Tolong Dihindari, Inilah Beberapa Kesalahan Mengoperasikan Pedal Kopling Manual di Toyota Avanza Yang Bikin Cepat Rusak"/>

LOKASIMU

Memilih lokasi Anda membantu kami memberikan harga yang akurat, ketersediaan stok, dan menemukan cabang terdekat untuk Anda.

*Harga yang tertera mengikuti wilayah DKI Jakarta

Tolong Dihindari, Inilah Beberapa Kesalahan Mengoperasikan Pedal Kopling Manual di Toyota Avanza Yang Bikin Cepat Rusak

Auto2000.co.id – Memang populasi Toyota Avanza dengan transmisi manual mulai berkurang di kota besar seperti Jakarta. Meski begitu, pengguna mobil transmisi manual seperti Toyota Avanza tetap banyak. Apalagi mobil ini dikenal irit konsumsi bensin, baik yang manual maupun matik.

Transmisi manual mengandalkan kopling manual sebagai penerus daya dari mesin ke transmisi. Anda harus menginjak pedal kopling, setelah itu baru memindahkan tuas transmisi untuk mengganti posisi gigi perseneling.

Nah, ada beberapa kesalahan sepele yang kerap dilakukan pengemudi sehingga membuat usia pakai kopling manual pada Toyota Avanza  cepat menurun. Bahkan mengalami kerusakan. Apalagi rata-rata Toyota Avanza punya jam terbang tinggi.

Yang paling sering adalah menginjak pedal kopling sepanjang perjalanan. Posisi ini sering dipilih karena pengemudi malas mengangkat kaki dari pedal kopling dan berpindah saat ingin kembali menginjak pedal kopling.

BACA JUGA : Bikin Auto Kesal, Inilah Beberapa Masalah Pada AC Mobil dan Cara Mencegahnya Agar Tetap Sejuk dan Nyaman

Imbasnya, dapat mempercepat keausan pada release bearing dan pelat kopling. Oleh sebab itu, lepaskan kaki Anda dari pedal kopling setelah proses memindahkan gigi transmisi selesai dilakukan.

Selain itu, ketika menginjak pedal kopling harus sepenuhnya agar roda gila (fly wheel) dan pelat kopling dapat benar-benar tidak lagi terhubung sehingga memudahkan saat memindahkan tuas transmisi dan mengurangi risiko cepat aus.

Setelah memindahkan tuas transmisi, lepaskan pedal kopling secara perlahan dan diselaraskan dengan injakan pada pedal gas. Jangan tergesa-gesa karena akan membuat pelat kopling mudah selip dan aus.

Satu lagi kesalahan dalam mengoperasikan pedal kopling adalah menginjak pedal kopling tidak penuh (setengah kopling) sembari menekan pedal gas agar mobil tidak bergerak turun di tanjakan.

BACA JUGA : Inilah Alasan Mobil Toyota Anda Wajib Melakukan Servis Berkala 1.000 Km atau Satu Bulan Pertama

Upaya ini membuat seluruh komponen yang ada di dalam sistem kopling manual mobil jadi cepat rusak. Tentu biasanya yang kena terlebih dahulu adalah pelat kopling.

Bahkan di kondisi ekstrem bisa tercium bau gosong. Cukup gunakan rem tangan untuk menahan laju mobil di jalanan menurun. Perlakukan pedal kopling secara halus biar awet dan bekerja optimal.

Masalah lain dari setengah kopling adalah adanya getaran berlebih di mobil. Semakin sering Anda lakukan, komponen seperti dudukan mesin bisa kalah lebih cepat. Kalau sudah begini, kerusakan bisa merambat ke komponen lainnya.

Kebiasaan lain yang merugikan onderdil kopling manual adalah malas memindahkan gigi transmisi ke posisi netral saat terkena lampu merah dengan alasan biar tidak repot saat mulai jalan.

BACA JUGA : Biar Tetap Cantik, Tips Ini Bantu Anda Kenali Sebab Mobil Kotor dan Cara Membersihkannya, Nomor 5 Paling Bikin Kesal

Selain merusak komponen seperti release bearing, perilaku seperti ini juga tidak aman. Bayangkan jika karena sesuatu hal kaki Anda terangkat dari pedal kopling. Risiko paling kecil adalah mobil Anda menabrak mobil di depannya.

Oleh sebab itu, alangkah baiknya bila kamu memindahkan gigi transmisi ke posisi netral, lepaskan kaki dari pedal kopling dan tarik rem parkir. Toh, hal ini juga memberi kesempatan buat kaki kiri Anda beristirahat.

Perbandingan gigi 1 transmisi manual dibuat besar agar dapat start dengan baik. Masalahnya, Anda harus lekas memindahkan posisi gigi ke 2 sesaat setelah mobil melaju.

Sebagian orang malas melakukan proses ini dan langsung memasukkan gigi ke 2 saat mau jalan. Dengan sedikit menahan injakan pedal kopling dan menambah tekanan pada pedal gas, mobil akan bergerak dan Anda tak perlu repot memindahkan gigi ke 2.

BACA JUGA : Waspadalah! Lakukan 7 Tips Ini Supaya Ban Mobil Anda Tidak Menjadi Penyebab Kecelakaan di Jalan

Masalahnya, kopling akan terbebani dengan gaya berkendara seperti ini. Efeknya mirip ketika Anda melakukan setengah kopling. Alhasil, kopling manual Toyota Avanza Anda bakal cepat rusak.

Gaya terburu-buru dan kasar ketika menginjak pedal kopling juga mempercepat berkurangnya usia pakai kopling lantaran gesekan yang terjadi antar komponen jadi besar dan kasar. Santai saja dan sesuaikan dengan irama mesin dan kecepatan mobil.

Jangan lupakan pula untuk mengecek tabung penyimpanan minyak kopling. Usahakan agar volumenya selalu berada di batas maksimal. Kalau berkurang, lakukan pengecekan di kabel kopling sebagai antisipasi kebocoran.

Terakhir, supaya tetap awet dan dapat bekerja optimal, teknisi Auto2000 pasti akan melakukan pengecekan kopling manual ketika servis berkala di bengkel resmi Auto2000, terutama mulai 10.000 km atau 6 bulan mana yang tercapai lebih dahulu.

Bicarakan dengan service advisor yang bertugas jika dirasa ada yang kurang beres pada kopling Toyota Avanza Anda. Oh ya, lakukan booking service untuk servis berkala di aplikasi Auto2000 Mobile guna memudahkan.

Auto2000

Share this article
Promosi Lainnya
Promo - Hoki Avanza
Ayo rayakan tahun baru Imlek bersama Auto2000 dan udah pasti dapat dua kali untungnya! Ikutan penawarannya sekarang dan bawa pulang mobil Avanza impian dengan DP 21 jutaan* atau dengan Cicilan 4,2 jutaan* saja loh.

Tak hanya itu, Anda juga berkesempatan untuk ikutan lucky draw dan bisa mendapatkan 1 unit Toyota Voxy atau iPhone 12 Mini!

Dapatkan juga hadiah langsung berupa Phillips UV light Disinfenction lamp dan juga uang elektronik 500 ribu rupiah tiap pembelian melalui website atau aplikasi Auto2000 Digiroom.

Penawaran ini juga berlaku untuk pembelian mobil Toyota tipe lainnya. Ikutan promonya di Auto2000 sekarang, sudah pasti Hoki terus!

Urusan Toyota lebih mudah dengan Auto2000 Digiroom.

05 Februari 2021
Promo - Hoki Agya
Ikutan penawaran dari Auto2000, sudah pasti Hoki terus loh! Spesial untuk Anda, bawa pulang mobil Agya pilihan dengan DP 17 jutaan* atau dengan Cicilan 2,7 jutaan* dan dapatkan keuntungan yang dua kali lipat!

Dengan ikutan penawaran ini, Anda juga berkesempatan untuk mengikuti Lucky Draw dan bisa mendapatkan 1 unit Toyota Voxy atau iPhone 12 Mini!

Ada hadiah langsung berupa Phillips UV Light Disinfection Lamp yang menunggu Anda serta tambahan uang elektronik 500 ribu rupiah tiap pembelian melalui website atau aplikasi Auto2000 Digiroom.

Penawaran ini juga berlaku untuk pembelian mobil Toyota tipe lainnya loh. Ikutan penawarannya sekarang untuk rasakan beragam keuntungannya!

05 Februari 2021
Chinese New Year - Pasti Hoki
Ikutan paket servis mobil di Auto2000, pasti hokinya gede loh! Cara dapetin hadiahnya mudah, tinggal booking servis berkala di bengkel atau melalui THS Auto2000 Home Service dan Anda bisa pilih hadiahnya. Beberapa promo pasti untung yang bisa Anda pilih:

a. Paket Ganti Oli: FREE 1L Oli TMO
b. Paket Servis Rem: Discount jasa sampai dengan 45%
c. Paket Engine Tune Up: Discount jasa sampai dengan 50%

Ayo ikutan sekarang karena penawaran ini hanya berlaku sampai dengan 28 Februari 2021. Ayo rayakan Tahun Baru Imlek bersama Auto2000 dan rasakan banyak keuntungannya!

Urusan Toyota lebih mudah dengan Auto2000 Digiroom.
04 Februari 2021
Promo - Deal Cermat
Berita bahagia di bulan Februari! Sekarang AutoFamily bisa mendapatkan banyak kemudahan untuk punya mobil Toyota terbaru loh.

Melalui paket DEAL CERMAT Anda bisa mendapatkan mobil baru Toyota dengan pilihan DP 20%, 25%, 30%, atau 40% serta tenor hingga 4 tahun khusus model Innova dan Fortuner!

Selain itu, setiap pembelian melalui program DEAL CERMAT Anda juga akan mendapatkan cashback trade in senilai 5 JT rupiah untuk AutoFamily yang melakukan trade in mobil lamanya. Selain itu harga jual mobil Anda akan dijamin di awal pembelian! Promo ini berlaku khusus untuk AutoFamily yang bertempat tinggal di wilayah JABODETABEK dan Medan.

Tunggu apa lagi? Yuk isi formulir di bawah ini untuk ikutan promonya.

Urusan Toyota lebih mudah dengan Auto2000 Digiroom.

01 Februari 2021
More News
toyota innova trd
Ini Dia Varian Baru Kijang Innova!
Toyota Kijang Innova TRD Sportivo Limited resmi meluncur hari ini tepat dengan perayaan hari kemerdekaan Republik Indonesia, 17 Agustus 2020. Sesuai namanya, Kijang Innova ini memiliki berbagai kelengkapan dan dijual secara eksklusif.
thumb3.jpg
Resmi Meluncur! Toyota Hilux Kini Semakin Gagah dan Canggih
Toyota New Hilux resmi meluncur dengan harga Rp 429.750.000 untuk tipe 2.4 E (4x4) DSL MT. Mobil komersial satu ini kini semakin tampan dan gagah dengan beberapa perubahan di eksterior.
thumb2.jpg
Cara Menghilangkan Bau di Mobil Menggunakan 5 Benda Sederhana
Siapa yang tidak kesal mendapati kabin mobil bau tak sedap? Sebenarnya, bau pada mobil bisa terjadi kapan saja, baik yang sering atau jarang dipakai. Ada banyak penyebab mobil berbau apek, pertama tentu bersumber dari masalah kebersihan.
New Project (7).jpg
Tips Membersihkan Interior Mobil Agar Terhindar dari Virus
Saat ini, virus COVID-19 masih menjadi pandemi global, tak terkecuali di Indonesia. Bagi AutoFamily yang menggunakan mobil untuk kegiatan sehari-hari, penting juga untuk membersihkan interior mobil secara rutin.
Tanya TasiaBackground Lazy GIF