Seberapa Penting Alarm Mobil Berikut 3 Hal Yang Harus Anda Simak"/>

LOKASIMU

Memilih lokasi Anda membantu kami memberikan harga yang akurat, ketersediaan stok, dan menemukan cabang terdekat untuk Anda.

Seberapa Penting Alarm Mobil Berikut 3 Hal Yang Harus Anda Simak

Mungkin sebagian besar dari Anda sudah mengetahui apa itu alarm mobil. Namun, apakah Anda tahu seberapa penting alarm mobil? Ya, dalam pengaplikasiannya banyak orang belum mengerti sepenuhnya akan alarm mulai dari cara pemasangan hingga pengoperasiannya.

1. Apa Itu Alarm?

Alarm adalah alat elektronik yang dipasangkan kepada kendaraan dengan maksud memberikan suara nyaring ketika kendaraan tersebut hendak dibobol paksa oleh orang lain. Secara fungsi, alarm mampu meminimalisir tindak pencurian terhadap barang-barang bawaaan Anda ataupun mobil itu sendiri. Hal inilah yang dikenal sebagai sistem alarm mobil.

2. Jenis Alarm Mobil

Dari jenisnya, alarm mobil terbagi menjadi dua meliputi Original Equipment Manufacturer (OEM) alias produk resmi pabrik dan produk Aftermarket yang dijual dari pihak non-resmi. Keduanya memiliki fitur yang berbeda-beda seperti halnya alarm OEM yang diatur secara One-Way Remote Start, One-Way Door Locks, Horn Trigger dan Starter/Injector Kill. Khusus pada OEM, fungsinya lebih ditekankan untuk melindungi mobil dari tindak pencurian.

dapun produk alarm Aftermarket bisa diatur untuk memiliki fitur lebih lengkap dari OEM. Dari pengaplikasiannya, Anda bisa memasang beberapa fitur dan komponen tersendiri untuk dapat meningkatkan aspek keamanan secara signifikan seperti halnya penambahan fitur Alarm Keyless.

3. Komponen Alarm Mobil

Pada umumnya, komponen alarm mobil terbagi menjadi tiga unit dasar meliputi: Sensor, Perangkat pembuat bunyi layaknya Sirene atau lampu kedip, dan Control Unit

Perangkat sensor sendiri seringkali ditemui pada pintu pengendara yang kemudian akan aktif ketika pintu tersebut dibuka. Sinyal akan dikirimkan ke Control Unit dan diteruskan ke perangkat pembuat bunyi. Suara sirine nantinya dapat memberikan notifikasi kepada pemiliki kendaraan supaya segera mengecek mobilnya.

Mungkin penjelasan tersebut terbilang sederhana namun dalam pengoperasiannya, alarm mobil memiliki sistem yang cukup rumit. Banyak alarm mobil sudah didukung dengan Radio Receivers pada Control Unit-nya. Transmitter nantinya akan menjadi aktor kunci yang bisa memberi berbagai macam sensor. Ya, dalam pengoperasiannya, alarm mobil bisa menghasilkan efek berbeda sesuai pengaturan yang dikehendaki.

Adanya alarm mobil sangatlah penting terutama sebagai pengaman mobil, bila alarm mobil anda tidak berfungsi dengan baik jangan disepelekan. Sebaiknya segera datang kepada Bengkel Resmi Toyota Auto2000 terdekat untuk penanganan lebih lanjut. Jangan ditunda ya.

(Mitha Purnama Dewi)

Auto2000

Share this article
Tanya Tasia