Waspada Gejala Kerusakan Jika Tercium Bau Ini Dalam Kabin Mobil Anda"/>

LOKASIMU

Memilih lokasi Anda membantu kami memberikan harga yang akurat, ketersediaan stok, dan menemukan cabang terdekat untuk Anda.

Waspada Gejala Kerusakan Jika Tercium Bau Ini Dalam Kabin Mobil Anda

Jika Anda mencium bau aneh di mobil, bisa jadi ada kerusakan mekanis serius di kendaraan Anda. Namun, bau juga dapat diakibatkan tumpahan makanan atau jamur di mobil. Anda harus mendiagnosis dan menghilangkan bau tidak enak di dalam mobil. Apabila tercium bau terbakar maka segera periksa komponen berikut ini:

1. Kurangi tekanan pada kopling dan rem.

Jika Anda mencium bau hangus saat mengganti gigi mobil, kemungkinan kopling mobil bermasalah, atau bantalan rem mobil rusak.

  • Mungkin Anda menginjak pedal kopling terlalu keras sehingga menghasilkan gesekan antara facing kopling dan tergelincir. Jika Anda mengurangi tekanan pedal, baunya akan hilang. Bau ini tercium seperti kertas yang terbakar karena bahan facing terbuat dari kertas.
  • Jika Anda menekan rem terlalu keras, bantalan rem akan terlalu panas sehingga menimbulkan bau hangus. Sebaiknya Anda menurunkan gigi untuk mengatasinya. Ada juga kemungkinan rem terseret karena kaliper rem mobil tertahan. Selain itu, pastikan rem tangan Anda tidak terpasang selagi menyetir.
  • Salah satu cara untuk memeriksa bantalan rem adalah dengan merasakan apakah ada roda mobil yang panas. Jika tidak ada, kemungkinan kopling mobil yang terlalu panas.

2. Periksa apakah mesin mobil terlalu panas.

Oli yang terbakar mengeluarkan bau pekat dan tajam. Jika Anda menciumnya, segera cek oli mobil Anda.

  • Kemungkinan lainnya adalah mesin mobil terlalu panas. Apabila kedua hal di atas sepertinya bukan penyebab bau hangus di mobil, periksa apakah ada oli yang bocor ke blok mesin. Oli mobil Anda mungkin perlu diganti.
  • Anda juga dapat mengecek minyak kopling menggunakan dipstick (tongkat pengukur kedalaman oli). Jika minyak kopling mobil Anda tinggal sedikit, bau hangus dapat muncul karena gigi terlalu panas akibat tidak dilumasi dengan baik.

3. Periksa slang yang longgar.

Jika bau hangus lebih mirip bau karet terbakar alih-alih oli yang terbakar, coba buka kap mobil mobil dan periksa apakah ada slang yang longgar.

  • Kemungkinan slang menyentuh bagian mesin yang panas. Terkadang, bau oli berasal dari crankshaft seal (kruk as) yang bocor.
  • Kalau demikian, kemungkinan besar Anda juga akan menemukan genangan oli di bawah mobil.

4. Periksa cairan pendingin mobil Anda bocor jika mencium bau sirup maple.

Jika mobil Anda berbau seperti sirup maple setelah mesin dipanaskan (atau bahkan beberapa menit setelah dimatikan), sebaiknya Anda segera menanganinya.

Bau ini dapat menandakan kebocoran cairan pendingin dari radiator atau slang pemanas. Oleh sebab itu, sebaiknya mobil Anda diperbaiki oleh profesional. Jika bau sirup maple berasal dari luar mobil, artinya tutup radiator atau radiator mobil Anda mungkin bocor. Jika Anda menciumnya di dalam mobil, kemungkinan inti pemanas (heater core) mobil sudah tidak berfungsi baik lagi.

Waspada terhadap bau – bau yang tercium dalam kabin mobil anda, karena sebagaimana uraian diatas, barangkali pertanda mobil anda terdapat masalah. Jika ragu karena ketidakpahaman, segera konsultasikan ke Bengkel Resmi Toyota Auto2000 terdekat atau untuk wilayah Tabanan anda bisa hubungi Bengkel Resmi Toyota Auto2000 Tabanan di nomor telepon 0361-9332000.

Semoga bermanfaat.

(Mitha Purnama Dewi)

Auto2000

Share this article
Tanya Tasia