Mengenal Fungsi Kunci Shock
Diterbitkan21 Apr 2025
Kunci shock, atau sering juga disebut sebagai kunci sok atau socket wrench, adalah salah satu alat bengkel yang paling umum dan sering digunakan. Jika dibandingkan dengan kunci pas atau kunci ring, kunci satu ini tergolong yang paling leluasa digunakan sekaligus cenderung lebih aman. Umumnya, kunci shock berbentuk tabung dengan bagian tengah berongga atau berlubang. Lalu, pada salah satu ujungnya terdapat lubang berbentuk segi enam atau segi dua belas.
Lantas, apa fungsi kunci shock sebagai salah satu perlengkapan otomotif? Mari simak langsung ulasannya berikut ini.
Fungsi Utama Kunci Shock dan Kegunaannya dalam Dunia Otomotif
Kunci shock adalah salah satu alat yang wajib dimiliki oleh mekanik maupun pecinta otomotif. Alat ini dirancang khusus untuk mempermudah proses pemasangan dan pelepasan baut serta mur, terutama yang memiliki bentuk segi enam atau segi dua belas. Fungsi kunci shock yang utama adalah untuk memberikan torsi atau tenaga putar yang stabil dan presisi saat bekerja dengan baut pada kendaraan.
Bagian ujung dari kunci shock biasanya memiliki bentuk soket segi enam (hexagonal) atau segi dua belas (bi-hex), yang memang disesuaikan dengan bentuk umum kepala baut dan mur. Hal ini membuat alat ini mampu mencengkeram kepala baut dengan kuat sehingga tidak mudah selip atau merusak ulir baut.
Kegunaan Kunci Shock dalam Perawatan Kendaraan
Kegunaan kunci shock sangat beragam, terutama dalam hal perawatan dan perbaikan kendaraan. Beberapa aplikasi umum dari alat ini antara lain:
- Melepas dan memasang roda mobil: Biasanya, kunci shock digunakan bersama handle atau batang pemutar seperti T bar atau ratchet untuk membuka baut roda dengan lebih mudah.
- Pekerjaan pada shockbreaker: Sesuai namanya, kunci shock fungsi utamanya juga sering digunakan saat ingin mengganti atau memperbaiki komponen shockbreaker.
- Perbaikan mesin: Fungsi kunci sok lainnya adalah untuk membuka baut pada cover mesin, blok mesin, atau komponen lain di sekitar ruang mesin yang membutuhkan torsi cukup besar.
- Pekerjaan cepat di bengkel: Berkat kemudahan penggunaannya, kunci shock juga sangat membantu mekanik melakukan pekerjaan dengan lebih efisien.
Kelebihan Kunci Shock
Jika dibandingkan dengan kunci ring atau kunci pas, maka fungsi kunci shock jauh lebih banyak. Tak heran kalau montir di bengkel lebih senang menggunakan perkakas ini dibandingkan dengan hand tool sejenis. Kelebihan yang dimiliki oleh kunci shock antara lain adalah:
- Mampu mencengkeram seluruh permukaan sisi kepala baut atau mur, sehingga mencegah tergelincirnya kunci yang dapat mengakibatkan kerusakan pada benda kerja.
- Dapat digunakan untuk melepas dan/atau mengencangkan baut yang berada jauh di dalam permukaan dan sulit dijangkau, contohnya adalah mur roda mobil.
- Bisa dipakai bersamaan dengan beberapa alat pelengkap lain. Contohnya adalah dipadukan dengan kunci ratchet, extension bar, kunci T-sliding bar, dan kunci momen. Dengan begitu, bisa lebih mempermudah proses pengerjaan membuka atau mengencangkan baut serta mur.
CEK PENAWARAN TERBAIK TOYOTA NEW ALPHARD DI SINI!
Jenis Kunci Shock dan Berbagai Fungsinya
Fungsi kunci shock yang amat dibutuhkan untuk memasang maupun melepas mur dan baut membuat perkakas ini diproduksi dalam berbagai jenis. Masing-masing jenisnya memiliki fungsi yang berbeda sesuai dengan jenis pengerjaan yang sedang dilakukan.
1. Berdasarkan panjang-pendek bentuk tabung
Berdasarkan ukuran panjang, fungsi kunci socket dibedakan menjadi tiga, yaitu standard (pendek), semi deep (medium/sedang), dan deep (dalam/panjang). Berikut ini adalah penjelasan fungsinya:
- Kunci shock standard (pendek) - Untuk mengencangkan atau melepas baut serta mur dengan momen pengencangan besar.
- Kunci shock deep (dalam/panjang) - Untuk mengencangkan dan melepas baut serta mur dengan momen pengencangan sedang.
2. Berdasarkan jumlah titik pada lubang kunci
Ada tiga jenis kunci shock berdasarkan jumlah titik pada lubang, yaitu kunci shock 6 pt, kunci shock 12 pt, dan kunci shock 8 pt. Berikut ini adalah penjelasannya:
- Kunci shock 6 pt - Untuk momen pengencangan besar
- Kunci shock 12 pt - Untuk digunakan pada sudut geser kecil
- Kunci shock 8 pt - Untuk pengencangan, namun yang satu ini jarang digunakan.
Baca juga: Fungsi Sistem Pengapian Mesin Mobil
3. Berdasarkan ukuran kepala atau drive hole
Jika dilihat dari ukuran drive hole, jenis kunci shock dibagi menjadi empat, yaitu inci atau 0,6 cm, 3/8 inci atau 0,9 m, inci atau 1,3 cm, dan inci atau 1,9 cm. Ukuran kunci ini akan memengaruhi penggunaan alat pelengkap yang digunakan karena masing-masing ukuran tidak bisa ditukar satu dengan lainnya.
Fungsi kunci shock adalah untuk mengencangkan ataupun mengendurkan baut serta mur yang terdapat dalam berbagai komponen mobil. Namun, sebelum bisa dipakai, kunci shock harus digabungkan dulu dengan ratchet T-sliding bar atau kunci momen. Tanpa alat tambahan ini, maka kunci shock tidak bisa bekerja maksimal.
Untuk itu, lebih baik bawa mobil Anda ke bengkel Auto2000 jika mengalami kerusakan dan butuh perbaikan dengan menggunakan kunci shock. Sebab, di bengkel Auto2000 semua peralatan tersedia lengkap dan perbaikan kendaraan dilakukan oleh montir profesional.
Auto2000 semakin mempermudah AutoFamily memiliki mobil impian dengan menyiapkan barisan promo menarik setiap bulannya. Kunjungi Dealer Toyota sekarang juga. dan dapatkan berbagai Promo Dealer Mobil Toyota terbaru untuk berbagai jenis layanan purna jual Auto2000.
Baca juga: Penyebab Air Radiator Berkurang dan Cara Mengatasinya
Informasi dalam konten artikel ini dapat mengalami perubahan dan perbedaan, menyesuaikan dengan perkembangan, situasi, strategi bisnis, kemajuan teknologi, dan kebijakan tertentu tanpa pemberitahuan terlebih dahulu.
Promo Terkait
Lihat semuaArtikel Lainnya
Lihat semuaShare With:

AUTO2000 DIGIROOM
Dealer Toyota terbesar di Indonesia yang melayani jaringan jasa penjualan, perawatan, perbaikan dan penyediaan suku cadang Toyota yang terbesar di seluruh Indonesia.