tempat-wisata-di-jawa-tengah.jpg

20 Tempat Wisata Di Jawa Tengah Yang Wajib Dikunjungi Saat Liburan

Diterbitkan2 Nov 2023

Jawa Tengah adalah salah satu provinsi yang memiliki banyak tempat wisata menarik yang bisa dikunjungi. Terletak di tengah-tengah Pulau Jawa, provinsi ini dikenal dengan kekayaan budayanya yang kaya dan warisan sejarahnya yang berlimpah. Tempat wisata di Jawa Tengah tidak hanya menawarkan keindahan alam dan sejarah, tetapi juga keunikan budaya yang tak kalah menarik.

Keunikan budaya yang ada di Jawa Tengah membuat provinsi ini menjadi destinasi wisata yang sangat menarik dan layak untuk dikunjungi. AutoFamily juga bisa mencicipi berbagai makanan khas yang lezat dan menggugah selera. Penasaran kira-kira tempat mana saja yang harus dikunjungi? Simak informasi selengkapnya dalam artikel berikut ini!

20 Tempat Wisata Di Jawa Tengah Yang Wajib Dikunjungi Saat Liburan

Saat liburan tiba, provinsi Jawa Tengah menjadi salah satu destinasi favorit bagi wisatawan lokal maupun mancanegara. Berikut adalah beberapa tempat wisata di Jawa Tengah yang wajib dikunjungi saat berlibur bersama keluarga:

1. Kota Lama Semarang

Kota Lama Semarang merupakan kawasan bersejarah yang sangat menarik untuk dikunjungi. Terletak di kota Semarang, di sini Anda dapat menemukan bangunan-bangunan tua bergaya kolonial Belanda yang masih berdiri kokoh hingga saat ini. Beberapa bangunan yang harus dikunjungi antara lain Gereja Blenduk, yang merupakan salah satu gereja tertua di Indonesia dan didirikan pada tahun 1753.

Ditambah lagi, terdapat museum perjuangan Semarang yang menyimpan banyak koleksi benda bersejarah. Jangan sampai lupa, cicipi kuliner khas Semarang seperti lumpia dan soto Semarang yang dijual di sekitar kawasan wisata Jawa Tengah satu ini agar liburan terasa lebih komplit.

Baca Juga: Rekomendasi 9 Tempat Wisata di Semarang yang Wajib Dikunjungi

2. Masjid Agung Jawa Tengah

Ingin rekomendasi tempat wisata religi di Jawa Tengah?

Siapa yang masih belum tahu bahwa saat ini Jawa Tengah memiliki masjid Agung di kota Semarang? Masjid Agung Jawa Tengah atau yang biasa disebut Masjid Agung Semarang adalah salah satu masjid terbesar di Indonesia. Masjid ini memiliki arsitektur yang sangat indah dengan kombinasi gaya Jawa dan Timur Tengah.

Saat berkunjung ke masjid ini, AutoFamily dapat merasakan unsur kesenian Islam yang sangat kental dan fasilitas ibadah yang memadai serta lengkap. Masjid ini juga sering dijadikan lokasi untuk beribadah pada momen-momen penting seperti Idul Fitri dan Idul Adha.

3. Lawang Sewu Semarang

Lawang Sewu Semarang adalah salah satu bangunan bersejarah yang terletak di kota Semarang. Bangunan ini dulunya merupakan kantor pusat perusahaan kereta api di Indonesia. Kini, Lawang Sewu telah diubah menjadi sebuah museum yang menampilkan berbagai koleksi sejarah perkeretaapian, termasuk model-model kereta api dan peralatan-peralatan yang digunakan pada masa lampau.

Destinasi wisata Jawa Tengah satu ini juga dikenal sebagai tempat yang sangat mistis dan sering dijadikan lokasi syuting film horor. Jika berani menantang diri sendiri, Anda juga bisa mencoba wisata malam pada tempat yang satu ini.

4. Museum Kereta Api Ambarawa

Selain lawang sewu, museum kereta api Ambarawa juga merupakan salah satu museum kereta api tertua di Indonesia. Di sini, Anda dapat melihat berbagai jenis kereta api yang pernah digunakan di Indonesia pada masa lalu. Selain itu, ada juga stasiun kereta api tua yang masih berdiri kokoh di sini.

Terdapat berbagai aktivitas yang menarik di museum kereta api Ambarawa dan bisa Anda saksikan, salah satunya parade kereta api tua yang diadakan setiap hari Minggu. Para pengunjung dapat naik ke atas kereta dan merasakan sensasi menjadi penumpang pada zaman dahulu.

5. Taman Wisata Kopeng

Taman Wisata Kopeng terletak di Kabupaten Semarang. Di sini, Anda dapat menikmati keindahan alam pegunungan yang sangat menawan. Selain itu, Anda juga dapat melakukan berbagai aktivitas outdoor. Taman Wisata Kopeng menyediakan beragam aktivitas menarik, terutama untuk para pecinta alam dan petualangan.

Salah satu aktivitas yang paling disukai para pengunjung di Taman Wisata Kopeng adalah melihat sunrise dan sunset dari puncak bukit yang menakjubkan sembari meminum kopi hangat. Hal ini tentu akan menjadi hal yang menyenangkan jika dilakukan sembari camping.Selain itu, di area ini juga terdapat kolam renang dan waterboom yang menarik untuk dikunjungi terutama bagi keluarga dengan anak-anak.

Baca juga:5 Tempat Wisata di Indonesia yang Wajib Dikunjungi Saat Lebaran 2023

6. Kawasan Wisata Baturaden

Kawasan Wisata Baturaden terletak di Kabupaten Banyumas, dan menjadi salah satu tujuan wisata favorit di Jawa Tengah. Kawasan ini terkenal dengan udaranya yang sejuk dan segar, dengan ketinggian mencapai 650 mdpl.

AutoFamily bisa memandang hijaunya alam yang masih asri disertai dengan suara dari air terjun. Tidak hanya itu, terdapat pula berbagai wahana permainan dan tempat wisata lainnya, seperti kolam renang, outbound, paintball, dan juga beragam kuliner khas Jawa Tengah.

7. Taman Nasional Karimunjawa

Tak hanya pulau Bali saja, Jawa Tengah pada dasarnya juga memiliki pulau yang cantik dan menawan untuk menjadi tempat wisata, yaitu Karimun Jawa. Pulau ini adalah gugusan kepulauan kecil yang terletak di lepas pantai Jepara, Jawa Tengah. Karimun Jawa menjadi salah satu tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi, terutama bagi para pecinta pantai, snorkeling, dan diving.

Anda bisa menikmati keindahan pantai yang masih asri dengan pasir putih dan air laut yang jernih, serta terumbu karang yang masih terjaga dengan baik. Selain itu, terdapat berbagai fasilitas wisata yang nyaman seperti homestay, restoran, dan juga paket wisata lengkap dengan pemandunya.

8. Candi Borobudur

Candi Borobudur adalah salah satu keajaiban dunia dan situs warisan dunia UNESCO yang terletak di Magelang, Jawa Tengah. Candi Buddha yang dibangun pada abad ke-8 ini menjadi salah satu tempat wisata sejarah yang paling terkenal di Indonesia. Rasanya, setiap orang yang berlibur ke area Jawa Tengah dan Jogja sudah pasti akan mengunjungi candi terbesar di dunia ini.

Tak hanya dimanjakan dengan angin sepoi-sepoi dan pepohonan hijau, AutoFamily juga bisa menikmati keindahan arsitektur candi yang masih terjaga dengan baik. Belum berhenti sampai di situ, Candi Borobudur juga terdapat beragam acara dan kegiatan menarik yang rutin diadakan, seperti pagelaran seni dan budaya, serta upacara keagamaan.

9. Dataran Tinggi Dieng

Dieng merupakan kawasan dataran tinggi yang terletak di Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah. Kawasan ini menjadi salah satu tempat wisata alam paling populer di Jawa Tengah, terutama bagi para pecinta alam dan petualangan.

Di sini, Anda bisa menikmati keindahan alam pegunungan dan sawah yang masih alami, serta berkunjung ke berbagai objek wisata menarik, seperti Telaga Warna, Kawah Sikidang, dan Candi Arjuna. Tak jarang, di kawasan Dieng juga sering diadakan berbagai kegiatan acara dan festival seperti Festival Telaga Warna dan Jazz Gunung.

Baca juga:Rekomendasi 7 Tempat Wisata Magelang yang Sedang Hits pada Tahun 2023

10. Air Terjun Tawangmangu -

Air Terjun Tawangmangu merupakan salah satu wisata alam yang terkenal di Jawa Tengah. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 80 meter dengan latar belakang hutan tropis yang memukau. Lokasinya berada di kawasan Tawangmangu, sekitar 30 km dari kota Karanganyar atau 60 km dari kota Solo.

Untuk mencapai air terjun ini, AutoFamily harus menuruni tangga sejauh 250 anak tangga. Meskipun perjalanan cukup melelahkan, namun ketika sampai di bawah wisatawan akan dimanjakan dengan keindahan air terjun yang memukau.

Selain menikmati keindahan alam, wisatawan juga bisa bermain air di kolam yang terbentuk di bawah air terjun. Di sekitar lokasi wisata juga terdapat banyak warung yang menjual makanan dan minuman untuk memenuhi kebutuhan wisatawan.

Tak hanya menikmati air terjun dan berbagai permainan, di sekitarnya juga terdapat beberapa tempat wisata lain seperti Candi Sukuh dan Candi Cetho yang merupakan situs peninggalan sejarah Hindu yang sangat menarik untuk dikunjungi.

Baca Juga:7 Makanan Dan Minuman Pencegah Mabuk Perjalanan

11. Pemandian Air Panas Guci

Jika Anda ingin merasakan sensasi berendam di pemandian air panas alami, maka Pemandian Air Panas Guci merupakan pilihan yang tepat. Terletak di desa Guci, kabupaten Tegal, pemandian air panas ini menawarkan pengalaman unik dan menyenangkan bagi para pengunjungnya.

Pemandian ini memiliki beberapa kolam dengan ketinggian yang berbeda-beda serta suhu air yang hangat dan panas, sehingga AutoFamily bisa memilih kolam untuk berendam sesuai dengan tingkat suhu yang disukai.

Selain berendam di air panas, pengunjung juga bisa menikmati fasilitas lain seperti sauna, permainan air, dan pijat. Pemandian Air Panas Guci juga menyediakan fasilitas akomodasi berupa penginapan dan restoran, yang membolehkan Anda menginap di sana. Lokasi pemandian ini cukup mudah diakses dan terletak tidak jauh dari jalan raya, sehingga bisa dijangkau dengan kendaraan umum lokal maupun kendaraan pribadi.

Namun, berkaitan dengan kondisi jalan yang naik turun dan sedikit berkelok, AutoFamily perlu memastikan dahulu bahwa mobil aman dan berfungsi dengan baik. Jika dirasa terdapat masalah, baik kecil maupun besar, pada sistem di dalam mobil, segera kunjungi layanan bengkel Toyota Auto2000 untuk dilakukan pengecekan dan perbaikan. Meski Anda merasakan kerusakan yang tidak terlalu besar, tetapi perlu diingat bahwa mobil harus selalu dalam kondisi yang fit sebelum digunakan untuk perjalanan terutama jarak jauh.

12. Pagoda Buddhagaya Watugong

Jika Anda mencari spot foto yang menarik seperti di Cina, Pagoda Buddhagaya Watugong adalah tempat wisata yang sangat sesuai.

Vihara Pagoda Buddhagaya Watugong memiliki koleksi patung-patung khas yang sangat unik yang dapat menginspirasi suasana Cina. Selain itu, bagi para wisatawan yang ingin lebih lama menikmati keindahan tempat ini, tersedia pilihan untuk menyewa penginapan di sini. Bangunan Vihara ini memiliki desain arsitektur khas Tiongkok yang diatur dengan sangat rapi, menciptakan kesan memperhatikan lingkungan sekitar yang begitu menawan.

13. Keraton Kasunanan

Sama seperti di Yogyakarta, Surakarta atau solo juga memiliki sebuah keraton yang merupakan peninggalan raja islam terdahulu, namanya adalah Keraton Surakarta Hadiningrat.

Keraton ini dibangun oleh Paku Buwana II pada tahun 1744 silam dan sekarang sudah dikelola oleh pemerintah Kota Solo menjadi objek wisata sejarah yang ramai dikunjungi oleh wisatawan. Di tempat ini, kamu akan menjumpai barang-barang peninggalan keraton serta berbagai fragmen candi yang terdapat di Jawa Tengah.

Selain digunakan sebagai objek wisata, Keraton Kasunanan Surakarta juga menjadi lokasi aneka gelaran budaya, seperti Suranan, Sekaten,, dan peringatan hari besar Islam lainnya.

14. Umbul Ponggok

Salah satu tempat wisata di Jawa Tengah yang sering dikunjungi wisatawan adalah Umbul Ponggok yang terlokasi di Klaten. Bagi yang belum tahu, Umbul Ponggok adalah sebuah kolam renang raksasa yang memiliki konsep mirip lautan yang lengkap dengan ikan dan batu karang.

Di sini Anda bisa bermain air dan menyelam serta bisa dijadikan tempat untuk foto prewedding. Jika AutoFamily ingin berfoto di sini, tidak perlu membawa properti, sebab pihak yang mengelola sudah menyiapkan semuanya, mulai dari sepeda motor, laptop, hingga tenda.

Baca Juga: Berbagai Tempat Wisata Klaten yang Seru Dikunjungi Keluarga

15. Pantai Karang Bolong

Tidak hanya terkenal dengan pemandangan alam yang cantik, ombaknya yang besar, Pantai Laut Selatan juga populer dengan garis pantainya yang indah. Salah satu pantainya adalah Pantai Karang Bolong.

Pantai ini sudah dikenal hingga ke mancanegara karena keinfahan bukit-bukit karangnya. Tidak hanya itu, pengunjung juga dapat berwisata dengan nyaman karena tempat ini terdapat banyak pohon kelapa yang memberikan kesan segar.

Pantai ini juga dikenal dengan gua yang berisi rumah-rumah burung walet, yakni Gua Pasir, Karangduwur, dan Karang Bolong.

16. Gedung Djoeang 45

Gedung Djoeang 45 adalah salah satu situs bersejarah yang paling penting di Solo. Gedung ini memiliki nilai sejarah yang tinggi karena menjadi saksi bisu perjuangan bangsa Indonesia dalam merebut kemerdekaan dari penjajahan Belanda.

Bangunan ini menjadi saksi berbagai peristiwa sejarah penting, dan saat ini difungsikan sebagai museum yang menampilkan koleksi berbagai artefak dan dokumen bersejarah yang terkait dengan perjuangan kemerdekaan Indonesia.

Ketika mengunjungi Gedung Djoeang 45, Anda dapat menjelajahi berbagai ruang pameran yang menggambarkan perjalanan panjang menuju kemerdekaan Indonesia. Anda dapat melihat berbagai artefak, dokumen, dan foto-foto bersejarah yang menggambarkan perjuangan pahlawan nasional Indonesia.

18. Benteng Vastenburg

Benteng Vastenburg adalah salah satu sisa-sisa penjajahan Belanda yang masih berdiri kokoh di Solo. Benteng ini dibangun pada abad ke-18 dan awalnya digunakan sebagai benteng pertahanan untuk melindungi wilayah Belanda di Solo.

Benteng ini memiliki arsitektur yang megah dan mengesankan, dengan tembok tebal, menara, dan parit yang masih utuh.

Selain sebagai destinasi wisata, Benteng Vastenburg juga sering digunakan untuk acara-acara budaya dan seni, termasuk pertunjukan musik dan seni pertunjukan tradisional.

19. Candi Prambanan

Candi Prambanan adalah salah satu situs sejarah paling terkenal di Indonesia dan merupakan salah satu candi Hindu terbesar di dunia. Terletak sekitar 17 kilometer dari pusat Kota Yogyakarta, candi ini telah diakui sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO.

Candi Prambanan adalah kompleks candi yang terdiri dari sejumlah candi utama dan candi-candi kecil. Candi utama adalah Candi Shiva, yang dianggap sebagai candi utama, dan dua candi lainnya adalah Candi Vishnu dan Candi Brahma. Selain itu, ada beberapa candi kecil yang didedikasikan untuk para makhluk surga dan penjaga.

20. Candi Ceto

Meski tidak semegah Candi Borobudur maupun Candi Prambanan, Candi Ceto tetap menjadi salah satu destinasi wisata di Jawa Tengah yang wajib dikunjungi.

Candi Ceto adalah salah satu candi Hindu yang terletak di kaki Gunung Lawu, sekitar 45 kilometer dari Kota Solo. Candi ini dibangun pada abad ke-15 dan memiliki suasana yang sangat berbeda dengan candi Hindu di Pulau Bali. Candi Ceto menggabungkan unsur-unsur Hindu dan Budha dalam arsitekturnya dan memiliki lanskap yang menakjubkan di sekitarnya.

Ketika Anda tiba di Candi Ceto, Anda akan disambut oleh pemandangan alam yang menakjubkan. Suasana di sekitar Candi Ceto sangatlah tenang, membuat tempat ini menjadi tempat yang sempurna untuk merenung dan mencari ketenangan.

5 Tips Menyetir Aman Saat Mudik

Menyetir mobil saat mudik bisa menjadi pengalaman yang sangat melelahkan, apalagi jika kita harus mengemudi dalam jarak yang jauh dan dalam waktu yang lama. Selain menghindari kecelakaan, mengetahui tips untuk menyetir aman saat mudik juga bisa membantu kita untuk tetap fokus dan terhindar dari rasa lelah yang berlebihan. Adapun beberapa tips yang bisa diterapkan untuk menyetir aman antara lain:

1. Istirahat yang Cukup

Penting bagi Anda untuk memastikan bahwa Anda memiliki istirahat yang cukup sebelum melakukan perjalanan jauh. Ini sangat penting agar Anda tidak kelelahan saat menyetir. Cobalah untuk tidur cukup pada malam sebelumnya dan jangan ragu untuk berhenti dan beristirahat setiap beberapa jam sekali selama perjalanan.

2. Jaga Jarak Aman

Saat menyetir mobil, pastikan Anda selalu menjaga jarak yang aman dengan kendaraan di depan Anda. Jarak yang cukup akan memberikan waktu yang pas untuk merespons jika terjadi sesuatu di depan jalan atau kendaraan di depan Anda tiba-tiba berhenti.

3. Perhatikan Rute Perjalanan

Sebelum berangkat, rencanakan rute perjalanan Anda dengan baik agar perjalanan menjadi lebih lancar. Pastikan Anda mengetahui jalan yang harus Anda ambil dan menghindari jalan yang macet atau terkena banjir. Jangan lupa pahami kondisi jalan, terutama saat musim hujan karena bisa licin dan berbahaya.

Baca Juga:12 Tips Liburan Sendiri: Aman, Nyaman, dan Seru!

4. Patuhi Peraturan Lalu Lintas

Hal yang paling penting saat menyetir adalah mematuhi peraturan lalu lintas. Pastikan Anda tidak melanggar aturan lalu lintas seperti tidak menggunakan sabuk pengaman atau menerobos lampu merah. Selalu perhatikan tanda-tanda lalu lintas dan pastikan Anda selalu berada di jalur yang tepat.

5. Pastikan Mobil dalam Kondisi yang Baik

Pastikan mobil Anda dalam kondisi yang baik sebelum melakukan perjalanan jauh. Periksa rem, ban, dan cairan oli mobil Anda sebelum berangkat. Pastikan juga semua lampu mobil berfungsi dengan baik. Jangan lupa untuk membawa ban serep dan peralatan dasar lainnya seperti dongkrak dan obeng, agar Anda siap mengatasi masalah kecil saat perjalanan.

Nah, jika AutoFamily berencana melakukan perjalanan dan mengunjungi tempat wisata di Jawa Tengah di atas, jangan lupa untuk cek kondisi mobil Anda di Auto2000. Selain ditangani langsung oleh teknisi ahli dengan peralatan yang memadai, Auto2000 juga menyediakan paket servis Toyota yang lengkap dan bisa disesuaikan dengan kebutuhan mobil sesuai dengan jenisnya.

Jadi, tak hanya benar saja, namun seluruh perawatan dilakukan dengan tepat. Tertarik untuk mencobanya? Kunjungi Auto2000 Digiroom untuk menjadwalkan kedatangan dan mendapatkan paket servis sesuai tipe mobil Anda. Mari wujudkan perjalanan bersama keluarga yang menyenangkan, asyik, dan aman bersama Auto2000!

Informasi dalam konten artikel ini dapat mengalami perubahan dan perbedaan, menyesuaikan dengan perkembangan, situasi, strategi bisnis, kemajuan teknologi dan kebijakan tertentu tanpa pemberitahuan terlebih dahulu.

digiroom logo

AUTO2000 DIGIROOM

Dealer Toyota terbesar di Indonesia yang melayani jaringan jasa penjualan, perawatan, perbaikan dan penyediaan suku cadang Toyota yang terbesar di seluruh Indonesia.