LOKASIMU

Memilih lokasi Anda membantu kami memberikan harga yang akurat, ketersediaan stok, dan menemukan cabang terdekat untuk Anda.

Usai Mudik Cek Lagi Sistem Kelistrikan Mobil

 

Auto2000.co.id –  Usai melakukan perjalanan panjang, seperti mudik Lebaran,ada baiknya pemilik kendaraan Toyota kembali melakukan pengecekan ulang. Selain mesin, sistem kelistrikan juga menjadi komponen yang tidak bisa diabaikan.

Kepala Bengkel Auto2000 Cilandak Suparna, mengatakan paling utama dari sektor kelistrikan adalah melakukan pengecekan pada bagian baterai atau aki. Pastikan kondisinya normal tanpa ada kerusakan.

“Jadi cek kondisi aki mobil Anda terlebih dahulu menggunakan battery tester. Jika aki dalam kondisi baik, periksalah bagian-bagian kabel aki. Ini penting dilakukan saat kembali dari kampung halaman,” ucapnya.

Untuk aki, Suparna menjelaskan bisa melakukan pengecekan secara visual. Pertama dengan melihat kondisi aki tersebut, bila sudah ada kotoran silakan dibersihkan, terutama pada bagian panel kabel negatif dan positif.

BACA JUGA : Spesial Untuk Generasi Millenial, Aplikasi Auto2000 Mobile Siap Memanjakan Kebutuhan Perawatan dan Pembelian Mobil Toyota

Khusus pengguna aki konvensional, bisa melirik volume cairan aki. Bila sudah berkurang jangan ditunda untuk ditambah, sementara untuk aki jenis maintenance free (MF) bisa dilakukan dengan alat battery tester.

Alat ini tidak hanya berguna untuk mengukur voltase atau tegangan aki saja, namun juga daya starter (CCA – Cold Cranking Ampere), tingkat tegangan (SOC – State of Charge), dan tingkat kesehatan aki (SOH – State of Health).

Bila semua dalam kondisi normal, hal lain yang tak boleh dilupakan adalah mengecek fungsi penerangan, mulai dari lampu utama, lampu sein, sampai lampu rem.

Pastikan semua bekerja dengan optimal mengingat beberapa ruas jalan di tol Trans Jawa, masih minim dengan pencahayaan, akan sangat berbahaya bila ternyata penerangan pada mobil tidak bekerja optimal.

BACA JUGA : Waspadalah, Ini Sebab dan Cara Mengatasi Aquaplaning

Suparna mengingatkan pengguna mobil untuk tidak melupakan pengecekan pada lampu rem bagian belakang, karena pada umumnya pemilik mobil tidak sadar bila stop lamp yang notabenya cukup penting sudah tak lagi menyala.

“Kebanyakan kasus pemilik mobil itu tidak sadar bila lampu remnya sudah padam, karena memang posisinya di belakang dan agak sulit dipantau,” jelas Suparna.

“Alangkah baiknya diperhatikan, karena biar bagaimana pun fungsi stop lamp ini tidak bisa diremehkan karena berguna sebagai penanda bagi kendaraan di belakangnya,” tutupnya.

Auto2000

Share this article
Tanya Tasia