mobil-listrik-giias.jpg

Deretan Mobil Listrik GIIAS 2023 di Booth Toyota

Diterbitkan11 Agu 2023

Mobil listrik atau Electric Vehicle (EV) adalah kendaraan listrik yang menggunakan motor listrik sebagai penggerak utama. Mobil listrik makin populer di Indonesia dan menjadi salah satu fokus utama dalam pameran otomotif Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS). Di pameran ini, terdapat beberapa mobil listrik GIIAS yang dapat AutoFamily cek spesifikasinya dengan lengkap.

Untuk melaju, mobil listrik menggunakan baterai sebagai sumber energi dan tidak memerlukan bahan bakar fosil seperti bensin atau solar. Untuk lebih tahu bagaimana kinerja mobil listrik dan perbedaannya dengan mobil konvensional, AutoFamily bisa simak uraian lengkap di bawah ini.

Pengertian Mobil Listrik

Mobil listrik adalah kendaraan yang menggunakan motor listrik sebagai penggerak utama. Motor listrik ini dihubungkan dengan baterai sebagai sumber energi. Baterai ini dapat diisi ulang dengan menggunakan sumber listrik dari rumah atau stasiun pengisian daya yang tersedia di tempat umum. Namun mobil listrik juga tak hanya merujuk pada mobil yang sepenuhnya menggunakan full motor listrik, namun juga hybrid.

Baca Juga:4 Jenis Mobil Listrik dan Prinsip Kerjanya

Selain memiliki motor listrik sebagai penggerak utama dan baterai sebagai sumber energi, mobil listrik hadir dengan emisi gas buang yang rendah, sehingga mobil listrik dianggap lebih ramah lingkungan dan berpotensi mengurangi polusi udara di perkotaan.

DAPATKAN PERAWATAN MOBIL YANG COCOK SESUAI DENGAN MODEL MOBIL TOYOTA ANDA DENGAN PAKET SERVIS TOYOTA DARI AUTO2000 DIGIROOM

Kelebihan Mobil Listrik

Mobil listrik memiliki sejumlah keunggulan yang bisa dijadikan sebagai pertimbangan bila AutoFamily hendak memilikinya. Pertama, aspek ramah lingkungan menjadi salah satu kelebihan utama mobil listrik, mengingat mobil ini tidak menghasilkan emisi gas berbahaya saat beroperasi.

Kedua, dalam hal kinerja, mobil listrik mampu memberikan performa yang lebih unggul karena motor listriknya mampu menghasilkan torsi yang lebih besar, sehingga AutoFamily bisa mendapatkan pengalaman berkendara yang optimal.

Perbedaan Mobil Listrik dengan Mobil Konvensional

Perbedaan mendasar antara mobil listrik dan mobil konvensional terletak pada jenis sumber energi yang digunakan sebagai tenaga penggerak. Mobil konvensional mengandalkan bahan bakar fosil seperti bensin atau solar, sementara mobil listrik mengandalkan listrik sebagai sumber energi utama untuk motor listriknya.

Baca Juga:Mobil Listrik vs Mobil Bensin: 5 Perbedaan Utama

Selain itu, mobil listrik memiliki keunggulan tambahan dalam efisiensi konversi energi, karena listrik dapat dihasilkan dari berbagai sumber terbarukan, sedangkan bahan bakar fosil memiliki dampak lingkungan yang lebih besar.

Mobil listrik juga memiliki responsivitas yang lebih cepat dan akselerasi yang lebih lancar, karena motor listriknya memberikan torsi seketika, tanpa perlu menunggu proses pembakaran seperti pada mesin konvensional.

Mobil Listrik Unggulan dari Toyota

Pameran GIIAS selalu menjadi platform yang dinantikan untuk melihat perkembangan terbaru dalam industri otomotif. Salah satu sorotan utama pada pameran kali ini adalah kehadiran mobil listrik. Sebagai salah satu produsen mobil terkemuka, Toyota hadir dengan sejumlah mobil listrik yang menjadi fokus utama sebagai solusi masa depan dalam mengurangi dampak lingkungan dan ketergantungan pada bahan bakar fosil. Berikut mobil listrik GIIAS dari Toyota tersebut.

Baca Juga:2 Jenis Mobil Listrik di Indonesia, Mana Favoritmu?

1. Toyota Innova Zenix Hybrid

Toyota Innova Zenix Hybrid adalah mobil listrik yang menggunakan teknologi hybrid. Mobil ini memiliki mesin bensin dan motor listrik sebagai penggerak utama.

Mobil ini hadir dengan mesin M20A-FXS 4 silinder, sejajar (in-line), 16 katup DOHC, dan chain drive Dual VVT-i yang mampu menghasilkan performa daya maksimum mencapai 174 ps/6000 rpm serta torsi maksimum 20,9 kgm/4500-4900 rpm melalui generasi terbaru Hybrid Engine Gen-5, yang pertama kali diperkenalkan di Indonesia.

Tidak hanya itu, transmisi CVT yang diterapkan dalam kendaraan ini juga memberikan pengalaman berkendara yang optimal, sejalan dengan performa yang andal dari mesin berkapasitas 1987 cc ini.

Mobil Toyota Innova Zenix Hybrid juga dilengkapi dengan baterai hybrid Ni-MH, lengkap dengan filter di penutup saluran udara pendingin baterai, yang bertujuan untuk mencegah masuknya kotoran dan memperpanjang umur pakai baterai secara efektif.

2. Toyota bZ4X

Toyota bZ4X sepenuhnya menggunakan motor listrik sebagai penggerak utama. Ditenagai oleh generator listrik synchronous AC yang mampu menghasilkan daya maksimum 150 kW dan torsi maksimum 266,3 Nm.

Mobil Toyota bZ4X memiliki kemampuan akselerasi dari 0 hingga 100 km/jam hanya dalam waktu 8,3 detik, sehingga menjadikan mobil ini sebagai kendaraan listrik Toyota yang memiliki performa yang sangat kuat.

Untuk memastikan pasokan tenaga yang diperlukan, mobil ini menggunakan baterai Lithium-ion dengan kapasitas 71,4 kWh yang beroperasi pada tegangan 355 Volt. Dalam hal pengisian daya, baterai ini mendukung pengisian daya AC hingga 6,6 kW dan pengisian daya DC hingga 150 kW. Baterai yang digunakan merupakan tipe modern berbasis lithium-ion, sehingga menambah daya tahan dan efisiensi pada mobil ini.

3. Toyota Corolla Cross Hybrid

Toyota Corolla Cross termasuk mobil listrik yang menggunakan teknologi hybrid. Mesin yang disematkan pada mobil Corolla Cross versi hybrid ini memiliki kode 2ZR-FXE dengan kapasitas 1.798 cc 4-silinder DOHC serta teknologi VVT-i.

Mesin bensin ini mampu menghasilkan tenaga maksimum sebesar 98 PS dan torsi 14,5 Kgm. Sementara motor listriknya mampu menghasilkan tenaga maksimum sebesar 72 PS dan torsi 16,6 Kgm.

Mobil ini memiliki efisiensi bahan bakar yang lebih tinggi dan memberikan performa serta kepuasan dalam berkendara, sehingga membuat Toyota Corolla Cross Hybrid menjadi pilihan yang menarik bagi AutoFamily.

NIKMATI PERJALANAN BERSAMA KELUARGA YANG NYAMAN DENGAN MENJAGA KONDISI MOBIL AGAR SELALU PRIMA DI AUTO2000

4. Toyota Yaris Cross Hybrid

Mobil dengan konsep medium SUV 5-seater ini dibekali dengan mesin berkapasitas 1.500 cc dengan konfigurasi 4 silinder. Dari dapur pacu ini, Toyota Yaris Cross Hybrid mampu mencapai daya sebesar 67 kW atau sekitar 91 PS.

Sementara itu, mesin bensinnya mampu menghasilkan tenaga sebesar 59 kW atau sekitar 80 Nm. Sedangkan motor listriknya mampu mengeluarkan torsi maksimum hingga mencapai 121 Nm.

Mobil ini dibekali juga dengan Aplikasi Toyota Hybrid System (THS), yang didukung oleh pengembangan motor listrik dan penggunaan baterai Lithium-Ion yang lebih kompak dan bertenaga, sehingga mampu menghadirkan performa yang linear dan makin bertenaga.

Teknologi yang diaplikasikan pada Yaris Cross Hybrid ini menghasilkan pengalaman berkendara yang tenang dan ramah lingkungan. Mode EV-nya juga memberikan pengalaman unik kepada AutoFamily, serta memberikan karakteristik berkendara mobil listrik murni yang tenang, responsif, dan bebas emisi.

5. Toyota Camry Hybrid

Toyota Camry Hybrid tersedia dalam varian 2.5 HV yang menggunakan tipe mesin hybrid. Unit pembakaran bensin pada mobil ini terdiri dari 4 silinder sejajar dengan kode A25A-FXS dan kapasitas 2.487 cc. Mesin konvensional mobil ini mampu menghasilkan daya maksimum mencapai 178 ps/5.700 RPM. Sementara motor listriknya mampu menghasilkan tenaga sebesar 20,6 ps.

Mobil ini memiliki efisiensi konsumsi bahan bakar yang tinggi. Meskipun masih menggunakan bahan bakar bensin, sistem hybrid yang menggabungkan mesin bensin dan baterai membuat Toyota Camry Hybrid memiliki performa konsumsi bahan bakar yang efisien.

6. Toyota All New Alphard Hybrid

Kini, MPV premium dari Toyota juga sudah hadir dengan varian terbaru bermesin hybrid yang tidak hanya efisien dari segi bahan bakar dan ramah lingkungan, tetapi juga bisa menghantarkan performa yang bertenaga. Torsi yang dihasilkan adalah 239 Nm / 24.4 kgm, sangat mumpuni untuk mobil dikelasnya. Selain itu ada juga fitur-fitur premium lainnya yang bisa dirasakan dari interiornya. Tidak ketinggalan tampilan eksterior baru yang membuat mobil ini tampil lebih elegan.

Dari mobil listrik GIIAS ini, mana yang paling menarik perhatian AutoFamily? Kelima mobil listrik dari Toyota ini memiliki keunggulan masing-masing dan dapat menjadi pilihan yang tepat untuk AutoFamily yang tertarik menggunakan mobil listrik untuk kebutuhan sehari-hari.

Toyota Camry bisa menjadi pilihan bagi AutoFamily yang ingin mendapatkan pengalaman berkendara yang optimal serta efisiensi bahan bakar yang tinggi. Untuk mendapatkan Toyota Camry ini, Anda bisa berkunjung ke Auto2000 sekarang juga.

Informasi dalam konten artikel ini dapat mengalami perubahan dan perbedaan, menyesuaikan dengan perkembangan, situasi, strategi bisnis, kemajuan teknologi dan kebijakan tertentu tanpa pemberitahuan terlebih dahulu

digiroom logo

AUTO2000 DIGIROOM

Dealer Toyota terbesar di Indonesia yang melayani jaringan jasa penjualan, perawatan, perbaikan dan penyediaan suku cadang Toyota yang terbesar di seluruh Indonesia.