Rem Tangan Mobil

Rem Tangan Mobil Tidak Bisa Diturunkan? Ini Penyebab dan Solusinya

Diterbitkan20 Mar 2024

AutoFamily mengalami masalah saat ingin menurunkan rem tangan mobil? Banyak hal bisa menjadi penyebabnya. Mungkin saja ada sesuatu yang menghalangi tuasnya, atau bahkan ada masalah pada sistem rem itu sendiri. Untuk memperbaiki rem tangan mobil tidak bisa diturunkan, perlu dilakukan pemeriksaan terlebih dahulu untuk mengetahui akar permasalahannya di bengkel Auto2000. Simak penyebab dan solusinya secara lebih lengkap di bawah ini. 


Mengapa Rem Tangan Mobil Tidak Bisa Diturunkan?

Rem tangan mobil yang tidak bisa diturunkan bisa menjadi masalah yang sangat mengganggu dan menghambat aktivitas AutoFamily. Beberapa penyebab umum yang perlu diketahui dari kendala ini antara lain sebagai berikut:


1. Kabel Rem Tangan Longgar

Kabel rem tangan yang longgar bisa membuat rem tangan tidak bisa dilepas dengan baik. Hal ini bisa disebabkan oleh penggunaan rem tangan yang kurang hati-hati atau karena faktor usia dan keausan. Ketika kabel rem tangan longgar, tidak akan ada tegangan yang cukup untuk menggerakkan mekanisme rem, sehingga tuas rem tidak dapat ditarik atau dilepas dengan baik.


Baca juga: Rekomendasi Wisata Pemalang dengan Segala Keindahannya


2. Kabel Rem Tangan Putus

Kabel rem tangan yang putus juga dapat menjadi penyebab rem tangan mobil tidak bisa diturunkan. Hal ini bisa terjadi akibat usia kabel yang sudah tua atau karena adanya kerusakan akibat gesekan dengan bagian lain di bawah mobil. Ketika kabel rem putus, tidak akan ada lagi transmisi daya dari tuas rem ke sistem rem mobil, sehingga rem tangan tetap terkunci.


3. Tuas Rem Tangan Tidak Berfungsi dengan Baik

Selain kabel, tuas rem tangan yang tidak berfungsi dengan baik juga dapat menyebabkan rem tangan mobil tidak bisa diturunkan. Hal ini bisa disebabkan oleh keausan atau kerusakan pada mekanisme tuas rem tangan. Mungkin saja ada sesuatu yang menghalangi pergerakan tuas atau bahkan terdapat komponen yang aus atau rusak sehingga tidak dapat berfungsi sebagaimana mestinya.


NIKMATI PERJALANAN BERSAMA KELUARGA YANG NYAMAN DENGAN MENJAGA KONDISI MOBIL AGAR SELALU PRIMA DI AUTO2000


4. Masalah pada Sistem Rem Mobil

Masalah pada sistem rem mobil secara umum juga bisa menjadi penyebab rem tangan tidak bisa diturunkan. Mungkin ada kebocoran pada sistem hidraulik atau masalah lain yang memengaruhi kinerja rem secara keseluruhan. Periksa juga apakah ada tekanan udara yang cukup di dalam sistem rem tersebut. 


Baca juga: 3 Penyebab Rem Tangan Mobil Keras yang Harus Dihindari

Cara Mengatasi Rem Tangan Mobil yang Tidak Bisa Diturunkan

Saat rem tangan mobil tidak bisa diturunkan, situasi ini bisa menimbulkan kekhawatiran. Namun, dengan pemahaman yang tepat tentang penyebabnya dan langkah-langkah yang diperlukan untuk memperbaikinya, masalah ini dapat diatasi dengan efektif. Berikut beberapa solusi yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi masalah rem tangan mobil yang tidak bisa diturunkan.


1. Periksa Kondisi Kabel Rem Tangan

Langkah pertama yang bisa dilakukan adalah memeriksa kondisi kabel rem tangan. Pastikan kabel tersebut tidak longgar atau putus, dan segera lakukan perbaikan jika ditemukan masalah di bengkel Auto2000. Kabel yang longgar atau putus dapat mengganggu transmisi daya dari tuas rem ke sistem rem mobil, sehingga menyebabkan rem tangan tidak bisa dilepas dengan baik.


Baca juga: 5 Penyebab Lampu Indikator Rem Tangan Mobil Mati Mendadak


2. Periksa Kondisi Tuas Rem Tangan

Selanjutnya, periksa kondisi tuas rem tangan. Pastikan tuas tersebut berfungsi dengan baik dan tidak mengalami keausan atau kerusakan. Jika ditemukan masalah, segera lakukan perbaikan atau penggantian yang diperlukan di bengkel Auto2000. Kemungkinan adanya sesuatu yang menghalangi pergerakan tuas atau terdapat komponen yang aus, sehingga tidak dapat berfungsi sebagaimana mestinya.


3. Lakukan Perbaikan atau Penggantian yang Diperlukan

Jika setelah memeriksa kondisi kabel dan tuas rem tangan ditemukan masalah, segera lakukan perbaikan atau penggantian yang diperlukan. Pastikan untuk menggunakan suku cadang yang berkualitas dan melakukan perbaikan dengan hati-hati di bengkel Auto2000. Penting untuk memastikan semua komponen yang mengalami masalah telah diperbaiki atau diganti dengan yang baru agar rem tangan mobil dapat berfungsi dengan baik kembali.


DAPATKAN PERAWATAN MOBIL YANG COCOK SESUAI DENGAN MODEL MOBIL TOYOTA ANDA DENGAN PAKET SERVIS TOYOTA DARI AUTO2000 DIGIROOM


4. Periksa dan Pastikan Ketersediaan Cairan Rem

Selain kabel dan tuas, pastikan juga ketersediaan cairan rem di dalam sistem rem mobil. Kekurangan cairan rem bisa menyebabkan sistem rem tidak berfungsi dengan baik, termasuk rem tangan. Periksa reservoir cairan rem dan pastikan levelnya mencukupi. Jika perlu, tambahkan cairan rem sesuai dengan rekomendasi pabrikan.


5. Bersihkan dan Berikan Pelumas pada Komponen Terkait

Kadang-kadang, rem tangan menjadi macet atau sulit diturunkan karena adanya kotoran atau kekeringan pada bagian-bagian yang terkait. Lakukan pemeriksaan dan bersihkan serta beri pelumas pada bagian-bagian tersebut, seperti sambungan kabel atau tuas rem, untuk memastikan gerakan yang lancar dan tanpa hambatan.


Baca juga: 7 Rekomendasi Wisata Pekalongan yang Harus Dikunjungi

Dalam mengatasi masalah rem tangan mobil tidak bisa diturunkan, langkah-langkah pencegahan sangat penting. Selain itu, perawatan rutin juga diperlukan untuk mencegah terjadinya masalah pada rem tangan mobil. Jika mengalami masalah yang sulit diatasi, segera hubungi bengkel Auto2000 untuk mendapatkan bantuan yang tepat.


AutoFamily bisa melakukan booking service melalui Auto2000 Digiroom supaya proses perawatan rutin mobil ini bisa dilakukan dengan lebih efektif. Cara booking service Toyota dengan aplikasi Digiroom ini cukup mudah. Anda hanya perlu unduh Digiroom, lalu pilih layanan yang diperlukan. Yuk, kunjungi Auto2000 sekarang juga!


Informasi dalam konten artikel ini dapat mengalami perubahan dan perbedaan, menyesuaikan dengan perkembangan, situasi, strategi bisnis, kemajuan teknologi dan kebijakan tertentu tanpa pemberitahuan terlebih dahulu.

digiroom logo

AUTO2000 DIGIROOM

Dealer Toyota terbesar di Indonesia yang melayani jaringan jasa penjualan, perawatan, perbaikan dan penyediaan suku cadang Toyota yang terbesar di seluruh Indonesia.