LOKASIMU

Memilih lokasi Anda membantu kami memberikan harga yang akurat, ketersediaan stok, dan menemukan cabang terdekat untuk Anda.

Jika Lampu Indikator Aki Menyala Terus, Apa yang Harus Dilakukan?

Sewaktu lampu indikator aki menyala terus namun, mobil memang masih bisa dioperasionalkan. Mesin tetap hidup seolah tidak terjadi apa-apa. Namun jangan anggap remeh, lampu indikator aki menyala terus saat mesin hidup adalah tanda telah terjadi masalah dengan sistem pengisian kelistrikan. Mungkin undercharged, bisa juga overcharged.

Pada prinsipnya suplai dan kebutuhan listrik harus setara. Kuncinya, ada pada alternator (komponen yang mengubah tenaga putar menjadi listrik). Energi listrik yang dihasilkan komponen ini harus sesuai dengan beban listrik yang dipakai. Untuk ini, hampir semua mobil mempunyai tegangan standar output alternator. Yaitu, antara 13 volt sampai 15,2 volt.

Pasokan listrik dari alternator tidak boleh di bawah maupun di atas angka tersebut. Jika pasokan listrik di bawah angka standar, maka disebut undercharged. Sebaliknya, jika lebih dari 15,2 volt maka disebut overcharged.

Efeknya bisa sama-sama merepotkan. Jika dibiarkan terus dalam kondisi undercharged, bukan tidak mungkin mesin mogok dan tidak dapat di-starter. Sebab, untuk men-starter butuh pasokan listrik besar.

Yang lebih parah, mungkin saja accu mobil meledak. Terutama ketika terjadi overcharged. Karena saat suplai dari alternator berlebih, maka reaksi kimia di dalam accu membuat accu panas dan bertekanan sehingga mengakibatkan ledakan.

Baca juga: 
Apa Fungsi Stabilizer di Kaki-Kaki Mobil?

Karena itu, perhatikan langkah-langkah yang dapat Anda lakukan jika lampu indikator accu tiba-tiba menyala:

  1. Pastikan apakah kasus ini terjadi karena overcharged atau undercharged. Yaitu dengan menyentuh accu. Jika panas berlebih dan atau keluar air dari tutup accu, biasanya karena overcharged. Jika accu tidak panas, ada kemungkinan undercharged.
  2. Bawa mobil ke bengkel. Karena pengerjaannya tidak dapat dilakukan sendiri.
  3. Jika memang undercharged, bawa mobil ke bengkel dengan mematikan beban-beban kelistrikan (ac, lampu, tape dsb). Jika terpaksa harus menghidupkan lampu karena berjalan di malam hari, hidupkan lampu hazard saja.
  4. Saat mobil sedang tidak dipakai dalam jangka waktu yang lama, Anda bisa menghidupkannya kisaran 15 menit setiap hari. Agar aki mobil tetap ter-charge dan tetap mendapatkan pengisian dari alternator. 
Penyebab mobil tidak bisa hidup ketika distater biasanya bukan hanya karena aki, ini bisa juga disebabkan oleh busi dan dinamo ampere yang sedang rusak. Untuk itu AutoFamily wajib mengingat jika aki mobil soak, jangan paksa untuk stater mobil Anda, karena hal ini justru bisa memperparah keadaan listrik mobil Anda. Jadi cara tepatnya, Anda bisa menelpon mekanik Auto2000 atau langsung saja mendaftar di Toyota Home Service, agar mekanik Auto2000 dapat datang dan menanganinya. 

Nah, kalau gitu sudah paham bukan arti dari lampu indikator aki menyala terus? Rusak atau tidak rusak ini tetap wajib diwaspadai dan dikonsultasikan agar tidak merepotkan Anda. Terutama saat sedang mengadakan liburan bersama keluarga. Dapatkan berbagai informasi dan promo hargamenarik seputar Mobil Baru Toyota di Auto2000 Digiroom

Baca juga: 6 Cara Membersihkan Dashboard Mobil yang Benar
 

PROMO MENARIK DI AUTO2000 DAPATKAN SEKARANG!

PROMO1 ​​​​​​ promo sehat toyotaku

lebih ringan cicil toyota corolla cross digiroom new normal deals

bayar setengah cicilan promo promo perkasa ​​​​​​​

promo new yaris promo spontan ​​​​​​

promo spontan promo spontan

promo spontan​​​​​​​ promo spontan​​​​​​​
Share this article
More News
toyota innova trd
Ini Dia Varian Baru Kijang Innova!
Toyota Kijang Innova TRD Sportivo Limited resmi meluncur hari ini tepat dengan perayaan hari kemerdekaan Republik Indonesia, 17 Agustus 2020. Sesuai namanya, Kijang Innova ini memiliki berbagai kelengkapan dan dijual secara eksklusif.
thumb3.jpg
Resmi Meluncur! Toyota Hilux Kini Semakin Gagah dan Canggih
Toyota New Hilux resmi meluncur dengan harga Rp 429.750.000 untuk tipe 2.4 E (4x4) DSL MT. Mobil komersial satu ini kini semakin tampan dan gagah dengan beberapa perubahan di eksterior.
thumb2.jpg
Cara Menghilangkan Bau di Mobil Menggunakan 5 Benda Sederhana
Siapa yang tidak kesal mendapati kabin mobil bau tak sedap? Sebenarnya, bau pada mobil bisa terjadi kapan saja, baik yang sering atau jarang dipakai. Ada banyak penyebab mobil berbau apek, pertama tentu bersumber dari masalah kebersihan.
New Project (7).jpg
Tips Membersihkan Interior Mobil Agar Terhindar dari Virus
Saat ini, virus COVID-19 masih menjadi pandemi global, tak terkecuali di Indonesia. Bagi AutoFamily yang menggunakan mobil untuk kegiatan sehari-hari, penting juga untuk membersihkan interior mobil secara rutin.
Tanya TasiaBackground Lazy GIF