macam macam setir mobil.webp

Macam-Macam Setir Mobil: Pahami Fungsi dan Karakteristiknya Masing-Masing

Diterbitkan19 Jan 2024

Setir mobil merupakan salah satu komponen penting pada mobil yang berfungsi mengendalikan arah dan kemudi mobil. Terdapat macam-macam setir mobil dengan fungsi serta karakteristik yang berbeda-beda sesuai dengan jenis mobil dan kebutuhan pengendara. 


Beberapa jenis setir mobil yang umum digunakan antara lain tilt steering wheels, telescopic steering wheels, hingga rack and pinion steering wheels. Mari simak masing-masing penjelasannya di bawah ini. 


Fungsi Setir Mobil

Setir mobil bukan hanya sekadar komponen yang menghubungkan pengemudi dengan roda, tetapi juga perangkat penting yang berperan dalam mengendalikan kendaraan. Fungsinya sangat luas dan mencakup aspek keselamatan, kenyamanan, dan kemudahan penggunaan. Yuk simak fungsi setir mobil secara lebih luas berikut ini. 


1. Kendali Utama Kendaraan

Setir mobil tidak hanya berfungsi sebagai penghubung antara pengemudi dan roda, tetapi juga menjadi perangkat untuk mengarahkan mobil sesuai dengan keinginan. Saat Anda menggerakkan setir ke kiri atau kanan, pengemudi dapat dengan mudah mengontrol arah mobil untuk menavigasi dengan aman di jalan raya. 


Baca juga: 5 Penyebab Setir Mobil Berat, Ini Masalahnya!


2. Faktor Keamanan 

Setir berperan dalam memastikan keamanan pengendara dan penumpang. Responsifnya sistem kemudi dapat membantu pengemudi merespons dengan cepat terhadap situasi darurat atau perubahan kondisi jalan, sehingga mencegah potensi kecelakaan.


3. Kenyamanan Berkendara

Fungsi setir tidak hanya terbatas pada kendali, melainkan juga memengaruhi kenyamanan berkendara. Desain ergonomis setir, termasuk fitur penyesuaian seperti tilt, telescopic, atau adjustable, memberikan pengalaman mengemudi yang lebih nyaman dan disesuaikan dengan preferensi masing-masing pengemudi.


DAPATKAN PERAWATAN MOBIL YANG COCOK SESUAI DENGAN MODEL MOBIL TOYOTA ANDA DENGAN PAKET SERVIS TOYOTA DARI AUTO2000 DIGIROOM

4. Integrasi dengan Sistem Kendaraan

Setir juga berperan dalam integrasi dengan sistem kendaraan. Beberapa setir dilengkapi dengan fitur teknologi canggih seperti tombol-tombol kontrol audio, telepon, atau fitur kendaraan lainnya.


Hal ini meningkatkan kemudahan penggunaan dan menghadirkan fungsionalitas tambahan yang mempermudah akses pengemudi terhadap berbagai fitur mobil.


Supaya sistem kemudi mobil Anda selalu dalam keadaan optimal saat digunakan, pastikan untuk servis mobil secara berkala di bengkel Auto2000. Tersedia kupon service Toyota yang dapat Anda manfaatkan dan akses melalui Auto2000 Digiroom. 


Baca juga: 4 Ciri Rack Steer Rusak dan Tips Mengatasinya


Macam-Macam Setir Mobil


Sebagaimana yang disebutkan, bahwa ada macam-macam setir mobil dengan fungsi dan karakteristiknya masing-masing. Penting bagi AutoFamily mengetahuinya sebagai pertimbangan sebelum membeli mobil. Kalau begitu, yuk simak penjelasannya berikut ini. 


1. Tilt Steering Wheels

Setir dengan fitur tilt memberikan kemudahan kepada AutoFamily untuk menyesuaikan sudut kemiringan setir sesuai dengan preferensi masing-masing. Fungsi ini memungkinkan pengendara untuk menyesuaikan posisi setir agar sesuai dengan tinggi badan dan kenyamanan berkendara. 


Berkat adanya teknologi ini, Anda dapat mengatur sudut setir untuk mencapai posisi mengemudi yang lebih ergonomis. Kelebihan tilt steering wheels terletak pada peningkatan kenyamanan pengemudi, terutama bagi Anda yang memiliki postur tubuh yang berbeda.


2. Telescopic Steering Wheels

Setir dengan jenis ini memberikan fleksibilitas sistem kemudi yang lebih baik. Pengemudi dapat menyesuaikan sendiri posisi, ketinggian, dan juga pergeseran maju mundurnya kemudi hingga jarak 3 inch.


Bagi AutoFamily yang ingin mendapatkan jarak yang pas antara badan dan setir saat mengemudi, sebaiknya Anda memilih mobil yang dilengkapi dengan telescopic steering wheels. Anda pun bisa mengurangi rasa lelah saat melakukan perjalanan jauh. 


Baca juga: Setir Mobil Terkunci? Ini Penyebab dan Solusinya!


3. Adjustable Steering Wheels

Setir yang dapat diatur ini menawarkan kombinasi dari fitur tilt dan telescopic, sehingga memberikan fleksibilitas kepada Anda. Pengendara dapat menyesuaikan sudut kemiringan dan panjang setir untuk pengalaman mengemudi yang lebih nyaman.


Fitur ini membantu mengakomodasi berbagai postur tubuh, sehingga pengendara dapat menikmati kenyamanan dan kendali yang optimal selama perjalanan.


NIKMATI PERJALANAN BERSAMA KELUARGA YANG NYAMAN DENGAN MENJAGA KONDISI MOBIL AGAR SELALU PRIMA DI AUTO2000

4. Recirculating Ball Steering Wheels

Sistem recirculating ball digunakan dalam mekanisme setir untuk mengubah gerakan putar setir menjadi gerakan horizontal roda. Meskipun teknologi sudah digantikan oleh sistem rack and pinion, setir dengan recirculating ball steering masih ditemukan pada beberapa kendaraan klasik atau truk berat. Meskipun cenderung lebih berat daripada sistem modern, sistem ini tetap memiliki keandalan dalam situasi beban berat.


5. Rack and Pinion Steering Wheels

Sistem rack and pinion adalah teknologi setir yang umum digunakan pada mobil modern. Dalam sistem ini, setir terhubung langsung ke gigi rack yang bergerak horizontal, mengubah gerakan putar setir menjadi gerakan lateral roda. 


Kelebihan setir rack and pinion yaitu respons yang lebih cepat dan kendali yang lebih baik, sehingga menjadi pilihan yang populer di dunia otomotif modern untuk memberikan pengalaman mengemudi yang dinamis. Sistem ini juga cenderung lebih ringan dan memberikan pengalaman berkendara yang lebih menyenangkan. 


Baca juga: 5 Cara Memutar Setir Mobil di Tikungan untuk Pemula


Setelah AutoFamily memahami fungsi dan karakteristik dari macam-macam setir mobil, kini Anda akan lebih mudah dalam memilih mobil yang sesuai dengan kebutuhan. Jika Anda berencana membeli mobil baru dalam waktu dekat ini, AutoFamily bisa berkunjung ke dealer Auto2000 terdekat. 


Selain itu, untuk menjaga performa mobil, langkah penting untuk menjamin kenyamanan dan keamanan selama perjalanan yaitu melakukan servis mobil berkala. Anda bisa booking service Toyota melalui Auto2000 Digiroom. Yuk, kunjungi Auto2000 sekarang juga dan tingkatkan performa mobil Anda. 


Informasi dalam konten artikel ini dapat mengalami perubahan dan perbedaan, menyesuaikan dengan perkembangan, situasi, strategi bisnis, kemajuan teknologi dan kebijakan tertentu tanpa pemberitahuan terlebih dahulu.


digiroom logo

AUTO2000 DIGIROOM

Dealer Toyota terbesar di Indonesia yang melayani jaringan jasa penjualan, perawatan, perbaikan dan penyediaan suku cadang Toyota yang terbesar di seluruh Indonesia.