jadwal-sim-keliling-makassar.jpg

Ini Dia Jadwal SIM Keliling Makassar dan Persyaratan Lengkap yang Harus Dipenuhi

Diterbitkan29 Sep 2023

AutoFamily, apakah Anda ingin memperpanjang SIM di Makassar? Simak jadwal SIM keliling Makassar dan persyaratan lengkap yang harus dipenuhi di sini. Selain itu, simak juga informasi mengenai tips untuk bisa memperlancar proses perpanjangan SIM dengan layanan SIM keliling.

Temukan juga informasi mengenai pilihan mobil baru Toyota, seperti mobil SUV kompak dan tangguh Toyota Rush. Mesin bertenaga dan responsif siap menjadi partner Anda dalam mobilitas sehari-hari. Temukan informasinya hanya di Auto2000 Digiroom.

Apa itu SIM Keliling Makassar?

SIM Keliling Makassar adalah layanan perpanjangan SIM yang disediakan oleh kepolisian di Kota Makassar. Layanan ini memungkinkan pemilik kendaraan untuk memperpanjang SIM-nya tanpa harus pergi ke kantor polisi. Dengan adanya layanan SIM Keliling Makassar, pemilik kendaraan tidak perlu lagi menghabiskan waktu untuk pergi ke kantor Polisi atau Satpas jika ingin memperpanjang masa berlaku SIM.

Baca Juga:Bisakah Perpanjang STNK tanpa KTP Pemilik Sebelumnya?

Jadwal SIM Keliling Makassar

Jadwal SIM Keliling Makassar biasanya diumumkan oleh kepolisian setiap bulannya. Jadwal tersebut mencakup tanggal, waktu, dan lokasi layanan SIM Keliling Makassar. Namun informasi ini bisa berubah sewaktu-waktu. Namun berdasarkan media sosial dari Satlantas Polrestabes Makassar, lokasi dan jadwal nya adalah:

  • Senin: Depan Terminal Daya dan Jl. Kartini (Kanre Rong Karebosi)

  • Selasa: Jl. Kartini (Kanre Rong Karebosi) dan Hertansing

  • Rabu: Depan Terminal Daya Jl. Abd Kadir (SPBU)

  • Kamis: Jl. Kartini (Kanre Rong Karebosi) dan Hertansing

  • Jumat: Depan Terminal Daya dan Perum Antang

  • Sabtu: Depan Terminal Daya dan Jl. Kartini (Kanre Rong Karebosi)

Untuk jadwalnya, Senin-Jumat pukul 09.00-15.00 WITA. Sedangkan untuk hari Sabtu adalah pukul 09.00-12.00 WITA.Setelah mengetahui informasi ini, AutoFamily dapat menentukan kapan ingin datang ke salah satu lokasi di atas untuk memperpanjang SIM.

Persyaratan Perpanjangan SIM

Untuk melakukan perpanjangan SIM, AutoFamily harus menyiapkan beberapa dokumen, yaitu:

1. KTP Asli dan Fotokopi

AutoFamily harus membawa KTP asli saat mengurus perpanjangan SIM. KTP asli ini digunakan sebagai salah satu dokumen identifikasi utama dan menunjukkan identitas pengemudi yang sebenarnya. Pastikan KTP masih berlaku dan tidak dalam kondisi rusak.

Selain KTP asli, pengemudi juga harus menyertakan fotokopi KTP. Fotokopi ini digunakan untuk keperluan administratif dan sebagai salah satu dokumen pendukung dalam proses perpanjangan SIM. Fotokopi KTP harus jelas dan mudah dibaca agar memudahkan verifikasi data.

2. SIM Asli yang Masih Berlaku dan Fotokopi

Salah satu syarat utama adalah menyertakan SIM asli yang masih berlaku. SIM ini adalah bukti sah bahwa pengemudi memiliki hak untuk mengemudikan kendaraan. SIM harus dalam kondisi baik, tidak rusak, dan masih berlaku pada saat pengurusan perpanjangan.

Baca Juga:6 Perbedaan SIM Asli dan Palsu, Awas Tertipu!

Selain SIM asli, biasanya diperlukan fotokopi SIM. Fotokopi SIM digunakan untuk keperluan administratif dan verifikasi data. Pastikan fotokopi SIM ini jelas dan tidak terpotong, sehingga informasi yang tertera dapat diverifikasi dengan benar.

TEMUKAN LAYANAN SERVIS YANG ANDA BUTUHKAN HANYA DI AUTO2000 DIGIROOM

3. Surat Keterangan Sehat dari Dokter

AutoFamily juga harus mendapatkan Surat Keterangan Sehat yang dikeluarkan oleh dokter atau lembaga kesehatan yang berwenang. Surat ini mencerminkan bahwa pengemudi dalam kondisi fisik yang memadai untuk mengemudikan kendaraan dengan aman.

Biasanya, surat keterangan ini memuat hasil pemeriksaan kesehatan, termasuk penglihatan, pendengaran, serta kondisi fisik lainnya yang relevan. Surat Keterangan Sehat ini merupakan langkah penting dalam memastikan keselamatan di jalan raya, karena pengemudi yang dalam kondisi kesehatan yang baik lebih mungkin untuk mengemudikan kendaraan dengan aman.

Tahapan Perpanjangan SIM

Tahapan perpanjangan SIM di SIM Keliling Makassar antara lain:

1. Pemilik kendaraan mengisi formulir perpanjangan SIM dan menyerahkan dokumen yang diperlukan.

2. Petugas SIM Keliling Makassar melakukan verifikasi data dan dokumen pemilik kendaraan.

3. Pemilik kendaraan membayar biaya perpanjangan SIM.

4. Petugas SIM Keliling Makassar mencetak SIM baru dan menyerahkannya kepada pemilik kendaraan.

Tips dan Trik Perpanjangan SIM di SIM Keliling Makassar

Untuk mempersiapkan diri sebelum perpanjangan SIM di layanan SIM Keliling Makassar, ada beberapa tips yang perlu AutoFamily diperhatikan. Pertama, pastikan dokumen yang diperlukan sudah lengkap dan sesuai dengan persyaratan yang telah ditentukan. Ini termasuk KTP asli, SIM lama, dan berkas-berkas lain yang mungkin dibutuhkan seperti surat keterangan sehat. Pastikan semua dokumen ini dalam keadaan baik dan tidak expired.

Baca Juga:2 Cara Perpanjang SIM Beda Daerah dengan Mudah

Kedua, datanglah ke lokasi SIM Keliling Makassar tepat waktu. Ini penting agar Anda tidak terlalu lama harus menunggu giliran. Jika Anda datang terlalu pagi, mungkin Anda harus menunggu hingga layanan dimulai. Namun, jika Anda datang terlalu siang, bisa saja antrian sudah panjang. Oleh karena itu, datang dengan waktu yang cukup agar Anda bisa dilayani dengan cepat dan efisien.

Dengan memperhatikan kedua tips ini, Anda akan mempersiapkan diri dengan baik untuk perpanjangan SIM di layanan SIM Keliling Makassar dan memastikan prosesnya berjalan lancar tanpa masalah.

Dalam rangka memperpanjang SIM di Makassar, pemilik kendaraan dapat memanfaatkan layanan SIM Keliling Makassar yang disediakan oleh kepolisian. Penting bagi AutoFamily sebagai pemilik kendaraan untuk memperpanjang SIM secara tepat waktu agar bisa berkendara dengan nyaman dan sesuai aturan yang berlaku.

Selain itu, gunakan juga layanan bengkel Toyota Auto2000 untuk membantu Anda dalam merawat dan memastikan kendaraan sudah berada pada kondisi yang optimal untuk perjalanan yang lebih lancar dan nyaman.

Informasi dalam konten artikel ini dapat mengalami perubahan dan perbedaan, menyesuaikan dengan perkembangan, situasi, strategi bisnis, kemajuan teknologi dan kebijakan tertentu tanpa pemberitahuan terlebih dahulu.

digiroom logo

AUTO2000 DIGIROOM

Dealer Toyota terbesar di Indonesia yang melayani jaringan jasa penjualan, perawatan, perbaikan dan penyediaan suku cadang Toyota yang terbesar di seluruh Indonesia.