tempat-wisata-banyuwangi.jpg

6 Tempat Wisata Banyuwangi Terfavorit pada Tahun 2024

Diterbitkan21 Jul 2023

Tempat wisata Banyuwangi memang tidak perlu diragukan lagi keindahan alamnya. Panorama yang ditawarkan memberikan kesan yang sulit dilupakan oleh AutoFamily. Kota yang memiliki julukan Sunrise of Java ini mempunyai pemandangan alam yang luar biasa dan kelas dunia.

Banyuwangi juga dikenal dengan berbagai macam festival kebudayaan. Salah satu budaya yang paling menarik perhatian adalah Tari Gandrung yang merupakan tarian khas Banyuwangi. Hingga saat ini, festival budaya ini masih diselenggarakan setiap tahun.

Masih banyak lagi tempat wisata di Banyuwangi yang menarik untuk dikunjungi. Sebagai persiapan berkunjung ke Banyuwangi, AutoFamily perlu memastikan mobil yang Anda gunakan dalam keadaan terbaik, terutama komponen penting seperti rem, sistem kelistrikan, dan mesin mobil. Untuk itu, penting melakukan servis rutin di bengkel Auto2000, Layanan Bengkel Toyota selalu siap membantu meningkatkan performa mobil Anda.

Lalu, tempat wisata apa saja yang wajib AutoFamily kunjungi saat berlibur ke Banyuwangi? Langsung saja simak rekomendasinya di bawah ini.

6 Tempat Wisata Banyuwangi Terfavorit pada Tahun 2024

Banyuwangi yang terletak di ujung timur Pulau Jawa memiliki beragam objek wisata yang menarik untuk dikunjungi, terutama bagi Anda yang ingin menikmati wisata alam. Mulai dari pantai, taman nasional, hingga beraktivitas di gunung dapat Anda lakukan di Banyuwangi. Yuk simak tempat wisata yang wajib Anda kunjungi saat berkunjung ke Banyuwangi berikut ini.

1. Gunung Ijen

Gunung Ijen menjadi tempat wisata pertama yang direkomendasikan untuk dikunjungi oleh AutoFamily. Tempat ini menawarkan pemandangan matahari terbit yang sangat memesona dari ketinggian 2.386 meter di atas permukaan laut.

AutoFamily juga dapat menyaksikan fenomena alam yang tidak boleh dilewatkan yaitu api biru yang terbentuk akibat oksigen pekat yang bercampur dengan kawah belerang.

Untuk menuju ke lokasi, AutoFamily harus berjalan selama kurang lebih 1 jam 30 menit dari basecamp. Di sekitar basecamp terdapat banyak warung untuk menikmati secangkir kopi atau mie instan kuah sambil menikmati pemandangan Gunung Ijen yang indah.

Setelah melihat api biru, AutoFamily bisa naik ke puncak dan menikmati keindahan matahari terbit. Disarankan untuk datang pada bulan Desember atau Mei karena pemandangan matahari terbit terlihat makin memesona pada waktu tersebut.

2. Taman Nasional Baluran

Jika AutoFamily berbicara tentang keindahan alam di Banyuwangi, satu tempat yang tidak boleh dilewatkan adalah Taman Nasional Baluran. Tempat ini merupakan surga keindahan alam Indonesia dengan kehidupan flora dan fauna yang sangat terjaga.

AutoFamily tidak boleh melewatkan objek wisata yang menarik ini dalam list destinasi kunjungan di Banyuwangi. AutoFamily bisa menikmati keindahan alam yang mirip dengan berwisata di Afrika saat mengunjungi Taman Nasional Baluran.

Wisata alam yang memesona ini terletak di Sumberwaru, Kecamatan Banyuputih. AutoFamily dapat mengunjungi tempat menarik dan populer di Jawa Timur ini kapan saja karena buka setiap hari.

DAPATKAN LAYANAN TERBAIK UNTUK MOBIL TOYOTA KESAYANGAN ANDA HANYA DI AUTO2000 DIGIROOM

3. Pantai Teluk Hijau

Keindahan wisata Banyuwangi tidak bisa diragukan lagi. AutoFamily dapat menikmati pemandangan laut berwarna hijau dan pasir putih yang memukau di kawasan Taman Nasional Meru Betiri. Untuk mencapai tempat ini, AutoFamily perlu menempuh jarak sekitar 90 kilometer dari pusat kota Banyuwangi dengan waktu perjalanan sekitar 2-4 jam.

AutoFamily bisa memilih untuk menggunakan kapal dari Pantai Rajegwesi atau kendaraan pribadi. Namun, kendaraan harus diparkir di Pantai Rajegwesi dan berjalan kaki sekitar 2 kilometer. Jika ingin naik perahu, Anda bisa menempuh waktu pulang pergi sekitar 20 menit.

Keunikan tempat ini adalah kehadiran air terjun dengan ketinggian hanya 8 meter dan pesona karang yang menjulang tinggi, menjadi spot foto terbaik di sini. Selain itu, di dekat kawasan ini terdapat Pantai Batu yang memiliki pasir bebatuan yang berderet rapi. Konon, bebatuan ini terbentuk akibat gelombang tinggi pada tahun 1994 yang menggantikan pasir sebelumnya.

Baca juga:30 Syarat Bawa Mobil Naik Kapal Laut Saat Bepergian

4. Umbul Bening

Momen akhir pekan adalah saat yang tepat untuk mengajak keluarga berwisata dan mengeksplorasi tempat-tempat rekreasi di Banyuwangi. Banyak pilihan tempat piknik yang direkomendasikan di Banyuwangi yang cocok untuk bersantai bersama keluarga.

Salah satunya tempat wisata Umbul Bening yang menawarkan keindahan alam yang memukau. Jika AutoFamily bosan dengan keramaian kota, coba kunjungi tempat ini dan nikmati pengalaman akhir pekan yang tidak terlupakan bersama keluarga atau teman.

5. Bukit Mondoleko

Tempat wisata Banyuwangi ini terletak di Dusun Krajan, Desa Sragi, Kecamatan Songgon yang berada di antara rangkaian pegunungan Raung. Namun, untuk sampai ke tempat ini Anda harus melewati area persawahan dan aliran sungai yang jernih dan bersih.

Pastikan untuk membawa kamera selfie karena ada banyak spot menarik yang patut diabadikan. Pastikan juga membawa persediaan makanan dan minuman karena warung-warung di sana hanya buka pada akhir pekan.

AutoFamily juga bisa menikmati keindahan jembatan bambu dan bunga matahari serta tanaman stroberi yang menambah pesona tempat ini. Di dekat Bukit, terdapat gua peninggalan Jepang yang konon bisa menembus hingga ke Pantai Grajagan. Namun, sayangnya gua tersebut ditutup pagar besi karena sangat berisiko dan berbahaya.

Baca juga:16 Makanan Yang Cocok Dibawa Perjalanan Jauh, Cocok Untuk Mudik Lebaran!

6. Kalio Banyuwangi

Tren kampung warna-warni juga merambah ke Banyuwangi. Lokasinya berada di Kelurahan Singonegaran, Kecamatan Banyuwangi. Sebelum dijadikan kampung instagramable, kawasan ini terlihat kumuh dan tidak terawat.

Setelah melalui proses pembersihan dan seluruh rumah dicat dengan warna-warna cerah, kini banyak wisatawan yang berbondong-bondong untuk berfoto di sini.

Nama Kalilo ini diambil dari sungai yang melintas sepanjang 7 kilometer yaitu Kalilo. Menurut cerita, sungai ini dulunya sangat jernih dan dapat dilintasi dengan perahu karena kedalamannya. Namun, saat ini sungai tersebut tidak beroperasi lagi dan sekarang sudah menjadi tempat wisata favorit untuk berfoto bagi para wisatawan.

Tempat wisata Banyuwangi yang direkomendasikan selalu berkaitan dengan keindahan alam. Jadi, bagi AutoFamily yang ingin merasakan sensasi ketenangan dan berencana menghilangkan penat bisa berkunjung ke Banyuwangi.

Selama persiapan ke Banyuwangi, pastikan mobil Anda selalu dalam keadaan optimal. Sebaiknya servis mobil secara rutin untuk keselamatan Anda selama berkendara, termasuk saat Anda hendak berkunjung ke berbagai tempat wisata di Banyuwangi.

Auto2000 juga memiliki cabang Bengkel Toyota Banyuwangi bila AutoFamily hendak melakukan servis rutin. Pastikan booking online jadwal servis terlebih dahulu melalui Auto2000 Digiroom agar prosesnya lebih cepat dan efisien. Yuk kunjungi Auto2000 untuk meningkatkan performa mobil Anda sekarang juga.

Informasi dalam konten artikel ini dapat mengalami perubahan dan perbedaan, menyesuaikan dengan perkembangan, situasi, strategi bisnis, kemajuan teknologi dan kebijakan tertentu tanpa pemberitahuan terlebih dahulu.

digiroom logo

AUTO2000 DIGIROOM

Dealer Toyota terbesar di Indonesia yang melayani jaringan jasa penjualan, perawatan, perbaikan dan penyediaan suku cadang Toyota yang terbesar di seluruh Indonesia.