Cancel

Jangan Tertipu! Ketahui Perbedaan SIM Asli dan Palsu

Untuk bisa membawa mobil sendiri pasti AutoFamily tahu apa saja persyaratannya. Salah satunya adalah memiliki Surat Izin Mengemudi (SIM). Pembuatan SIM sendiri juga memiliki beberapa syarat yang harus dipatuhi, seperti umur dan dokumen-dokumen lain yang harus disertakan. Namun di tengah kondisi seperti sekarang ini, banyak oknum yang memanfaatkan celah dengan membuat SIM palsu. Padahal buat SIM ini cukup mudah, apalagi saat ini sudah ada cara bikin sim online. Nah, daripada AutoFamily terkena masalah ini, yuk ketahui perbedaan SIM asli dan palsu.

SIM adalah bukti registrasi serta identifikasi yang diberikan pihak kepolisian kepada AutoFamily yang sudah memenuhi persyaratan administrasi, sehat jasmani & rohani, mampu memahami peraturan lalu lintas, serta bisa mengemudikan kendaraan bermotor.

Dengan segala macam persyaratan yang ada, ada pihak-pihak yang tidak ingin melewati seluruh tahapan yang ada dalam pembuatan SIM. Akhirnya mereka mencari jalan pintas dengan menggunakan SIM palsu. Selain itu cukup banyak calo SIM yang siap membuatkan dokumen izin mengemudi wajib ini secara palsu. Kalau sudah begini, maka mau tidak mau AutoFamily harus waspada sejak dini. 
 

Warna Logo Polri

Untuk melihat perbedaan SIM asli dan palsu, salah satu bagian yang paling gampang dicek adalah warna logo Polri. Untuk warna dari Polri sendiri, warna yang langsung terlihat adalah emas. Selain itu bisa juga memantulkan cahaya. Ini adalah tanda SIM tersebut asli.

Bagaimana kalau SIM palsu? Warna logo Polri tetap berwarna emas tapi cenderung redup. Ditambah lagi tidak bisa memantulkan cahaya. Jadi sekarang Anda bisa mengecek apakah SIM tersebut asli atau palsu melalui warna logo Polri.
 

Kolom Foto

Untuk bagian kolom foto, ada juga perbedaan yang bisa terlihat. Biasanya latar belakang foto dari SIM palsu tidak menampilkan lambang Polri. Kalau ada, itu adalah hasil edit yang dilakukan secara kasar. Untuk SIM asli, perlu diketahui bahwa latar belakang logo Polri memang asli dan bisa Anda temukan saat sesi pemotretan di Samsat terdekat. Inilah yang akhirnya membuat calo SIM palsu menggunakan edit untuk bagian latar belakang.
 

Nomor SIM

Bisa dibilang pengecekan nomor SIM menjadi yang paling mudah untuk mendeteksi yang palsu. Anda bisa mengecek nomor SIM di bagian database. Kalau tidak terdaftar, sudah pasti 100% bahwa SIM tersebut palsu. 

Tulisan Kepolisian Negara Republik Indonesia

Perbedaan SIM asli dan palsu yang lainnya adalah tulisan Kepolisian Negara Republik Indonesia. Di dalam SIM asli, tulisan tersebut memiliki warna merah dan terlihat solid. Berbanding 180 derajat dengan SIM palsu yang tetap menggunakn warna merah tapi Nampak pudar. 
 

Perbedaan Tanda Tangan Pejabat Dalam SIM

Pengecekan terakhir yang bisa Anda lakukan adalah perbedaan nama pejabat yang memberikan tanda tangan dalam SIM. Ada kasus SIM palsu yang salah memasukkan nama pejabat Polri. Pada tahun 2017, beredar SIM palsu yang memiliki tanda tangan Kapolres Andi Azis Nizar. Padahal pada tahun itu, Kapolres yang menjabat adalah Jeffri Dian Juniarta. Jadi ketidaktelitian yang dilakukan oleh calo SIM palsu bisa dilihat secara mendalam asalkan Anda tahu celah yang ada.

Baca Juga: Cara Perpanjang SIM Online

Daripada AutoFamily terkena masalah yang tidak diinginkan, sebaiknya ikuti seluruh peraturan yang ada. Termasuk dalam membuat SIM. Jika belum bisa membuat SIM, jangan memaksakan diri. Tunggu sampai seluruh persyaratan yang diajukan bisa dipenuhi. Kalau sudah maka proses pembuatan SIM lebih aman dan cepat. Setelah SIM jadi pun bisa AutoFamily gunakan tanpa perlu merasa was-was ketika dibawa karena itu adalah dokumen asli dan bisa dipertanggungjawabkan. Selain memastikan kelengkapan surat-surat mengemudi, jangan lupa untuk menjaga performa mesin mobil Toyota kesayangan, ya. Gunakan aplikasi Auto2000 Digiroom untuk melakukan booking service secara praktis di bengkel resmi toyota terdekat.

Share this article
Avatar

Auto2000 Digiroom

Dealer Toyota terbesar di Indonesia yang melayani jaringan jasa penjualan, perawatan, perbaikan dan penyediaan suku cadang Toyota yang tersebar di seluruh Indonesia.

Temui kami di Media Sosial
Promosi Lainnya
Promo - aMAYzing dengan Paket Avanza, Veloz, Rush & Raize
Rasakan ketangguhan Toyota Rush dan All New Toyota Veloz, Toyota Raize, All New Avanza dengan program aMAYzing dari Auto2000. Mulai dari DP ringan 20% dengan bunga 0%, DP Ringan Rp 30 Juta, atau Bunga Ringan 0% untuk tenor 1 tahun!*

AutoFamily juga bisa mendapatkan hadiah langsung saldo astra pay senilai Rp 3.000.000 plus saldo astra pay senilai 1.000.000 untuk setiap program trade in dan free insurance selama 2 tahun.*

Ayo mulai perjalanan penuh percaya diri dengan mengisi formulir di bawah ini dan tim Auto2000 akan segera menghubungi Anda untuk memberikan penawaran terbaik!

Urusan Toyota lebih mudah dengan Auto2000 Digiroom.
*Syarat dan ketentuan berlaku
25 April 2022
Promo - aMAYzing dengan Avanza
Nikmati perjalanan bersama keluarga yang lebih seru dengan All New Toyota Avanza. Nikmati Program Promo aMAYzing dari Auto2000 dengan beragam pilihan Paket Kredit mulai dari bunga 0% untuk tenor 6 bulan, cicilan ringan EZ Deal mulai dari Rp 2.7 Jutaan/bulan, hingga DP mulai dari Rp 32.1 Jutaan untuk pembelian All New Toyota Avanza.*

Dapatkan juga saldo Astra Pay senilai Rp 1.000.000 melalui program tukar tambah Toyota Trust.

Yuk mulai perjalanan bersama All New Toyota Avanza dengan mengisi formulir di bawah dan tim Auto2000 akan segera menghubungi untuk memberikan penawaran terbaik.

Urusan Toyota lebih mudah dengan Auto2000 Digiroom.
*Syarat dan ketentuan berlaku
25 April 2022
Promo - aMAYzing dengan DP Ringan
Nikmati setiap momen perjalanan bersama Toyota Impian. Nikmati promo DP Ringan Rp 34 Juta untuk pembelian Toyota Agya dan Toyota Calya melalui program Promo aMAYzing hanya melalui Auto2000.

Dapatkan juga saldo Astra Pay senilai Rp 1.000.000 untuk setiap program tukar tambah melalui Toyota Trust.

Jadi tunggu apa lagi? Segera isi formulir di bawah ini dan Tim Auto2000 akan segera menghubungi AutoFamily.

Urusan Toyota lebih mudah dengan Auto2000 Digiroom.
*Syarat dan ketentuan berlaku
25 April 2022
Promo - aMAYzing dengan EZ Deal
Ingin nyaman berkendara bersama keluarga? Sekarang promo aMAYzing telah hadir memberikan solusi yang terbaik untuk mobil baru pilihan mu loh! Nikmati cicilan ringan EZ Deal mulai dari Rp 2.5 Jutaan per bulan di program Promo aMAYzing dari Auto2000.

Ini dia beberapa model Toyota yang bisa dicicil melalui program EZ Deal:
Toyota Raize, cicilan mulai Rp 2.5 juta/bulan*
Toyota Avanza, cicilan mulai Rp 2.7 juta/bulan*
Toyota Rush, cicilan mulai Rp 3.1 juta/bulan*
Toyota Veloz, cicilan mulai Rp 3.2 juta/bulan*
Toyota Yaris, cicilan mulai Rp 3.3 juta/bulan*
Toyota Vios, cicilan mulai Rp 3.5 juta/bulan*

AutoFamily juga bisa mendapatkan saldo Astra Pay senilai Rp 1.000.000 untuk setiap tukar tambah melalui program Toyota Trust, lho!

Hemat bukan? Yuk, segera isi formulir di bawah untuk mendapatkan penawaran terbaik dari Auto2000 sekarang!

Urusan Toyota lebih mudah dengan Auto2000 Digiroom.
*Syarat dan ketentuan berlaku
25 April 2022
Tanya TasiaBackground Lazy GIF