tempat-wisata-lombok-terbaru.jpg

12 Tempat Wisata Di Lombok Yang Cantik Dan Instagramable

Diterbitkan20 Sep 2023

Lombok merupakan salah satu destinasi wisata yang hingga saat ini masih banyak digemari oleh wisatawan lokal hingga wisatawan mancanegara. Hal ini dikarenakan keindahan alam yang ditawarkan oleh kepulauan Lombok. Sebelum mengunjungi kota ini, tentu Anda harus mengetahui beberapa tempat wisata di Lombok yang cantik dan Instagramable untuk mengabadikan momen liburan bersama keluarga tercinta.

Untuk mengetahui apa saja tempat wisata di Lombok yang perlu AutoFamily kunjungi, maka simak penjelasan artikel berikut ini sampai tuntas!

12 Tempat Wisata Di Lombok Yang Cantik Dan Instagramable

Ketika berwisata ke suatu kota, tentunya Anda ingin mengabadikan seluruh momen liburan. Agar mendapatkan foto-foto liburan yang bagus, AutoFamily bisa mengunjungi beberapa tempat wisata di Lombok yang cantik dan Instagramable seperti di bawah ini.

1. Pantai Pink

Ketika membicarakan Lombok, maka salah satu tempat wisata yang cukup populer di kepulauan ini adalah Pantai Pink yang menawarkan pemandangan laut yang indah dengan hamparan pasir berwarna merah muda.

Jika berkunjung ke tempat wisata di Lombok satu ini, Anda dapat melakukan berbagai aktivitas seru seperti berenang, bermain pasir, hingga snorkeling dan diving untuk melihat keindahan bawah laut.

2. Pantai Tanjung Aan

Pantai Tanjung Aan merupakan salah satu pantai dengan keindahan alam yang sangat menakjubkan. Jika berkunjung ke pantai ini, AutoFamily akan sangat dimanjakan dengan keindahan air laut yang jernih kebiruan serta pasir putih yang halus.

Pantai satu ini sendiri terletak di Lombok Tengah bagian selatan dan hanya memiliki jarak sekitar 1,5 jam dari kota Mataram. Terdapat banyak aktivitas seru yang bisa AutoFamily lakukan di tempat wisata satu ini, di antaranya seperti bermain pasir, berenang dengan ombak yang tidak terlalu besar, hingga melakukan snorkeling dan diving.

Baca juga:9 Tempat Wisata di Bali yang Instagramable dan Seru

3. Bukit Merese

Jika AutoFamily berkunjung ke Pantai Tanjung Aan, pastikan juga bagi Anda untuk mengunjungi Bukit Merese yang terletak di sekeliling Pantai Tanjung Aan. Bukit Merese sendiri merupakan salah satu bukit yang paling terkenal di kepulauan Lombok.

Melalui Bukit Merese, AutoFamily dapat menikmati pemandangan laut luas maupun pesona langit sunset saat sore hari. Tempat wisata di Lombok satu ini juga sangat cocok untuk dijadikan spot foto yang Instagramable.

4. Rumah Pohon Gangga

Tempat wisata di Lombok yang Instagramable lainnya adalah Rumah Pohon Gangga yang terletak di Desa Gangga Mumas, Lombok Utara. Jika berkunjung ke tempat wisata satu ini, AutoFamily akan disuguhkan dengan pemandangan indah dari bukit yang serba hijau. Lokasi Rumah Pohon Gangga juga berdekatan dengan air terjun yang menambahkan keindahan dari tempat wisata ini.

Sebelum berkunjung ke Rumah Pohon Gangga, pastikan bagi Anda sudah melakukan service dan pengecekan terhadap mobil yang akan Anda gunakan untuk berlibur. Untuk membantu AutoFamily dalam melakukan service dan pengecekan mobil secara mudah dan efisien, AutoFamily bisa langsung membuat jadwal service dan pengecekan mobil di Layanan Bengkel Toyota di Auto2000 Digiroom.

Baca juga:30 Syarat Bawa Mobil Naik Kapal Laut Saat Bepergian

5. Aik Nyet Sesaot

Aik Nyet Sesaot merupakan tempat wisata yang cocok dikunjungi jika Anda sudah lelah bekerja seharian atau hanya ingin melipir sejenak dari rutinitas harian. Tempat wisata ini terletak di Kabupaten Lombok Barat, tepatnya di Dusun Aik Nyer, Desa Sesaot, Kecamatan Narmada.

Tempat wisata di Lombok satu ini merupakan Taman Wisata Hutan dengan mata air yang bening dan menyegarkan. Ketika berkunjung ke wisata satu ini, tentunya Anda akan berkesempatan untuk mendapatkan foto yang cantik serta Instagramable.

6. Gunung Rinjani

Gunung Rinjani adalah gunung berapi tertinggi kedua di Indonesia, dengan ketinggian melebihi 3.726 meter di atas permukaan laut, dan menjadi tujuan favorit para pendaki baik dalam negeri maupun mancanegara.

Kawasan Gunung Rinjani juga meliputi Taman Nasional Gunung Rinjani, yang memiliki luas mencapai 41.330 hektar. Di sisi barat Rinjani terdapat Segara Anak, sebuah kaldera seluas 11 juta meter persegi dan memiliki kedalaman mencapai 230 meter. Air dari Segara Anak mengalir membentuk air terjun, dan tempat ini juga dikenal memiliki ikan mas dan mujair, menjadikannya tempat favorit bagi para pemancing.

7. Air Terjun Sendang Gile

Air Terjun Sendang Gile berada di Desa Senaru, Lombok Utara, yang berada dalam Taman Nasional Gunung Rinjani. Airnya segar dan tingginya mencapai 31 meter. Untuk mencapainya, harus mendaki anak tangga sekitar 40 meter. Tempat ini juga disebut "Batu Ko'" oleh penduduk sekitar dan dianggap sebagai tempat pemandian bidadari. Tempat ini terdiri dari dua tingkatan dengan kolam di bawahnya. Akses dari Kota Mataram jauh, sekitar 1000 km dengan perjalanan darat 9-11 jam. Air terjun ini adalah gerbang menuju Gunung Rinjani dengan fasilitas penginapan sederhana, namun, makanan terbatas, sehingga disarankan membawa bekal sendiri.

8. Pantai Selong Belanak

Pantai Selong Belanak di Desa Selong Belanak, Praya, Lombok Tengah, merupakan salah satu pantai terkenal di Lombok. Disebut sebagai "Hawaii-nya Pulau Lombok," pantai ini memiliki pesona sepanjang 24 jam.

Pantai ini menarik karena garis pantainya berbentuk melengkung seperti bulan sabit, dikelilingi oleh bukit-bukit indah, pasir putih, dan air yang jernih. Pasirnya halus dan bisa mengeras.

Tidak hanya itu, Pantai Selong Belanak memiliki dua area, satu dengan ombak tenang dan yang lainnya menantang, sehingga sesuai dengan kemampuan bermain ombak Anda.

Akan tetapi, Anda masih dapat menikmati kuliner seafood yang lezat, serta fasilitas seperti kamar mandi, parkir, kafe, dan lainnya di sini. Pantai ini terus berkembang dan diharapkan dapat bersaing dengan tiga Gili terkenal di Lombok.

Di sekitar area ini, banyak penyedia layanan penyewaan selancar, instruktur surfing, dan sebagainya. Akses ke pantai ini lebih baik melalui rental mobil atau jasa tur yang telah menyediakan fasilitas perjalanan, karena transportasi umum ke lokasi sangat terbatas.

Baca juga:Mencegah Mabuk Perjalanan yang Mudah dan Aman

9. Gili Nanggu

Gili Nanggu terletak di Selat Lombok, Kecamatan Sekotong, Lombok Barat. Pantai di Gili Nanggu menawarkan ombak tenang, air yang jernih dan berwarna biru, serta pasir putih yang indah. Kualitas warna air lautnya sangat menakjubkan, sehingga pulau ini menjadi destinasi favorit bagi pasangan yang berbulan madu.

Di pulau ini, Anda dapat melakukan aktivitas selam dan snorkeling, menjelajahi pulau-pulau kecil sekitarnya, dan menemukan tempat-tempat foto yang menarik. Gili Nanggu, yang memiliki luas sekitar 8 hektar, juga merupakan tempat terbaik untuk menikmati matahari terbenam yang memukau.

Fasilitas seperti resor telah tersedia di pulau ini, sehingga ini adalah tempat ideal untuk menikmati berbagai biota laut, termasuk ikan yang ramah dan bersahabat.

10. Pantai Tanjung Aan

Pantai Tanjung Aan memiliki keistimewaan unik dalam hal tekstur pasirnya. Di pantai ini, pasirnya memiliki bentuk seperti butiran merica, sehingga sering disebut sebagai "pantai merica" atau "pantai tepung" oleh penduduk setempat.

Warna air di pantai ini juga sangat menawan, dengan nuansa hijau toska dan biru tua. Ayunan yang indah di sekitarnya menciptakan latar belakang yang memukau untuk berfoto.

Bagi mereka yang menyukai berenang, pantai ini memiliki ombaknya cukup ramah serta memiliki kedalaman yang dangkal, sehingga tidak cocok untuk aktivitas menyelam.

Pantai Tanjung Aan juga terkait dengan legenda Putri Mandalika, dan saat ini telah menjadi salah satu destinasi wisata yang terkenal di Lombok dengan reputasi internasional.

11. Benang Kelambu dan Benang Stokel

Air terjun yang cukup terkenal di Lombok ini terletak di Desa Aik Berik, Kecamatan Batukliang Utara, wilayah Lombok Tengah, dan berada di dalam kawasan Taman Nasional Gunung Rinjani.

Air terjun Benang Kelambu memiliki ketinggian mencapai 552 meter di atas permukaan laut. Tinggi dari air terjun ini bervariasi, mulai dari 5 meter, 10 meter, hingga 30 meter. Pada tingkat pertama, airnya mengalir seperti membentuk kelambu.

Di area air terjun ini, pengunjung memiliki berbagai aktivitas yang dapat dilakukan seperti berkemah, berfoto, atau hanya menikmati kesegaran air yang berasal dari alam dengan suara gemericik yang indah.

12. Taman Wisata Pusuk Sembalun

Taman wisata ini terletak di lereng Gunung Rinjani di Jalan Wisata, Gang Rinjani, yang masih dalam daerah Desa Sembalun Bumbung.

Di kawasan ini, Anda akan menikmati pesona alam yang indah, termasuk hutan yang hijau, tebing tinggi, bukit-bukit, lembah, dan peternakan di pegunungan. Terdapat juga banyak monyet di area ini, jadi perlu waspada untuk menjaga keamanan Anda.

Wisata ini buka 24 jam dan menyediakan fasilitas seperti area parkir, toilet, tempat makan, serta spot-spot foto yang bagus. Anda dapat mengeksplorasi tempat-tempat menarik di tempat ini, seperti Bukit Selong, Air Terjun Mangku Sakti, Desa Adat Beleq, Air Terjun Umar Maya, Bukit Pergasingan, dan lainnya.

Tips Aman Bawa Mobil Naik Kapal Ferry

Terdapat berbagai cara yang bisa Anda lakukan untuk menuju kepulauan Lombok, salah satunya adalah dengan menggunakan kapal Ferry. Jika AutoFamily berniat untuk membawa mobil menaiki kapal ferry, maka ada beberapa tips agar aman membawa mobil menaiki kapal ferry, di antaranya adalah sebagai berikut.

1. Melakukan Pengecekan Terhadap Performa Kendaraan

Tips pertama yang harus Anda lakukan terlebih dahulu sebelum membawa mobil menaiki kapal ferry adalah dengan melakukan pengecekan terhadap performa kendaraan yang akan dipakai untuk berlibur nantinya.

Saat melakukan perjalanan menggunakan kapal ferry, nantinya AutoFamily akan membutuhkan waktu yang cukup lama. Mulai dari proses masuknya mobil ke dalam kapal ferry hingga perjalanan ke tempat tujuan. Jika kondisi kendaraan yang dimiliki prima, maka Anda dapat menghindari gangguan-gangguan yang dapat menghambat proses tersebut menjadi semakin lama.

Baca juga:Setelah Dipakai Liburan, Yuk Cek Kondisi Mobil

2. Tidak Membawa Barang yang Berlebih

Hal selanjutnya adalah dengan tidak membawa barang berharga yang berlebih. Hal ini dimaksudkan untuk mengurangi risiko kehilangan benda-benda berharga yang Anda bawa di dalam mobil. Karena nantinya, penumpang dan kendaraan akan memiliki tempat yang berbeda, sehingga Anda akan kesulitan untuk mengawasi mobil selama perjalanan berlangsung.

3. Menyampaikan Informasi Kendaraan secara Rinci

Tips terakhir yang tidak kalah pentingnya adalah dengan menyampaikan informasi kendaraan yang Anda bawa secara rinci, seperti STNK dan KTP pribadi kepada petugas yang sedang bekerja.

Sudah siap untuk mengunjungi tempat wisata di Lombok? Sebelumnya, AutoFamily harus melakukan service dan pengecekan terhadap kendaraan mobil yang akan digunakan untuk berlibur terlebih dahulu. Untuk memudahkan AutoFamily dalam melakukan service dan pengecekan mobil Toyota, AutoFamily bisa langsung menyerahkannya kepada Auto2000 yang menyediakan Paket Servis Toyota untuk perawatan mobil berkala. Segera kunjungi Auto2000 Digiroom untuk mengetahui informasi paket servis tersebut!

Informasi dalam konten artikel ini dapat mengalami perubahan dan perbedaan, menyesuaikan dengan perkembangan, situasi, strategi bisnis, kemajuan teknologi dan kebijakan tertentu tanpa pemberitahuan terlebih dahulu.

digiroom logo

AUTO2000 DIGIROOM

Dealer Toyota terbesar di Indonesia yang melayani jaringan jasa penjualan, perawatan, perbaikan dan penyediaan suku cadang Toyota yang terbesar di seluruh Indonesia.