toyota-innova-zenix-terbaru.jpg

19 Tempat Wisata di Palembang yang Lagi Hits dan Ikonik

Diterbitkan28 Sep 2023

Palembang atau dikenal juga sebagai Bumi Sriwijaya menjadi salah satu kota dengan wisata kuliner yang beragam. Namun, sayang jika AutoFamily hanya mencicipi kulinernya saja tanpa mengunjungi tempat wisata di Palembang. Pasalnya, Anda akan merasakan pengalaman yang menyenangkan sekaligus menenangkan di setiap destinasi wisata.

Mulai dari wisata alam, situs sejarah, hingga taman bermain, Palembang menawarkan pengalaman wisata yang beragam dan menyenangkan. Agar tak menghabiskan waktu untuk berdiam di rumah saja, Auto2000 akan membagikan informasi tempat wisata yang wajib dikunjungi ketika Anda berada di Palembang.

19 Tempat Wisata Palembang yang Hits dan Wajib Dikunjungi

Liburan memang kerap kali identik dengan bepergian bersama keluarga ke kota tertentu. Hal ini ternyata baik dan menyehatkan tubuh baik secara fisik maupun mental. Tak perlu jauh, jauh, AutoFamily bisa berkunjung ke tempat wisata Palembang terbaik di bawah ini:

1. Bird Park

Taman Burung Palembang, atau yang lebih dikenal dengan nama Bird Park, adalah tempat yang sempurna untuk menghabiskan waktu bersama keluarga. Berlokasi di Jalan Gubernur H Bastari, Jakabaring tempat ini menyuguhkan lebih dari 200 jenis burung yang dipelihara dengan baik dan terawat dengan sangat baik.

Selain menikmati keindahan burung-burung eksotis, AutoFamily juga dapat berinteraksi dengan burung-burung tersebut dan bahkan berfoto bersama mereka.

2. Jembatan Ampera

Jembatan Ampera adalah landmark kota Palembang yang telah ada sejak tahun 1962. Jembatan gantung yang indah ini menjadi simbol kota dan selalu menjadi objek yang menarik bagi wisatawan yang berkunjung ke Palembang.

Dari atas jembatan, Anda dapat menikmati pemandangan yang spektakuler dari sungai Musi yang mengalir di bawahnya. Terutama di sore hari, pemandangan matahari terbenam dari atas jembatan Ampera sangatlah menakjubkan. Pastikan untuk mengunjungi jembatan Ampera saat berada di Palembang.

3. Wahana Arung Jeram Sungai Manna

Jika Anda mencari petualangan ekstrem selama berada di Palembang, Wahana Arung Jeram Sungai Manna adalah pilihan yang tepat. Terletak sekitar 2 jam dari kota Palembang, tempat ini menawarkan pengalaman menegangkan yang memacu adrenalin.

Melintasi sungai Manna dengan arus yang deras dan hamparan sawah hijau yang indah adalah pengalaman yang tidak akan terlupakan.

Baca juga:Wajib Tahu, 10 Tips Mengemudi Bagi Pemula

4. Kampung Kapitan

Kampung Kapitan adalah salah satu kampung tradisional terbaik di Palembang. Terletak di sebelah barat kota Palembang, tempat ini memiliki sejarah panjang dan menawarkan keindahan arsitektur khas Melayu yang masih terjaga dengan baik.

Selain itu, pengunjung juga dapat menikmati kuliner tradisional Palembang, seperti mi celor dan tekwan, di warung-warung makan di sekitar kampung. Jangan lupa untuk menikmati pemandangan sungai Musi yang indah dari tepi kampung Kapitan.

5. Gunung Dempo

Bagi pecinta alam dan pendaki, Gunung Dempo adalah tempat yang harus dikunjungi di Palembang. Gunung ini memiliki ketinggian 3173 meter dan terletak sekitar 50 kilometer dari kota Palembang.

Pemandangan yang menakjubkan dari puncak Gunung Dempo seperti panorama kota, hamparan sawah hijau, dan keindahan hutan tropis, membuat pendakian di gunung ini menjadi pengalaman yang tak terlupakan. Terdapat beberapa rute pendakian yang dapat dipilih, dengan rute pendakian dari desa Pagaralam yang menjadi tempat wisata populer di masyarakat.

6. Wisata Air Terjun Kedung Tinggi

Palembang memiliki beberapa air terjun yang menakjubkan yang dapat dijadikan sebagai tempat wisata. Salah satu air terjun terbaik di Palembang adalah Air Terjun Kedung Tinggi, yang terletak sekitar 30 kilometer dari pusat kota Palembang.

Air Terjun Kedung Tinggi memiliki ketinggian sekitar 60 meter dan menawarkan pemandangan yang menakjubkan dengan air yang jernih dan segar. Selain itu, terdapat juga Air Terjun Dempo yang menawarkan pemandangan alam yang memukau dengan latar belakang Gunung Dempo.

Untuk mencapai air terjun ini, AutoFamily perlu melewati jalan yang menanjak dan berkelok. Selain memperhatikan cara menyetir di tanjakan yang tepat, Anda juga perlu memastikan bahwa mobil yang dibawa dalam kondisi prima. Untuk itu, segera bawa mobil Anda ke bengkel Toyota Palembang agar dapat dilakukan pengecekan secara menyeluruh.

Baca juga: Palembang-Jambi Berapa Jam Naik Mobil?

7. Museum Al-Quran

Museum Al-Quran Palembang adalah museum yang didedikasikan untuk Al-Quran dan seni kaligrafi Islam. Museum ini memiliki koleksi Al-Quran kuno yang sangat langka dan indah, serta seni kaligrafi yang menakjubkan.

Terdapat juga galeri seni yang menampilkan karya seni modern dan tradisional. Museum Al-Quran Palembang adalah tempat yang sempurna untuk mempelajari sejarah Islam dan seni kaligrafi, dan merupakan destinasi wisata yang wajib dikunjungi di Palembang.

8. Air Terjun Bidadari

Air Terjun Bidadari, terletak sekitar 2 jam perjalanan dari kota Palembang, menawarkan pemandangan yang memukau dengan air terjun yang tinggi dan segar. Tempat ini dikelilingi oleh hutan tropis dan terdapat kolam alami yang indah, sehingga AutoFamily dapat berenang dan menikmati keindahan alam sekitar. Selain itu, terdapat beberapa rute trekking yang dapat dilakukan untuk menikmati pemandangan alam yang lebih indah.

9. Bukit Siguntang

Bukit Siguntang adalah tempat bersejarah yang terletak di sebelah utara kota Palembang. Bukit Siguntang merupakan salah satu tempat pemujaan bagi masyarakat Melayu Palembang dan juga tempat yang penting dalam sejarah Palembang. Bukit ini memiliki pemandangan yang menakjubkan, terutama saat matahari terbit dan terbenam.

Terdapat juga museum dan situs arkeologi di bukit Siguntang yang memamerkan sejarah Kerajaan Sriwijaya yang dulunya merupakan kekuatan maritim di Asia Tenggara pada abad ke-7 hingga ke-14.

Di dalam museum ini, Anda dapat melihat berbagai macam benda peninggalan seperti arca, ukiran, keramik, dan sebagainya yang ditemukan di sekitar Bukit Siguntang.

Baca juga:Informasi Jadwal Kapal Ferry Palembang-Bangka Terbaru

10. Museum Sultan Mahmud Badaruddin II

Museum Sultan Mahmud Badaruddin II di Jalan Sultan Mahmud Badaruddin, Palembang, merupakan tempat yang wajib dikunjungi bagi pecinta sejarah. Museum ini didirikan pada tahun 1974 dan dinamakan sesuai dengan nama Sultan Palembang pada masa lalu, yaitu Sultan Mahmud Badaruddin II.

Di dalam museum, AutoFamily dapat menemukan berbagai macam benda peninggalan sejarah, seperti pakaian adat, senjata tradisional, lukisan, dan banyak lagi. Ada juga galeri khusus yang memamerkan kehidupan sosial dan kebudayaan masyarakat Palembang.

11. Wisata Alam Hutan Pinus

Terletak di kawasan Air Hitam, wisata alam hutan pinus ini menawarkan pemandangan indah dari hutan pinus yang hijau dan udara segar. Terkadang AutoFamily membutuhkan waktu untuk memisahkan diri dari keramaian kota dan menikmati ketenangan di alam terbuka.

Oleh karenanya, wisata alam hutan pinus adalah tempat yang ideal untuk menghirup udara menyegarkan pikiran. Berjalan-jalan di sekitar hutan pinus hijau, atau sekadar duduk santai akan membuat AutoFamily merasa lebih tenang.

12. Pulau Kemaro

Pulau Kemaro, merupakan sebuah delta kecil di Sungai Musi, terletak sekitar 6 km dari Jembatan Ampera. Pulau Kemaro terletak di daerah industri, yaitu di antara Pabrik Pupuk Sriwijaya dan Pertamina Plaju dan Sungai Gerong. Posisi Pulau Kemaro adalah agak ke timur dari pusat Kota Palembang.

Yang membuatnya menarik untuk dikunjungi adalah terdapat Pagoda berlantai 9 yang menjulang di tengah-tengah pulau yang dibangun tahun 2006. Selain itu, ada Klenteng Hok Tjing Bio yang dibangun sejak tahun 1962.

Di depan klenteng terdapat makam Tan Bun An (Pangeran) dan Siti Fatimah (Putri) yang berdampingan dan sebuah "Pohon Cinta" yang dilambangkan sebagai ritus "Cinta Sejati" antara dua bangsa dan dua budaya yang berbeda. Kisah cinta mereka berdualah yang menjadi legenda terbentuknya pulau ini.

Baca juga:30 Syarat Bawa Mobil Naik Kapal Laut Saat Bepergian

13. Tugu Belido

Tugu Ikan Belido, adalah sebuah monumen bersejarah yang berlokasi dekat Sungai Musi. Monumen ini dibangun pada tahun 1976 untuk memperingati pertempuran antara pasukan VOC (Vereenigde Oostindische Compagnie) dan pasukan Kesultanan Palembang pada tahun 1659.

Tugu ini memiliki bentuk yang unik dan menarik perhatian, karena terdiri dari lapisan batu granit yang menjulang tinggi dan berbentuk menyerupai ikan belido, ikan yang sangat dihormati oleh masyarakat Palembang karena dianggap sebagai ikan suci. Selain itu, tugu ini juga menawarkan pemandangan yang menakjubkan dari tepian Sungai Musi dan menjadi salah satu spot foto favorit bagi pengunjung.

14. Danau Ranau

Danau Ranau terbentuk akibat letusan Gunung Dempo pada zaman prasejarah. Airnya yang jernih dan hijau membentuk lanskap alami yang menakjubkan. Di sekitar danau, wisatawan dapat menikmati pemandangan alam yang luar biasa, seperti bukit hijau.

Danau ini juga merupakan surga bagi para penggemar memancing, dengan banyaknya jenis ikan air tawar yang dapat dijadikan target. Jika Anda mencari tempat dengan suasana tenang dan menyenangkan, maka Danau Ranau adalah tempat yang tepat untuk dikunjungi.

15. Air Terjun Lematang Indah

Air Terjun Lematang adalah objek wisata alam di Palembang yang banyak diminati wisatawan lokal sana. Pesona alam air terjun ini selalu memancarkan daya pikat bagi semua pengunjung yang datang kesini. Lokasi air terjun yang juga disebut dengan nama Air Terjun Lematang Indah ini, letaknya tidak jauh dari jalan raya.

Begitu Traveler memasuki daerah Lematang, jalan yang dihadapi mulai berkelok-kelok dan menurun. Namun, panorama pemandangan alam sepanjang jalan sangat cantik dan memanjakan mata. Hamparan pepohoan hijau, kokohnya tebing-tebing batu serta bukit yang seakan-akan mengejar, menciptakan suasana begitu indah, sejuk dan teduh.

Baca juga: Tarif Tol Bakauheni-Palembang Terbaru Tahun 2023

16. Taman Bunga Celosia Spring Hill

Bagi AutoFamily yang ingin berlibur menikmati keindahan taman bunga, Anda bisa mengunjungi Taman Bunga Celosia. Taman ini berada di kawasan komplek ruko Perumahan Spring Hill Perumnas Talang Kelapo, Kota Palembang. Untuk menemukan taman bunga ini tidak sulit, karena berada persis di pinggir jalan masuk komplek Perumahan Spring Hill Perumnas Talang Kelapo.

Taman bunga ini menyediakan berbagai fasilitas seperti ayunan, miniatur rumah kincir angin Belanda, replika kupu-kupu raksasa, miniatur jembatan, taman hati, jembatan warna warni, dan banyak spot foto menarik lainnya. Adapun bunga celosia yang ada di taman ini memiliki usia 4,5 bulan dari mulai disemai, sebelum kemudian layu dan mati.

17. Masjid Al Islam Cheng Ho

Masjid Raya Cheng Hoo Palembang atau lebih dikenal dengan Masjid Sriwijaya adalah sebuah masjid bernuansa Muslim Tionghoa yang berlokasi di Kompleks Jakabaring, Kota Palembang. Masjid ini didirikan atas prakarsa pengurus Persatuan Islam Tionghoa Indonesia dan serta tokoh masyarakat Tionghoa di sekitar Palembang.

Selain itu, Masjid yang dibangun dengan perpaduan unsur Tiongkok, Melayu dan Nusantara. Tanah tempat masjid berdiri merupakan hibah dari pemerintah daerah dan baru diresmikan pada 2006.

Fungsi masjid Cheng Ho lebih dari sekadar tempat ibadah. Masjid ini menghelat kegiatan-kegiatan agama dan kemasyarakatan, dan telah menjadi sebuah tujuan wisata, yang menarik para pengunjung dari Malaysia, Singapura, Taiwan dan bahkan Rusia.

18. Wisata Alam Hutan Punti Kayu

Taman Wisata Alam (TWA) Punti Kayu adalah sebuah kawasan pelestarian alam yang dimanfaatkan untuk kegiatan pariwisata alam dan rekreasi di Palembang, Sumatra Selatan. Punti Kayu merupakan hutan pinus dalam kota terbesar di Indonesia.

Terletak di tengah kota Palembang - tepatnya di kawasan Km.7 Palembang, Punti Kayu menjadi salah satu tempat wisata favorit yang ramai dikunjungi warga kota Palembang khususnya pada akhir pekan dan hari-hari libur. Kawasan ini dilengkapi dengan fasilitas flying fox, taman bermain, miniatur 7 keajaiban dunia, danau, waterpark, dan berbagai hiburan lainnya.

Selain menjadi salah satu destinasi favorit, Punti Kayu berkontribusi dalam penyerapan karbon dioksida dan mengimbangi pembangunan kota Palembang yang cukup pesat. Lebih dari 80% lahan Punti Kayu adalah lahan konservasi yang hingga saat ini masih sangat terjaga.

19. Benteng Kuto Besak

Benteng Kuto Besak merupakan salah satu peninggalan bersejarah masa lalu yang berada di Kota Palembang, Sumatera Selatan. Lokasi Benteng Kuto Besak berada di tepian Sungai Musi, tepatnya di Jalan Sultan Mahmud Badarudin, 19 Ilir, Bukit Kecil, Kota Palembang.

Benteng Kuto Besak dibangun di atas tanah yang luas berbentuk persegi panjang yang menghadap langsung ke Sungai Musi. Terdapat tiga pintu gerbang pada benteng ini, yaitu di sisi timur laut, barat laut, dan gerbang utama yang berada di sisi tenggara.

Baca juga: Pekanbaru-Palembang Berapa Jam Naik Mobil?

Jadi, di antara 19 tempat wisata Palembang di atas, mana destinasi yang akan AutoFamily kunjungi lebih dulu? Pilihan lokasi liburan di Palembang tersebut bisa Anda sesuaikan dengan preferensi masing-masing. Mana pun pilihan AutoFamily, pastikan untuk selalu menjaga keselamatan dan keamanan terutama saat menyetir mobil sendiri.

Jika merasa ada kondisi sistem dalam mobil yang tidak baik, langsung bawa ke bengkel resmi Toyota Auto2000 terdekat untuk segera ditangani. Jangan sembarangan melakukan perbaikan di luar bengkel resmi sebab hal ini dapat membahayakan komponen lainnya. AutoFamily bisa booking service untuk perawatan mobil dengan mudah dan cepat melalui Auto2000 Digiroom.

Informasi dalam konten artikel ini dapat mengalami perubahan dan perbedaan, menyesuaikan dengan perkembangan, situasi, strategi bisnis, kemajuan teknologi dan kebijakan tertentu tanpa pemberitahuan terlebih dahulu.

digiroom logo

AUTO2000 DIGIROOM

Dealer Toyota terbesar di Indonesia yang melayani jaringan jasa penjualan, perawatan, perbaikan dan penyediaan suku cadang Toyota yang terbesar di seluruh Indonesia.