Siap Mudik, Cek Dulu Kondisi Ban Cadangan Mobil"/>

LOKASIMU

Memilih lokasi Anda membantu kami memberikan harga yang akurat, ketersediaan stok, dan menemukan cabang terdekat untuk Anda.

Siap Mudik, Cek Dulu Kondisi Ban Cadangan Mobil

Auto2000.co.id – Bagi pemilik Toyota yang melakukan tradisi pulang kampung dengan mobilnya, diharapkan sudah benar-benar melakukan persiapan dengan matang sejak dini.

Selain bisa memanfaatkan ragam promo menarik perawatan kendaraan jelang mudik, ada hal lain yang tak kalah penting untuk diperhatikan pemilik mobil, khususnya pengguna Toyota, yakni kondisi ban cadangan.

Suparman, Kepala Bengkel Auto2000 Yos Sudarso, kembali mengingatkan bahwa ban cadangan memiliki peran penting yang tak boleh disepelekan. Apalagi saat mengajak mobil menempuh ratusan kilometer untuk mudik.

“Ini salah satu yang kerap dilupakan. Karena posisinya tersimpan di bagasi atau di kolong, jadi orang malas memeriksa,” ucapnya beberapa waktu lalu.

BACA JUGA : Serba Gratis, Ini Deretan Fasilitas Posko Siaga 24 Jam Auto2000

“Padahal melakukan pengecekan ban serep sangat penting sebelum jalan jauh. Lihat bagaimana kodosinya, apakah masih bagus atau jangan-jangan sudah kurang udara,” terangnya.

Pemilik kendaraan sudah wajib melakukan pengecekan kondisi ban cadangan. Caranya pun tidak terlalu sulit, masih bisa dilakukan sendiri tanpa perlu harus pergi ke bengkel.

Menurut Suparman, paling penting adalah melihat permukaan ban, apakah ada kerusakan seperti benjolan atau mungkin lapisan karet yang rusak.

Pengecekan ini bisa dilakukan secara visual, termasuk juga terkait kondisi tekanan udaranya, karena bila sampai kurang, saat dibutuhkan justru nanti tidak bisa digunakan.

BACA JUGA : Auto2000 Punya Aplikasi Zaman Now Untuk Teman Mudik Anda

“Cek sendiri bisa, tinggal lepas lalu lihat kondisinya secara visual. Utamanya itu melihat apakah kondisi permukaannya masih bagus atau tidak, lalu soal udaranya, pastikan masih baik, kalau mulai kempis langsung ditambah,” katanya.

Tidak hanya itu, Suparman juga mengingatkan pemilik mobil untuk tidak lupa menambal ban cadangan bila ternyata ada kebocoran, karena biasanya pemilik mobil lupa mengganti ban cadangan saat ban utamanya bocor.

Setelah mengganti ban cadangan, ban utamanya yang disimpan lupa untuk diperbaiki atau tambal. Dan biasanya Anda baru sadar ketika membutuhkan.

“Kasus ini paling sering, orang lupa nmeambal bekas bocor malah jadi repot saat genting, karena itu baiknya cek kondisi ban cadangan,” tambahnya.

Auto2000

Share this article
Tanya Tasia