oleh-oleh-khas-lombok.webp

10 Oleh-Oleh Khas Lombok yang Jadi Favorit Wisatawan!

Diterbitkan17 Apr 2024

Oleh-oleh khas Lombok menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan yang berkunjung ke pulau ini. Dikenal dengan kelezatan dan keunikannya, oleh-oleh tersebut menjadi kenangan yang tak terlupakan bagi pengunjung. 


Dari kerajinan tangan seperti tenun ikat Sasak hingga kuliner khas seperti ayam taliwang dan sate rembiga, Lombok menawarkan beragam pilihan oleh-oleh yang menarik hati para wisatawan yang mencari kenikmatan lokal yang autentik.


Apakah AutoFamily sedang mencari oleh-oleh khas Lombok untuk teman dan keluarga? Yuk simak beberapa rekomendasinya pada uraian di bawah ini. 


10 Oleh-Oleh Khas Lombok Favorit Wisatawan

Oleh-oleh khas Lombok merupakan simbol kekayaan budaya dan kuliner yang menjadikan pulau ini sebagai destinasi wisata yang diminati. Dari kerajinan tangan hingga kelezatan kuliner khas, Lombok menyajikan beragam pilihan oleh-oleh yang tak hanya lezat, tetapi juga menyuguhkan keindahan dan keunikan yang menggambarkan warisan budaya yang kaya dan beragam. Yuk simak beberapa oleh-olehnya berikut ini. 


1. Tenun Ikat Sasak

Tenun ikat Sasak adalah salah satu oleh-oleh khas Lombok yang paling diminati oleh wisatawan. Tenun ini merupakan hasil karya dari keahlian para perajin lokal yang mewarisi tradisi nenek moyang.


Setiap tenun memiliki motif yang khas, serta menceritakan kekayaan budaya dan sejarah pulau Lombok. Kualitas tenun ikat Sasak juga sangat dihargai, karena dibuat dengan menggunakan teknik tradisional yang memakan waktu dan ketelatenan yang tinggi.


2. Kuliner Khas

Salah satu hal yang tidak boleh dilewatkan ketika berkunjung ke Lombok adalah mencicipi kuliner khasnya. Ayam taliwang menjadi makanan yang paling terkenal di Lombok. Disajikan dengan bumbu pedas yang khas dan cita rasa yang lezat, ayam Taliwang selalu menjadi favorit para pengunjung. 


Selain itu, sate rembiga juga merupakan pilihan yang populer. Dibuat dari daging sapi yang empuk dan disajikan dengan bumbu kacang yang khas, sate ini selalu berhasil memanjakan lidah para penggemarnya.


Baca Juga: 10 Kuliner Khas Lombok yang Enak dan Terkenal


3. Manisan Lombok

Manisan merupakan oleh-oleh khas Lombok yang tidak boleh dilewatkan. Dibuat dari buah-buahan lokal seperti mangga, nanas, atau belimbing, manisan Lombok memiliki cita rasa yang segar dan manis. 


Proses pembuatannya yang menggunakan bahan-bahan alami dan tradisional menjadikan manisan ini memiliki rasa yang autentik dan unik. Kemasannya yang cantik juga membuat manisan Lombok menjadi pilihan oleh-oleh yang populer di kalangan wisatawan.


NIKMATI PERJALANAN BERSAMA KELUARGA YANG NYAMAN DENGAN MENJAGA KONDISI MOBIL AGAR SELALU PRIMA DI AUTO2000

4. Kerajinan Perak

Lombok juga terkenal dengan kerajinan peraknya yang indah dan berkualitas. Perajin perak di Lombok menghasilkan berbagai macam produk mulai dari perhiasan hingga barang-barang dekoratif. 


Setiap produk perak yang dihasilkan memiliki desain yang elegan dan menggabungkan sentuhan tradisional dengan sentuhan modern. Keindahan dan keunikannya membuat kerajinan perak Lombok menjadi pilihan oleh-oleh yang sempurna bagi para wisatawan yang mencari kenang-kenangan yang berharga.


Baca Juga: 12 Tempat Wisata Di Lombok Yang Cantik Dan Instagramable


5. Kopi Lombok

Kopi Lombok juga menjadi salah satu oleh-oleh yang dicari oleh para pengunjung. Kopi ini terkenal dengan cita rasa dan aroma yang khas. Dibudidayakan di daerah pegunungan dengan ketinggian yang ideal, kopi Lombok memiliki karakteristik yang berbeda dari kopi-kopi lainnya. Kualitas dan kelezatannya yang tinggi membuat kopi Lombok menjadi pilihan yang tepat bagi para pecinta kopi yang ingin membawa pulang oleh-oleh yang istimewa.


6. Perhiasan Mutiara Laut

Lombok terkenal dengan keindahan mutiara lautnya yang menghasilkan perhiasan mutiara berkualitas tinggi. Para pengunjung seringkali memilih perhiasan mutiara sebagai oleh-oleh karena keunikan dan kemewahannya. Setiap perhiasan mutiara Lombok memiliki keunikan tersendiri, dan dipercaya membawa keberuntungan bagi pemakainya. Dari kalung, anting, hingga gelang, perhiasan mutiara Lombok menjadi simbol keindahan alam pulau ini.


7. Kerajinan Anyaman

Kerajinan anyaman juga merupakan oleh-oleh khas Lombok yang sangat diminati oleh wisatawan. Anyaman dari bambu, pandan, atau rotan digunakan untuk membuat berbagai macam produk seperti tas, topi, keranjang, dan lainnya. Keindahan dan kekuatan kerajinan anyaman Lombok membuatnya menjadi oleh-oleh yang populer bagi para wisatawan yang mencari barang-barang unik dan berkualitas.


8. Gula Aren

Gula aren merupakan produk lokal Lombok yang menjadi favorit wisatawan, baik untuk oleh-oleh maupun untuk dinikmati langsung. Gula aren diproduksi secara tradisional dari nira pohon aren yang ditemukan melimpah di pulau ini. Rasanya yang manis dan khas serta kandungan gizinya yang tinggi menjadikan gula aren Lombok diminati oleh banyak orang

.

DAPATKAN PERAWATAN MOBIL YANG COCOK SESUAI DENGAN MODEL MOBIL TOYOTA ANDA DENGAN PAKET SERVIS TOYOTA DARI AUTO2000 DIGIROOM


9. Batik Lombok

Batik Lombok merupakan salah satu warisan budaya yang bernilai tinggi di pulau ini. Motif-motif batik yang khas dan warna-warna yang cerah menggambarkan keindahan alam dan kehidupan sehari-hari masyarakat Lombok. Produk batik Lombok berupa kain meteran, pakaian, dan aksesori lainnya seringkali menjadi pilihan oleh-oleh yang diincar oleh wisatawan.


10. Kain Songket

Kain songket menjadi warisan budaya Lombok yang diproduksi secara tradisional dengan menggunakan benang emas atau perak yang dijahitkan pada kain tenun. Kain songket sering dijadikan sebagai pakaian adat atau busana formal pada acara-acara istimewa. Kualitas dan keindahan kain songket Lombok menjadikannya sebagai oleh-oleh yang sangat dihargai oleh para pengunjung yang menginginkan barang-barang yang memiliki nilai budaya dan seni tinggi.


Oleh-oleh khas Lombok tidak hanya memuaskan selera dan keingintahuan wisatawan, tetapi juga mencerminkan kekayaan budaya dan kuliner pulau ini. Dari tenun ikat Sasak yang memukau hingga kuliner khas yang menggugah selera, setiap pilihan oleh-oleh membawa cerita dan keunikan tersendiri. 


Namun, petualangan di Lombok tidak berakhir begitu saja. Untuk menjadikan pengalaman lebih lengkap dan nyaman, Anda memerlukan kendaraan yang andal dan kuat untuk menjelajahi berbagai tempat di pulau ini. Inilah mengapa Anda memerlukan mobil Toyota yang kuat untuk perjalanan jauh.

Memiliki performa yang tangguh dan kenyamanan yang prima, mobil Toyota akan menemani setiap momen petualangan Anda di Lombok dengan keandalan dan keamanan yang tak tertandingi. 


Jadikan setiap perjalanan Anda sebagai petualangan tak terlupakan dengan memilih mobil Toyota sebagai teman perjalanan. Yuk kunjungi Auto2000 untuk mendapatkan mobil Toyota impian Anda sekarang juga!


Informasi dalam konten artikel ini dapat mengalami perubahan dan perbedaan, menyesuaikan dengan perkembangan, situasi, strategi bisnis, kemajuan teknologi dan kebijakan tertentu tanpa pemberitahuan terlebih dahulu.

Gambar hanya sebagai ilustrasi.


digiroom logo

AUTO2000 DIGIROOM

Dealer Toyota terbesar di Indonesia yang melayani jaringan jasa penjualan, perawatan, perbaikan dan penyediaan suku cadang Toyota yang terbesar di seluruh Indonesia.