jenis-mobil-matic.png

Mengenal Jenis-Jenis Mobil Matic di Toyota

Diterbitkan12 Jun 2023

Apakah AutoFamily tinggal di wilayah perkotaan? Jika benar, maka AutoFamily bisa menggunakan mobil matic untuk kebutuhan mobilitas sehari-hari. Toyota memiliki berbagai jenis-jenis mobil matic yang dapat Anda gunakan, seperti Toyota Agya dan Toyota Calya. AutoFamily bisa memilih salah satunya sesuai dengan kebutuhan.

Bila Anda ingin membeli mobil matic Toyota dalam waktu dekat ini, AutoFamily bisa cek Auto2000 Digiroom. Terdapat promo Toyota berupa cicilan ringan dan kupon servis. Kunjungi Auto2000 sekarang juga untuk mendapatkan informasi selengkapnya.

Mengenai jenis pilihan mobil matic apa saja yang tersedia di Auto2000, di bawah ini akan dijelaskan lebih lanjut beserta dengan keunggulannya.

4 Jenis Transmisi Mobil Matic

Interior Toyota Raize - Gambar Terbaru 2023 | Auto2000 ...

Sebelum membahas rekomendasi mobil matic dari Toyota, mari memahami lebih dahulu jenis transmisi mobil otomatis yang digunakan pada mobil matic.

Transmisi matic adalah jenis transmisi mobil yang tidak memerlukan perubahan gigi secara manual. Di pasar otomotif, ada beberapa jenis transmisi otomatis yang umum digunakan. Berikut adalah beberapa jenis transmisi mobil matic yang paling umum:

1. Transmisi Otomatis Konvensional (Torque Converter)

Transmisi otomatis konvensional menggunakan torque converter untuk mentransfer daya dari mesin ke transmisi. Ini adalah jenis transmisi otomatis yang paling umum dan sering digunakan di berbagai jenis kendaraan.

2. Transmisi Otomatis dengan Dual-Clutch (DCT)

Transmisi otomatis dengan dual-clutch menggunakan dua kopling untuk mengganti gigi dengan cepat dan tanpa gangguan tenaga. Ini memberikan pengalaman mengemudi yang lebih responsif dan efisien.

3. Transmisi Otomatis dengan Kontinu Variabel (CVT)

Transmisi CVT tidak memiliki gigi tetap. Sebaliknya, ia memiliki sabuk baja yang bergerak naik turun antara dua pulley untuk memberikan rasio gigi yang variabel secara terus-menerus. CVT memberikan akselerasi yang halus dan efisien.

4. Transmisi Otomatis dengan Sistem Manual (AMT)

Transmisi otomatis dengan sistem manual, atau dikenal juga sebagai transmisi otomatis robotik, memungkinkan pengemudi untuk mengganti gigi secara manual tanpa menggunakan pedal kopling. Sistem ini sering digunakan untuk meningkatkan efisiensi bahan bakar.

Baca juga: Yuk Kenali Kode di Tuas Transmisi Otomatis Mobil Toyota

4 Jenis Mobil Matic di Toyota dan Keunggulannya

Auto2000 menyediakan berbagai jenis mobil matic, mulai dari MPV hingga hatchback. Jadi, bila Anda memerlukan mobil matic untuk keluarga, Anda bisa memilih mobil Toyota Calya dengan tampilan interior dan eksterior yang tentunya menarik.

Bila Anda ingin mobil hatchback bisa menggunakan Toyota Agya. Namun, penting bagi AutoFamily mengetahui keunggulannya agar lebih mudah dalam mempertimbangkannya. Kalau begitu, yuk simak di bawah ini.

1. Toyota Calya

Toyota Calya dengan transmisi otomatis menjadi salah satu opsi yang populer. Terutama, interior Toyota Calya otomatis yang memiliki beberapa keunggulan. Mobil otomatis memang terkenal karena kemudahannya. Hal yang sama berlaku untuk Toyota Calya dengan transmisi otomatis. Beberapa keunggulan dapat ditemukan di bagian kabinnya.

Fitur yang paling mencolok pada Calya dengan transmisi otomatis adalah tuas transmisinya. Komponen tuas transmisi yang hanya perlu digeser maju-mundur terletak pada bagian yang terintegrasi dengan dasbor.

Hal ini memberikan cukup ruang bagi tangan kiri pengemudi ketika sedang istirahat, letaknya di antara jok depan. Sementara tuas rem tetap ada di antara jok depan dan mudah dioperasikan.

Di sekitar dasbor, dekat dengan tuas transmisi terdapat pengaturan AC. Sebagai mobil Toyota modern, tombol pengaturan AC sekarang menggunakan desain yang praktis dan elegan.

Berbicara tentang kemudi, keunggulan lainnya adalah setir Toyota Calya yang dilengkapi dengan tombol multifungsi. Melalui fitur ini, pengemudi dapat dengan mudah mengatur audio sambil tetap mengendalikan mobil.

Untuk fitur hiburan, Calya juga dilengkapi dengan layar sentuh di kabinnya. Melalui kehadiran fitur multimedia ini, Anda dapat menggunakan audio USB, DVD, Aux In, Bluetooth, dan memutar musik.

Selain itu, Toyota Calya dengan transmisi otomatis dilengkapi dengan mesin berkapasitas 1.200 cc. Mesin 3NR dengan konfigurasi 4 silinder ini menghasilkan tenaga sebesar 88 PS pada 6.000 RPM dan torsi 11 Kgm pada 4.200 RPM.

Mesin yang menggunakan teknologi Dual VVT-i ini dikombinasikan dengan transmisi otomatis 4 percepatan. Mengemudi Calya otomatis tentu sangat menyenangkan dengan berbagai keunggulan di kabinnya. Anda bisa mendapatkan mobil ini di Auto2000 sekarang juga.

Baca juga:Ini Dia Fitur Calya Facelift Terbaru yang Semakin Keren!

2. Toyota Agya GR Sport

Agya GR Sport hadir dengan teknologi terbaru yang canggih dan mampu memfasilitasi AutoFamily dalam mobilitas sehari-hari. Mobil ini hadir dengan performa mesin yang bertenaga dan efisien. Ditenagai oleh mesin WA-VE 1.200 cc dengan konfigurasi 3-silinder Dual VVT-i, mobil ini mampu menghasilkan tenaga sebesar 88 ps pada 6.000 rpm dan torsi 11,52 Kgm pada 4.500 rpm.

Bagian dalam mobil All New Agya GR Sport memberikan kesan yang sporty, tangguh, dan tentunya menarik. Interior Agya GR Sport juga memiliki tampilan klasik dengan kemudi yang dilapisi kulit serta dilengkapi dengan tombol kontrol unit utama dan mode penggerak untuk kenyamanan saat berkendara. Dilengkapi juga dengan pengisi daya nirkabel yang modern untuk pengisian daya ponsel yang lebih fleksibel.

Tidak hanya itu, Toyota Agya GR Sport juga dilengkapi dengan unit utama yang canggih dan kamera belakang berukuran 8 inci, panel instrumen TFT 7 inci, serta penyesuaian fleksibel pada sandaran kepala yang makin memudahkan pengemudi selama berkendara.

Fitur keselamatan Agya Sport juga tidak tertandingi. Tersedia Hill Start Assist, Sensor Parkir Belakang, Kontrol Stabilitas Kendaraan, Airbag SRS, fitur ISOFIX, dan Dashcam DVR modern untuk memberikan kenyamanan dan keselamatan maksimal selama berkendara.

Berbagai fitur menarik juga tersedia pada mobil Toyota Agya GR Sport. Mobil ini dilengkapi dengan unit utama yang memiliki fitur mirror link dan kamera belakang dengan layar lebar 8 inci untuk kemudahan pengemudi selama berkendara. Tidak ketinggalan, Toyota Agya GR Sport juga dilengkapi dengan AC digital untuk memudahkan pengaturan suhu di dalam kabin.

DAPATKAN LAYANAN TERBAIK UNTUK MOBIL TOYOTA KESAYANGAN ANDA HANYA DI AUTO2000 DIGIROOM

3. Toyota Rush

Sebagai mobil SUV yang dilengkapi dengan kabin yang luas, Toyota Rush memiliki desain bodi yang dapat menampung 7 penumpang. Mesin Toyota Rush juga dirancang untuk memberikan performa tinggi agar dapat melakukan manuver dengan baik.

Saat ini terdapat empat tipe varian Toyota Rush dengan perbedaan transmisi manual dan otomatis. Tipe transmisi manual meliputi Toyota Rush 1.5 G M/T, Toyota Rush 1.5 S M/T GR SPORT, Toyota Rush 1.5 S M/T LUX GR SPORT, dan Toyota Rush 1.5 G M/T LUX.

Setiap tipe pada varian Toyota Rush menggunakan mesin DOHC 4 silinder segaris dengan teknologi Dual VVT-i berkapasitas 1.496 cc. Toyota Rush mampu memberikan daya maksimum sebesar 104 PS/6.000 RPM. Mobil ini juga memiliki efisiensi konsumsi bahan bakar yang baik.

Eksterior Toyota Rush memiliki kesan yang gagah dan elegan. Desain headlamp terbaru yang dipadukan dengan grille chrome menambah daya tariknya. Lampu belakang yang menggunakan LED juga terintegrasi dengan baik pada mobil. Velg berukuran 17 inci dengan desain sporty makin memperkuat kesan gagah.

Toyota Rush didukung oleh suspensi MacPherson Strut dengan Pegas Coil dan Stabilizer pada bagian depan, serta suspensi 5 Link Lateral Rod dengan Pegas Coil dan Stabilizer di bagian belakang. Rem depan menggunakan cakram berukuran 16 inci, sementara rem belakang menggunakan rem tromol.

Interior Toyota Rush tetap mengusung gaya modern. Dasbor telah dirancang dengan desain terbaru yang dilengkapi dengan Head Unit dengan fitur Rear Parking Camera, Auto A/C with Digital Display, Stunning Combinator Meter dengan lampu indikator yang menarik, dan 8 Surround Sound Speaker untuk pengalaman audio yang berkualitas.

Toyota Rush juga dilengkapi dengan berbagai fitur keselamatan yang dapat menjaga penumpang. Fitur-fitur tersebut meliputi 6 SRS Airbags, Vehicle Stability Control (VSC), 7 Seat Belt Indicator untuk memperingatkan penumpang agar menggunakan sabuk keselamatan, Anti Lock Braking System (ABS), Hill-Start Assist, dan Emergency Brake Signal yang memberikan sinyal kepada pengendara di belakang.

Baca juga:Toyota Rush Dimodifikasi? Ini 5 Hal yang Perlu Dipertimbangkan

4. Toyota Corolla Altis

Toyota Corolla Altis memiliki mesin yang bertenaga dan beroperasi dengan suara yang halus, sehingga memberikan kenyamanan saat mengendarainya. Terdapat dua tipe varian Toyota Corolla Altis, yaitu varian V AT dan varian hybrid.

Baik varian V AT maupun hybrid, keduanya menggunakan mesin DOHC 4 silinder segaris dengan teknologi Dual VVT-i. Terdapat perbedaan dalam hal daya maksimum. Varian Altis V memiliki daya maksimum sebesar 140 ps/6.400 RPM dengan kapasitas 1.798 cc.

Selain mesin, Toyota Corolla Altis juga dilengkapi dengan fitur keselamatan yang lengkap. Fitur Blind Spot Monitor membantu mengurangi titik buta pada mobil. Terdapat pula sensor-sensor seperti Safety Sense dan Clearance Sonar System untuk menjaga keselamatan Anda. Adaptive Cruise Control juga hadir untuk memberikan kenyamanan lebih kepada pengemudi.

Desain eksterior Toyota Corolla Altis mencerminkan kesan yang elegan dan mewah. Terdapat desain baru pada grille depan dan bumper, desain baru pada bumper belakang dan lampu belakang, serta penggunaan velg 17 inci Aloy Wheels dengan desain jari-jari yang elegan.

Seluruh tambahan desain pada bumper dan lampu memberikan kesan dinamis yang menyatu dengan keseluruhan mobil. Meskipun memiliki aura kemewahan, Toyota Corolla Altis juga menampilkan kesan sporty melalui garis-garis lembut di samping bodi mobil.

Interior Toyota Corolla Altis menawarkan kemewahan dengan berbagai fitur menarik. Terdapat Advanced & Integrated Multimedia System, Dual Zone Auto AC, Attractive 4.2 MID untuk melihat indikator kecepatan dengan jelas, serta kemudahan dalam parkir dengan Electronic Parking Brake.

Apabila Anda membutuhkan ruang bagasi yang besar, Toyota Corolla Altis menyediakan kapasitas bagasi sebesar 369 liter, cocok untuk perjalanan jauh. Pengalaman berkendara yang nyaman, hiburan yang lengkap, dan berbagai fitur yang memudahkan pengemudi menjadikan Toyota All New Corolla Altis sebagai pilihan yang tepat.

Toyota Corolla Altis dilengkapi dengan berbagai fitur keamanan terbaik. Fitur-fitur tersebut meliputi Clearance Sonar System, Rear Cross Traffic Alert, Blind Spot Monitor, Pre Collision System, Adaptive Cruise Control, Lane Departure Alert with Steering Control, dan Automatic High Beam (AHB). Fitur-fitur ini membantu menjaga kendaraan dan menjaga keamanan Anda selama berkendara.

Baca juga:Inilah Fitur Corolla Altis yang Membuatnya Sangat Canggih

Setelah AutoFamily mengetahui jenis-jenis mobil matic yang tersedia di Auto2000, mobil mana yang akan Anda pilih untuk kebutuhan mobilitas sehari-hari? Bila Anda membutuhkan mobil matic keluarga, Anda bisa pilih Calya. Sedangkan bila Anda memerlukan mobil compact dengan ukuran yang lebih kecil, Anda bisa menggunakan Agya.

Mobil baru Toyota ini bisa Anda dapatkan melalui Auto2000 Digiroom atau mengunjungi dealer Auto2000 terdekat secara langsung. Kalau begitu, kunjungi Auto2000 sekarang juga untuk mendapatkan mobil matic impian Anda.

Informasi dalam konten artikel ini dapat mengalami perubahan dan perbedaan, menyesuaikan dengan perkembangan, situasi, strategi bisnis, kemajuan teknologi dan kebijakan tertentu tanpa pemberitahuan terlebih dahulu.

digiroom logo

AUTO2000 DIGIROOM

Dealer Toyota terbesar di Indonesia yang melayani jaringan jasa penjualan, perawatan, perbaikan dan penyediaan suku cadang Toyota yang terbesar di seluruh Indonesia.