Tips_Tricks_1.jpg

Service Mobil Pertama Kali, Seharusnya Berapa KM?

Diterbitkan12 Mar 2020

#N/A

Service mobil pertama berapa km, bisa kamu lihat dari ketentuan kilometer yang ditetapkan kepadamu saat membelinya pertama kali. Nah, biasanya itu adalah setiap 1000 km pertama lalu dilanjutkan setelahnya berdasarkan kelipatan 10.000 km.

Namanya juga mobil baru pasti Anda ingin langsung membawanya beraktivitas. Apalagi saat weekend, tentu sangat menyenangkan bisa membawa keluarga berlibur pakai Toyota Kijang Innova reborn yang keren dan mewah.

Meski begitu, ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan saat pertama mengendarai mobil baru idaman. Yang pasti, baca buku manual terlebih dahulu untuk mempelajari spek teknis dan berbagai fitur yang dimiliki agar tidak salah urus.

Jangan langsung memacunya di jalan. Berkendaralah dengan rileks dan sesuai dengan kondisi lalu lintas. Tidak perlu bertindak agresif, seperti kebut-kebutan atau mengendalikan mobil secara kasar.

Ini karena komponen mobil butuh waktu untuk beradaptasi dengan kondisi lingkungan dan terjadi penyesuaian antar komponen bergerak.

Baca juga: 5 Alasan Mesin Mobil Tiba Tiba Mati Saat Jalan

Memang teknologi terkini membuat kualitas buatan spare part meningkat dan celah kesalahan semakin kecil. Tapi tetap saja butuh waktu agar terjalin kerjasama yang baik antar komponen sehingga mereduksi potensi kerusakan.

Yang tidak kalah penting, bagi pengguna mobil baru Toyota wajib menjalani servis berkala 1.000 km atau satu bulan pertama, tergantung mana yang tercapai lebih dahulu. Nah, jika Anda bertanya service mobil pertama berapa km, maka inilah yang menjadi bahan pertimbangan untukmu


Mengapa servis berkala tersebut menjadi menu wajib?


Tujuannya untuk memastikan bahwa kondisi kendaraan dalam keadaan sesuai standard dan bekerja atau berfungsi optimal setelah digunakan pelanggan dalam kurun waktu 1 bulan dari penyerahan. Nah, untuk itu service mobil pertama kali berapa km, harus selalu diperhatikan.

Selain itu, servis mobil Toyota berkala 1.000 km atau satu bulan pertama merupakan media penting guna memastikan bahwa mobil baru milik pelanggan berada dalam kondisi prima.

Atau seperti yang telah disebutkan di atas, ada metode penggunaan mobil oleh pengguna yang kurang pas sehingga ada komponen mobil yang rusak.

Deteksi dini membuat kerusakan tidak bertambah besar dan menjalar, sehingga langsung bisa diperbaiki dan Anda terhindar dari risiko perbaikan.

Yang terutama dan tak kalah penting, servis berkala 1.000 km merupakan salah satu pertimbangan pemberian garansi karena syarat utama warranty atau garansi adalah rutin melakukan servis berkala di bengkel mobil Auto2000.

Baca juga: Biaya Ganti Plat Mobil, Syarat dan Prosedurnya

Ambil misal, ada masalah sepele di mobil Toyota Anda. Tapi karena lupa atau malas melakukan servis berkala bulan pertama, kerusakan tersebut malah semakin membesar dan membuat Anda harus mengganti komponen yang rusak.

Kalau sampai ini terjadi, ada potensi klaim warranty Anda ditolak oleh bengkel resmi Auto2000. Sayang kan?

Saat servis berkala, bisa dikatakan seluruh komponen bergerak di mobil Anda dilakukan pemeriksaan secara detail. Bagian yang dicek meliputi fungsi dari seluruh komponen interior atau ruang kemudi, seperti sistem kemudi, sistem keamanan, fungsi kelistrikan, AC dan head unit.

Baca juga: 5 Sumber Masalah AC Mobil Tidak Dingin dan Hanya Keluar Angin

Setelah itu, pengecekan dilanjutkan ke bagian eksterior, meliputi bodi, pintu, dan fungsi penunjang seperti lampu mobil dan wiper.

Wiper mobil juga harus sering dirawat dan diganti secara berkala, baik pada karetnya maupun pada duduknya. Selalu lakukan pengecekan supaya bisa mendeteksi jamur yang ada pada kaca mobil juga.

Lanjut ke bagian yang agak berat yakni mesin. Dilakukan pemeriksaan oli mesin, tegangan fan belt, volume air radiator, minyak rem, fluida-fluida lainnya, dan pengecekan fungsi mesin secara umum.

Setelah itu menuju sistem penggerak seperti transmisi dan kopling. Serta bagian sasis yakni fungsi shock absorber dan rem mobil.

Jika ada kerusakan, akan langsung dilakukan tindakan penggantian secara gratis. Tentu untuk komponen yang dijamin oleh garansi Toyota dan bukan kerusakan akibat salah perlakuan oleh pemilik mobil.

Berapa yang harus dibayar oleh pemilik mobil untuk pemeriksaan komprehensif tersebut? Nihil alias gratis tidak dipungut biaya sedikitpun.

Supaya tidak terlewatkan servis berkala yang krusial ini, Anda bisa unduh aplikasi Auto2000 Mobile dan memasukkan data kendaraan di menu Profile. Akan ada notifikasi bila sudah waktunya servis berkala.

Masih lewat aplikasi Auto2000 Mobile, Anda bisa langsung melakukan booking service untuk menjalani servis berkala di bengkel resmi Auto2000 atau menugaskan tim THS Auto2000 Toyota Home Service untuk melaksanakan perawatan rutin di tempat dan waktu yang Anda mau.

Simpel dan mudah bukan untuk service mobilmu saat pertama kali? Nah, jika kamu ada masalah dengan mobilmu, kunjungin cabang Auto2000 terdekat. Dapatkan juga berbagai informasi menarik terkait mobil baru Toyota seperti mobil Toyota Fortuner hingga Toyota Sienta Terbaru!

Baca juga: Toyota Rush: Harga dan Spesifikasi Terbaru 2020

PROMO MENARIK DI AUTO2000 DAPATKAN SEKARANG!

PROMO1 promo sehat toyotaku

lebih ringan cicil toyota corolla cross digiroom new normal deals

bayar setengah cicilan promo promo perkasa

promo new yaris promo spontan

promo spontan promo spontan

promo spontan promo spontan
digiroom logo

AUTO2000 DIGIROOM

Dealer Toyota terbesar di Indonesia yang melayani jaringan jasa penjualan, perawatan, perbaikan dan penyediaan suku cadang Toyota yang terbesar di seluruh Indonesia.