LOKASIMU

Memilih lokasi Anda membantu kami memberikan harga yang akurat, ketersediaan stok, dan menemukan cabang terdekat untuk Anda.

Efek Buruk Terjebak Konsumsi Oli Palsu

Auto2000.co.id – Berbagai macam merek pelumas kendaraan saat ini mudah ditemui di pasar. Namun perlu diwaspadai karena belum tentu semuanya oli tersebut asli.

Apalagi sampai saat ini, kasus pemalsuan oli masih cukup sering terjadi yang membuat pemilik mobil wajib ekstra hati-hati sebelum membeli dan mengonsumsi.

Penting untuk diketahui, bila sampai terjebak mengonsumsi oli palsu, maka akan banyak menimbulkan dampak negatif bagi kendaraan. Parahnya lagi membuat umur komponen di dalam mesin bisa terpangkas signifikan.

Kepala Bengkel Auto2000 Cikarang Indah Yuliana, menjelaskan, penggunaan oli palsu bisa sangat merugikan bagi pemilik mobil karena dampaknya selain merusak kendaraan juga berujung pada membengkaknya biaya perbaikan mobil.

BACA JUGA : Banyak Salah Kaprah, Begini Aturan Pakai Mobil Transmisi Otomatis

“Menggunakan oli yang tidak sesuai spesifikasi mesin saja bisa menimbulkan masalah, apalagi yang palsu, dampaknya akan lebih kompleks bagi mesin,” jelas Indah.

“Ciri oli palsu itu paling mudah dikenali saat digunakan karena bikin mesin cepat panas karena sistem pelumasan yang tidak sempurna,” tegasnya.

Dampak kerusakan pada konsumen, menurut Indah memang tidak akan langsung terjadi, tapi baru akan terasa setelah pemakaian jangka panjang.

Hal ini lantaran oli palsu tersebut tak bisa melakukan fungsinya untuk melumasi ruang mesin, melepas panas, mencegah korosi, serta membersihkan permukaan logam dari komponen yang bergesekan.

BACA JUGA : Musuh Bodi Mobil Yang Bikin Kotor dan Cara Membersihkannya

Akumulasi dari penggunaan oli palsu dalam jangka panjang sangat berpotensi membuat mesin cepat overheat, bahkan sangat berpeluang bikin mesin mobil kesayangan jebol.

Karena itu, untuk menghindari konsumsi pelumas palsu, Indah menyarankan jangan sembarang melakukan servis di bengkel biasa atau bahkan membeli pelumas di tampat yang tidak bisa terpercaya.

“Dari segi perbedaan oli palsu dan asli sampai saat ini memang masih sangat rancu, jadi baiknya bila akan servis atau sekadar mengganti oli, lakukan di bengkel resmi,” terang Indah.

“Untuk Toyota, di Auto2000 kami selalu menggunakan oli TMO yang memang sudah sesuai dengan karakter mesin Toyota, selain itu juga punya spesifikasi untuk penggunaan di iklim tropis seperti Indonesia,” tutupnya.

Auto2000

Share this article
Tanya Tasia