LOKASIMU

Memilih lokasi Anda membantu kami memberikan harga yang akurat, ketersediaan stok, dan menemukan cabang terdekat untuk Anda.

Gak Cuma Ban Serep Ini Peralatan Standar Yang Harus Ada di Mobil Toyota Anda

Gak terasa, Libur Lebaran telah usai. Sudah bersiapkah anda untuk kembali pulang kerumah dan beraktivitas lagi?

Jangan lupa bagi anda yang akan menempuh arus balik melalui perjalanan darat untuk menyiapkan kondisi kendaraan serta segala perkakas yang diperlukan dalam berkendara.

Biasanya anda lebih sering memikirkan bahwa perkakas standar mobil hanya seputar ban cadangan saja.

Padahal selain itu, ada juga beberapa kunci-kunci yang memang telah disediakan sebagai perkakas standar.

Silakan cek keberadaan kunci-kunci tersebut dan pastikan perlengkapan itu lengkap dan tetap ada di dalam mobil. Karena setiap pembelian mobil baru sudah dilengkapi dengan perkakas bawaan.

Untuk Toyota misalnya, sudah disediakan obeng, kunci roda, dongkrak, segitiga pengaman, sampai kotak P3K. Perkakas tersebut wajib ada di mobil sebagai antisipasi bila terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Contoh seperti ketika menghadapi masalah ban yang bocor atau kempis, sampai masalah ringan lain yang memang masih bisa ditangani sendiri.

Bagi pemilik mobil baru, ada baiknya membaca buku manual karena dilengkapi dengan panduan seperti mengenai cara mengganti ban. Termasuk tanda titik angkat di bagian bawah mobil yang menjadi lokasi dongkrak paling aman.

Hal ini penting diketahui karena setiap jenis mobil umumnya memiliki titik yang berbeda-beda. Jangan lupa, sebelum membongkar ban, baiknya didahului dengan memasang segitiga pengaman.

Fungsi dari segitiga yang dilengkapi dengan mata kucing berwarna merah ini sebagai penanda peringatan kepada pengendara lain yang melintas.

Khusus bagi pengguna Toyota, anda tidak perlu repot menambah perkakas lain seperti kabel jumper atau membawa kunci-kunci lengkap.

Bila memang dihadapi situasi yang merepotkan, anda bisa memanfaatkan layanan Emergency Road Assistance yang siaga 24 jam sehari untuk membantu bila ada kendala.

Mulai dari panduan teknis, pengaktifan aki lemah, membuka kendaraan yang terkunci, sampai penyediaan mobil gendong Astra World jika ada kecelakaan atau mobil mati total.

Jadi anda cukup bawa peralatan standar yang sudah diberikan saat membeli mobil. Anda tak perlu repot menambah bawaan perkakas yang justru memakan ruang kabin sehingga bisa menimbulkan ketidaknyamanan.

Selamat kembali dari mudik ya. Selalu utamakan keselamatan berkendara dan patuhi rambu – rambu lalu lintas.

(Mitha Purnama Dewi)

Auto2000

Share this article
Tanya Tasia