajahi keunikan kotanya saja. 


AutoFamily jelas harus mencoba beberapa oleh-oleh untuk kerabat di rumah sehingga kenangan yang dibuat di Blitar juga dapat dirasakan seluruh keluarga. Tak perlu bingung, Auto2000 sudah menyiapkan informasi lengkap mengenai oleh-oleh khas Blitar yang banyak dibeli oleh para wisatawan. Baca selengkapnya di bawah ini! 


Mengenal Sekilas Kota Blitar 

Blitar, sebuah kota yang kaya akan sejarah dan kebudayaan terletak di Provinsi Jawa Timur, Indonesia. Dikenal sebagai tempat kelahiran mantan Presiden RI, Soekarno, kota ini memiliki pesona tersendiri yang menarik para wisatawan. 


Blitar juga dikenal karena keindahan alamnya yang memukau, seperti Pantai Serang yang menawarkan pemandangan laut indah dan pasir putih yang menenangkan. Selain itu, kota Blitar juga memiliki sejumlah situs bersejarah, seperti Makam Bung Karno dan Candi Penataran yang menjadi bukti kejayaan masa lalu Blitar sebagai pusat kekuasaan.


Baca juga: 10 Kuliner Khas Gresik yang Wajib Coba Saat Berkunjung


Melalui semua keunikan budaya dan warisan sejarahnya, tak heran kalau Blitar menjadi tujuan wisata yang menarik bagi banyak orang. Bahkan beberapa oleh-oleh yang dimiliki Blitar juga tidak boleh dilewatkan para wisatawan yang berkunjung. Pastikan Anda juga mencobanya ketika mengunjungi Blitar!


BAWA PULANG MOBIL TOYOTA IMPIAN ANDA DARI AUTO2000 DIGIROOM HARI INI JUGA!

Ragam Oleh-Oleh Khas Blitar yang Perlu Dicoba

Saat berkunjung ke Blitar, tak lengkap rasanya tanpa membawa pulang oleh-oleh khas yang menggoda lidah. Beragam kuliner dan produk tradisional Blitar menjadi pilihan yang tepat untuk dijadikan kenang-kenangan atau dibagikan kepada keluarga dan teman. Berikut beberapa oleh-oleh khas Blitar yang patut dicoba.


1. Opak Gambir

Opak Gambir menawarkan cita rasa yang begitu renyah dan manis ketika digigit. Dibuat dari bahan utama santan dan tepung ketan, opak ini menggoda selera dengan kelezatan yang sulit untuk ditolak. 


Saat mencicipinya, Anda pasti tidak akan bisa berhenti sebelum habis karena teksturnya yang renyah dan cita rasanya yang memikat. Cocok sebagai oleh-oleh alternatif saat berkunjung ke Blitar, opak gambir juga terjangkau untuk satu kemasan, menjadikannya pilihan yang ekonomis, tetapi tetap lezat.


2. Wajik Kletik

Wajik kletik adalah salah satu oleh-oleh khas Blitar yang tidak boleh dilewatkan saat berkunjung ke kota tersebut. Jajanan tradisional ini terbuat dari campuran gula kelapa dan beras ketan sehingga menghasilkan cita rasa manis dan gurih yang menggoda. 


Memiliki berbagai bentuk seperti kotak atau lonjong, wajik kletik memiliki keunikan tersendiri karena dibungkus dengan kulit jagung kering yang diikat dengan tali berwarna-warni. Selain itu, wajik kletik juga dapat bertahan lama sehingga cocok dijadikan camilan yang bisa dinikmati dalam waktu cukup lama. Harganya yang terjangkau membuatnya mudah didapatkan di pusat kota Blitar.


3. Geti

Geti merupakan salah satu oleh-oleh khas Blitar yang populer, terutama disajikan saat hari raya Lebaran. Terbuat dari campuran kacang tanah, wijen, dan gula merah yang direbus hingga pekat, kemudian dikeringkan, geti memiliki cita rasa manis, gurih, serta lezat. 


Jajanan ini cukup terjangkau dan mudah ditemukan di pusat kota Blitar. Umumnya terdapat tiga jenis pilihan geti, yaitu geti wijen, geti kacang tanah, dan gabungan keduanya. Anda bisa mencoba membeli ketiganya untuk tahu perbedaan cita rasa yang terdapat di dalam setiap jenisnya.


Baca juga: 19 Pantai di Jawa Timur yang Cocok untuk Traveling


4. Sagon

Sagon sudah jadi oleh-oleh khas Blitar yang melegenda. Pasalnya tekstur makanan satu ini sangat lembut saat dikunyah, tetapi tetap memberikan sensasi renyah pada bagian luarnya. Rasanya yang manis sangat memanjakan lidah, tak heran kalau oleh-oleh satu ini diminati banyak orang. 


Meskipun proses pembuatannya terlihat sederhana, sebenarnya keseluruhan tahapannya cukup rumit. Kunci kelezatannya berada pada tingkat kematangan kue yang perlu dipanggang dengan waktu yang pas agar tetap renyah dan tidak terlalu pahit. Saat membeli sagon, ada baiknya Anda memilih yang berwarna cokelat muda dan memiliki aroma kelapa kuat untuk mendapatkan kualitas terbaik.


TEMUKAN KUPON SERVIS KHUSUS UNTUK MOBIL TOYOTA KESAYANGAN ANDA HANYA DI AUTO2000 DIGIROOM

5. Peyek Uceng

Kemudian ada juga peyek uceng yang terkenal dengan rasa gurihnya sehingga cocok sebagai oleh-oleh saat berkunjung ke Blitar. Makanan ini banyak disajikan di berbagai rumah makan di daerah Blitar. 


Dinamai "peyek uceng" karena terbuat dari ikan uceng, yakni ikan air tawar berukuran kecil sekitar 2 hingga 4 cm yang memiliki cita rasa mirip dengan ikan wader. Bahan utama pembuatan peyek uceng meliputi campuran tepung sagu, tepung beras, santan, daun jeruk, dan tentu saja ikan uceng itu sendiri.


6. Dodol Belimbing

Dodol belimbing merupakan oleh-oleh khas Blitar yang memiliki cita rasa unik dan wajib dicoba. Biasanya dikemas dengan bungkus jagung kering, dodol ini hadir dalam berbagai varian rasa seperti orisinal, cokelat, dan lainnya. 


Rasanya manis dengan sedikit sentuhan asam khas buah belimbing. Dodol belimbing cocok dinikmati dengan minuman hangat seperti teh atau kopi. Harganya pun terjangkau dan banyak diminati karena rasanya yang gurih. 


7. Sambal Pecel 

Terakhir, ada oleh-oleh khusus untuk Anda pencinta sambal pedas, yaitu sambal pecel. Keistimewaan sambal pecel khas Blitar terletak pada kehadiran aroma kulit jeruk yang khas di dalamnya sehingga memberikan sentuhan yang unik pada rasanya. Sambal pecel khas Blitar dapat dengan mudah ditemukan di pusat oleh-oleh Blitar menjadi pilihan yang tepat untuk membawa sedikit cita rasa kota ini saat pulang ke rumah.


Baca juga: 7 Wisata Bojonegoro yang Wajib Dikunjungi!


Untuk dapat menikmati berbagai oleh-oleh khas Blitar yang lezat dan menggugah selera, Anda perlu memastikan keadaan kendaraan sudah baik agar perjalanan ke Blitar dapat dilakukan dengan lancar. 


Segera jadwalkan servis Anda ke bengkel Auto2000 dengan mengunjungi Auto2000 Digiroom. Selain servis, tersedia paket dan berbagai layanan lengkap yang dapat membantu Anda menjaga performa mesin tetap maksimal.

 

Di Auto2000 Digiroom, Anda juga bisa menemukan beragam jenis mobil untuk perjalanan jauh. Spesifikasinya pun lengkap untuk memenuhi semua kebutuhan Anda selama berkendara. Perjalanan dekat maupun jauh pasti tak akan jadi masalah dengan mobil Toyota yang berkualitas. Tunggu apa lagi? Temukan mobil impian Anda sekarang hanya di Auto2000 Digiroom!


Informasi dalam konten artikel ini dapat mengalami perubahan dan perbedaan, menyesuaikan dengan perkembangan, situasi, strategi bisnis, kemajuan teknologi dan kebijakan tertentu tanpa pemberitahuan terlebih dahulu.


Gambar hanya sebagai ilustrasi.

digiroom logo

AUTO2000 DIGIROOM

Dealer Toyota terbesar di Indonesia yang melayani jaringan jasa penjualan, perawatan, perbaikan dan penyediaan suku cadang Toyota yang terbesar di seluruh Indonesia.