pengertian-mobil-hybrid.jpg

Apa Itu Mobil Hybrid dan Perbedaannya dengan Mobil Bermesin Konvensional

Diterbitkan25 Okt 2023

Sudahkah AutoFamily mengenal pengertian kendaraan hybrid? Kemajuan teknologi saat ini tidak hanya menyasar pada alat komunikasi atau media saja. Melainkan juga pada teknologi kendaraan terutama mobil. Belakangan ini, AutoFamily pasti kerap mendengar sebutan mobil hybrid baik secara langsung maupun pada berbagai media digital.

Teknologi hybrid dalam kendaraan roda empat menjadi salah satu inovasi yang mampu membuat mobil memiliki konsumsi bahan bakar yang efisien. Selain itu keunikan teknologi hybrid juga membuat semakin banyak orang penasaran dengan cara kerja dan performa mobil ini.

Melalui penjelasan singkat di atas, apakah Anda sudah bisa menggambarkan apa itu mobil hybrid? Jika masih bingung, langsung saja simak artikel berikut ini untuk informasi selengkapnya.

Apa Itu Mobil Hybrid?

Saat ini mobil sistem hybrid yang menjadi primadona bagi para produsen mobil sebab menjadi ide yang cemerlang untuk memanfaatkan dua jenis mesin bahan bakar dalam satu mobil.

Jadi, pada dasarnya mobil hybrid merupakan jenis kendaraan yang menggunakan dua sistem penggerak di dalamnya yaitu mesin bahan bakar bensin dan motor listrik. Penggunaan dua sumber energi ini mampu menghasilkan tingkat efisiensi bahan bakar yang lebih baik dan tentunya menambah performa mobil menjadi lebih bertenaga.

Kedua sistem penggerak yaitu bahan bakar konvensional dan motor listrik bergerak bergantian pada kondisi tertentu. Saat mobil bergerak dengan kecepatan rendah, maka sistem penggerak menggunakan motor listrik. Namun ketika baterai telah habis, mobil akan beralih menggunakan bahan bakar konvensional sebagai tenaga penggeraknya.

Seluruh sistem kelistrikan pada mobil juga digerakkan oleh baterai pada motor listrik. Hal ini mencakup power window, audio, hingga AC. Oleh karena itulah, mobil hybrid dinilai efisien dalam konsumsi bahan bakar.

Toyota sendiri telah mengadopsi penggunaan teknologi ini pada produknya yang diberi nama Toyota Prius pada tahun 1997.

DAPATKAN MOBIL TOYOTA HYBRID TERBAIK IMPIAN ANDA MELALUI AUTO2000 DIGIROOM

Cara Kerja Mobil Hybrid

Berbeda dengan mobil listrik dan mobil konvensional, mobil hybrid menggabungkan dua sumber daya utama, yaitu mesin konvensional dan motor listrik. Hal ini menciptakan pengalaman berkendara yang nyaman dan ramah lingkungan.

Baca Juga: Memahami Perbedaan Mobil Listrik dan Hybrid

Saat Anda mengurangi kecepatan atau menggunakan rem, motor listrik menghasilkan tenaga. Energi ini kemudian disimpan di baterai untuk digunakan nanti, sehingga Anda tidak perlu selalu mengisi baterai dengan sumber listrik eksternal. Saat mengemudi di lingkungan perkotaan, mobil hibrid secara otomatis dapat beralih ke mode listrik, mengurangi penggunaan bahan bakar bensin dan emisi karbondioksida.

Namun, saat Anda memerlukan tenaga ekstra saat berkendara dengan kecepatan tinggi, mesin konvensional yang menggunakan bahan bakar bensin akan aktif secara otomatis untuk memberikan daya tambahan. Keberadaan motor listrik membantu mengurangi beban mesin bensin, yang pada gilirannya mengurangi emisi secara keseluruhan. Saat ini terdapat 3 jenis mobil hybrid, ada full hybrid, mild hybird, dan plug-in hybird. Untuk mengetahui perbedaan dari ketiga jenis tersebut, Yuk, simak informasi berikutnya di artikel ini.

2 Perbedaan Mobil Hybrid Dengan Mobil Biasa

Jika dibandingkan dengan mobil konvensional dengan satu sistem penggerak, mobil hybrid tentu berbeda. Mobil hybrid menggunakan dua jenis mesin yang berbeda sedangkan mobil biasa umumnya menggunakan satu jenis mobil saja. Selain satu perbedaan tersebut, terdapat 2 perbedaan lain pada kedua jenis mobil ini. Berikut ulasan selengkapnya:

1. Sistem Bahan Bakar

Seperti yang telah diketahui bersama, mesin mobil pada umumnya membutuhkan bahan bakar berupa bensin atau solar agar dapat bergerak sebab sumber energinya berasal dari proses pembakaran. Sedangkan teknologi mesin hybrid pada mobil Toyota mengadopsi 2 sumber energi yaitu bahan bakar konvensional dan sumber tenaga listrik.

2. Getaran dan Suara

Mobil hybrid memiliki getaran dan suara mesin yang jauh lebih halus dan senyap dibandingkan mobil biasa. Pasalnya saat mobil berhenti, mesin akan mengubah penggunaan sistem penggerak dari mesin bensin ke motor listrik.

Sedangkan pada mobil dengan mesin biasa akan menghasilkan suara dan getaran yang tak bisa disamakan dengan mobil hybrid, terlebih pada mobil berbahan bakar solar.

Baca juga:Debut Dunia! Innova Hybrid Bisa Segera AutoFamily Miliki

3 Keunggulan Mobil Hybrid

Saat ini AutoFamily telah mengetahui berbagai hal seputar mobil hybrid. Apabila masih ragu untuk memilihnya, Anda perlu mengenal berbagai keunggulan yang bisa dirasakan ketika mengendarai mobil hybrid. Simak informasi dan penjelasan selengkapnya berikut ini:

1. Ramah Lingkungan

Tak kalah dengan produk mobil LCGC, hybrid juga menjadi salah satu inovasi teknologi ramah lingkungan pada mobil. Saat ini, penyebab polusi udara yang paling besar adalah konsumsi bahan bakar yang besar.

Oleh karenanya, penggunaan dua sistem mesin yaitu bahan bakar konvensional dan motor listrik akan mengurangi emisi gas buang ke udara dan sangat berpengaruh pada lingkungan, sebab AutoFamily tidak sepenuhnya menggunakan bahan bakar konvensional dan lebih sedikit asap sisa pembakaran yang dihasilkan.

Baca juga:Apakah Mobil Hybrid Perlu Dicharge? Ini Dia Jawabannya!

2. Getaran dan Suara yang Minim

Mobil hybrid sangat minim akan getaran dan suara karena akan menggunakan baterai terlebih dahulu, baru menggunakan mesin bensin jika energi listrik pada baterai telah habis. Hal ini tentunya bisa memberikan kenyamanan pada pengemudi dan penumpang. Terutama jika berada di kemacetan.

3. Lebih Efisien

Mobil hybrid bisa jauh lebih efisien dalam hal konsumsi bahan bakar karena menggunakan 2 jenis mesin pada satu mobil. Namun tentunya hal ini juga akan dipengaruhi dengan cara mengemudi tiap individu.

4. Biaya Perawatan Terjangkau

Selain mengurangi emisi polusi hingga 90%, mobil hibrida juga memiliki keunggulan dalam hal biaya perawatan yang lebih terjangkau. Hal ini dikarenakan mobil hibrida memerlukan perawatan yang lebih sedikit daripada mobil konvensional, sehingga pemiliknya dapat menghemat biaya perawatan jangka panjang.

TUKAR TAMBAH SEMAKIN MUDAH DAN CEPAT MELALUI WEBSITE AUTO2000 DIGIROOM

Beberapa Jenis Mobil Hybrid

Berikut adalah beberapa jenis mobil hybrid berbeda dan cara kerja berdasarkan jenisnya:

1. Mobil Full Hybrid

Mobil full hybrid mendapatkan sumber daya utama dari bahan bakar minyak berupa bensin. Dan untuk mendapatkan kombinasi tenaga tambahan, mobil jenis ini mendapatkannya dari motor listrik.

Mobil full hybrid bekerja menggunakan motor listrik sebagai sumber yang menggerakkan mobil ketika mobil berkecepatan rendah. Hal tersebut membuat mobil full hybrid efektif digunakan ketika jalanan sedang macet.

Ketika memasuki kecepatan jelajah, mobil full hybrid menggunakan mesin bensin secara bersamaan untuk bergerak. Saat mengerem, fungsi motor listrik berubah sebagai penghasil daya listrik, di mana listrik yang dihasilkan disimpan di dalam baterai.

2. Mobil Plug-In Hybrid

Cara kerja mobil jenis ini kurang lebih sama dengan cara kerja tipe mobil hybrid yang lainnya. Perbedaannya terletak di kapasitas baterai yang lebih besar, sehingga membuat mobil jenis ini memiliki jangkauan jelajah yang lebih luas.

Sesuai dengan namanya, baterai mobil plug-in hybrid dapat diisi ulang di rumah. Dikarenakan mobil jenis ini memiliki kapasitas penggunaan baterai yang besar, maka mobil ini memiliki daya jelajah yang cukup jauh.

Baca juga:Apakah Innova Zenix Ada yang Manual?

3 Mobil Hybrid Toyota

Mulai tertarik untuk mencoba mobil hybrid sebagai kendaraan pribadi atau keluarga AutoFamily? Tak perlu bingung untuk menentukan pilihan. Berikut ini Auto2000 bagikan rekomendasi mobil hybrid andalan Toyota yang cocok untuk Anda:

1. Toyota New C-HR Hybrid

Pada tahun 2019, Toyota resmi memperkenalkan Toyota C-HR Hybrid dengan spesifikasi mesin 4 cylinder, 16 valve DOHC dengan VVT-i dan jenis transmisi 7 speed CVT. Harga yang ditawarkan pun juga cukup terjangkau yaitu berkisar pada Rp.586 juta untuk OTR Jakarta.

Memilih Toyota New C-HR Hybrid sebagai mobil keluarga juga menguntungkan untuk Anda sebab mobil ini dilengkapi dengan interior yang elegan, nyaman, dan fitur hiburan yang lengkap. Soal keamanan, AutoFamily tidak perlu meragukan Toyota.

Untuk menjamin keselamatan dan kenyamanan berkendara, Toyota melengkapi sistem keamanan New C-HR Hybrid denganpre collision system, adaptive cruise control, lane departure alert dan lain sebagainya.

2. Toyota All New Corolla Cross Hybrid

Rekomendasi mobil Toyota hybrid selanjutnya adalah Toyota All New Corolla Cross Hybrid yang dilengkapi dengan mesin 4 cylinder in-line dan teknologi DOHC VVT-i 16 valve. Kapasitas mesin mobil All New Corolla Cross Hybrid adalah 1.798 cc dengan torsi maksimum 14.5/3.600 kgm/rpm.

Toyota All New Corolla Cross Hybrid dilengkapi dengan desain interior yang classy serta memiliki ruang kabin yang lega dan tentunya nyaman. Tidak terlewatkan juga, Toyota memberikan fitur hiburan berupa multi purpose head unit yang dapat Anda gunakan untuk mendengarkan musik melalui jaringan bluetooth.

3. Innova Zenix Hybrid EV

Rekomendasi mobil Toyota Hybrid ketiga adalah Innova Zenix Hybrid EV. Mobil ini dilengkapi dengan ground clearance 185 mm dan memiliki dimensi berikut: 4755 mm L x 1850 mm W x 1795 H. Mobil ini juga memiliki 7 Seater MPV, dengan kisaran harga yang berlaku di Indonesia antara Rp 458 - 611 Juta.

Jenis transmisi mobil ini adalah CVT, dan kapasitas mesin mobil ini sebesar 1987 cc. Untuk fitur keselamatan, mobil ini dilengkapi dengan Pre-Collision System, Toyota Safety Sense, dan Lane Tracing Assist. Selain itu, mobil ini juga dilengkapi dengan Anti Lock-Braking System, Brake Assist, dan Electric Brake Distribution.

Baca juga:Sambutlah, Toyota Innova Zenix yang Sudah Tersedia di Auto2000 Digiroom

Seluruh mobil hybrid Toyota tentunya dirancang sebaik mungkin untuk menjamin kenyamanan berkendara AutoFamily dan keluarga. Melalui penjelasan pengertian mobil hybrid di atas, apakah AutoFamily tertarik untuk menjadikan Toyota All New Corolla Cross Hybrid sebagai pilihan mobil keluarga?

Mobil hybrid Toyota di atas bisa AutoFamily dapatkan melalui Auto2000 tentunya dengan pelayanan yang cepat dan terbaik. Tak perlu kebingungan untuk mencari informasinya atau ingin mengecek harga mobil hybrid Toyota, karena semuanya bisa dilakukan dari Auto2000 Digiroom.

Selain cek harga mobil baru, AutoFamily juga bisa menikmati layanan bengkel Auto2000 yang tersedia di berbagai kota seperti bengkel Toyota Bekasi dengan mudah. Tunggu apalagi? Kunjungi Auto2000 Digiroom sekarang dan dapatkan mobil hybrid Toyota impian Anda dengan mudah.

Informasi dalam konten artikel ini dapat mengalami perubahan dan perbedaan, menyesuaikan dengan perkembangan, situasi, strategi bisnis, kemajuan teknologi dan kebijakan tertentu tanpa pemberitahuan terlebih dahulu.

digiroom logo

AUTO2000 DIGIROOM

Dealer Toyota terbesar di Indonesia yang melayani jaringan jasa penjualan, perawatan, perbaikan dan penyediaan suku cadang Toyota yang terbesar di seluruh Indonesia.