LOKASIMU

Memilih lokasi Anda membantu kami memberikan harga yang akurat, ketersediaan stok, dan menemukan cabang terdekat untuk Anda.

Usai Tempuh Perjalanan Jauh, Jangan Abaikan Kondisi Kaki-kaki

 

Auto2000.co.id –  Selain mesin, sektor kaki-kaki terutama roda menjadi komponen yang kerja keras ketika mobil digunakan untuk mudik. Selain harus menjadi penggerak, roda juga harus menahan bobot kendaraan bersama isinya.

Karena itu, pemilik mobil baiknya tak melupakan pengecekan ulang komponen yang satu ini. Apalagi bila mobil langsung akan digunakan kembali menjadi transportasi dalam beraktivitas sehari-hari.

Suparna, Kepala Bengkel Auto2000 Cilandak, mengatakan pengecekan terhadap roda memang cukup jarang diperhatikan. Bila tidak ada masalah, kebanyakan pemilik mobil akan menghiraukan kondisi komponen satu ini.

“Akibat perjalanan jauh dengan melewati ragam medan, bisa saja membuat masalah pada kaki-kaki seperti terjadi pergeseran sehingga roda bisa dibilang tak normal seperti semula,” terang Suparna.

BACA JUGA : Ini Beberapa Sebab Aktor Film Terkenal Beli Alphard di Auto2000

“Kondisi ini tentu membuat mobil tak akan nyaman dikendarai, karena itu baiknya diberikan perhatian lebih sebelum mobil kembali digunakan,” lanjutnya.

Agar tetap nyaman digunakan, Suparna menganjurkan pemilik mobil untuk melakukan proses spooring dan balancing. Hal ini sangat berguna untuk menyelaraskan keempat roda mobil pada posisi semula.

Mobil yang wajib melakukan spooring biasanya ada perubahan seperti kemudi yang menyimpang ke salah satu sisi, padahal posisi setir diarahkan lurus ke depan. Hal ini lantaran setelan toe in-out serta chamber dan casternya telah bergeser atau berubah dari posisi standar.

BACA JUGA : Viral! Ada Petani Beli Toyota Rush Pakai Uang Logam Receh Rp 40 Juta

“Bila didiamkan atau dibiarkan berlarut-laut, maka ke depan situasinya akan makin parah. Kemudi bukan hanya tertarik ke suatu sisi tertentu, tapi juga akan diikuti dengan getaran saat mobil dikendarai,” ucapnya.

Pergeseran komponen pada posisi roda biasanya disebabkan beberapa hal. Mulai dari mobil terlalu sering berjalan di medan bergelombang atau rusak, menghantam lobang dalam kecepatan tinggi, atau karena mamang sudah faktor usia.

“Proses spooring biasanya akan diikuti dengan balancing. Secara waktu memang tak ada patokan khusus, tapi biasanya dilakukan minimal satu tahun sekali dan dianjurkan ketika pemilik mobil mengganti ban baru,” katanya.

Auto2000

Share this article
More News
toyota innova trd
Ini Dia Varian Baru Kijang Innova!
Toyota Kijang Innova TRD Sportivo Limited resmi meluncur hari ini tepat dengan perayaan hari kemerdekaan Republik Indonesia, 17 Agustus 2020. Sesuai namanya, Kijang Innova ini memiliki berbagai kelengkapan dan dijual secara eksklusif.
thumb3.jpg
Resmi Meluncur! Toyota Hilux Kini Semakin Gagah dan Canggih
Toyota New Hilux resmi meluncur dengan harga Rp 429.750.000 untuk tipe 2.4 E (4x4) DSL MT. Mobil komersial satu ini kini semakin tampan dan gagah dengan beberapa perubahan di eksterior.
thumb2.jpg
Cara Menghilangkan Bau di Mobil Menggunakan 5 Benda Sederhana
Siapa yang tidak kesal mendapati kabin mobil bau tak sedap? Sebenarnya, bau pada mobil bisa terjadi kapan saja, baik yang sering atau jarang dipakai. Ada banyak penyebab mobil berbau apek, pertama tentu bersumber dari masalah kebersihan.
New Project (7).jpg
Tips Membersihkan Interior Mobil Agar Terhindar dari Virus
Saat ini, virus COVID-19 masih menjadi pandemi global, tak terkecuali di Indonesia. Bagi AutoFamily yang menggunakan mobil untuk kegiatan sehari-hari, penting juga untuk membersihkan interior mobil secara rutin.
Tanya TasiaBackground Lazy GIF