berkendara-dengan-anak.jpg

8 Tips Berkendara Dengan Anak Supaya Tetap Nyaman Dan Aman

Diterbitkan28 Jul 2023

Berkendara dengan anak biasanya menjadi momen berharga bagi setiap keluarga. Namun, menjaga kenyamanan dan keselamatan buah hati dalam perjalanan bukanlah tugas yang mudah. Sebagai orang tua, AutoFamily tentu selalu ingin memberikan pengalaman terbaik bagi anak-anak ketika bepergian, tetapi ada berbagai tantangan di jalan raya seringkali membuat merasa cemas dan was-was.

Jangan khawatir, dalam artikel ini, Auto2000 telah merangkum berbagai tips berharga untuk membantu Anda menghadapi perjalanan bersama anak-anak dengan penuh keceriaan dan tentu saja, keamanan. Jadi, sebelum memulai road trip jarak jauh bersama keluarga, pastikan AutoFamily membaca artikel ini hingga akhir terlebih dahulu.

8 Tips Berkendara Dengan Anak

Peran sebagai seorang orang tua dapat dikatakan menjadi sebuah tanggung jawab besar, termasuk dalam hal keselamatan dan kenyamanan anak saat perjalanan. Ketika mengemudi bersama anak-anak, ada banyak faktor yang harus diperhatikan untuk memastikan perjalanan aman dan menyenangkan bagi seluruh keluarga. Mari simak tips selengkapnya di bawah ini:

Baca Juga:6 Etika Mengemudi yang Wajib Diikuti Pengendara

1. Persiapkan Rute dan Waktu Perjalanan dengan Teliti

Sebelum berangkat, pastikan AutoFamily telah mempersiapkan rute perjalanan dengan teliti. Jika Anda bepergian jauh atau ke tempat baru, pastikan untuk mengidentifikasi rute yang tepat dan mengikuti peta atau aplikasi navigasi yang dapat membantu Anda mencapai tujuan dengan lancar.

Baca Juga:Cara Membuat Rute Perjalanan Dengan Google Maps

Hindari rute yang padat lalu lintas atau membutuhkan waktu perjalanan terlalu lama. Sebab anak akan cenderung lebih cepat bosan dan justru akan sedikit rewel. Di samping itu, perhatikan juga cuaca, kondisi jalan, dan kemungkinan perbaikan jalan di sepanjang perjalanan. Tentukan waktu keberangkatan sedemikian rupa sehingga Anda memiliki cukup waktu untuk perjalanan tanpa terburu-buru.

2. Periksa Kendaraan Anda

Pastikan kendaraan Anda dalam kondisi prima sebelum berangkat. Kendaraan yang tidak terawat dapat menimbulkan risiko keselamatan bagi AutoFamily dan anak-anak. Periksa semua sistem penting seperti mesin, rem, kelistrikan, AC, dan lampu kendaraan. Di samping itu, pastikan ban dalam kondisi baik dan tekanan udara sesuai dengan rekomendasi pabrikan.

Hal ini karena sistem pengereman yang baik dan ban yang sesuai akan memastikan kontrol lebih baik saat mengemudi dan mengurangi risiko kecelakaan. Jangan lupa juga untuk memeriksa minyak mesin,air radiator, dan cairan lainnya yang penting untuk kinerja kendaraan secara optimal. Jika perlu, lakukan servis rutin kendaraan sebelum perjalanan panjang.

Untuk pengecekan sebelum perjalanan jarak jauh bersama anak-anak ini dapat AutoFamily lakukan di layanan bengkel Toyota Auto2000. Selain pelayanan terbaik dengan peralatan yang mumpuni, Auto2000 juga menyediakan kupon servis Toyota yang bisa AutoFamily dapatkan sesuai dengan tipe mobil agar servis lebih tepat dan maksimal. Cek seluruh kupon yang tersedia di Auto2000 Digiroom.

3. Gunakan Car Seat yang Sesuai

Penting untuk selalu menggunakan car seatyang sesuai untuk anak-anak dengan usia balita atau yang membutuhkan saat berkendara. Setiap anak membutuhkan perlindungan yang sesuai dengan usia dan berat badan mereka. Pastikan kursi mobil anak sesuai dengan ukuran dan berat badan mereka. Gunakan sabuk pengaman atau sistem pengikat yang tepat untuk anak-anak yang belum mencapai tinggi dan berat tertentu.

4. Bawa Perlengkapan Penting Selama Perjalanan

Jangan lupa membawa perlengkapan penting selama perjalanan bersama anak-anak seperti air minum, makanan ringan, tisu basah, pembersih tangan, dan obat-obatan dasar seperti antiseptik, obat anti mabuk perjalanan, dan obat lain yang sekiranya dibutuhkan.

Bawa juga mainan atau hiburan untuk anak-anak agar mereka tetap tenang dan terhibur selama perjalanan. Selain itu, persiapkan pula kantong plastik untuk mengumpulkan sampah dan tempat sampah agar kendaraan tetap bersih dan nyaman selama perjalanan.

5. Istirahat Secukupnya

Jika perjalanan panjang, rencanakan untuk berhenti istirahat setiap beberapa jam. Selain mengembalikan energi pengemudi, istirahat sambil meregangkan otot juga membantu mengurangi kelelahan dan membantu anak-anak melepaskan energi mereka. Jika memungkinkan, pilih tempat istirahat yang memiliki fasilitas untuk bersantai dan bermain seperti taman atau area bermain.

Cari tempat istirahat yang aman dan nyaman, serta fasilitas toilet yang bersih. Jadi nantinya, Anda akan lebih segar dan fokus saat melanjutkan perjalanan, dan anak-anak pun juga akan merasa lebih nyaman dan bersemangat untuk melanjutkan perjalanan.

TEMUKAN PAKET SERVIS TOYOTA SESUAI DENGAN TIPE MOBIL ANDA AGAR MENDAPATKAN PERAWATAN LENGKAP DI AUTO2000 DIGIROOM

6. Atur Suhu dengan Baik

Pastikan suhu di dalam kendaraan nyaman untuk semua penumpang, termasuk anak-anak. Anak-anak lebih sensitif terhadap suhu ekstrem, jadi pastikan Anda mengatur suhu interior kendaraan dengan baik. Jangan biarkan kendaraan terlalu panas atau terlalu dingin.

Atur ventilasi AC agar udara segar tetap mengalir di dalam kendaraan. Melalui pengaturan suhu yang pas, AutoFamily dapat membuat perjalanan lebih menyenangkan bagi anak-anak dan menghindari risiko masalah anak rewel akibat dehidrasi, gerah, atau kedinginan.

7. Beri Penjelasan tentang Perjalanan

Jika anak-anak sudah cukup besar untuk memahami, beri penjelasan tentang perjalanan yang akan dilakukan. Beritahu mereka tentang rute perjalanan, tujuan, dan perkiraan waktu tiba. Ajak mereka berdiskusi tentang perjalanan agar mereka merasa lebih terlibat dan memiliki pengertian yang lebih baik tentang kegiatan keluarga.

Hal bisa menjadi kesempatan untuk mengajarkan mereka tentang keselamatan di jalan raya dan pentingnya mengikuti peraturan lalu lintas sekaligus membuat perencanaan perjalanan yang menyenangkan.

8. Jaga Kedisiplinan Saat Berkendara

Ketika AutoFamily berkendara bersama anak-anak, penting untuk menjaga kedisiplinan dalam mengemudi. Anak-anak selalu meniru apa yang mereka lihat, jadi contohkan perilaku yang baik di jalan raya.

Selalu gunakan sabuk pengaman, ikuti batas kecepatan yang ditetapkan, dan berikan isyarat dengan benar saat berpindah jalur atau berbelok. Jika anak-anak melihat AutoFamilt berkendara dengan aman dan disiplin, mereka juga akan lebih cenderung menjadi penumpang yang baik dan mengerti pentingnya keselamatan di jalan raya.

Demikianlah tips berharga untuk berkendara dengan anak yang perlu AutoFamily pahami. Ingatlah selalu bahwa keselamatan dan kenyamanan anak-anak adalah hal terpenting dalam setiap perjalanan. Jadi, dengan persiapan yang baik, disiplin dalam berkendara, dan memastikan bahwa sistem keamanan mobil berfungsi dengan baik, Anda dapat menciptakan momen berharga yang tak terlupakan bersama si kecil di setiap perjalanan.

Baca Juga:4 Jenis Mobil Keluarga yang Cocok Untuk Anak Muda

Jika memungkinkan, gunakan mobil Toyota yang sedikit lega agar anak memiliki ruang gerak yang cukup meskipun Anda membawa barang bawaan yang banyak. Dalam hal ini, Toyota Fortuner 4x2 bisa menjadi salah satu pilihan mobil yang tepat.

Temukan petualangan tak terbatas bersama keluarga dengan SUV tangguh dari Toyota yang satu ini yang siap menghadapi berbagai medan perjalanan. Didukung oleh performa mesin yang kuat,Toyota Fortuner 4x2 menawarkan kenyamanan ekstra dan keamanan yang tak tertandingi dalam setiap momen perjalanan Anda.

Tunggu apalagi? Kunjungi Auto2000 Digiroom untuk informasi lebih lengkap dan nikmati kemudahan layanan bengkel maupun dealer Toyota Auto2000 sekarang juga!

Informasi dalam konten artikel ini dapat mengalami perubahan dan perbedaan, menyesuaikan dengan perkembangan, situasi, strategi bisnis, kemajuan teknologi dan kebijakan tertentu tanpa pemberitahuan terlebih dahulu.

digiroom logo

AUTO2000 DIGIROOM

Dealer Toyota terbesar di Indonesia yang melayani jaringan jasa penjualan, perawatan, perbaikan dan penyediaan suku cadang Toyota yang terbesar di seluruh Indonesia.