tes teori sim a .webp

Panduan Tes Teori SIM A dan Cara Jawabnya

Diterbitkan21 Mei 2024

Apakah saat ini AutoFamily ingin membuat SIM A? Mendapatkan Surat Izin Mengemudi (SIM) A merupakan gerbang utama bagi Anda yang ingin mengendarai mobil di jalan raya. Salah satu tahapan penting dalam proses ini adalah mengikuti tes teori SIM A. 


Adapun tes teori SIM A bertujuan untuk menguji pengetahuan dan pemahaman Anda tentang peraturan lalu lintas, rambu-rambu jalan, dan keselamatan berkendara sebelum benar-benar mengendarai mobil di jalan raya. Untuk lebih memahaminya, masri simak tes teori SIM A beserta dengan cara menjawabnya melalui artikel ini. 


Persiapan Sebelum Mengikuti Tes Teori SIM A

Lulus tes teori SIM A bukan hal yang sulit, asalkan Anda mempersiapkan diri dengan matang. Berikut ini adalah sejumlah persiapan yang dapat Anda persiapkan sebelum mengikuti tes teori SIM A.


1. Dokumen Administrasi yang Diperlukan

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah memastikan kelengkapan dokumen administrasi yang diperlukan untuk mengikuti tes teori SIM A. Dokumen-dokumen ini menjadi bagian penting dari proses perizinan mengemudi yang sah. Adapun dokumen yang perlu dipersiapkan, yaitu KTP/KITAS yang masih berlaku, SIM sebelumnya (jika ada), Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK), dan Surat keterangan sehat dari dokter. 


Baca Juga: SELAIN UMUR, CARI TAHU PERSYARATAN BIKIN SIM A


2. Materi yang Harus Dipelajari

Selain dokumen administrasi, Anda juga perlu mempersiapkan diri dengan mempelajari materi-materi yang akan diujikan dalam tes teori SIM A. Materi ini mencakup pemahaman tentang instrumen jalan raya, pengenalan kendaraan, serta pemahaman tentang aturan dan peraturan lalu lintas.


TEMUKAN BERBAGAI TIPE DAN VARIAN MOBIL BARU TOYOTA DENGAN DAFTAR HARGA DAN SPESIFIKASI DI AUTO2000 DIGIROOM


3. Memperbanyak Latihan Materi Soal Tes Teori SIM A

Selain mempelajari materi, memperbanyak latihan soal juga merupakan langkah penting dalam persiapan menghadapi tes teori SIM A. Latihan soal membantu Anda untuk mengasah kemampuan dalam memahami soal-soal ujian, meningkatkan kecepatan dalam mengerjakan soal, serta memperdalam pemahaman tentang materi yang telah dipelajari sebelumnya. 


Materi Tes Teori SIM A dan Jawabannya

Sebelum mengikuti tes teori SIM A, penting bagi calon pengemudi untuk memahami dengan baik materi yang akan diuji. Menurut Buku Panduan Latihan Ujian Teori SIM A yang diterbitkan E-Avis Korlantas Polri, materi tes teori SIM A meliputi tiga aspek, yaitu persepsi bahaya, wawasan, dna pengetahuan. Berikut ini contoh pertanyaan dan jawaban dari tes teori SIM A.


Baja Juga: SELUK BELUK UJIAN SIM A DAN TES UJIAN YANG PERLU DIKETAHUI


1. Persepsi Bahaya

Persepsi bahaya merupakan kemampuan untuk mengenali potensi risiko atau bahaya di sekitar lingkungan berkendara, seperti kondisi tidak terdapat kendaraan, terdapat tempat sampah, terdapat kemacetan, rambu petunjuk dan peringatan, hingga kondisi penyeberangan jalan.

Berikut ini adalah beberapa contoh materi tes teori SIM A beserta jawabannya. 

  • Anda dihadapkan dengan situasi hujan saat berkendara.

Pengendara sedang mengendarai mobil dengan kecepatan 80 km/jam di jalan tol dan dihadapkan dengan situasi hujan saat berkendara. Pengendara mobil harus mengurangi kecepatan untuk mengantisipasi aquaplaning maupun terjadinya kecelakaan di depan pengendara.

  • Terdapat rambu petunjuk di sebelah kiri kendaraan Anda.

Pengendara sedang mengendarai mobil dengan kecepatan 60 km/jam di jalan tol. Pengendara harus mengurangi kecepatan mobil karena akan mendekati gerbang tol. Hal tersebut diperjelas dengan rambu petunjuk yang terdapat pada sisi kiri jalan.

  • Terdapat kelompok pesepeda di depan kendaraan Anda.

Pengendara sedang mengendarai mobil dengan kecepatan 60 km/jam di wilayah pedesaan. Terdapat kelompok pesepeda di depan kendaraan. Pengendara tidak harus melakukan apa pun karena berada dalam lalu lintas yang tidak ramai dan jarak aman.

  • Terdapat truk yang berada di lajur 1.

Pengendara sedang mengendarai mobil dengan kecepatan 80 km/jam di jalan tol. Terdapat truk di lajur 1. Pengendara tidak harus melakukan apa pun karena berbeda lajur dan tidak terdapat hambatan di depan kendaraan.

  • Terdapat pejalan kaki yang akan menyebrang jalan.

Pengendara sedang mengendarai mobil dengan kecepatan 50 km/jam di wilayah perkotaan. Terdapat zebra cross dan pengendara akan mendekati pejalan kaki yang sedang menyeberang jalan sehingga harus melakukan pengereman.


DAPATKAN PAKET SERVICE TERBAIK UNTUK MOBIL TOYOTA ANDA HANYA DI AUTO2000 DIGIROOM! 

2. Wawasan

Wawasan berkendara mencakup pemahaman yang mendalam tentang aturan lalu lintas, tanda dan rambu jalan, serta perilaku yang aman dan bertanggung jawab di jalan raya. Dalam tes ini, biasanya Anda akan diberikan video dan harus menjawab pertanyaan dengan tepat. Berikut ini adalah beberapa contoh materi tes teori SIM A untuk bagian wawasan.

  • Anda sedang melalui lajur A dan ingin mendahului kendaraan yang berada di depan. Apa yang harus Anda perhatikan?

Marka jalan tersebut memiliki makna pengendara dari kiri diperbolehkan mendahului meng gunakan lajur B namun tidak diperbolehkan kembali ke lajur A.

  • Manfaat Penggunaan Sabuk Keselamatan dengan benar adalah untuk menahan badan saat terjadi benturan keras dan menghindari risiko kecelakaan?

Manfaat penggunaan sabuk pengaman antara lain, yaitu melindungi bagian tubuh pengendara dari benturan, menahan tubuh agar tetap di posisi yang aman dan tidak terlempar saat terjadi tabrakan, serta meminimalisir risiko kecelakaan.

  • Bila merasa lelah atau mengantuk, sewaktu mengendarai kendaraan, pengemudi harus?

Bila merasa lelah atau mengantuk sewaktu mengendarai kendaraan, pengendara harus beristirahat dahulu.

  • Lampu lalu lintas menyala kuning berkedip-kedip. Apa yang harus dilakukan oleh pengemudi sedan itu?

Lampu lalu lintas menyala kuning berkedip-kedip, yang harus dilakukan oleh pengemudi sedan adalah berjalan terus tetapi hati-hati dan jika perlu berhenti di garis berhenti untuk mengamati lalu lintas yang memotong sampai keadaan aman.

  • Teknik parkir yang benar pada sisi jalan menurun adalah?

Teknik parkir yang benar pada sisi jalan menurun pada video adalah menggunakan perseneling mundur, posisi ban dibelokkan ke kiri dan gunakan rem tangan.


3. Pengetahuan

Pengetahuan tentang kendaraan dan peraturan lalu lintas adalah aspek penting dari tes teori SIM A. Anda akan diuji tentang pemahaman tentang berbagai aspek teknis kendaraan, serta rambu-rambu lalu lintas. Biasanya, Anda akan diberikan video dan harus menjawab yang sesuai dengan pertanyaan yang berkaitan dengan video tersebut. Berikut ini adalah beberapa contoh materi tes teori SIM A untuk bagian Pengetahuan.

  • Bahaya apa yang dinyatakan rambu ini waktu musim hujan?

Rambu di samping merupakan rambu peringatan kepada pengguna jalan agar berhati-hati karena pengendara akan melewati jalan dengan permukaan yang licin.

  • Apa arti rambu ini?

Rambu di samping memperingatkan pengguna jalan dan pengendara agar berhati-hati akan adanya potensi bahaya saat melintasi tikungan tajam ke arah kanan.

  • Sebagai pemilik SIM A, Anda dapat mengemudikan? 

Berdasarkan Peraturan Kepolisian Nomor 5 tahun 2021 tentang Penerbitan dan Penandaan SIM, penggunaan SIM A ditujukan untuk mengemudikan kendaraan bermotor dengan jumlah beratnya tidak melebihi 3.500 Kg berupa mobil penumpang dan mobil barang perseorangan.

  • Yang termasuk jenis jalan berdasarkan fungsinya adalah?

Klasifikasi jalan berdasarkan fungsinya yaitu jalan arteri, jalan lokal, jalan kolektor dan jalan lingkungan.

  • Mengapa syarat minimum permohonan SIM A adalah pemohon harus berusia minimal 17 tahun?

Secara Psikologis peserta uji SIM harus berusia minimal 17 tahun karena pada usia tersebut seseorang dianggap mampu untuk fokus dan mengambil keputusan yang tepat, serta dianggap mampu untuk mengambil merespon serta bertindak secara antisipatif terhadap keadaan tertentu saat diperlukan.


Dengan demikian, persiapan yang matang dan pemahaman yang baik tentang materi tes teori SIM A akan meningkatkan peluang Anda untuk berhasil dalam ujian. Melalui persiapan dokumen administrasi yang diperlukan, mempelajari materi dengan saksama, dan memperbanyak latihan soal, Anda dapat dengan percaya diri menghadapi tes teori SIM A.


Apabila AutoFamily baru saja mendapatkan SIM A dan ingin mengajak keluarga berkeliling, pertimbangkan untuk melihat sejumlah koleksi mobil Toyota dalam rekomendasi mobil keluarga pemula di Auto2000. Selain memiliki interior yang akomodatif, mobil Toyota untuk keluarga juga dirancang dengan tingkat keamanan yang tinggi dan efisiensi bahan bakar, terutama jika digunakan untuk mobilitas harian.

Jadi, Anda tak perlu ragu lagi. Langsung kunjungi Auto2000 Digiroom untuk mendapatkan informasi lengkap mengenai spesifikasi mobil Toyota impian Anda!


Informasi dalam konten artikel ini dapat mengalami perubahan dan perbedaan, menyesuaikan dengan perkembangan, situasi, strategi bisnis, kemajuan teknologi dan kebijakan tertentu tanpa pemberitahuan terlebih dahulu.

digiroom logo

AUTO2000 DIGIROOM

Dealer Toyota terbesar di Indonesia yang melayani jaringan jasa penjualan, perawatan, perbaikan dan penyediaan suku cadang Toyota yang terbesar di seluruh Indonesia.