jenis-mobil-listrik.png

Mengenal Berbagai Jenis Mobil Listrik dan Prinsip Kerjanya

Diterbitkan10 Jan 2023

Penggunaan mobil listrik kini bukan lagi hal baru. Meski belum banyak yang menggunakan atau memilikinya tetapi keberadaan jenis mobil listrik di Indonesia sudah diketahui dengan baik. Sejak tahun 2022 yang lalu bahkan Toyota sudah mengeluarkan deretan mobil listrik dengan jenis Hybrid Electric Vehicle atau HEV.

Mobil HEV baru satu jenis mobil listrik yang digemari oleh masyarakat Indonesia. Namun perlu diketahui bahwa nyatanya mobil listrik punya beragam jenis yang bisa dipilih sesuai keinginan dan kebutuhan masing-masing pribadi. Penasaran apa saja jenis mobil listrik yang tersedia? Coba perhatikan penjelasannya di bawah ini.

4 Jenis Mobil Listrik

Saat ini mobil listrik terbagi menjadi 4 jenis berbeda yang sudah bisa dipilih oleh seluruh masyarakat Indonesia. Ada yang sepenuhnya menggunakan baterai dan motor listrik tetapi ada juga yang masih memiliki mesin bensin. Anda bisa memilih mobil berteknologi elektrifikasi yang cukup beragam modelnya di Auto2000 Digiroom, kemudahan memiliki dapat Anda nikmati. Kalau begitu mari pelajari masing-masing jenisnya lebih detail berikut ini.

1. Hybrid Electric Vehicle (HEV)

HEV (Hybrid Electric Vehicle) adalah jenis mobil yang menggabungkan mesin bensin atau diesel dengan motor listrik.Mobil hybrid ini dapat menggunakan sumber energi dari kedua mesin tersebut secara bergantian atau bahkan bersamaan.

Baterai yang tersedia digunakan untuk menyimpan energi yang dihasilkan saat mobil melakukan regenerative braking (pengisian ulang baterai saat mobil mengerem) atau saat mesin bensin atau diesel menghasilkan lebih banyak tenaga daripada yang dibutuhkan.

Jadi motor listrik akan menggunakan energi dari baterai untuk membantu menggerakkan mobil, sedangkan mesin bensin atau diesel digunakan untuk menghasilkan energi tambahan saat dibutuhkan.

TUKAR TAMBAH MOBIL LAMA ANDA DENGAN MOBIL IMPIAN HANYA DI AUTO2000

2. Battery Electric Vehicle (BEV)

BEV (Battery Electric Vehicle) adalah jenis mobil yang menggunakan energi listrik sebagai satu-satunya sumber untuk membuat kendaraan dapat dikendarai di jalanan. Mobil satu ini juga dikenal dengan sebutan mobil listrik karena tidak memiliki mesin bensin atau diesel. Itu berarti mobil ini tidak mengeluarkan emisi gas buang seperti mobil biasanya.

Mobil listrik menggunakan baterai lithium-ion untuk menyimpan dan menyalurkan energi listrik ke motor listrik yang menggerakkan mobil. Baterai tersebut dapat diisi ulang dengan menggunakan stop kontak atau pengisi daya mobil listrik khusus (EV charging station).

3. Plug-in Hybrid Electric Vehicle (PHEV)

Tidak jauh berbeda dengan HEV, mobil satu ini merupakan jenis kendaraan yang menggabungkan mesin bensin atau diesel dengan motor listrik. Plug-in Hybrid Electric Vehicle tetap dapat menggunakan sumber energi dari kedua mesin tersebut secara bergantian atau bersamaan, seperti mobil hybrid pada umumnya.

Bedanya, mobil hybrid satu ini memiliki fitur yang memungkinkan baterainya diisi ulang dengan menggunakan stop kontak atau pengisi daya mobil listrik (EV charging station).

Hal ini membuat mobil dapat beroperasi hanya dengan menggunakan sumber energi listrik ketika diperlukan, seperti saat berada di daerah perkotaan atau saat melakukan perjalanan jarak pendek. Tentu konsumsi BBM-nya akan menjadi sangat efisien dan menghemat pengeluaran.

4. Fuel Cell Electric Vehicle (FCEV)

Jenis FCEV masih menggunakan energi listrik untuk menggerakkan mobil, tetapi bukan dengan BBM ataupun baterai. Uniknya, jenis mobil satu ini memanfaatkan reaksi kimia dari oksigen dan hidrogen. Hasil dari reaksi kimia tersebut akan menghasilkan energi listrik yang sangat besar sehingga membuat mobil bisa dikendarai dalam jarak jauh.

Baca juga:Inilah Kelebihan dan Keunikan Mobil Listrik

3 Rekomendasi Jenis Mobil Listrik dari Toyota

Toyota yang sudah berkecimpung dalam dunia otomotif Indonesia sejak tahun 1938 tentu tidak ketinggalan mengeluarkan mobil listrik. Jika Anda sedang mencari mobil dengan energi listrik maka berikut rekomendasi terbaik dari Toyota.

1. Toyota All New BZ4X

Pertama-tama ada Toyota All New BZ4X yang baru saja diluncurkan pada tahun 2022 lalu. Keberadaannya menjadi mobil full listrik pertama yang dipersembahkan Toyota kepada masyarakat Indonesia. Interior dan eksteriornya di desain dengan sangat estetis agar setiap orang yang berada di dalamnya dapat merasa nyaman.

Bahkan tersemat panoramic roof yang bisa membuat penumpang menikmati langit indah selama perjalanan. Soal teknologi serta keamanannya tidak perlu dipertanyakan karena Toyota All New BZ4X sudah dilengkapi dengan Toyota Safety Sense untuk memastikan keselamatan seluruh penumpang.

2. Toyota New C-HR Hybrid

Jika Anda lebih suka dengan mobil hybrid maka Toyota New C-HR Hybrid juga bisa dipilih. Tentunya terdapat mesin bensin dan motor listrik yang akan membuat pengalaman berkendara Anda nyaman.

Keberadaan mobil hybrid memang sangat efisien serta ramah lingkungan. Jumlah emisi gas buang yang makin sedikit akan membantu menjaga lingkungan dan bumi dari pemanasan global yang berbahaya.

Mesinnya sudah dilengkapi 2ZR-FXE dan merupakan hybrid generasi ke-4. Mobil satu ini tersedia dalam 4 pilihan warna yang sangat elegan dan mewah. Velg berukuran 18 inci dengan striking alloy bahkan menambah kesan elegan pada bagian eksteriornya.

Keamanan mobil Toyota New C-HR Hybrid sudah teruji aman serta dilengkapi dengan Toyota Safety Sense agar Anda bisa berkendara dalam perasaan tenang.

CARI TAHU INFORMASI HARGA TERBARU MOBIL IMPIAN ANDA HANYA DI AUTO2000

3. Toyota New Camry Hybrid

Masih dengan jenis mobil hybrid, Toyota mengeluarkan mobil sedan yang jelas sangat menawan. Interiornya didesain sangat modern untuk mendukung teknologi yang sudah tersemat di dalamnya.

Ruang kabin yang luas dengan keamanan dari Toyota Safety Sense pasti akan membuat perjalanan Anda menjadi menyenangkan. Selain itu Toyota New Camry Hybrid sudah menggunakan TNGA alias Toyota New Global Architecture yang mengedepankan aspek kelincahan, kestabilan, serta kenyamanan penggunanya.

TNGA menjadi salah satu unggulan yang ditawarkan oleh Toyota pada mobil-mobil hybrid yang dikeluarkannya.

Baca juga:Seberapa Jauh Jarak Tempuh Mobil Listrik?

Jenis mobil listrik seperti apa yang menjadi impian AutoFamily? Cari tahu semua spesifikasi lengkapnya dengan mengunjungi Auto2000 Digiroom sekarang juga! Ketika seluruh spesifikasinya sudah AutoFamily pahami maka saatnya untuk melakukan test drive.

Tentu hal ini penting agar AutoFamily tidak salah pilih mobil untuk pribadi ataupun keluarga. Rasakan tarikan mesin dan seluruh teknologi canggihnya dengan menghubungi dealer Toyota Kabupaten Malang segera!

Informasi dalam konten artikel ini dapat mengalami perubahan dan perbedaan, menyesuaikan dengan perkembangan, situasi, strategi bisnis, kemajuan teknologi dan kebijakan tertentu tanpa pemberitahuan terlebih dahulu.

digiroom logo

AUTO2000 DIGIROOM

Dealer Toyota terbesar di Indonesia yang melayani jaringan jasa penjualan, perawatan, perbaikan dan penyediaan suku cadang Toyota yang terbesar di seluruh Indonesia.