airterjunkedungkandang.webp

Mengeksplorasi Pesona Alam Air Terjun Kedung Kandang yang Memukau

Diterbitkan29 Mei 2024

Apakah Anda tahu di Gunung Kidul terdapat sebuah surga tersembunyi yang menawarkan pesona alam luar biasa? Air Terjun Kedung Kandang, terletak di kawasan wisata Gunung Kidul, Yogyakarta, menjadi destinasi favorit para pencinta alam dengan enam tingkat air terjun yang mengalir deras melalui teras-teras persawahan.


Dikelilingi oleh hamparan sawah yang dikelola secara tradisional oleh masyarakat setempat, pengunjung dapat merasakan kearifan lokal dan kehidupan pedesaan yang damai. Aktivitas pertanian yang masih dilestarikan di daerah ini menambah daya tarik wisata. Oleh karena itu, bagi Anda yang akan mengunjungi destinasi wisata ini maka simak informasi selengkapnya di bawah!


Lokasi dan Akses Menuju Air Terjun Kedung Kandang

Air Terjun Kedung Kandang merupakan salah satu air terjun unik yang tersembunyi di Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta. Terletak di Padukuhan Gunung Butak, Desa Nglanggeran, Kecamatan Patuk, air terjun ini menawarkan panorama alam yang memukau dengan enam tingkatan air terjun yang mengalir melalui teras-teras persawahan. Lokasi air terjun yang berada di tengah persawahan penduduk menjadikan pemandangan di sekitar Kedung Kandang sangat alami, segar, sejuk, dan tentunya terlihat hijau mempesona. 


Baca Juga: 15 Rekomendasi Wisata Yogyakarta yang Menarik


Selain itu, di sekitar Air Terjun Kedung Kandang masih terdapat beberapa kedung lainnya seperti Kedung Keris, Kedung Temanten, dan Kedung Jurug, yang masing-masing memiliki keindahan tersendiri yang layak untuk dinikmati. Untuk mencapai Air Terjun Kedung Kandang, pengunjung harus bersiap untuk melakukan sedikit petualangan. Dari tempat parkir terakhir yang dapat diakses kendaraan, perjalanan dilanjutkan dengan berjalan kaki atau tracking menuju lokasi air terjun. 

Rute menuju air terjun ini menawarkan berbagai pemandangan menarik seperti hamparan persawahan yang hijau, gunung, bukit, batuan besar, dan sungai. Perjalanan yang ditempuh tidak hanya menyegarkan mata dengan keindahan alam, tetapi juga memberikan pengalaman mendalam akan kehidupan pedesaan yang damai dan alami di Gunung Kidul.


CEK PROMO MENARIK UNTUK MOBIL TOYOTA ANDA SEKARANG JUGA HANYA DI AUTO2000 DIGIROOM! 


Tiket Masuk Air Terjun Kedung Kandang 

Untuk menikmati keindahan dan pesona alam Air Terjun Kedung Kandang, Anda tidak perlu mengeluarkan biaya yang besar. Tiket masuk ke destinasi wisata ini sangat terjangkau sehingga siapa pun dapat menikmati pemandangan menakjubkan yang ditawarkan tanpa khawatir soal biaya. 


Dengan harga tiket yang ramah di kantong, Anda sudah bisa menjelajahi keindahan enam tingkat air terjun serta suasana asri persawahan yang mengelilinginya. Destinasi ini menjadi pilihan ideal bagi para wisatawan yang ingin menikmati liburan alam tanpa harus mengeluarkan banyak uang.

Keunikan Air Terjun Kedung Kandang yang Menjadi Daya Tarik

Air Terjun Kedung Kandang memiliki sejumlah keunikan yang membuatnya menjadi daya tarik utama bagi wisatawan. Berikut adalah beberapa keunikan Air Terjun Kedung Kandang yang membuatnya begitu istimewa:


Baca Juga: 9 Oleh-oleh Khas Yogyakarta Paling Sering Diburu


1. Enam Tingkatan Air Terjun

Air Terjun Kedung Kandang terdiri dari enam tingkatan yang mengalir deras melalui teras-teras sawah. Setiap tingkat menawarkan pemandangan yang berbeda, memberikan pengalaman visual yang beragam dan menakjubkan bagi pengunjung. 


Air terjun berjenjang ini tidak hanya menambah keindahan, tetapi juga menciptakan suara air yang menenangkan. Pengunjung bisa menikmati pemandangan dari berbagai sudut, mendaki atau menuruni setiap tingkat untuk mendapatkan perspektif yang berbeda. Setiap tingkatan menawarkan kesempatan unik untuk berfoto dan menikmati kesejukan air yang mengalir.


2. Lokasi di Tengah Persawahan

Air terjun ini terletak di tengah persawahan penduduk, menjadikan pemandangannya sangat alami dan hijau. Suasana pedesaan yang asri dan segar menambah keunikan tempat ini, membuat pengunjung merasa lebih dekat dengan alam. Persawahan yang membentang luas di sekitar air terjun memberikan kesan tenang dan damai, berbeda dengan suasana kota yang sibuk dan bising. Pengunjung dapat melihat petani lokal bekerja di sawah, memetik padi, atau mengairi tanaman mereka, yang memberikan wawasan tentang kehidupan sehari-hari di pedesaan. 


3. Keberadaan Kedung-Kedung Lainnya

Di sekitar Air Terjun Kedung Kandang terdapat beberapa kedung lain seperti Kedung Keris, Kedung Temanten, dan Kedung Jurug. Setiap kedung memiliki keindahan dan pesona tersendiri yang patut untuk dijelajahi, menambah variasi wisata di satu lokasi. Keberagaman ini membuat kunjungan ke Kedung Kandang tidak pernah membosankan.


DAPATKAN SUKU CADANG ORISINAL DAN BERKUALITAS UNTUK MOBIL TOYOTA ANDA HANYA DI AUTO2000 DIGIROOM! 


4. Rute Tracking yang Menarik

Untuk mencapai air terjun, pengunjung harus melakukan tracking dari tempat parkir terakhir. Perjalanan ini menawarkan pemandangan indah seperti persawahan, gunung, bukit, batuan besar, dan sungai, menjadikannya petualangan yang seru dan menantang. Tracking ini juga memberikan kesempatan bagi pengunjung untuk menikmati flora dan fauna lokal yang mungkin ditemui sepanjang jalan. Setiap langkah menuju air terjun adalah pengalaman mendalam dengan alam, memberikan kepuasan tersendiri ketika akhirnya tiba di tujuan. 


Baca Juga: Kunjungi 15 Tempat Wisata di Jogja Dengan Fortuner


5. Suasana yang Tenang dan Damai

Lokasi yang relatif tersembunyi dan alami membuat Air Terjun Kedung Kandang memiliki suasana yang tenang dan damai. Jauh dari hiruk-pikuk kota, tempat ini memberikan kesempatan bagi pengunjung untuk menikmati ketenangan dan keindahan alam secara maksimal. Suasana tenang ini membuat Kedung Kandang ideal untuk relaksasi dan meditasi, memungkinkan pengunjung untuk benar-benar melepaskan stres dan menyegarkan pikiran. 


Melalui segala keunikannya, Air Terjun Kedung Kandang menjadi destinasi wisata yang menawarkan pengalaman berbeda dan tak terlupakan bagi para pengunjung. Setiap aspek dari air terjun ini, mulai dari keindahan alam hingga kedekatan dengan budaya lokal, membuat setiap kunjungan menjadi petualangan yang penuh makna.


Untuk menikmati perjalanan jarak jauh menuju destinasi memukau seperti Air Terjun Kedung Kandang dengan kenyamanan dan efisiensi, pilihlah kendaraan yang tepat seperti Toyota Hybrid. Mobil Toyota hybrid untuk jarak jauh dirancang untuk memberikan kenyamanan terbaik dan efisiensi bahan bakar yang optimal, membuat perjalanan panjang Anda menjadi lebih menyenangkan dan hemat. 


Kunjungi Auto2000 Digiroom untuk mendapatkan informasi lebih lanjut tentang berbagai pilihan model Toyota hybrid yang tersedia dan manfaatkan penawaran spesial yang mungkin sedang berlangsung. Temukan lebih banyak lagi tentang Toyota Hybrid dan rencanakan perjalanan Anda dengan sempurna!


Informasi dalam konten artikel ini dapat mengalami perubahan dan perbedaan, menyesuaikan dengan perkembangan, situasi, strategi bisnis, kemajuan teknologi dan kebijakan tertentu tanpa pemberitahuan terlebih dahulu. 


Gambar hanya sebagai ilustrasi.

digiroom logo

AUTO2000 DIGIROOM

Dealer Toyota terbesar di Indonesia yang melayani jaringan jasa penjualan, perawatan, perbaikan dan penyediaan suku cadang Toyota yang terbesar di seluruh Indonesia.