LOKASIMU

Memilih lokasi Anda membantu kami memberikan harga yang akurat, ketersediaan stok, dan menemukan cabang terdekat untuk Anda.

*Harga yang tertera mengikuti wilayah DKI Jakarta

Catat! Ini 5 Bagian Mobil Yang Sensitif Abu Vulkanik


Auto2000.co.id – Bencana alam tsunami yang terjadi di kawasan Anyer, Tanjung Lesung, dan Kalianda, Sabtu (22/12/2018) disebabkan oleh erupsi yang terjadi di Gunung Anak Krakatau yang berada di perairan Selat Sunda, Banten.

Masalah baru muncul dari erupsi Gunung Anak Krakatau yakni hujan abu vulkanik mengikuti arah embusan angin dan terbawa hingga jauh.

Anda harus waspada karena abu vulkanik bakal membawa dampak pada mobil Toyota karena memiliki kandungan pasir kuarsa yang sangat tinggi dan menyimpan potensi bahaya.
Abu yang sangat halus tersebut punya tingkat ketajaman tinggi layaknya pecahan kaca. Di lain sisi, kandungan silika yang tinggi membuatnya memiliki sifat korosif sebagai pencetus karat.

BACA JUGA : Millenial, Layanan Ini Bikin Bodi Mobil Mulus Lagi Dalam Waktu 8 Jam
Lantas, bagian apa saja dari mobil Anda yang mesti diwaspadai?

1. Kaca mobil

Bagian yang langsung terlihat kotor pastilah kaca mobil. Tapi jangan pernah menyeka abu vulkanik yang menempel langsung dengan wiper karena kaca mobil dijamin bakal langsung baret.

Kandungan silikon yang tinggi pada abu vulkanik membuatnya memiliki efek layaknya potongan kaca yang sangat halus. Makanya, begitu disapu karet wiper, ia justru akan meninggalkan baret di kaca yang dalam dan sulit untuk dihilangkan.

Semprot kaca dengan air pembersih wiper dulu sebelum menyekanya. Bahkan kalau terpaksa, kamu bisa membawa jeriken berisi air bersih untuk disiram bila sudah terlalu kotor.
Pun saat mencuci mobil. Semprot dulu kaca mobil dengan air bertekanan agar abu vulkanik turun. Pastikan sudah tidak ada abu yang menempel baru Anda seka dengan kain lap.

BACA JUGA : Ada Gempa Bumi dan Tsunami, Lakukan 2 Tahapan Ini Untuk Menyelamatkan Diri dan Mobil Toyota Kesayangan Anda

2. Bodi mobil

Kondisi serupa juga bisa terjadi pada bodi mobil, makanya jangan pernah menyekanya dengan kain lap basah sekalipun. Siram dulu bodi mobil dengan air mengalir untuk meluruhkan abu vulkanik.

Yang tidak kalah berbahaya adalah potensi timbulnya karat lantaran sifat dari abu tersebut yang korosif. Apalagi jika di bodi mobil Anda ada luka bekas kecelakaan.

Jalan terbaik untuk menahan laju terciptanya karat oleh abu vulkanik adalah dengan segera membilas bodi mobil menggunakan air mengalir setelah dipakai.

Hati-hati kolong mobil karena di sana rentan terkena karat. Banyak celah kotor yang bisa dipakai untuk tempat bersarangnya abu vulkanik.

Apalagi buat Anda yang tinggal di daerah pesisir pantai. Semprot kolong mobil dengan air bertekanan agar abu vulkanik bisa dibersihkan.

BACA JUGA : Dear Generasi Millenial, Aplikasi Ini Paling Top Untuk Jadi Asisten Urusan
Servis Mobil Anda

3. Filter udara

Ibarat hidung manusia, filter udara menyaring udara yang masuk ke dalam ruang mesin. Makanya filter udara bakal lebih cepat kotor ketika kemasukan abu vulkanik ini.

Jangan pernah diremehkan karena partikelnya yang seperti kaca halus serta korosif akan
sangat membahayakan kesehatan mesin mobil.

Cek filter udara setelah pemakaian. Kalau kotor, segera ganti filter udara untuk mencegah hal yang tidak diinginkan.

Diskusikan dengan pihak bengkel resmi Auto2000 untuk melihat kondisinya meski belum waktunya diganti. Partikel abu vulkanik yang sangat halus mungkin saja menyusup ke ruang mesin bila filter udara sudah kurang baik.

BACA JUGA : Ini Yang Auto2000 Lakukan Untuk Bantu Korban Tsunami Anyer dan Lampung

4. AC mobil

Usahakan untuk seminimal mungkin membuka kaca mobil saat melintasi kawasan yang terdampak abu vulkanik. Karena begitu masuk, ia akan tesedot ke dalam sistem sirkulasi AC mobil dan memiliki risiko menghambat aliran udara.

Belum lagi permukaannya yang tajam dan korosif bisa merusak perangkat AC yang dilalui. Ditambah potensi bahaya ketika udara AC yang terkontaminasi terhirup oleh penumpang mobil.

Segera bersihkan kabin mobil setelah melewati daerah terdampak abu vulkanik. Terutama sekitar dasbor dan kolong dek depan tempat berputarnya udara dari sistem sirkulasi AC mobil.

5. Rem mobil

Walau di bawah, bukan berarti tidak ada risiko abu halus tersebut tidak bisa masuk ke dalam sistem rem mobil.

BACA JUGA : Nomor 4 Sangat Menggoda, Ini Alasan Toyota Rush Cocok Untuk Liburan

Untuk rem cakram, ia akan menempel di piringan rem dan menjadi masalah ketika kampas rem menekan karena akan menimbulkan baret.

Pun jika ia berhasil meyusup masuk ke dalam teromol rem. Gesekan dengan kampas rem akan membuat permukaan teromol rem meninggalkan goresan yang menurunkan performa, bahkan bisa macet dan merusak kalau dibiarkan dalam jangka waktu lama.

Selain kelima bagian tersebut, perangkat lain dari mobil Toyota Anda bisa terkena masalah akibat abu vulkanik. Seperti sensor-sensor yang sensitif kotoran dan bakal mengganggu kontrol elektronik, atau cairan mobil yang akan rusak fungsinya karena tercampur abu vulkanik.

Oleh sebab itu, segera bawa mobil Toyota Anda ke bengkel resmi Auto2000 untuk pengecekan tanpa perlu menunggu waktunya servis berkala.
Auto2000 Peduli Korban Tsunami

Melihat banyaknya kerugian yang ditimbulkan tsunami di Banten dan Lampung, Auto2000 berupaya meringankan beban dengan menyiapkan bengkel resmi Auto2000 untuk menerima kendaraan pelanggan Toyota yang mengalami kerusakan.
Auto2000 memberikan paket diskon jasa servis 50% untuk general repair dan 15% untuk perbaikan bodi & cat (di luar cover asuransi).

Program ini berlaku di bengkel resmi Auto2000 wilayah DKI, Serang dan Lampung, sebagai lokasi dimana banyak korban tsunami tinggal.

Sebagai informasi, lokasi terdekat Auto2000 di wilayah  yang mengalami tsunami untuk
Banten adalah Auto2000 Pandeglang, Auto2000 Serang, Auto2000 Pasar Kemis.

​​​​​​​Untuk wilayah Lampung ada di Auto2000 Kalianda, Auto2000 Way Halim, Auto2000 Tanjung Karang Raden Inten dan Auto2000 Tanjung Karang Raja Basa. Manfaatkan aplikasi Auto2000 Mobile untuk mencari lokasi bengkel resmi tersebut.

Share this article
Promosi Lainnya
Cek Uji Emisi Gratis
AutoFamily tau gak sih, beberapa waktu yang lalu, Gubernur DKI Jakarta mengeluarkan peraturan baru mengenai uji emisi kendaraan loh. Setiap kendaraan bermotor yang berusia diatas 3 tahun diwajibkan untuk melaksanakan uji emisi minimal 1 kali dalam setahun. Uji emisi merupakan sebuah cara untuk mengukur gas buang kendaraan dengan menggunakan alat khusus dan dilakukan juga oleh teknisi yang sudah bersertifikat.

Uji emisi ini memang sangat penting untuk dilakukan secara berkala. Selain digunakan untuk mendeteksi kinerja mesin kendaraan, hal ini perlu dilakukan agar gas buang kendaraan bermotor bisa dikurangi sehingga dapat mengurangi polusi di udara. Nah bagi AutoFamily yang belum melakukan uji emisi Toyota kesayangan Anda, yuk lakukan sekarang agar lingkungan tetap bersih dari polusi dan udara lebih segar. .

Khusus untuk AutoFamily yang bertempat tinggal di wilayah DKI Jakarta, Anda dapat melakukan pengecekan Uji Emisi secara GRATIS loh! Anda hanya perlu melakukan booking Servis Berkala di bengkel terdekat, dan Anda bisa ikut melakukan pengecekan Uji Emisi. .

Yuk ikutan penawarannya sekarang agar lingkungan kita tetap bersih dan sehat. Karena kalau bukan kita yang merawat, siapa lagi? .

Urusan Toyota lebih mudah dengan Auto2000 Digiroom. .

15 Januari 2021
Promo - Beli Mobil Di Digiroom, GRATIS UVC Lamp + Emoney 500rb
Menyambut tahun yang baru, tentu makin banyak kesempatan baru dengan beragam keuntungannya. Yuk jangan ketinggalan promo PADUKA, promo Auto2000 Dua Kali Untungnya!

Melalui penawaran ini, untuk AutoFamily yang melakukan pembelian mobil baru melalui Auto2000 Digiroom akan mendapatkan hadiah langsung berupa Phillips UV Light Disenfectant Lamp dan juga tambahan hadiah berupa uang elektronik 500 ribu rupiah khusus untuk Anda yang melakukan pembelian dengan kredit melalui Digiroom.

Ayo sambut tahun yang baru dengan semangat yang baru juga. Jangan lupa untuk tetap jaga kesehatan dan kebersihan untuk melindungi diri Anda dan orang orang yang Anda cintai.

Urusan Toyota lebih mudah dengan Auto2000 Digiroom.

14 Januari 2021
Promo - Auto2000 Dua Kali Untungnya
Hanya di Auto2000 Anda bisa mendapatkan mobil baru dengan dua kali keuntungannya! Miliki sekarang berbagai mobil pilihan Anda:

-New Agya: DP mulai 25jutaan atau cicilan mulai 2,7jutaan
-New Calya: DP mulai 23jutaan atau cicilan mulai 2,7jutaan
-New Avanza: DP mulai 24jutaan atau cicilan mulai 3,7jutaan

Setiap pembelian mobil baru, nama Anda juga akan di masukkan ke dalam lucky draw dan berkesempatan untuk mendapatkan Toyota Voxy atau iPhone 12 Mini!

Tidak hanya sampai disitu keuntungannya. Setiap pembelian melalui website atau aplikasi Auto2000 Digiroom, Anda berkesempatan untuk mendapatkan hadiah langsung berupa Phillips UV Light Disinfection Lamp dan juga uang elektronik 500 ribu rupiah.

Ikutan sekarang untuk raih hadiahnya!

Urusan Toyota lebih mudah dengan Auto2000 Digiroom.

14 Januari 2021
Promo - PADUKA
Mau ikutan promo Auto2000 yang dua kali untungnya? Ikutan promo PADUKA yuk! Ikutan promo spesialnya dan dapatkan beragam hadiahnya.

Tinggal pilih berbagai pilihan mobil di bawah ini:

-New Agya dengan DP mulai 25jutaan atau cicilan mulai dari 2,7jutaan
-New Calya dengan DP mulai dari 23jutaan atau cicilan mulai dari 2,7jutaan
-New Avanza dengan DP mulai dari 24jutaan atau cicilan mulai dari 3,7utaan

Selain itu, Anda juga berkesempatan untuk ikutan lucky draw untuk mendapatkan 1 unit Toyota Voxy atau iPhone 12 Mini!

Dapatkan juga hadiah langsung Phillips UV light Disinfection lamp dan juga uang elektronik 500 ribu rupiah setiap pembelian melalui website atau aplikasi Auto2000 Digiroom. Semakin banyak kan hadiahnya?

Yuk ikutan sekarang dan rasakan dua kali untungnya hanya bersama Auto2000.

Urusan Toyota lebih mudah dengan Auto2000 Digiroom.

14 Januari 2021
More News
toyota innova trd
Ini Dia Varian Baru Kijang Innova!
Toyota Kijang Innova TRD Sportivo Limited resmi meluncur hari ini tepat dengan perayaan hari kemerdekaan Republik Indonesia, 17 Agustus 2020. Sesuai namanya, Kijang Innova ini memiliki berbagai kelengkapan dan dijual secara eksklusif.
thumb3.jpg
Resmi Meluncur! Toyota Hilux Kini Semakin Gagah dan Canggih
Toyota New Hilux resmi meluncur dengan harga Rp 429.750.000 untuk tipe 2.4 E (4x4) DSL MT. Mobil komersial satu ini kini semakin tampan dan gagah dengan beberapa perubahan di eksterior.
thumb2.jpg
Cara Menghilangkan Bau di Mobil Menggunakan 5 Benda Sederhana
Siapa yang tidak kesal mendapati kabin mobil bau tak sedap? Sebenarnya, bau pada mobil bisa terjadi kapan saja, baik yang sering atau jarang dipakai. Ada banyak penyebab mobil berbau apek, pertama tentu bersumber dari masalah kebersihan.
New Project (7).jpg
Tips Membersihkan Interior Mobil Agar Terhindar dari Virus
Saat ini, virus COVID-19 masih menjadi pandemi global, tak terkecuali di Indonesia. Bagi AutoFamily yang menggunakan mobil untuk kegiatan sehari-hari, penting juga untuk membersihkan interior mobil secara rutin.
Tanya TasiaBackground Lazy GIF