cara-mematikan-lampu-abs-pada-mobil.jpg

Ketahui Cara Mematikan Lampu ABS Pada Mobil

Diterbitkan22 Agu 2023

Perkembangan teknologi dalam dunia otomotif membawa efek positif dari sisi fitur keselamatan. Hampir seluruh mobil yang ada pada saat ini menggunakan fiturrem ABS. Lampu ABS adalah akronim Anti-lock Brake System.

Ketika mobil memiliki rem ABS, maka beberapa model terdapat lampu khusus di bagian panel indikator. Tapi ternyata ada masalah yang bisa muncul ketika lampu ABS menyala. Sebenarnya bagaimana cara mematikan lampu ABS pada mobil?

Teknologi ABS sangat berguna untuk menjaga sistem pengereman agar tidak terkunci ketika AutoFamily mengerem secara mendadak.

Tentunya ketika ban AutoFamily terkunci, maka mobil bisa kehilangan kendali. Bahaya inilah yang dihindari berkat rem ABS.

Ketika rem ABS bekerja, maka lampu khusus yang ada di panel indikator akan menyala. Tapi ketika lampu indikator ABS menyala secara terus menerus, maka bisa saja ada masalah lain.

Untuk tahu cara mematikan lampu abs pada mobil yang menyala, simak penjelasannya di bawah ini.

Komponen Anti-Lock Braking System

Sebelum membahas mematikan lampu abs pada mobil, baiknya Anda mengetahui empat komponen penting pada rem dengan fitur ABS pada umumnya adalah sebagai berikut:

  1. Sensor kecepatan: sesuai namanya, sensor ini memonitor seberapa cepat roda mobil berputar.

  2. Katup-katup: Peran komponen ini pada pengereman cukup vital karena bertugas menahan dan merilis tekanan.

  3. Pompa: Komponen ini diisi dengan cairan hidrolik dan membuat tekanan ke kaliper rem sesuai permintaan dari pedal rem.

  4. Controller: electronic control unit (ECU) adalah otak dari ABS dan menggunakan data dari sensor untuk menentukan apakah akan memompa rem atau tidak.

Baca juga: Mengenal Cara Kerja Anti-Lock Braking System

Penyebab Lampu Indikator ABS Mobil Menyala

Ada beberapa penyebab lampu ABS menyala secara terus menerus. Dimulai dari:

  • Volume Minyak rem mobil berkurangatau rendah.

  • Unit kontrol mengalami masalah

  • Pengecekan pada bagian bohlam standar

  • Speed sensor bermasalah

  • Masalah kabel di dalam sistem mesin

  • Kerusakan atau kegagalan dalam pemompaan

  • Kerusakan pada bagian solenoid

Melihat daftar di atas, sudah jelas bahwa cukup banyak penyebab dari masalah ini. Sudah sewajarnya lampu indikator menyala ketika sistem ini bekerja.

Kalau sudah menyala terus menerus padahal Anda sedang tidak menginjak pedal rem atau bahkan saat mobil baru dinyalakan tapi masih terus menyala, berarti memang ada masalah lain.

Baca juga:Inilah 5 Penyebab Mobil Diesel Tidak Mau Hidup

Cara Mematikan Lampu ABS pada Mobil

Sekarang Anda perlu tahu cara mematikan lampu ABS pada mobil yang menyala secara terus menerus. Memang bisa saja masalah di atas muncul karena beberapa masalah.

1. Cek Sensor Lampu ABS

Pertama, Anda bisa mengecek bagian sensor lampu sistem ABS. Di mana letak dari sensor ABS? Sebenarnya ada pada bagian roda dari kendaraan bermotor.

Anda bisa mengecek kabel yang dekat dengan roda depan. Apakah kabel tersebut memiliki permukaan yang rusak atau tidak.

Masalahnya adalah kerja sensor juga mendeteksi ketika brake pads sudah mulai tipis. Jadinya permukaan minyak rem akan turun secara otomatis. Inilah yang membuat lampu ABS menjadi menyala.

Baca Juga:8 Penyebab Rem Mobil Bunyi Saat Diinja

2. Bersihkan Throttle Body

Cara kedua adalah membersihkan throttle body. Anda bisa membuka selang saluran udara yang menuju ke bagian mesin mobil. Berikan semprotan pembersih yang sudah banyak terjual di toko onderdil mobil.

Ingat, pembersih yang dipakai memang khusus untuk urusan mobil, bukan pembersih perabotan atau lainnya.

Dampak pertama yang terasa setelah memberikan semprotan pembersih adalah mesin menjadi batuk-batuk. Tapi kejadian ini tidak akan berlangsung lama.

Jika mesin sudah normal, maka aliran udara yang terdapat di dalam throttle body menjadi bersih.

DAPATKAN HARGA PROMO TOYOTA VELOZ DI AUTO2000

3. Bawa ke Bengkel Resmi

Bagaimana jika tetap menyala? Cara terakhir yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi masalah ini adalah membawa mobil ke bengkel resmi.

Tentunya bukan bengkel sembarangan. Anda bisa membawa mobil Toyota kesayangan ke bengkel Auto2000.

Memiliki bengkel resmi khusus Toyota di Indonesia membuat Auto2000 siap melakukan perawatan dan perbaikan optimal pada mobil Anda.

Apalagi Auto2000 juga didukung oleh barisan teknisi handal dan berpengalaman.

Baca juga:Melihat Komponen Mesin Diesel Lebih Dalam

Jadi, tunggu apalagi? Ayo kunjungicabang Auto2000 terdekat. Jika Anda tidak memiliki waktu untuk membawa mobil ke bengkel, silakan lakukan booking layanan THS-Auto2000 Home Service melalui websiteatau aplikasi Auto2000 Mobile kami.

Nikmati berbagailayanan purna jualdan kemudahanbooking service onlinemelaluiAuto2000 Digiroomsekarang juga!

KunjungiDealer Toyotasekarang juga untuk memperoleh berbagai informasi mengenai mobil terbaik persembahan Toyota.

Dapatkan juga berbagaiPromo Dealer Mobil Toyotaterbaru untuk berbagai jenis mobil terbaik persembahan Toyota, seperti mobilToyota Fortuner 4x2hinggaToyota Corolla Altis. Anda bisa jadwalkan kunjungandi sinisekarang juga!

Informasi dalam konten artikel ini dapat mengalami perubahan dan perbedaan, menyesuaikan dengan perkembangan, situasi, strategi bisnis, kemajuan teknologi, dan kebijakan tertentu tanpa pemberitahuan terlebih dahulu.

digiroom logo

AUTO2000 DIGIROOM

Dealer Toyota terbesar di Indonesia yang melayani jaringan jasa penjualan, perawatan, perbaikan dan penyediaan suku cadang Toyota yang terbesar di seluruh Indonesia.