LOKASIMU

Memilih lokasi Anda membantu kami memberikan harga yang akurat, ketersediaan stok, dan menemukan cabang terdekat untuk Anda.

Jangan Bingung Soal Patokan Interval Servis Berkala Mobil Toyota Anda

Auto2000.co.id – Servis berkala sudah menjadi agenda wajib pemilik mobil. Selain untuk menjaga performa kendaraan, melakukan servis berkala, juga bisa membuat usai pakai kendaraan lebih terjamin.

Sayangnya, sampai saat ini masih banyak pemilik mobil yang masih bingung jadwal servis berkala yang tepat. Sebagian pemilik berpegang pada waktu, sebagian lagi pada jarak tempuh kendaraaan atau kilometer odometer.

Lantas apa sebenarnya acuan yang tepat untuk menentukan kapan mobil harus mendapat perawatan berkala?

Menjawab pertanyaan tersebut, Kepala Bengkel Auto2000 Cikarang Indah Yuliana, menjelaskan, sebetulnya setiap konsumen punya kebiasaan berbeda-beda dalam mengelola kepemilikan mobil.

BACA JUGA : Ada Gempa Bumi dan Tsunami, Lakukan 2 Tahapan Ini Untuk Menyelamatkan Diri dan Mobil Toyota Kesayangan Anda

Setiap pemilik mobil, punya karakter berbeda, bagaimana kesehariannya menggunakan mobil. Apakah untuk aktivitas harian atau sekadar berjalan atau piknik di akhir pekan saja.

Perbedaan ini tidak berlaku mutlak, apakah patokan waktu atau jarak yang paling ideal untuk masing-masing konsumen tersebut. Tetapi, mayoritas lebih baik pemilik mobil mengambil patokan waktu untuk melakukan perawatan berkala.

“Untuk perawatan berkala memang ada dua opsi dari waktu atau jarak tempuh. Tapi yang yang harusnya diperhatikan pemilik mobil itu adalah mana dari keduanya yang tercapai lebih dulu,” jelasnya.

“Melihat dari kondisi untuk kendaraan di perkotaan, disarankan menjadikan waktu sebagai patokannya,” ucap Indah.

BACA JUGA : Ini Yang Auto2000 Lakukan Untuk Bantu Korban Tsunami Anyer dan Lampung

Indah menjelaskan, umumnya pemilik mobil dianjurkan melakukan servis berkala tiap 10.000 km atau enam bulan. Namun dalam penggunaan sehari-hari di Ibu Kota, secara jarak akan membutuhkan waktu yang cukup lama untuk mencapai 10.000 km.

Apalagi bila mobil hanya digunakan sabagai sarana transportasi dari rumah ke kantor. Oleh karenanya patokan waktu lebih dianjurkan.

Meski secara jarak masih belum tercapai, tapi dengan mobil yang selalu digunakan setiap hari, serta kondisi kepadatan lalu lintas akan memaksa mesin terus bekerja keras.

Dampaknya, meski dari sisi jarak tempuh atau kilometer tidak bertambah, tapi semua komponen di dalam mobil terus bergerak, termasuk oli yang harus kerja ekstra untuk melumasi semua sektor meski mobil dalam kondisi macet dan panas.

BACA JUGA : Catat! Ini 5 Bagian Mobil Yang Sensitif Abu Vulkanik

Seiring berjalan waktu, oli akan mengalami penurunan kualitas yang membuat fungsinya dalam memberikan perlindungan juga menurun.

Karena itu, penting bagi pemilik mobil untuk bijak dalam memperhitungkan patokan waktu untuk servis berkala. Tidak semuanya langsung didasarkan pada jarak tempuh.

“Jadi bukan serta merta langsung fokus pada jarak tempuh, harus ada pertimbangan lain, karena itu diberikan penegasan mana yang tercapai lebih dulu,” terang Indah.

BACA JUGA : Ini Beberapa Sebab Aktor Film Terkenal Beli Alphard di Auto2000

“Mobil yang jarang dipakai, contoh hanya satu sampai dua hari dalam seminggu tetap butuh servis berkala, minimal oli mesin yang digunakan harus diganti karena kualitasnya sudah menurun,” ucap Indah.

Lebih lanjut Indah menjelaskan, untuk mobil keluaran Toyota acuan servis berkala sudah ditetapkan sejak pertama mobil dimiliki konsumen.

Mulai dari servis 1.000 km pertama atau satu bulan, lalu lanjut ke tiap kelipatan 10.000 km berikutnya dan interval waktu antara enam bulan, 12 bulan, 18 bulan, dan seterusnya.

Auto2000

Share this article
More News
toyota innova trd
Ini Dia Varian Baru Kijang Innova!
Toyota Kijang Innova TRD Sportivo Limited resmi meluncur hari ini tepat dengan perayaan hari kemerdekaan Republik Indonesia, 17 Agustus 2020. Sesuai namanya, Kijang Innova ini memiliki berbagai kelengkapan dan dijual secara eksklusif.
thumb3.jpg
Resmi Meluncur! Toyota Hilux Kini Semakin Gagah dan Canggih
Toyota New Hilux resmi meluncur dengan harga Rp 429.750.000 untuk tipe 2.4 E (4x4) DSL MT. Mobil komersial satu ini kini semakin tampan dan gagah dengan beberapa perubahan di eksterior.
thumb2.jpg
Cara Menghilangkan Bau di Mobil Menggunakan 5 Benda Sederhana
Siapa yang tidak kesal mendapati kabin mobil bau tak sedap? Sebenarnya, bau pada mobil bisa terjadi kapan saja, baik yang sering atau jarang dipakai. Ada banyak penyebab mobil berbau apek, pertama tentu bersumber dari masalah kebersihan.
New Project (7).jpg
Tips Membersihkan Interior Mobil Agar Terhindar dari Virus
Saat ini, virus COVID-19 masih menjadi pandemi global, tak terkecuali di Indonesia. Bagi AutoFamily yang menggunakan mobil untuk kegiatan sehari-hari, penting juga untuk membersihkan interior mobil secara rutin.
Tanya TasiaBackground Lazy GIF