Sebenarnya Apa Sih Fungsi Fitur ABS dan BA di Rem Mobil Toyota Anda"/>

LOKASIMU

Memilih lokasi Anda membantu kami memberikan harga yang akurat, ketersediaan stok, dan menemukan cabang terdekat untuk Anda.

Sebenarnya Apa Sih Fungsi Fitur ABS dan BA di Rem Mobil Toyota Anda

"

Selain fitur Electronic Brake-force Distribution (EBD) pada sistem rem mobil Toyota anda yang mana sebenarnya fitur EBD bukanlah menu utama di sistem pengereman mobil modern karena sifatnya lebih pada mendukung, walau punya faedah besar dalam menjaga keselamatan berkendara.

Fitur yang saat ini wajib ada di mobil Toyota dan sudah menjadi fitur keselamatan standar adalah ABS (Anti-lock Braking System).

Meski begitu, ada menu pelengkap lain dari sistem pengereman yakni Brake Assist (BA). Nah, yang belum tau apa sih fitur ABS dan BA itu. Mari simak di sini penjelasan singkatnya.

Anti-lock Braking System (ABS)

Sebagai info awal, ABS, BA, dan EBD masuk dalam ketegori fitur keselamatan aktif karena ketiganya punya peran aktif mengontrol daya pengereman mobil anda.

Alhasil ketiganya selalu aktif bekerja tanpa perlu menunggu kondisi darurat, beda dengan airbag yang baru bekerja saat terjadi kecelakaan.

Menariknya, teknologi ABS pertama kali diaplikasikan untuk pesawat terbang agar tidak tergelincir ketika mendarat karena kondisi jalan tempat berpijaknya ban tidak selalu sama.

Kian menyulitkan saat pesawat terbang harus mendarat di landasan licin karena hujan atau salju. Seiring waktu, teknologi ini disematkan pada mobil dan terbukti efektif mampu menekan angka kecelakaan di jalan.

ABS berfungsi untuk membuat seluruh roda mobil agar tidak terkunci ketika pengemudi mengerem terlalu dalam. Ini biasa terjadi saat kamu panik atau kondisi darurat seperti ingin menghindar dari kecelakaan di depan.

Pasalnya rem yang mengunci membuat ban tidak bisa dikontrol dan digerakkan ke kiri maupun ke kanan, alhasil anda sulit menghindar obyek yang ada di depan.

Prinsipnya seperti mengocok rem dengan menekan dan melepas kembali pedal rem seperti yang banyak dilakukan sebelum ditemukannya teknologi ini.

Hanya saja gerakannya dibuat sangat cepat, halus, dan tidak terasa ke kabin. Paling hanya kaki anda yang merasakan getaran di pedal rem saat menekannya.

Jangan khawatir karena itu normal saja, tekan saja terus rem mobil Toyota anda. Sehingga ban mobil tidak sampai terkunci dan masih bisa mencengkeram aspal sehingga tidak kehilangan traksi.

Positifnya, ban masih bisa dikendalikan saat situasi darurat, seperti menghindar dari mobil depan yang berhenti tiba-tiba.

Tanpa fitur ini, mobil akan nyelonong lurus ke depan karena ban tidak punya grip dan mobil tidak mau belok meski setir sudah anda putar hingga habis.

Makanya fitur ini sangat bermanfaat saat anda melakukan pengereman mendadak di jalan licin atau berpasir. Selain jarak pengereman yang lebih dekat, anda tetap bisa melakukan manuver menghindar sehingga terhindar dari kecelakaan.

Brake Assist (BA)

Brake Assist (BA) diciptakan karena ada kecelakaan yang terjadi akibat anda tidak maksimal menginjak pedal rem. Bisa karena terlambat atau sudah panik sehingga tidak optimal menginjak pedal rem.

BA membantu menekan rem sehingga walaupun rem diinjak sedikit, sistem sudah secara otomatis menambahkan tenaga untuk membantu menambah daya pengereman.

BA bekerja dengan membaca pelepasan kaki pada pedal gas secara mendadak dan berpindah ke rem.

Jika terbaca seperti itu, BA akan bereaksi karena menganggap ada kondisi darurat yang butuh dukungan pengereman.

Setidaknya dengan menyimak uraian penjelasan singkat tersebut, sedikit tidaknya anda sudah mengetahu fungsi dari fitur ini. Semoga bermanfaat.

(Mitha Purnama Dewi)

Auto2000

"
Share this article
Tanya Tasia