airterjunbenangkelambu.webp

Rute Menuju Air Terjun Benang Kelambu dan Daya Tariknya

Diterbitkan29 Mei 2024

Apakah AutoFamily sedang merencanakan perjalanan ke Lombok dan mencari destinasi wisata alam yang menakjubkan? Air Terjun Benang Kelambu bisa menjadi pilihan yang sempurna untuk Anda. Terletak di tengah-tengah hijaunya alam pegunungan, air terjun ini menawarkan pemandangan yang memukau dan suasana yang menenangkan. 


Air terjun yang memiliki keunikan dengan aliran air yang menyerupai tirai kelambu ini, dikelilingi oleh rimbunnya vegetasi tropis yang asri, menjadikannya salah satu destinasi favorit bagi para pecinta alam dan fotografi. Simak informasi selengkapnya mengenai rute, harga tiket, hingga daya tariknya di bawah ini!


Mengenal Air Terjun Benang Kelambu

Air Terjun Benang Kelambu terletak di Desa Aik Berik, Kecamatan Batukliang Utara, Kabupaten Lombok Tengah, Provinsi Nusa Tenggara Barat. Destinasi wisata alam ini terkenal dengan keindahan aliran airnya yang menyerupai tirai tipis kelambu, mengalir melalui celah-celah tebing yang dipenuhi tumbuhan hijau. Keunikan ini menjadikan Benang Kelambu sebagai salah satu air terjun paling menawan di Pulau Lombok.

Untuk mencapai Air Terjun Benang Kelambu, perjalanan dimulai dari Mataram, ibu kota Nusa Tenggara Barat. Dari Mataram, Anda bisa menggunakan kendaraan bermotor menuju Desa Aik Berik dengan waktu tempuh sekitar satu jam. Setelah tiba di desa, Anda harus melanjutkan perjalanan dengan track ringan. Rute tracking ini melewati jalan setapak yang menanjak dan dikelilingi pepohonan lebat, memberikan pengalaman petualangan yang menyenangkan. 


Baca Juga: 10 Kuliner Khas Lombok yang Enak dan Terkenal


Selain keindahannya, harga tiket masuk ke Air Terjun Benang Kelambu juga cukup terjangkau. Anda sudah bisa menikmati keindahan alam yang menakjubkan serta fasilitas pendukung seperti tempat parkir dan area istirahat. Biaya yang relatif murah ini membuat Air Terjun Benang Kelambu menjadi destinasi wisata yang ramah di kantong dan sangat layak untuk dikunjungi.


JADWALKAN SERVIS MOBIL ANDA DENGAN MUDAH DAN CEPAT HANYA DI AUTO2000 DIGIROOM! 


Daya Tarik Air Terjun Benang Kelambu

Air Terjun Benang Kelambu menawarkan daya tarik yang memikat para pengunjung dengan keunikan dan keindahan alamnya, di antaranya:


1. Aliran Air yang Menyerupai Tirai Kelambu

Air Terjun Benang Kelambu terkenal karena aliran airnya yang unik, mengalir lembut melalui celah-celah tumbuhan di tebing. Aliran air ini menciptakan efek visual yang menyerupai tirai kelambu, memberikan kesan magis dan menenangkan bagi siapa pun yang melihatnya.


2. Memiliki Tiga Tingkat Air Terjun

Air Terjun Benang Kelambu terdiri dari tiga tingkat air terjun yang memberikan pemandangan yang semakin indah pada setiap tingkatnya. Setiap tingkat memiliki karakteristik unik dengan aliran air yang jatuh melalui berbagai celah dan formasi batuan, menambah daya tarik serta keindahan alami yang bisa dinikmati oleh para pengunjung.


3. Lingkungan Hutan Tropis yang Rimbun

Kawasan sekitar air terjun dikelilingi oleh hutan tropis yang lebat, menyediakan udara segar dan suasana yang sejuk. Keberadaan berbagai jenis tumbuhan hijau membuat tempat ini semakin asri dan memanjakan mata para pengunjung dengan pemandangan alam yang indah.


Baca Juga: 10 Oleh-Oleh Khas Lombok yang Jadi Favorit Wisatawan!


4. Suasana yang Tenang dan Menenangkan

Suara gemericik air yang terus mengalir serta suasana alam yang damai membuat Benang Kelambu menjadi tempat yang ideal untuk melepas penat dan stres. Pengunjung bisa duduk bersantai, menikmati pemandangan, dan merasakan ketenangan yang sulit ditemukan di perkotaan.


Tips Mengunjungi Air Terjun Benang Kelambu

Berikut beberapa tips yang dapat membantu Anda menikmati pengalaman wisata yang tak terlupakan di salah satu destinasi alam terindah di Lombok.


1. Kenakan Pakaian dan Sepatu yang Nyaman

Ketika berkunjung ke Air Terjun Benang Kelambu, pastikan untuk mengenakan pakaian yang nyaman dan sesuai untuk kegiatan outdoor seperti tracking. Pilihlah bahan yang menyerap keringat dan tidak terlalu tebal agar tetap nyaman meskipun dalam kondisi cuaca yang panas dan lembap. Selain itu, pastikan juga untuk menggunakan sepatu yang sesuai, seperti sepatu tracking atau sepatu olahraga untuk menghindari tergelincir di medan yang berbatu atau licin.

2. Bawa Bekal dan Air Minum Cukup

Saat menjelajahi Air Terjun Benang Kelambu, pastikan untuk membawa bekal dan air minum yang cukup. Meskipun terdapat beberapa warung kecil di sekitar area parkir, namun akan lebih baik jika Anda membawa bekal sendiri untuk memastikan kebutuhan akan makanan dan minuman terpenuhi selama petualangan Anda.


TEMUKAN KOLEKSI MOBIL BARU TOYOTA YANG MENAWAN HANYA DI AUTO2000 DIGIROOM! 


3. Datang di Pagi Hari

Salah satu tip terbaik adalah datanglah ke Air Terjun Benang Kelambu di pagi hari. Selain cuaca yang masih segar dan udara yang belum terlalu panas, datang di pagi hari juga memungkinkan Anda untuk menikmati keindahan alam dengan lebih tenang, karena biasanya belum terlalu ramai oleh pengunjung lainnya.


4. Bawa Wadah untuk Sampah

Selalu ingat untuk menjaga kebersihan lingkungan dengan membawa plastik atau wadah untuk sampah. Jangan meninggalkan sampah di sekitar area air terjun untuk menjaga keindahan alam dan memastikan tempat ini tetap bersih dan nyaman untuk dinikmati oleh pengunjung lainnya.


Baca Juga: 15 Tempat Wisata Di Lombok Yang Instagramable


5. Ikuti Aturan dan Petunjuk Setempat

Selalu patuhi aturan dan petunjuk yang ada di area Air Terjun Benang Kelambu. Hindari melakukan aktivitas yang melanggar aturan, seperti merusak lingkungan atau memetik tanaman, dan ikuti semua petunjuk yang diberikan untuk menjaga keamanan dan kenyamanan bersama.


Dari informasi terkait Air Terjun Benang Kelambu di atas, dapat disimpulkan bahwa destinasi ini menawarkan pengalaman wisata alam yang luar biasa. Tak hanya menawarkan keindahan alam, Air Terjun Benang Kelambu juga memberikan pengalaman yang menyenangkan.


Jika Anda berencana untuk menjelajahi destinasi seperti Air Terjun Benang Kelambu dengan kenyamanan dan fleksibilitas, mobil MPV adalah pilihan yang tepat. Mobil jenis ini menawarkan ruang yang luas bagi penumpang dan barang bawaan. Kelebihan mobil MPV untuk berkendara jarak jauh adalah kenyamanan, berkat sistem suspensi yang lebih baik dan fitur-fitur tambahan seperti AC ganda dan konektivitas yang memudahkan Anda untuk tetap terhibur selama perjalanan. 


Jika Anda tertarik untuk memilih mobil MPV yang tepat untuk petualangan Anda, Toyota memiliki berbagai pilihan model yang dapat Anda pertimbangkan. Untuk informasi lebih lanjut dan pengalaman pembelian yang menyenangkan, kunjungi Auto2000 Digiroom dan temukan mobil Toyota yang sesuai dengan kebutuhan perjalanan Anda. Melalui layanan yang profesional dan berkualitas, Auto2000 Digiroom siap membantu Anda dalam meraih pengalaman berkendara yang tak terlupakan!


Informasi dalam konten artikel ini dapat mengalami perubahan dan perbedaan, menyesuaikan dengan perkembangan, situasi, strategi bisnis, kemajuan teknologi dan kebijakan tertentu tanpa pemberitahuan terlebih dahulu. 


Gambar hanya sebagai ilustrasi.

digiroom logo

AUTO2000 DIGIROOM

Dealer Toyota terbesar di Indonesia yang melayani jaringan jasa penjualan, perawatan, perbaikan dan penyediaan suku cadang Toyota yang terbesar di seluruh Indonesia.