busi-mobil-mati-satu.jpg

Apa yang Harus Dilakukan Saat Busi Mobil Mati Satu?

Diterbitkan5 Apr 2023

Apakah performa mesin mobil Anda menurun? Kondisi ini bisa terjadi karena berbagai hal, salah satunya kerusakan pada komponen busi. Meskipun busi mobil mati satu, namun bisa berdampak pada kondisi mesin secara keseluruhan, sehingga menyebabkan ketidakstabilan pembakaran.

Solusi untuk masalah ini adalah mengganti busi yang rusak dengan busi baru. Namun, seringkali terjadi kesalahan, di mana pemilik mobil hanya mengganti satu busi saja padahal seharusnya dilakukan penggantian busi secara menyeluruh. Hal ini tentu bisa dihindari jika Anda berkonsultasi dengan bengkel Auto2000.

Busi mobil merupakan salah satu komponen penting yang berfungsi membakar campuran bahan bakar dan udara di dalam ruang bakar. Alhasil, mesin mobil bisa menghasilkan energi yang diperlukan untuk menggerakkan mobil. Jadi, meskipun satu busi mobil yang mati, Anda harus mengganti keduanya supaya performa mobil Anda makin maksimal.

Lantas, apa yang harus Anda lakukan saat busi mobil mati satu? Anda perlu mengetahui ciri-cirinya terlebih dahulu, lalu berkunjung ke bengkel Auto2000 untuk melakukan penggantian busi. Auto2000 menyediakan berbagai Layanan Bengkel Toyota yang siap membantu Anda, termasuk mengganti busi mobil. Lakukan booking online jadwal agar proses perawatan mobil Anda dapat dilakukan dengan lebih efisien.

Untuk bisa mengetahui ciri-ciri busi mobil mati satu dan solusi apa yang perlu Anda lakukan, mari simak uraian lengkap di bawah ini.

4 Ciri Busi Mobil Mati Satu

Saat mobil Anda tidak nyaman dikendarai, bisa jadi komponen busi mobil Anda mengalami kendala atau busi mobil mati satu. Ciri-ciri yang mudah ditemukan saat ini terjadi pada mobil Anda yaitu mesin mobil menjadi bergetar atau bahkan tidak bisa menyala. Pahami ciri-cirinya secara lebih mendalam pada uraian berikut ini.

1. Mesin Mobil Tidak Bisa Menyala

Komponen busi berperan sangat penting dalam proses pembakaran, sehingga jika mobil tidak menyala artinya komponen busi mengalami kendala. Busi berfungsi memproses pembakaran campuran bahan bakar dan udara di dalam ruang bakar.

Ketika salah satu busi tidak berfungsi dengan baik, maka proses pembakaran jadi tidak maksimal dan mesin mobil sulit untuk dihidupkan. Jika hal ini terjadi pada mobil Anda, segera kunjungi bengkel Auto2000 untuk proses perbaikan.

2. Getaran Mesin Meningkat

Jika mesin mobil masih bisa dihidupkan namun terasa bergetar, bisa jadi itu merupakan tanda salah satu busi mobil mati. Akibatnya, mesin tidak bisa menghasilkan tenaga secara optimal dan menjadi penyebab getaran yang tidak normal pada mobil.

Kondisi ini akan makin terasa jika sistem pembakaran mesin lainnya mengalami kendala, seperti karburator yang kotor atau rusak, tekanan bahan bakar yang tidak stabil, atau injektor bahan bakar yang bermasalah. Jadi, pastikan mobil Anda dalam keadaan optimal dengan selalu melakukan perawatan mobil berkala di bengkel Auto2000.

3. Konsumsi Bahan Bakar Meningkat

Ciri lain yang akan Anda temukan saat busi mobil mati satu adalah konsumsi bahan bakar yang meningkat. Kondisi ini disebabkan karena campuran bahan bakar dan udara tidak terbakar secara sempurna di dalam ruang bakar. Alhasil, mesin harus bekerja lebih keras untuk menghasilkan tenaga yang diperlukan dan mengakibatkan konsumsi bahan bakar menjadi meningkat.

4. Mesin Mobil Overheat

Kerusakan pada busi mobil juga bisa menyebabkan mesin mobil jadi overheat atau kepanasan. Mengapa hal ini bisa terjadi? Karena proses pembakaran di ruang bakar tidak terjadi dengan sempurna dan mesin harus bekerja lebih keras dari biasanya hingga mengalami overheat. Supaya hal ini tidak terjadi pada mesin mobil Anda, pastikan selalu melakukan perawatan mobil secara berkala. AutoFamily bisa melakukan booking online jadwal melalui Auto2000 Digiroom.

DAPATKAN LAYANAN TERBAIK UNTUK MOBIL TOYOTA KESAYANGAN ANDA HANYA DI AUTO2000 DIGIROOM

Apa yang Harus Dilakukan Saat Busi Mobil Mati Satu?

Saat mobil tidak menyala atau mengalami overheat, pastikan Anda langsung membawa mobil ke bengkel Auto2000 agar segera diperbaiki. Namun, jika ciri-ciri busi mobil mati satu terjadi saat Anda sedang dalam perjalanan, berikut ini beberapa hal yang bisa Anda lakukan.

1. Cek Kondisi Busi

Langkah pertama yang harus dilakukan saat busi mobil mati satu adalah memeriksa kondisi busi. Pastikan busi tidak rusak atau kotor serta busi terpasang dengan baik. Jika ditemukan busi yang rusak atau kotor, segera ganti dengan busi yang baru dan bersih. Ada baiknya proses mengecek busi ini Anda lakukan di bengkel Auto2000 agar prosesnya lebih cepat dan efisien.

2. Cek Kabel Busi

Langkah selanjutnya yang perlu Anda lakukan yaitu memeriksa kabel busi. Pastikan kabel busi tidak putus atau rusak dan terpasang dengan baik pada busi dan koil. Jika ditemukan kabel busi yang putus atau rusak, segera ganti dengan kabel busi yang baru. Pastikan proses ini dilakukan oleh mekanik profesional di bengkel Auto2000 untuk menghindari terjadinya kerusakan pada komponen mobil lainnya.

Baca juga:Ukuran Celah Busi Mobil yang Perlu Diketahui

3. Bersihkan Busi

Jika busi mobil masih dalam kondisi baik namun tetap mati satu, ada kemungkinan busi mobil Anda terlalu kotor. Kalau sudah begini, membersihkan busi menjadi solusi yang cukup efektif untuk dilakukan. Untuk melakukan prosesnya, Anda bisa melepas busi dari mesin mobil, lalu bersihkan kotoran atau endapan yang menempel pada busi tersebut.

Proses membersihkan busi memang bisa Anda lakukan sendiri, tetapi lebih direkomendasikan dilakukan di bengkel Auto2000. Mengapa? Karena tim Auto2000 lebih berpengalaman menangani hal-hal seperti ini. Selain itu, membersihkan busi di bengkel Auto2000 bisa meminimalisir terjadinya kerusakan pada komponen mobil lainnya.

4. Periksa Sistem Pengapian

Apabila Anda telah melakukan pemeriksaan pada busi dan kabel busi, tetapi mesin masih tidak dapat menyala, maka langkah selanjutnya memeriksa sistem pengapian. Pastikan sistem pengapian berfungsi dengan baik dan tidak ada kerusakan pada koil atau modul pengapian. Untuk cara ini, Anda bisa bawa mobil ke bengkel Auto2000 terdekat untuk diperiksa.

Tim dari Auto2000 akan melakukan pemeriksaan lebih lanjut pada mesin mobil dan menemukan penyebab pasti dari masalah yang terjadi. Supaya kondisi ini tidak terjadi lagi di kemudian hari, pastikan selalu melakukan perawatan mobil secara berkala di Auto2000.

Selain menyediakan layanan perawatan mobil berkala, Anda juga bisa membeli berbagai Aksesoris Toyota seperti kaca film mobil, oil filter, dan busi di Auto2000. Beberapa aksesoris juga bisa dikirimkan langsung ke rumah Anda tanpa harus mengunjungi bengkel Auto2000.

Meski begitu, melakukan perawatan secara langsung ke bengkel Auto2000 sangat penting agar Anda bisa berkonsultasi lebih lanjut. Kalau begitu, yuk kunjungi Auto2000 Digiroom sekarang juga dan segera booking jadwal servis mobil Anda sekarang.

Informasi dalam konten artikel ini dapat mengalami perubahan dan perbedaan, menyesuaikan dengan perkembangan, situasi, strategi bisnis, kemajuan teknologi dan kebijakan tertentu tanpa pemberitahuan terlebih dahulu.

digiroom logo

AUTO2000 DIGIROOM

Dealer Toyota terbesar di Indonesia yang melayani jaringan jasa penjualan, perawatan, perbaikan dan penyediaan suku cadang Toyota yang terbesar di seluruh Indonesia.