LOKASIMU

Memilih lokasi Anda membantu kami memberikan harga yang akurat, ketersediaan stok, dan menemukan cabang terdekat untuk Anda.

Tak Banyak Yang Tahu Ini Cara Ukur Jarak Aman Berkendara Mobil Berdasarkan Detik

 

Menjaga jarak aman berkendara wajib dilakukan oleh seluruh pengendara, baik itu mobil maupun motor. Tujuannya tidak lain dan tidak bukan adalah untuk mencegah terjadinya kecelakaan beruntun. Biasanya, saran untuk menjaga jarak aman memakai patokan meter.

Contohnya jika kendaraan melaju pada kecepatan 40 km/jam, maka jarak aman yang dibutuhkan adalah 15-30 meter. Makin cepat kendaraan, maka akan semakin jauh (panjang) pula jarak aman yang diperlukan. Walaupun demikian, untuk sebagian pengendara, mengukur jarak aman dengan patokan meter sepertinya akan cukup sulit. Karena itulah, selain memakai patokan meter, jarak aman juga bisa diukur dengan memakai patokan detik.

Menurut banyak ahli otomotif, jarak aman kendaraan minimal paling ideal adalah 3 detik. Makin kencang kendaraan, maka akan makin tambah pula jarak detiknya. Kondisi yang sama juga berlaku kalau lintasan yang dilalui kendaraan kondisinya berpasir atau sedang basah.

Penghitungan ini bisa dilakukan dengan menentukan patokan benda statis yang dilalui kendaraan di depan dan mulai berhitung 3 detik. Ketika Anda melintasi benda itu tepat pada detik ketiga, maka jarak kendaraan kita bisa dibilang sudah cukup aman.

Jika masih kurang dari 3 detik tetapi benda tersebut sudah dilewati, ini artinya kecepatan kendaraan Anda sudah terlalu tinggi sehingga Anda harus segera menguranginya atau sebaliknya, justru kendaraan Anda yang terlalu lambat.

Tidak sulit bukan untuk mengukur jarak aman kendaraan dengan detik. Silahkan diterapkan dalam aktivitas berkendara sehari – hari. Patuhi selalu rambu-rambu lalu lintas dan utamakan keselamatan dalam berkendara.

Semoga bermanfaat.

(Mitha Purnama Dewi)

Auto2000

Share this article
More News
toyota innova trd
Ini Dia Varian Baru Kijang Innova!
Toyota Kijang Innova TRD Sportivo Limited resmi meluncur hari ini tepat dengan perayaan hari kemerdekaan Republik Indonesia, 17 Agustus 2020. Sesuai namanya, Kijang Innova ini memiliki berbagai kelengkapan dan dijual secara eksklusif.
thumb3.jpg
Resmi Meluncur! Toyota Hilux Kini Semakin Gagah dan Canggih
Toyota New Hilux resmi meluncur dengan harga Rp 429.750.000 untuk tipe 2.4 E (4x4) DSL MT. Mobil komersial satu ini kini semakin tampan dan gagah dengan beberapa perubahan di eksterior.
thumb2.jpg
Cara Menghilangkan Bau di Mobil Menggunakan 5 Benda Sederhana
Siapa yang tidak kesal mendapati kabin mobil bau tak sedap? Sebenarnya, bau pada mobil bisa terjadi kapan saja, baik yang sering atau jarang dipakai. Ada banyak penyebab mobil berbau apek, pertama tentu bersumber dari masalah kebersihan.
New Project (7).jpg
Tips Membersihkan Interior Mobil Agar Terhindar dari Virus
Saat ini, virus COVID-19 masih menjadi pandemi global, tak terkecuali di Indonesia. Bagi AutoFamily yang menggunakan mobil untuk kegiatan sehari-hari, penting juga untuk membersihkan interior mobil secara rutin.
Tanya TasiaBackground Lazy GIF