LOKASIMU

Memilih lokasi Anda membantu kami memberikan harga yang akurat, ketersediaan stok, dan menemukan cabang terdekat untuk Anda.

Wajib Cek dan Servis AC Mobil Sebelum Mudik dan Balik Lebaran

 

Auto2000.co.id – Ritual yang wajib dilakukan oleh pemilik mobil terutama Toyota saat mudik dan balik Lebaran cukup banyak. Ya, mobil Anda tetap harus diperiksa sebelum balik ke rumah supaya tenang di jalan.

Salah satunya wajib mengecek dan melakukan servis sistem pendingin kabin alias air conditioner (AC) agar selama di perjalanan tidak mengalami masalah. Apalagi jika Anda jalan siang dan kena macet.

AC sendiri memiliki peran yang penting, maka harus diperhatikan bahwa mengecek dan merawat AC mobil itu sangatlah penting.

Jika pemilik mobil cuek-cuek saja, maka suatu hari akan merasakan dampaknya, yaitu embusan udara di dalam kabin menjadi tidak dingin, alhasil ruang kabin menjadi panas.

BACA JUGA : Dear Generasi Millenial, Aplikasi Ini Paling Top Untuk Jadi Asisten Urusan Servis Mobil Anda

Sapta Agung Nugraha, Kepala Bengkel Auto2000 Bekasi Barat mengatakan, paling tidak pemilik wajib melakukan pemeriksaan pada bagian filter AC, sebab bisa cepat kotor apalagi mobil sering digunakan ke wilayah yang berdebu.

“Filter udara harus dibersihkan karena kotoran atau debu berpotensi masuk ke dalam ruang bakar. Atau jika sudah kotor, bisa menyebabkan AC menjadi tidak dingin lagi,” kata Sapta belum lama ini di Jakarta.

Selain itu, jangan lupa juga untuk selalu mengecek kondisi kondensor dan evaporator karena komponen ini yang paling banyak menyerap debu.

Jika terlalu banyak kotoran atau debu yang menempel di kedua komponen itu, kinerja AC menjadi tidak maksimal lagi atau suhunya menjadi tidak dingin lagi.

BACA JUGA : Ini Sebab Pintu Geser Mobil Toyota Harus Rutin Dirawat

“Jika ada masalah dengan AC, sebaiknya dibawa langsung ke bengkel resmi seperti Auto20000 karena akan ditangani langsuung oleh teknisi yang andal di bidangnya,” jelas Sapta.

“Seluruh teknisi Auto2000 sudah tersertifikasi, sehingga mampu menyelesaikan masalah pada mobil Toyota dengan baik dan benar,” ungkapnya.

Guna menjaga agar kerja AC tetap baik, maka harus memperhatikan kerja ketiga komponen seperti kompresor, kondensor, dan evaporator.

Agar kerja kompresor tidak berat, maka harus selalu membersihkan kabin kendaraan sehingga tidak banyak debu. Bersihkan juga cabin air filter setiap 10.000 km atau menggantinya setiap kelipatan 30.000 km.

Auto2000

Share this article
Tanya Tasia