Cara Mengendarai Mobil Matic di Turunan Tajam.webp

7 Cara Mengendarai Mobil Matic di Turunan Tajam dengan Aman untuk Pemula

Diterbitkan28 Mei 2024

AutoFamily, saat menuruni jalan turunan dengan kemiringan yang curam, diperlukan keterampilan khusus dalam mengontrol kecepatan dan menjaga kendaraan agar tetap stabil. Mobil matic dengan transmisi otomatisnya kian menambah kompleksitas dalam mengatasi turunan tersebut. Lalu, bagaimana cara mengendarai mobil matic di turunan tajam dengan aman?


Melalui pengetahuan dan teknik yang tepat, Anda dapat melintasi jalanan dengan turunan tajam dengan lebih aman, mulai dari menggunakan model L hingga menghindari rem berlebihan. Sebagai solusi, melalui artikel ini, Anda akan mempelajari lebih mendalam mengenai berbagai teknik untuk mengendalikan mobil matic di turunan tajam beserta dengan tip perawatan mobil transmisi manual. Simak artikel ini sampai tuntas!


7 Cara Mengendarai Mobil Matic di Turunan Tajam

Turunan dengan kemiringan yang curam seringkali menjadi titik tantangan bagi pengemudi, terutama bagi mereka yang menggunakan mobil dengan transmisi otomatis. Berikut adalah beberapa teknik yang dapat membantu Anda mengatasi turunan tajam dengan lancar dan tanpa risiko.


1. Melakukan Pengereman dengan Engine Brake

Pada mobil matic, rem mesin atau yang sering disebut engine brake adalah kunci untuk mengendalikan kecepatan saat menuruni turunan. Teknik ini memanfaatkan kompresi mesin untuk mengurangi kecepatan tanpa harus terlalu bergantung pada rem utama. 


Cara kerjanya adalah dengan menurunkan gigi transmisi ke posisi yang lebih rendah sehingga mesin akan memberikan tekanan pengereman tambahan. Sebagai contoh, Anda dapat memindahkan tuas transmisi dari mode D ke D3, D2, atau L. Teknik ini membantu menjaga keausan rem dan mencegah rem overheating.


2. Menggeser Transmisi Mobil Menjadi Model L

Beberapa mobil matic dilengkapi dengan mode L (Low) pada tuas transmisi. Mode ini dirancang untuk memperlambat laju kendaraan dengan gigi yang lebih rendah sehingga membantu dalam proses pengereman dan kontrol di turunan tajam. 


Anda dapat menggunakan model L saat merasa laju kendaraan terlalu cepat dan ingin memperlambatnya secara aman. Mode ini dapat membantu menjaga kontrol kendaraan dan mencegah mobil meluncur terlalu cepat.


Baca juga: Yuk Kenali Kode di Tuas Transmisi Otomatis Mobil Toyota


3. Menghindari Menekan Pedal Rem Berlebihan dan Terlalu Lama

Saat menuruni turunan tajam, banyak pengendara yang menekan pedal rem terlalu dalam dan terlalu lama sebagai upaya untuk mengurangi kecepatan. Namun, tindakan ini justru dapat menyebabkan overheating pada sistem pengereman dan mengurangi efektivitas pengereman secara keseluruhan. 


Sebagai gantinya, tekan pedal rem secara bertahap dan pastikan untuk memberikan jeda antara satu tekanan dan tekanan berikutnya. Selain Itu, Anda juga dapat mengombinasikannya dengan engine brake untuk memperlambat laju kendaraan secara efektif. 


TEMUKAN BERBAGAI TIPE DAN VARIAN MOBIL BARU TOYOTA DI AUTO2000 DIGIROOM

4. Menghindari Rem Mendadak dan Berlebihan

Penggunaan rem berlebihan saat melintasi turunan tajam dapat menyebabkan keausan yang lebih cepat pada komponen pengereman. Bukan hanya itu, hal ini juga meningkatkan risiko mobil tergelincir dan membahayakan keselamatan penumpang maupun kendaraan di sekitarnya.


Sebagai solusi, Anda dapat menggunakan rem secara perlahan dan bertahap untuk menjaga kontrol kendaraan. Selain itu, Anda juga dapat menggunakan teknik rem mesin dan geser transmisi ke mode gigi rendah secara perlahan untuk membantu mengurangi kecepatan kendaraan.


5. Memperhatikan Jalur dan Kemiringan Jalan

Sebelum memasuki turunan tajam, penting untuk memeriksa jalur dan kemiringan jalan dengan saksama. Selain itu, perhatikan juga kondisi jalan, seperti keberadaan tikungan tajam, menjaga jarak aman dengan kendaraan lain, atau rintangan lainnya yang dapat memengaruhi kegiatan berkendara.


Bukan hanya itu, hindari berpindah jalur secara mendadak dan berhati-hatilah terhadap potensi bahaya di sekitar Anda. Untuk menghindari risiko turunan tajam, Anda juga dapat mempertimbangkan jalur terbaik dengan kemiringan yang lebih landai dan hindari jalur yang terlalu curam jika memungkinkan.


6. Memantau Suhu Mesin Secara Berkala

Memantau suhu mesin saat mengemudi di turunan tajam adalah aspek penting yang tidak boleh diabaikan. Pasalnya, turunan tajam dapat menyebabkan mesin bekerja lebih keras dan menghasilkan panas yang lebih tinggi dibandingkan kondisi mengemudi normal.


Sebagai solusi, Anda dapat memantau suhu mesin yang terdapat di dashboard mobil secara berkala selama perjalanan. Sebaiknya, hindari mengemudi dengan mesin yang overheat untuk mencegah kerusakan yang lebih serius.


7. Menghindari Penggunaan Gigi Netral

Penggunaan gigi netral saat melalui turunan tajam dapat mengurangi kontrol Anda atas kendaraan dan meningkatkan risiko tergelincir. Saat kendaraan berada di gigi netral, mesin tidak lagi memberikan daya rem melalui transmisi sehingga mobil akan meluncur bebas dengan kecepatan yang lebih sulit dikendalikan hanya dengan mengandalkan rem utama.


Menghindari penggunaan gigi netral saat melintasi turunan tajam juga membantu menjaga stabilitas kendaraan. Dalam posisi gigi netral, mobil lebih rentan terhadap perubahan mendadak dalam arah atau kecepatan. Sebaiknya, selalu gunakan mode L untuk memberikan pengereman mesin yang lebih efektif. 


Baca jugaL Mobil Matic Nanjak Pakai Gigi Berapa? Ini Jawabannya!


Tips Perawatan Mobil Matic yang Sering Digunakan di Turunan Tajam

Selain memperhatikan cara mengendarai mobil matic di turunan tajam, Anda juga perlu memberikan perhatian ekstra terhadap perawatan mobil matic Anda. Perawatan yang baik akan memastikan kendaraan selalu dalam kondisi optimal untuk menghadapi jalan turunan yang tajam.


1. Memeriksa Sistem Pendingin Mesin secara Rutin

Sistem pendingin mesin, termasuk radiator, kipas radiator, hingga cairan pendingin, memainkan peran penting dalam menjaga temperatur mesin mobil, terutama saat menuruni turunan tajam. Selain itu, memeriksa level cairan pendingin secara berkala dan memastikan tidak ada kebocoran juga menjadi langkah penting yang perlu dilakukan secara rutin. 


SEGERA LAKUKAN BOOKING SERVIS BERKALA MOBIL TOYOTA ANDA MELALUI AUTO2000 DIGIROOM 

2. Menggunakan Oli Transmisi yang Sesuai

Oli transmisi matic yang berkualitas dan sesuai dengan rekomendasi pabrikan sangat penting untuk menjaga kinerja transmisi otomatis. Oli transmisi membantu mengurangi gesekan dan panas dalam sistem transmisi, serta menjaga kelancaran perpindahan gigi. Apabila oli transmisi berwarna lebih cokelat atau hitam, segera ganti oli transmisi ke bengkel resmi.


3. Memeriksa Kondisi Rem secara Berkala

Rem merupakan komponen vital yang harus selalu dalam kondisi prima, terutama saat mengemudi di turunan tajam. Pemeriksaan rutin terhadap kondisi kampas rem, cakram, dan sistem hidrolik rem akan membantu mengidentifikasi keausan atau kerusakan yang perlu segera diperbaiki. Selain itu, pastikan juga bahwa cairan rem berada pada level yang tepat dan tidak ada kebocoran pada sistem pengereman.


4. Memeriksa Sistem Suspensi

Kondisi suspensi yang baik akan membantu menjaga stabilitas dan kontrol kendaraan saat melintasi turunan tajam. Untuk memastikan sistem suspensi dalam keadaan baik, Anda perlu melakukan pemeriksaan rutin terhadap seluruh komponen suspensi, mulai dari shock absorber, pegas, hingga stabilizer bar. Sistem suspensi yang baik akan meningkatkan kenyamanan dan keselamatan saat berkendara di medan yang sulit.


5. Memperhatikan Kondisi Suhu Mesin

Setelah melewati turunan tajam, sebaiknya Anda perlu segera memperhatikan kondisi suhu mesin. Mesin mobil yang panas setelah menuruni turunan tajam perlu didinginkan secara bertahap. Mematikan mesin secara langsung dapat menyebabkan komponen mesin panas dan berpotensi mengalami kerusakan. Oleh karena itu, penting untuk membiarkan mesin mobil menyala beberapa saat sebelum mematikannya setelah melewati turunan tajam.


Baca juga: 9 Penyebab Persneling Mobil Susah Masuk


Setelah memahami cara mengendarai mobil matic di turunan tajam, apakah sekarang Anda lebih siap untuk melintasi turunan tajam? Mulai dari melakukan pengereman dengan engine break, menggeser tuas transmisi menjadi mode L, hingga menghindari penggunaan gigi netral, sejumlah langkah ini dapat membantu Anda melintasi turunan tajam dengan lebih percaya diri dan aman menggunakan mobil matic.


Untuk mendapatkan pengalaman berkendara terbaik menggunakan mobil matic, pertimbangkan untuk melihat berbagai rekomendasi mobil matic Toyota terbaik. Mulai dari MPV Toyota Calya yang akomodatif, hingga Toyota Rush sebagai SUV yang tangguh, Toyota menawarkan berbagai pilihan mobil matic yang andal di segala medan.


Segera kunjungi Auto2000 Digiroom untuk melihat berbagai tipe dan varian mobil matic terbaik Toyota. Tak perlu bingung karena tim ahli kami siap membantu Anda memilih mobil yang sesuai dengan preferensi dan kebutuhan Anda.


Informasi dalam konten artikel ini dapat mengalami perubahan dan perbedaan, menyesuaikan dengan perkembangan, situasi, strategi bisnis, kemajuan teknologi dan kebijakan tertentu tanpa pemberitahuan terlebih dahulu.


Gambar hanya ilustrasi. 

digiroom logo

AUTO2000 DIGIROOM

Dealer Toyota terbesar di Indonesia yang melayani jaringan jasa penjualan, perawatan, perbaikan dan penyediaan suku cadang Toyota yang terbesar di seluruh Indonesia.