Loading...
Izinkan Deteksi Lokasi Anda
Harga OTR mobil Auto2000 bervariasi tergantung lokasi Anda. Untuk melihat harga yang lebih akurat, izinkan browser Anda untuk mengetahui lokasi Anda
NANTI SAJA »
Bisa Dapat Hadiah Oli Gratis, Tips Ini Bantu Anda Selamatkan Mesin Mobil Dari Risiko Turun Mesin
Home - Berita - Bisa Dapat Hadiah Oli Mesin Gratis, Tips Ini Bantu...

Bisa Dapat Hadiah Oli Mesin Gratis, Tips Ini Bantu Anda Selamatkan Mesin Mobil Dari Risiko Turun Mesin

Berita
27 Jul 2018

Auto2000.co.id – Ibarat darah manusia, oli mesin punya peran sangat penting dalam kehidupan mesin mobil. Tanpa oli, dijamin mesin mobil Anda akan langsung berhenti bekerja.

Ini terkait dengan tugas dan tanggung jawab oli mesin dalam menjaga kinerja mesin. Yang pertama tentunya sebagai pelumas untuk memudahkan komponen mesin yang saling bergesekan agar dapat bergerak secara optimal sepanjang waktu.

Dalam prosesnya, oli melarutkan kotoran yang ada di dalam mesin dan membawanya ke filter oli untuk disaring. Itulah mengapa Anda wajib mengganti filter oli secara rutin.

Kotoran mesin ini timbul dari debu yang masuk melalui celah seal, bisa karena bocor atau sudah menua. Kotoran juga bisa timbul akibat gesekan antar komponen dalam mesin berupa serpihan logam halus.

Fungsi selanjutnya dari oli adalah mendinginkan mesin. Panas yang timbul akibat gesekan antar komponen di dalam mesin akan diteruskan ke dinding blok mesin dan selanjutnya disalurkan keluar.

BACA JUGA : Antara Hidup dan Mati, Lakukan Ini Agar Anda Terhindar Dari Microsleep Saat Mudik Lebaran

Pada bagian tertentu mesin, hawa panas tersebut didinginkan oleh air radiator. Jadi secara tidak langsung oli membantu tugas radiator dalam mendinginkan mesin.

Yang tak kalah penting, senyawa kimia yang terdapat di dalam oli akan mencegah terjadinya karat pada komponen dalam mesin mobil. Oli juga mampu mereduksi zat kimia pada mesin yang berpotensi menimbulkan karat.

Benefit dari fungsi oli mesin di atas, usia komponen mesin akan semakin panjang karena kondisinya selalu prima. Selain menjaga performa mesin, kemampuan ini membantu Anda dalam menekan biaya perawatan.

Terkait performa, penggunaan oli mesin yang sesuai spesifikasi yang dibutuhkan akan menjaga tenaga yang dihasilkan selalu dalam posisi terbaik karena minimnya kerugian mekanis di dalam mesin.

Imbas positif lainnya, konsumsi bensin dapat ditekan karena gesekan dalam mesin berkurang dan Anda tidak perlu memaksakan diri saat menekan pedal gas.

BACA JUGA : Tidak Mungkin Kena Tipu, Program Ini Bantu Anda Beli Mobil Baru Dengan Cara Tukar Tambah

Melihat pentingnya tugas oli, cairan pelumas ini harus selalu dalam radar pengawasan Anda. Tipsnya, minimal dengan menggantinya rutin sesuai aturan pabrikan.

Selain itu, pastikan oli yang Anda ganti sesuai dengan spesifikasi standar. Cara paling mudah adalah dengan selalu menggantinya di bengkel resmi. Ganti oli di bengkel resmi juga memastikan Anda tidak mendapatkan oli palsu.

Jangan sampai terlewatkan waktu untuk mengganti oli. Merek Toyota menetapkan Anda wajib mengganti oli setiap 10.000 km atau 6 bulan sekali, tergantung mana yang tercapai lebih dulu. Ritual ini dilakukan bersamaan dengan kegiatan servis berkala.

Seperti diketahui bersama, tugas oli sangat berat mengingat ia bekerja di seluruh bagian mesin yang menghasilkan panas dan bergesekan sepanjang waktu.

Perlahan tapi pasti, struktur senyawa kimia oli akan berubah. Hal ini membuat kemampuannya dalam menunaikan tugas di atas juga menurun.

BACA JUGA : Waspadalah! Tips Ini Bantu Anda Cegah Mobil Terbakar Sendiri

Efek buruknya, mesin akan mengalami penurunan performa lantaran kinerjanya tidak didukung oleh oli mesin. Seperti tenaga loyo, mesin cepat panas, dan konsumsi BBM meningkat.

Karena tidak bisa bekerja secara optimal dalam melumasi komponen mesin, gesekan pun akan meningkat dan meninggalkan banyak residu.

Memang kotoran bisa disaring oleh filter oli. Tapi bila sudah sampai kadar tertentu dan filter sudah mulai kepayahan, maka kotoran tersebut akan ikut ke dalam sistem peredaran oli mesin.

Layaknya darah manusia yang kadar kolesterolnya terlalu tinggi, oli mesin dengan kotoran yang tinggi dapat menyumbat saluran peredaran oli dan membuat mesin berhenti bekerja.

Kalau sampai begini, tidak ada jalan keluar terbaik selain melakukan turun mesin. Dan ini memakan biaya yang sangat besar.

BACA JUGA : Inilah Bukti Anda Bisa Beli Mobil Baru Lewat Aplikasi Mobile, Bahkan Ada Fitur Simulasi Kredit dan Bisa Tukar Tambah

Namun jangan mentang-mentang mobil jarang dipakai lantas Anda membiarkan oli mesin tidak diganti. Tetap ada risiko jika oli mesin didiamkan dan tidak diganti tepat waktu.

Seiring waktu, senyawa kimia di dalam oli mesin akan mengalami perubahan. Ini sangat wajar terkait proses oksidasi yang secara alami terjadi.

Ruang mesin juga punya potensi timbul karat karena proses oksidasi tersebut. Makanya dianjurkan untuk memanaskan mesin sekitar 2 kali seminggu supaya komponen mesin tetap dapat dilumasi.

Proses oksidasi juga meningkatkan kandungan air di oli mesin pada level yang tidak diharapkan. Begitu oli mesin bekerja, air akan bercampur dan secara signifikan menurunkan kemampuan oli mesin.

Belum lagi risiko karat akibat terbawanya air ke dalam sistem distribusi oli mesin. Tinggal masalah waktu sebelum akhirnya mesin mobil Anda jebol saat digunakan.

BACA JUGA : Bedah Fitur Terbaru Aplikasi Auto2000 Mobile, Ternyata Ini Yang Bisa Dilakukan Aplikasi Canggih Tersebut

Oleh sebab itu, Auto2000 sebagai dealer resmi terbesar Toyota di Indonesia menegaskan jangka waktu penggantian oli mesin setiap 10.000 km atau 6 bulan sekali, tergantung mana yang lebih dulu tercapai.

Untuk Anda pemilik mobil Toyota yang rutin melakukan servis berkala di bengkel resmi Auto2000, ada kejutan menarik terkait produk oli mesin Toyota Motor Oil (TMO).

Sebagai bentuk apresiasi untuk Anda yang rutin mengganti oli Toyota Motor Oil (TMO) di bengkel resmi Auto2000, ada gratis 2 liter oli TMO Synthetic untuk pekerjaan servis berkala eksternal (mulai servis berkala 10.000 km dan kelipatannya) dan pembelian sparepart di Auto2000.

Promo memikat ini berlaku di seluruh cabang Auto2000 dan seluruh tipe kendaraan Toyota. Dengan catatan, promo ini hanya berlaku untuk pemesanan THS – Auto2000 Home Service lewat aplikasi ponsel Auto2000 Mobile.

Auto2000

Dapatkan Penawaran Terbaik
Silahkan klik kirim kode verifikasi / OTP dan masukkan kode yang dikirimkan ke pada kolom isian yang ada di bawah.
Kode OTP terkirim ke nomor telepon Anda.
Masukkan 6 digit kode OTP
Terima Kasih
Wiraniaga kami akan menghubungi Anda secepatnya.

Apabila Anda memerlukan informasi lainnya, silahkan menghubungi customer service kami dan sebutkan nomor polisi kendaraan Anda.
Booking Workshop / THS
Maaf, tidak ada waktu yang tersedia untuk pemesanan pada hari libur.
Silahkan pilih tanggal lainnya.