Cara Pakai Seatbelt di Mobil yang Benar"/>

LOKASIMU

Memilih lokasi Anda membantu kami memberikan harga yang akurat, ketersediaan stok, dan menemukan cabang terdekat untuk Anda.

Cara Pakai Seatbelt di Mobil yang Benar

Auto2000.co.id – Setiap mobil Toyota pasti dilengkapi dengan sabuk pengaman alias seatbelt. Fungsi utama, untuk melindungi pengemudi dan penumpang jika terjadi hal yang tidak diinginkan seperti tabrakan.

Pengemudi atau penumpang yang menggunakan seatbelt saat terjadi benturan akan tertahan oleh sabuk pengaman, sehingga tidak akan terpental ke luar yang bisa menyebabkan cidera fatal.

Bahkan, sekarang ini mobil keluarga Toyota terbaru sudah dilengkapi dengan seatbelt tiga titik, sehingga lebih aman dan nyaman buat penumpang.

BACA JUGA : Cara Perbaikan Bodi Mobil yang Rusak Akibat Demo Rusuh

Sapta Agung Nugraha, Kepala Bengkel Auto2000 Bekasi Barat mengatakan, cara benar menggunakan sabuk pengaman adalah sebagai berikut:

1. Posisi duduk harus sejajar dengan punggung dengan sandaran kursi. Hindari menurunkan posisi kursi lebih dari yang dibutuhkan.

2. Jika sandaran diturunkan secara berlebihan, ketika terjadi kecelakaan ikat pinggang bisa melewati pinggang dan menahan perut, sehingga bisa menyebabkan cidera yang lebih serius.

BACA JUGA : Akibat Demo Rusuh, Bisakah Asuransi Ganti Klaim Kerusakan Mobil?

3. Sangat penting sabuk pengaman ada di bahu penumpang atau pengemudi. Jarak antara dada dan kepala atau bagian atas minimal 25 cm. Jadi, jangan meletakkannya di dekat leher atau di bawah ketiak.

4. Jangan sampai sabuk pengaman ditempatkan di perut. Sebab, seatbelt dirancang untuk memberikan kekuatan pada pinggang, sehingga tubuh tidak terlempar ketika terjadi kecelakaan.

“Pahami penggunaan seatbelt itu karena perannya begitu penting untuk keamanan dan keselamatan para pengemudi dan juga penumpang,” kata Agung di Jakarta.

Auto2000

Share this article
Tanya Tasia