LOKASIMU

Memilih lokasi Anda membantu kami memberikan harga yang akurat, ketersediaan stok, dan menemukan cabang terdekat untuk Anda.

Tips Berbelanja Sound System Untuk Mobil Anda

 

Menentukan sistem audio mobil bukan sesuatu yang sulit, bila tahu caranya. Dengan demikian, tidak perlu lagi menghabiskan banyak waktu dan mungkin juga dana untuk mencari sistem audio yang sempurna. Caranya cukup menjawab pertanyaan dibawah ini. Jawaban-jawabannya dapat mengindentifikasi secara tepat apa yang dibutuhkan dari sistem audio mobil anda. Untuk mempermudah, siapkan alat tulis dan selembar kertas untuk menuliskan jawaban.

Langkah pertama adalah mengevaluasi sistem audio yang kini dimiliki. Tulis apa saja kelengkapan dan kemampuannya. Untuk membantu, ada beberapa pertanyaan. Apakah sistem audio yang sekarang bisa menggunakan CD, kaset, atau bisa keduanya? Adakah distorsi bila volume tinggi/nyaring? Ingin lebih jernih menerima gelombang radio? Apakah fungsi-fungsinya (seek,scan,memory settings dll) bekerja baik?

Langkah kedua, hidupkan sistem audio anda. Parkir mobil, lalu dengarkan dengan sungguh-sungguh suara salah satu speaker. Atur fader dan balance hingga seluruh suara masuk ke speaker yang anda dengarkan. Perhatikan kualitas suaranya, apakah ada desis, distorsi dan derak. Lakukan hal yang sama pada seluruh speaker.

Kembalikan fader dan balance ke kondisi normal, lalu jalankan mobil dan dengarkan sistem audio. Arahkan mobil ke jalan tol, atur suara sistem audio lebih nyaring dari deru jalan. Sekarang cari tempat untuk parkir sambil mempertahankan volume “jalan tol”. Perhatikan, apakah ada distorsi.

Dari uji coba itu, kini anda mempunyai gambaran sistem audio seperti apa yang harus dibeli.

Bila suara speaker nyaman di dengar pada volume “moderate” namun terdengar distorsi pada “volume jalan tol” , berarti anda perlu menambah “Power Speaker”. Anda juga dapat membeli sebuah amplifier untuk menambah tendangan dari speaker.

Kalau kualitas suara dari semua speaker jelek, berarti tiba saatnya mengganti seluruhnya. Sebelum mengganti dengan satu set speaker, sebaiknya pikirkan dulu jenis musik apa yang paling sering di dengarkan. Ini akan membantu menentukan tipe speaker yang paling pas dengan yang di inginkan.

Kalau anda penggemar RAP atau R&B, yang haus dentuman bass, berarti anda perlu menambah amplifier dan subwoofer.

Kalau anda pecinta Rock n Roll atau musik Country, dibutuhkan speaker stereo yang efisien, agar suara yang dihasilkan bisa senyaring mungkin.

Penggemar Opera atau Baroque, membutuhkan tweeters dan midrange yang bagus agar dapat menyalurkan semua detail suara musik.

Salah satu yang juga perlu diperhatikan saat mengganti sistem audio mobil anda, adalah kebiasaan/gaya mengemudi dan lingkungan dimana anda biasa mengemudi.

Bila digunakan untuk pulang pergi kerja atau bepergian , maka pilihlah CD changer yang dapat memilih lagu lagu yang diinginkan sepanjang perjalanan.

Bila mengemudikan mobil yang berisik dengan kaca terbuka, maka belilah amplifier dan speaker yang powernya tinggi, hingga anda bisa memutar knob volume semaksimal mungkin tanpa mengurangi kualitas suara.

Bila anda tinggal di daerah yang padat dengan banyak pilihan stasiun radio, maka ada baiknya memilih sistem audio yang memiliki fasilitas yang mampu membantu pendengar memilih jenis musik.

Bila anda tinggal di pedesaan atau sering bepergian ke luar kota, mungkin anda membutuhkan sistem audio yang dilengkapi receiver yang sensitif dengan digital tuning yang mampu menguatkan signal yang lemah.

Auto2000


 
Share this article
Tanya Tasia