Wisata dengan Yaris

Daya Tarik Wisata Danau Batur yang Terletak di Bali

Diterbitkan7 Mar 2024

Wisata Danau Batur adalah salah satu destinasi yang menakjubkan di Pulau Bali, Indonesia. Terletak di kaki Gunung Batur, danau ini menawarkan pemandangan alam yang memesona yang tak akan terlupakan. Dikelilingi oleh pegunungan yang hijau dan hamparan sawah yang subur, Danau Batur menjadi daya tarik utama bagi wisatawan yang mencari ketenangan dan keindahan alam. 


Selain kecantikannya, Danau Batur juga menjadi tempat yang sempurna untuk menikmati berbagai aktivitas seperti menikmati pemandangan matahari terbit atau terbenam, berperahu, atau sekadar bersantai di tepi danau sambil menikmati kuliner lokal. Mari jelajahi lebih dalam tentang pesona yang dimiliki oleh Danau Batur yang memikat hati para pengunjung dari berbagai penjuru dunia.


Mengenal Danau Batur 

Danau Batur adalah sebuah danau vulkanik yang terletak di Pulau Bali, Indonesia. Danau ini terletak di kawasan dataran tinggi sekitar 1.000 meter di atas permukaan laut dan terletak di kaki Gunung Batur, sebuah gunung berapi aktif yang terletak di sebelah barat laut danau. Danau Batur merupakan salah satu danau terbesar di Bali dan memiliki kedalaman yang cukup besar, mencapai hingga sekitar 88 meter.


Kawasan sekitar Danau Batur juga dikenal dengan keindahan alamnya yang menakjubkan, dengan pemandangan pegunungan yang hijau dan hamparan sawah yang luas. Danau Batur juga memiliki peran penting dalam kehidupan masyarakat sekitarnya, terutama dalam hal pertanian dan kegiatan religius.


DAPATKAN KUPON SERVICE YANG DIBUAT SECARA KHUSUS UNTUK KENDARAAN ANDA!

Asal-usul Danau Batur 

Di balik penjelasan geografis tentang asal usul Danau Batur, terselip sebuah cerita legendaris yang populer di kalangan masyarakat setempat. Menurut legenda tersebut, Danau Batur bermula dari tindakan seorang manusia bernama Kebo Iwa, yang menciptakan sebuah kolam yang kemudian menjadi danau yang terkenal di Bali.


Kisah dimulai dengan sepasang suami istri yang bertahun-tahun belum diberi anak. Setelah berdoa dengan tekun, mereka akhirnya diberkahi dengan seorang anak laki-laki yang mereka beri nama Kebo Iwa. Namun, kebahagiaan mereka terhalang oleh kematian sang ibu saat melahirkan, diikuti oleh kematian sang ayah tak lama setelahnya.


Kebo Iwa tumbuh dengan cepat dan memiliki nafsu makan yang luar biasa, sehingga ia membutuhkan perhatian dan dukungan dari warga desa untuk memberinya makan. Meskipun seringkali menimbulkan masalah dengan sifatnya yang pemarah, Kebo Iwa juga sering membantu warga dalam berbagai kesulitan.


Suatu hari, saat desa mereka mengalami kekeringan yang parah, warga desa memutuskan untuk membuat sebuah kolam penampungan air. Mereka meminta bantuan Kebo Iwa, yang dengan tekun bekerja menggali dan membentuk kolam dari batu-batuan. Setelah kolam selesai, Kebo Iwa mengeluarkan air tanah yang mengalir deras ke dalamnya.


Ketika kolam sudah penuh, Kebo Iwa yang kelelahan tertidur di sana. Tanpa disadari, air tanah terus mengalir hingga membanjiri desa dan membentuk danau yang kemudian dikenal sebagai Danau Batur. Sementara itu, timbunan tanah dan batu hasil galian Kebo Iwa menjadi Gunung Batur yang terkenal.


Legenda Kebo Iwa dan Danau Batur bukan hanya cerita yang menghibur, tetapi juga mengandung pesan moral tentang kebaikan, pengorbanan, dan gotong royong. Danau Batur bukan hanya destinasi wisata yang indah, tetapi juga sebuah warisan budaya yang kaya akan sejarah dan makna bagi masyarakat Bali.


Baca juga: 5 Penyebab Mual Saat Naik Mobil dan Tips Menghindarinya


Daya Tarik Wisata Danau Batur 

Danau Batur tidak hanya berperan sebagai saluran irigasi, melainkan juga menampilkan panorama yang mengagumkan. Cukup dengan sekadar berdiri di sisi jalan raya Bangli-Singaraja, pengunjung dapat menikmati keindahan air danau yang berwarna biru, dengan Gunung Abang dan Gunung Batur menjulang megah di latar belakang.


Selain sebagai sumber spiritual, Danau Batur menjadi lokasi penting untuk upacara keagamaan. Dalam keyakinan Hindu, Danau Batur disebut sebagai segara (laut) dan nyegara gunung, sebuah simbol bahwa laut dan gunung saling terkait dan tidak dapat dipisahkan. Karena itu, berbagai upacara keagamaan yang berkaitan dengan laut sering kali dilakukan di Danau Batur.


Tidak hanya itu, Danau Batur juga dimanfaatkan sebagai lokasi kuramba (keramba) air tawar untuk budidaya ikan. Aktivitas ini tidak hanya bermanfaat bagi penduduk setempat dalam meningkatkan pendapatan mereka, tetapi juga menjaga keseimbangan ekosistem danau.


NIKMATIN PENAWARAN DAN PROMO TOYOTA MENARIK YANG HANYA ADA DI AUTO2000

Fasilitas yang Ada di Danau Batur 

Area pariwisata Danau Batur juga menyediakan beragam fasilitas tambahan untuk meningkatkan pengalaman para wisatawan:


1. Layanan Spa dan Pemandian Air Hangat 

Usaha spa dan pemandian air panas sedang populer belakangan ini. Yang menarik, para pengunjung bisa menikmati perawatan spa sambil menikmati panorama indah Gunung Batur.


2. Taman Wisata Alam Gunung Batur Bukit Payung 

Taman wisata ini merupakan kawasan yang dilindungi dan dikelola oleh UNESCO. Di sini, pengunjung akan menemukan satu-satunya taman alam dengan formasi bebatuan geologi yang unik di Pulau Bali. 


Baca juga: 8 Tips Liburan Hemat Bersama Keluarga dengan Mobil Toyota


3. Tempat Makan di Kintamani 

Saat berkunjung ke Kintamani, jangan lewatkan untuk singgah di kafe-kafe kekinian seperti Montana del cafe, AKASA, Eco-bike Coffee, dan banyak lainnya. Para wisatawan bisa menikmati minuman kopi sambil menikmati keindahan matahari terbit dan panorama Gunung Batur, Gunung Abang, dan Danau Batur.


4. Penginapan di Kintamani 

Berbagai jenis akomodasi tersedia di Kintamani, mulai dari penginapan keluarga hingga hotel mewah berbintang lima seperti Oemah Batur, The Cave Hotel, atau Kintamani Hotel.


Baca juga: 7 Tips Persiapan Liburan Dengan Anak Menggunakan Mobil Pribadi


Dalam mengakhiri pembahasan tentang wisata Gunung Batur, tidak bisa diabaikan jika pesona dan keindahan alam yang menakjubkan yang ditawarkan oleh gunung ini. Dari pemandangan matahari terbit yang spektakuler hingga petualangan mendaki yang memacu adrenalin, Gunung Batur menyuguhkan pengalaman yang tak terlupakan bagi para pengunjung. 


Tidak hanya itu, keberadaan Danau Batur yang mempesona dan berbagai fasilitas pendukung di sekitarnya juga menambah daya tarik Gunung Batur sebagai destinasi wisata utama di Bali. Jika AutoFamily tertarik untuk menjelajahi Gunung Batur lebih dalam, atau bahkan merencanakan perjalanan camping yang tak terlupakan, jangan ragu untuk mengunjungi Auto2000 untuk mendapatkan informasi lengkap tentang mobil toyota yang cocok untuk campervan.


Melalui fasilitas yang lengkap dan kendaraan yang andal, Anda dapat menikmati petualangan Anda tanpa khawatir. Segera kunjungi situs web Auto2000 Digiroom untuk informasi lebih lanjut dan mulailah petualangan Anda menuju Gunung Batur dengan gaya dan kenyamanan!


Informasi dalam konten artikel ini dapat mengalami perubahan dan perbedaan, menyesuaikan dengan perkembangan, situasi, strategi bisnis, kemajuan teknologi dan kebijakan tertentu tanpa pemberitahuan terlebih dahulu.


digiroom logo

AUTO2000 DIGIROOM

Dealer Toyota terbesar di Indonesia yang melayani jaringan jasa penjualan, perawatan, perbaikan dan penyediaan suku cadang Toyota yang terbesar di seluruh Indonesia.