tempat-wisata-di-mojokerto.jpg

Rekomendasi 15 Tempat Wisata di Mojokerto, Pas Untuk Liburan!

Diterbitkan28 Sep 2023

Ketika berkunjung ke provinsi Jawa Timur, pastikan untuk mengunjungi beberapa tempat wisata di Mojokerto. Kota Mojokerto sendiri merupakan salah satu kota yang terletak di provinsi Jawa Timur dengan luas sekitar 16,47 kilometer persegi.

Walaupun kota Mojokerto terbilang kecil, namun kota ini tetap memiliki berbagai macam aktivitas dan tempat wisata yang bisa AutoFamily kunjungi, mulai dari wisata alam, hingga berkunjung ke situs bersejarah peninggalan kerajaan Majapahit.

Simak penjelasan artikel di bawah ini untuk mengetahui beberapa rekomendasi tempat wisata di Mojokerto yang wajib untuk Anda kunjungi.

Rekomendasi 15 Tempat Wisata di Mojokerto

Kota Mojokerto merupakan salah satu kota yang terkenal akan kekayaan sejarah dan budaya peninggalan dari kerajaan Majapahit. Kota Mojokerto sendiri saat ini menjadi salah satu pilihan favorite para wisatawan untuk menghabiskan masa liburan yang dimilikinya.

Adapun beberapa rekomendasi tempat wisata di Mojokerto yang wajib AutoFamily kunjungi, di antaranya adalah sebagai berikut.

1. Puncak Watu Jengger

Puncak Watu Jengger adalah salah satu tempat wisata yang terletak di ketinggian sekitar 1.100 mdpl. Tempat wisata satu ini sendiri sudah cukup terkenal di kalangan para pendaki profesional maupun para pendaki pemula.

Jika berkunjung ke Puncak Watu Jengger, AutoFamily akan disuguhkan pemandangan yang sangat indah dari perbukitan yang ada di kawasan Taman Hutan Raya Raden Soerjo. Untuk mencapai ke tempat wisata satu ini, AutoFamily bisa mengambil jalur Jatirejo - Wonosalam kemudian menuju ke Desa Nawangan.

Sebelum berkunjung ke berbagai tempat wisata di Mojokerto, ada baiknya jika AutoFamily melakukan pengecekan terhadap mobil yang akan Anda gunakan nantinya. Agar melakukan pengecekan mobil dapat dilakukan secara mudah dan efisien, AutoFamily bisa langsung membuat jadwal service dan pengecekan mobil di Layanan Bengkel Toyota di Auto2000 Digiroom.

2. Ranu Manduro

Rekomendasi tempat wisata di kota Mojokerto selanjutnya adalah Ranu Manduro yang terkenal akan keindahannya. Bahkan, tempat wisata satu ini sempat ramai dibicarakan di media sosial karena keindahannya yang setara dengan pemandangan indah yang ada di negara New Zealand.

Awalnya, Ranu Manduro merupakan tempat sisa galian pasir untuk menutup lumpur lapindo. Namun, setelah terisi dengan air dan mulai tumbuh rumput disekitarnya, kini, Ranu Manduro memiliki pemandangan yang sangat indah dan menawan.

Hamparan padang rumput yang luas di Ranu Manduro juga dilengkapi dengan batu-batu besar yang menambah kecantikan dari tempat wisata satu ini. Jika berkunjung ke Mojokerto, pastikan Anda untuk melihat keindahan dari destinasi wisata satu ini ya!

Baca juga:6 Tempat Wisata Di Batu Yang Wajib Dikunjungi Saat Lebaran 2023

3. Candi Tikus

Jika AutoFamily ingin mengetahui dan mempelajari peninggalan-peninggalan dari kerajaan Majapahit, maka Anda dapat mengunjungi Candi Tikus yang merupakan salah satu peninggalan sejarah dari kerajaan Majapahit.

Tempat wisata di Mojokerto satu ini terkenal dengan keunikannya tersendiri. Jika bangunan candi yang berada di Jawa Tengah biasanya menggunakan batu andesit sebagai bahan materialnya, Candi Tikus malah menggunakan bata merah sebagai bahan material utamanya.

Selain itu, Candi Tikus juga memiliki arsitektur yang unik, karena berada di sekitar 3.5 meter di bawah tanah. Mitosnya, pada zaman dahulu, candi ini digunakan sebagai tempat pemandian bagi keluarga kerajaan.

4. Air Terjun Dlundung

Air Terjun Dlundung merupakan tempat wisata di Mojokerto yang terletak di daerah Ketapang, Kemloko, Trawas, Mojokerto. Jika berkunjung ke tempat ini, Anda akan merasakan hawa yang sangat sejuk khas dari daerah pegunungan.

Tempat wisata satu ini dinilai sangat cocok untuk dikunjungi setelah AutoFamily lelah beraktivitas dan bekerja seharian, karena suasana di sekitar Air Terjun Dlundung dapat membuat Anda untuk lebih relax kembali.

Selain itu, terdapat beberapa aktivitas seru yang bisa AutoFamily lakukan di destinasi wisata satu ini bersama keluarga tercinta, di antaranya seperti melakukan aktivitas outbound, hingga melakukan camping di sekitar area air terjun.

Baca juga:5 Tempat Wisata di Jawa Barat yang Hits 2023

5. Maha Vihara Mojopahit

Tidak usah jauh-jauh pergi ke Thailand hanya untuk melihat patung Buddha tidur. Anda juga bisa melihat patung Buddha tidur di Maha Vihara Mojopahit yang terletak di kota Mojokerto.

Ketika berkunjung ke tempat wisata di Mojokerto satu ini, AutoFamily dapat melihat patung Buddha tidur raksasa sepanjang 22 meter dengan lebar sekitar 6 meter. Pada bagian bawah patung ini, Anda juga bisa membaca relief yang menceritakan kisah Sang Buddha.

Selain patung Buddha tidur, Anda juga dapat melihat jenis-jenis patung lainnya serta miniatur Candi Borobudur.

6. Bukit Kayoe Putih

Tempat wisata Bukit Kayoe Putih merupakan tempat wisata yang cukup unik. Dengan mengusung tema edukasi dan rekreasi, tempat wisata satu ini menyediakan banyak aktivitas seru kepada para pengunjung, seperti belajar dan melihat proses pembuatan minyak kayu putih hingga bersantai sejenak untuk menikmati pemandangan di sekitar Bukit Kayoe Putih.

Selain itu, tempat wisata di Mojokerto satu ini juga menyediakan kolam renang serta spot foto menarik yang ditujukan untuk para pengunjung dalam mengabadikan momen liburannya. Jika Anda hanya ingin bersantai sambil menikmati pemandangan, Anda juga bisa mengunjungi cafe yang disediakan oleh tempat wisata satu ini.

7. Patung Buddha Tidur

Destinasi berikutnya yang adalah Patung Buddha Tidur yang terletak di kompleks Vihara Mojopahit. Patung Buddha Tidur ini bahkan menduduki peringkat ketiga terbesar di dunia setelah Thailand dan Nepal menurut MURI.

Tidak hanya itu, lapisan kuningan yang melapisi seluruh bagian patung menambah kesan kemegahan yang begitu sempurna. Keindahan patung ini semakin ditingkatkan oleh adanya kolam ikan yang cukup luas di sekitarnya. Ini pasti akan membuat liburan AutoFamily menjadi lebih berkesan.

8. Candi Bajang Ratu

Destinasi beriktunya adalah Candi Bajang Ratu yang juga sangat cocok sebagai tujuan liburan teman Anda. Tempat bersejarah ini terletak di wilayah Trowulan. Nama Bajang Ratu diyakini terkait dengan Raja Jayanegara dari Kerajaan Majapahit.

Candi ini, yang diperkirakan dibangun pada abad ke-14, berbentuk gapura dan menggunakan bahan dasar bata merah sebagai pintu masuk utama menuju Kerajaan Majapahit. Selain menikmati keindahan candi itu sendiri, AutoFamily juga dapat berfoto di taman luas di sekitarnya.

Baca Juga:12 Tips Liburan Sendiri: Aman, Nyaman, dan Seru!

9. Gunung Penanggungan

Tempat wisata Mojokerto berikutnya adlaah Gunung Penanggungan, tempat ini cocok untuk menguji keterampilan pendakian dan berkemah di alam bebas.

Ketahanan fisik AutoFamily akan benar-benar diuji saat mendaki Gunung Penanggungan, karena kemiringan tebingnya dapat mencapai sudut hingga 45 derajat! Tip lainnya adalah memilih sepatu yang memiliki alas yang kuat dan tidak mudah tergelincir.

10. Air Terjun Dlundung

Air Terjun Dlundung merupakan destinasi alam yang terletak di sekitar Gunung Penanggungan yang sering menjadi tujuan para wisatawan yang mencari ketenangan.

Air terjun ini memiliki ketinggian 50 meter dan airnya sangat jernih dengan aliran yang tidak terlalu deras. Di bawahnya, terdapat sebuah kolam air yang cukup luas. Ini sangat cocok bagi AutoFamily yang ingin bermain air dan berfoto-foto.

11. Pacet Mini Park

Menikmati akhir pekan yang menyenangkan di Mojokerto memang membutuhkan perencanaan dengan baik untuk menjelajahi semua destinasi wisatanya. Salah satu pilihan yang bisa Anda kunjungi adalah Pacet Mini Park.

Kolam waterpark di Pacet ini menyediakan pengalaman yang seru dan akan membuat liburan Anda menjadi lebih memuaskan. Yang lebih baik lagi, AutoFamily tidak perlu khawatir tentang pengeluaran besar untuk menikmati kesegaran air di Mini Park ini.

Baca Juga:7 Makanan Dan Minuman Pencegah Mabuk Perjalanan

12. Candi Jalatunda

Obyek wisata Jalatunda adalah destinasi menarik yang patut Anda kunjungi. Selain dikenal sebagai situs candi bersejarah, Anda juga bisa memanfaatkan akhir pekan Anda untuk mengisi waktu di area wisata Candi Jalatunda.

13. Pendopo Agung Trowulan

Pendopo Agung Trowulan merupakan salah satu destinasi wisata yang relatif baru di Mojokerto. Walaupun demikian, bangunan ini memiliki makna yang sangat penting bagi masyarakat lokal.

Pendopo ini juga memiliki luas yang sangat besar, sehingga membuat pengunjung merasa nyaman dan betah untuk menghabiskan waktu di lokasi ini. Selain itu, Anda dapat beristirahat sejenak di dalam area Pendopo Agung Trowulan.

Saat AutoFamily memasuki pintu masuk pendopo, Anda akan disambut oleh sebuah gerbang berbentuk candi dengan gaya Jawa Kuno. Setelah melewati gerbang ini, Anda akan menemukan sebuah cungkup kecil yang berisi tugu prasasti berupa patung Mahapatih Gajah Mada sebatas dada.

14. Pemandian Ubaian

Tempat wisata yang sangat populer untuk keluarga di Mojokerto adalah pemandian Ubalan Pacet. Ini adalah salah satu destinasi wisata yang perlu dikunjungi ketika berada di Mojokerto. Terdapat perubahan yang signifikan dari masa lalu, dimana mungkin dahulu terlihat kurang terawat.

Saat ini, Ubalan Pacet telah mengalami perubahan besar dan menjadi waterpark yang sangat populer di Mojokerto. Berbagai jenis wahana hiburan tersedia, termasuk kolam renang untuk dewasa, kolam renang untuk anak-anak, area bermain, serta berbagai atraksi lain seperti bebek air, dan sebagainya.

15. Obech Rafting

Jika Anda ingin menikmati sensasi wahana air yang sangat ekstrem, maka Obech Rafting cocok untuk dikunjungi. Di sini, aktivitas ini hanya tersedia bagi para wisatawan yang mencari pengalaman berlibur yang sangat ekstrem.

Namun, tidak hanya arung jeram yang dapat dinikmati di sini. AutoFamily juga memiliki pilihan untuk melakukan aktivitas lainnya seperti outbond, camping ground, dan berbagai kegiatan seru lainnya.

Baca Juga: Informasi Lengkap Exit Tol Nganjuk

Itulah informasi mengenai tempat wisata di Mojokerto yang dapat Anda kunjungi selama liburan. Jangan lupakan service serta pengecekan terhadap kendaraan yang akan digunakan nantinya. Untuk melakukan service dan pengecekan mobil Toyota, Anda bisa langsung menyerahkannya kepada Auto200 yang menyediakan Paket Servis Toyota untuk perawatan mobil berkala. Segera kunjungi Auto2000 Digiroom untuk mendapatkan paket servis tersebut!

Informasi dalam konten artikel ini dapat mengalami perubahan dan perbedaan, menyesuaikan dengan perkembangan, situasi, strategi bisnis, kemajuan teknologi dan kebijakan tertentu tanpa pemberitahuan terlebih dahulu.

digiroom logo

AUTO2000 DIGIROOM

Dealer Toyota terbesar di Indonesia yang melayani jaringan jasa penjualan, perawatan, perbaikan dan penyediaan suku cadang Toyota yang terbesar di seluruh Indonesia.