tempat-wisata-di-solo.jpg

19 Tempat Wisata Di Solo Terfavorit Di Tahun 2024

Diterbitkan2 Nov 2023

Solo merupakan salah satu kota di Jawa Tengah yang memiliki beragam objek wisata menarik. Tidak hanya terkenal sebagai kota budaya, Solo juga memiliki tempat-tempat wisata yang cocok untuk dikunjungi bersama keluarga atau teman-teman. Berbagai destinasi wisata yang menarik dan beragam, Solo menjadi salah satu kota favorit bagi para wisatawan yang ingin merasakan pengalaman berbeda.


Penasaran dengan keindahan alam di Solo? Tidak hanya memiliki warisan budaya yang kaya, Solo juga memiliki sejumlah destinasi wisata alam yang menakjubkan. Solo memiliki banyak pilihan destinasi wisata yang bisa mengisi liburanmu. Dalam artikel ini, Auto2000 akan mengulas sepuluh tempat wisata di Solo yang terfavorit. Simak selengkapnya di bawah ini.


Rekomendasi Tempat Wisata Di Solo Terfavorit Di Tahun 2024

Tidak hanya kaya akan budaya, kota ini juga memiliki berbagai tempat wisata yang menarik dan cocok untuk dikunjungi, baik itu bersama keluarga, teman, maupun pasangan. Berikut adalah rekomendasi destinasi wisata di Solo terfavorit di tahun 2024:


1. Keraton Solo

Keraton Solo atau Keraton Surakarta Hadiningrat merupakan salah satu tempat wisata yang wajib dikunjungi saat berkunjung ke Solo. Di dalam kompleks keraton, terdapat berbagai macam bangunan peninggalan sejarah, seperti gedung-gedung istana, museum, dan makam raja-raja Surakarta.


Selain itu, AutoFamily dapat menyaksikan pertunjukan seni tradisional Jawa, seperti wayang kulit dan tari-tarian. Keraton Surakarta Hadiningrat juga merupakan tempat wisata budaya yang memiliki nilai sejarah dan budaya yang sangat tinggi.


2. Wisata di Kaki Gunung Lawu

Gunung Lawu merupakan gunung tertinggi di perbatasan Jawa Tengah dan Jawa Timur. Di kaki Gunung Lawu, terdapat banyak tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi, seperti Candi Sukuh, dan Tirta Sari. Selain itu, Anda juga bisa menikmati keindahan alam sekitar dengan berjalan-jalan.


Candi yang dibangun pada abad ke-15 ini memiliki keunikan tersendiri, yaitu arsitekturnya yang mirip dengan kuil Maya di Amerika Selatan. AutoFamily dapat melihat relief-relief yang diukir dengan indah pada dinding candi, serta pemandangan alam sekitar yang indah. Selain itu, Tirta Sari dan Air Terjun Jumog juga merupakan tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi di kaki Gunung Lawu. Tirta Sari adalah sumber mata air yang terletak di tengah-tengah hutan dan merupakan tempat yang cocok untuk bersantai.


3. Air Terjun

Kota Surakarta memiliki beberapa air terjun yang menarik untuk dikunjungi, seperti Air Terjun Grojogan Sewu, dan Air Terjun Jurug. Grojogan Sewu terletak di Dusun Nglanggeran, Desa Girimulyo, Kecamatan Tawangmangu, dan memiliki ketinggian sekitar 80 meter.


Memiliki keindahan alam yang menakjubkan dan berbagai kegiatan yang dapat dilakukan, air terjun menjadi salah satu destinasi wisata favorit di Solo. Bagi para wisatawan yang mencari liburan yang menyegarkan dan menyenangkan, mengunjungi air terjun di Solo bisa menjadi pilihan yang tepat.


Baca juga:Rekomendasi 6 Tempat Wisata di Mojokerto


4. Wisata Bangunan Kastil Eropa

Bagi wisatawan yang ingin menikmati suasana Eropa, tidak perlu jauh-jauh ke benua biru. Di Kota Surakarta, terdapat wisata bangunan kastil Eropa yang memukau. Bangunan kastil ini memang didesain dengan arsitektur ala Eropa yang menawan dengan menyediakan pemandangan yang indah dan sangat Instagramable.


Berbagai spot foto yang menarik dapat ditemukan di tempat ini. Seperti halnya tempat wisata di Solo lainnya, wisata bangunan kastil Eropa juga dibuka pada jam-jam tertentu. Jadi, pastikan untuk memeriksa jadwal buka sebelum berkunjung ke tempat ini.


5. Gardu Pandang

Tempat wisata di Solo selanjutnya yang tak kalah menariknya adalah Gardu Pandang. Berada di kawasan Tawangmangu, Gardu Pandang menawarkan pemandangan indah dari ketinggian. Wisatawan dapat menikmati pemandangan perbukitan dan hutan yang memukau dari atas gardu pandang.


Selain itu, di tempat ini juga tersedia berbagai spot foto yang menarik. Jadi, jangan lupa untuk mengabadikan momen saat berkunjung ke Gardu Pandang. Bagi wisatawan yang ingin merasakan sensasi naik gardu pandang, perlu diingat bahwa tidak dianjurkan untuk membawa anak-anak kecil atau orang yang memiliki ketakutan pada ketinggian.


Untuk mencapai lokasi, Anda akan melewati jalan yang sedikit berkelok dan menanjak sebab gardu pandang berada di tempat yang lebih tinggi dari pusat kota. Agar perjalanan tetap aman, cek dahulu seluruh fungsi komponen mobil termasuk sistem pengereman, ban, hingga transmisi di layanan bengkel Toyota Auto2000. Jadwalkan kedatangan Anda dengan mudah dan praktis melalui fitur booking service di Auto2000 Digiroom.


6. Museum Bekas Pabrik Gula

Bagi penggemar sejarah, Museum De Tjolomadoe atau Museum Bekas Pabrik Gula adalah tempat wisata yang wajib dikunjungi di Solo. Berada di daerah Colomadu, museum ini memiliki koleksi berbagai alat dan mesin bekas pabrik gula. Selain itu, di museum ini juga tersedia berbagai informasi mengenai sejarah produksi gula di Solo.


Beberapa kali, museum bekas pabrik gula juga kerap digunakan sebagai tempat konser artis ternama baik lokal maupun internasional. Ada berbagai spot foto yang unik dan menarik yang bisa Anda manfaatkan untuk mengambil gambar yang apik di sini. Bahkan dapat dikatakan setiap sudutnya bisa menjadi background foto sebab tampak cantik.


Baca juga:5 Mobil Touring Terbaik yang Tersedia di Auto2000


7. Water Park

Liburan bersama keluarga tentunya tidak lengkap tanpa mengunjungi tempat wisata air. Di Solo, Water Park adalah salah satu pilihan tempat wisata air yang cocok untuk dikunjungi bersama keluarga. Water Park menawarkan berbagai wahana air yang menarik seperti kolam ombak dan seluncuran air.


Selain itu, bagi AutoFamily yang hanya sekadar menunggu, di tempat ini juga tersedia berbagai fasilitas seperti kafe dan resto yang bisa membantu menghilangkan rasa bosan dengan menikmati berbagai hidangan. Jadi, pastikan untuk mengunjungi Water Park jika sedang berlibur bersama keluarga di Solo.


8. Pasar Klewer

Bagi penggemar wisata belanja, Pasar Klewer adalah tempat wisata yang wajib dikunjungi di Solo. Pasar ini terkenal sebagai pusat perdagangan kain tradisional yang menjual berbagai macam kebutuhan seperti pakaian, makanan, pernak-pernik, dan masih banyak lagi. Tak hanya menjadi tempat berbelanja dan mencicipi kuliner khas Solo, Pasar Klewer juga memiliki sejarah yang panjang.


Pasar ini telah berdiri sejak zaman kolonial Belanda dan menjadi tempat perdagangan kain batik yang terbesar di Solo. Oleh karena itu, bagi wisatawan yang tertarik dengan sejarah dan kebudayaan, mengunjungi Pasar Klewer juga bisa menjadi pengalaman yang berharga.


9. Museum Batik

Solo dikenal sebagai pusat batik di Indonesia dan museum batik merupakan salah satu tempat yang wajib dikunjungi bagi para pecinta batik. Museum ini terletak di jantung kota Solo dan menawarkan koleksi batik yang indah dan bervariasi dari berbagai daerah di Indonesia. Selain itu, AutoFamily juga dapat melihat proses pembuatan batik secara langsung dan belajar lebih dalam tentang cara dan peralatan membatik.


Museum batik memiliki banyak ruangan yang menampilkan berbagai jenis batik seperti batik klasik, batik modern, batik cap, dan batik tulis. Terdapat juga ruangan khusus yang menampilkan koleksi batik dari kerajaan Solo seperti batik dari keraton, batik dari keluarga raja, dan batik dari kalangan istana. AutoFamily juga bisa belajar membuat batik secara langsung dengan bantuan perajin batik yang ahli.


10. Kampung Batik

Selain museum, terdapat pula kampung batik yang terletak di daerah Laweyan, Solo, dan merupakan tempat yang tepat untuk berbelanja batik dan mengetahui lebih dalam tentang sejarah dan tradisi batik Solo.


Kampung Batik Laweyan menawarkan berbagai macam produk batik dengan berbagai desain dan kualitas yang berbeda. Selain berbelanja, AutoFamily juga bisa mengunjungi rumah-rumah batik di Kampung Batik dan melihat langsung bagaimana proses pembuatan batik dilakukan oleh para pembuat batik.


Tidak hanya itu, AutoFamily juga dapat menikmati suasana kampung yang tenang dan bersahaja serta menikmati kuliner khas Solo di tempat-tempat makan yang ada di kampung ini.


11. Kereta Api Jaladara

Berusia lebih dari 100 tahun, Kereta Api Jaladara tetap menjadi tempat destinasi banyak orang. Wisata Solo dan Surakarta ini adalah kereta uap dari era kolonial. Tempat wisata ini identik warna hitamnya yang mengingatkan pada transportasi era kolonial dahulu.

Uniknya, kereta uap satu ini tidak hanya dipajang sebagai monumen bersejarah, pengunung masih bisa menaikinya! Perjalanan dimulai dari stasiun Purwosari dan melintasi kota Surakarta berakhir di stasiun Sangkrah.


12. Pura Mangkunegaran

Berada tidak jauh dari Keraton Surakarta, Pura Mangkunegaran menjadi salah satu tempat wisata Solo yang wajib dikunjungi.


Tempat bersejarah satu ini dibangun pada tahun 1757 sebagai tempat tinggal dari para Adipati Mangkunegaran. Selain desain arsitekturnya yang indah, AutoFamily juga bisa menemukan sejumlah koleksi peninggalan bersejarah dari Kerajaan Majapahit dan Mataram di sini. Tidak hanya demikian, ada juga pertunjukan gamelan yang indah setiap hari Rabu di Pura Mangkunegaran ini.


13. Gedung Djoeang 45

Gedung Djoeang 45, juga dikenal sebagai Monumen Soekarno, adalah salah satu tempat wisata bersejarah yang paling penting di Solo. Gedung ini berperan kunci dalam perjuangan kemerdekaan Indonesia.


Di sini, Anda dapat melihat berbagai pameran yang menggambarkan sejarah perjuangan kemerdekaan Indonesia. Ada juga berbagai artefak sejarah, seperti dokumen, foto, dan peralatan yang digunakan pada masa itu. Tidak hanya sebagai tempat bersejarah, Gedung Djoeang 45 juga sering digunakan untuk acara budaya, seminar, dan pertemuan-pertemuan penting lainnya.


14. Benteng Vastenburg

Bila Anda suka dengan wisata bersejarah, maka salah satu destinasi wisata di Solo yang wajib dikunjungi adalah Benteng Vastenburg. Benteng Vastenburg memiliki arsitektur yang megah dengan tembok-tembok batu bata merah yang kokoh dan menara penjaga yang menjulang tinggi.


Selama masa penjajahan Belanda, benteng ini digunakan sebagai tempat penyimpanan senjata dan benteng pertahanan. Namun, sejak itu, benteng ini telah mengalami berbagai penggunaan yang berbeda, termasuk sebagai kantor pemerintah, sekolah, dan penjara.

Hari ini, Benteng Vastenburg telah diubah menjadi museum yang memamerkan artefak militer, senjata, dan berbagai benda bersejarah yang terkait dengan kejayaan militer di masa lalu.


15. Candi Ceto

Candi Ceto adalah candi Hindu yang terletak di lereng Gunung Lawu, tidak jauh dari Solo. Candi ini adalah salah satu candi Hindu tertua di Indonesia dan memiliki kekuatan spiritual dan keindahan arsitektur yang memukau. Dibangun pada abad ke-15, Candi Ceto adalah salah satu dari beberapa candi Hindu di Jawa Tengah yang masih ada hingga saat ini.


Candi Ceto memiliki arsitektur yang unik dan menarik, dengan pagoda-pagoda yang menjulang tinggi dan patung-patung dewa Hindu yang menghiasi kompleks candi.

Kondisinya sangat terjaga dengan baik, dan pengunjung dapat menjelajahi berbagai struktur dan halaman yang indah di area candi ini.


16. The Heritage Palace

Kalau Anda gemar dengan desain arsitektur jaman pertengahan Eropa, maka The Heritage Palace bisa menjadi destianasi wisata yang tepat. Tempat ini dahulunya merupakan pabrik Gula milik kolonial Belanda.


Bangunan yang didesain menyerupai bangunan Eropa jaman pertengahan ini kini masih berdiri kokoh dan dapat Anda kunjungi untuk menikmati berbagai wahana. Wahana yang dapat Anda temukan di sini antara lain Museum 3D, kebun di luar ruangan, museum transportasi, dan masih banyak lainnya.


17. Museum Batik Danar Hadi

Kalau Anda ingin mempelajari lebih banyak tentang warisan budaya dan seni Indonesia untuk dunia, Museum Batik Danar Hadi bisa menjadi pilihan yang tepat. Di sini, Anda bisa menemukan hingga 1000 koleksi batik yang berumur hingga ribuan tahun.


Tidak hanya melihat produk yang sudah jadi, Anda juga bisa melihat proses pembuatan batik di bagian belakang museum dan bahkan mencobanya secara langsung. Selepas dari tempat ini, Anda tentunya akan merasa lebih mencintai warisan budaya Indonesia satu ini.


18. Kampung Batik Kauman

Masih ingin mencari destinasi wisata tentang batik? Anda bisa mengunjungi Kampung Batik Kauman di mana Anda dapat mempelajari proses pembuatan batik sekaligus mencari batik yang estetik.


Tidak hanya batik, Anda juga akan disuguhi oleh detil-detil bangunan yang menarik di kala Anda menyusuri gang-gang kecil untuk berjalan santai di tempat ini.


18. Tumurun Private Museum

Ingin mencoba wisata seni yang lain di Solo? Anda bisa mengunjungi Tumurun Private Museum untuk menikmati berbagai jenis karya seni yang beberapa di antaranya merupakan karya dari para maestro. Tumurun sendiri merupakan singkatan dari 'turun-temurun' yang merupakan bentuk penghormatan sang pendiri museum untuk ayahnya yang adalah kolektor museum.


Untuk mengunjungi tempat ini, Anda harus terlebih dahulu melakukan pendaftaran online dan saat berkunjung Anda akan dipandu oleh petugas.


19. Taman Sriwedari

Kalau sudah bicara soal destinasi wisata Solo, maka tidak mungkin rasanya tidak membicarakan Taman Sriwedari. Tempat ini telah menjadi ikon dan bahkan legenda untuk tempat wisata di Solo.


Di tempat ini, Anda dapat melakukan berbagai kegiatan dari berburu kuliner Solo yang nikmat, memberikan makan rusa, hingga menonton wayang orang.

4 Tips Persiapan Liburan dengan Mobil Pribadi

Berlibur dengan mobil pribadi adalah salah satu cara yang populer untuk melakukan perjalanan jarak jauh. Namun, perjalanan dengan mobil pribadi juga memerlukan persiapan yang baik agar perjalanan bisa berjalan dengan lancar dan aman. Berikut ini adalah empat tips persiapan liburan dengan mobil pribadi:


1. Istirahat yang Cukup Sebelum Melakukan Perjalanan

Sebelum memulai perjalanan, pastikan AutoFamily dan semua penumpang istirahat yang cukup. Perjalanan jarak jauh memerlukan konsentrasi dan stamina yang baik. Jika Anda atau penumpang lainnya kurang istirahat, ini dapat membahayakan keselamatan selama perjalanan. Oleh karena itu, pastikan untuk istirahat yang cukup sebelum memulai perjalanan.


2. Membawa Camilan dan Minuman yang Cukup

Perjalanan jarak jauh membutuhkan waktu yang lama dan dapat membuat AutoFamily merasa lapar dan haus. Untuk menghindarinya, pastikan untuk membawa camilan dan minuman yang cukup selama perjalanan.


Selain itu, membawa camilan dan minuman juga dapat menghemat biaya selama perjalanan dan mencegah perjalanan menjadi membosankan sebab tak ada makanan atau minuman yang bisa dinikmati bersama.


Baca juga:Wajib Untuk Perjalanan Jauh! 7 Makanan Dan Minuman Pencegah Mabuk Perjalanan


3. Jaga Jarak Aman dengan Mobil Lain

Jarak aman adalah jarak yang dianjurkan antara mobil AutoFamily dan mobil lainnya selama perjalanan. Jarak aman ini penting untuk menghindari tabrakan atau kecelakaan selama perjalanan.


4. Periksa Kondisi Mobil Sebelum Berangkat

Sebelum memulai perjalanan, pastikan untuk memeriksa kondisi mobil. Pastikan kondisi ban, rem, oli, dan air radiator dalam keadaan baik dan mencukupi. Jika ada kerusakan atau kekurangan, sebaiknya segera perbaiki atau tambahkan sebelum memulai perjalanan.


Kesehatan seluruh komponen mobil menjadi hal yang sangat penting untuk diperhatikan saat merencanakan perjalanan jarak jauh bersama keluarga tercinta. Pasalnya, kondisi mobil bisa menjadi salah satu faktor yang dapat mewujudkan kenyamanan serta keamanan berkendara.


Jadi, sebelum berkunjung ke tempat wisata di Solo di atas, sebaiknya cek kondisi mobil AutoFamily di bengkel resmi Auto2000. Selain memiliki peralatan yang memadai dan lengkap, Auto2000 juga memiliki teknisi ahli yang siap membantu Anda mengatasi permasalah mobil dengan perawatan yang tepat.

Untuk servis yang lebih praktis, manfaatkan paket servis Toyota yang bisa AutoFamily dapatkan di Auto2000 Digiroom dengan mudah. Paket ini sudah mencakup seluruh perawatan yang dibutuhkan mobil Toyota kesayangan Anda. Menarik bukan?


Tak ada yang perlu diragukan lagi, kunjungi Auto2000 Digiroom dan nikmati perjalanan yang asyik dan menyenangkan bersama keluarga serta ciptakan momen perjalanan tak terlupakan sekarang juga!


Informasi dalam konten artikel ini dapat mengalami perubahan dan perbedaan, menyesuaikan dengan perkembangan, situasi, strategi bisnis, kemajuan teknologi dan kebijakan tertentu tanpa pemberitahuan terlebih dahulu.

digiroom logo

AUTO2000 DIGIROOM

Dealer Toyota terbesar di Indonesia yang melayani jaringan jasa penjualan, perawatan, perbaikan dan penyediaan suku cadang Toyota yang terbesar di seluruh Indonesia.