Wisata dengan Toyota Innova Zenix

9 Rekomendasi Wisata Tawangmangu, Cocok untuk Liburan Bersama Keluarga

Diterbitkan29 Apr 2024

Tawangmangu, sebuah destinasi wisata yang terletak di Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah, menawarkan keindahan alam yang luar biasa. Dikelilingi oleh pegunungan dan hamparan kebun teh, Tawangmangu menjadi tempat yang sempurna untuk menikmati keindahan alam dan berbagai aktivitas seru bersama keluarga. Kalau begitu, yuk simak rekomendasi wisata Tawangmangu yang bisa AutoFamily kunjungi berikut ini. 


7 Rekomendasi Wisata Tawangmangu untuk Keluarga

Tawangmangu adalah destinasi wisata yang sempurna untuk liburan keluarga yang penuh petualangan dan keindahan alam. Terletak di lereng Gunung Lawu, Tawangmangu menawarkan berbagai kegiatan yang cocok untuk dinikmati bersama keluarga. Berikut adalah rekomendasi wisata Tawangmangu yang pasti akan membuat liburan keluarga Anda menjadi tak terlupakan.


1. Air Terjun Grojogan Sewu

Daya tarik utama Tawangmangu adalah keindahan alamnya yang memukau, dan Air Terjun Grojogan Sewu menjadi salah satu tempat wisata yang paling menakjubkan. Air terjun ini menawarkan pemandangan yang spektakuler dengan air yang jatuh dari ketinggian, menciptakan suasana yang menenangkan dan menyejukkan. AutoFamily dan keluarga bisa menikmati piknik di sekitar area air terjun sambil menikmati keindahan alam sekitarnya.


2. Kebun Teh Kemuning

Bagi Anda yang ingin merasakan ketenangan alam sambil menikmati panorama pegunungan yang memukau, Kebun Teh Kemuning adalah tempat yang sempurna. AutoFamily bisa menjelajahi kebun teh yang luas sambil menikmati udara segar dan pemandangan yang menakjubkan. Selain itu, tempat ini juga menawarkan tur yang mengajarkan tentang proses pembuatan teh, menambah pengalaman edukatif untuk anggota keluarga.


3. Telaga Sarangan

Terletak tidak jauh dari Tawangmangu, Telaga Sarangan merupakan danau alami yang indah dikelilingi oleh pegunungan hijau. Di sini, Anda dapat menikmati aktivitas seperti naik perahu, memancing, atau hanya bersantai sambil menikmati pemandangan yang menakjubkan. Telaga ini juga dilengkapi dengan fasilitas yang nyaman seperti area bermain anak-anak, tempat duduk, dan warung makan untuk kenyamanan pengunjung.


DAPATKAN PERAWATAN MOBIL YANG COCOK SESUAI DENGAN MODEL MOBIL TOYOTA ANDA DENGAN PAKET SERVIS TOYOTA DARI AUTO2000 DIGIROOM


4. Candi Sukuh

Bagi AutoFamily yang tertarik dengan sejarah dan budaya, Candi Sukuh adalah tempat yang patut dikunjungi. Candi ini merupakan peninggalan bersejarah dari masa Kerajaan Majapahit dan menawarkan panorama yang menakjubkan dari atas bukit. Selain menikmati arsitektur candi yang unik, Anda juga bisa belajar tentang sejarah dan kebudayaan Jawa melalui artefak dan informasi yang disediakan di lokasi.


5. Puncak Lawu

Untuk pengalaman petualangan yang lebih menantang, AutoFamily bisa mendaki ke Puncak Lawu. Meskipun membutuhkan sedikit usaha dan kebugaran fisik, pemandangan dari puncak gunung ini sangat memuaskan. Dari sini, Anda dapat melihat panorama yang luas dari pegunungan, hutan, dan kota di bawahnya. Pastikan untuk mempersiapkan diri dengan perlengkapan yang sesuai dan memperhatikan kondisi cuaca sebelum memulai pendakian.


Baca juga: Jangan Panik, Inilah Penyebab Rem Mobil Tidak Balik Lagi


6. Kebun Buah Mangunan

Bagi pecinta buah dan petualangan alam, Kebun Buah Mangunan menjadi tempat yang ideal untuk dikunjungi. Terletak di dataran tinggi dengan udara segar dan pemandangan yang memukau, kebun ini menawarkan berbagai macam buah-buahan segar yang dapat dipetik langsung oleh pengunjung. Selain itu, Anda juga bisa menikmati kegiatan seperti bersepeda atau berjalan-jalan di sekitar kebun sambil menikmati keindahan alam sekitarnya.


7. Pura Karanganyar

Untuk mendapatkan pengalaman spiritual dan keindahan arsitektur, Pura Karanganyar adalah tempat yang patut dikunjungi. Pura ini merupakan salah satu situs suci Hindu yang penting di Tawangmangu, dan menawarkan suasana yang tenang dan damai bagi pengunjung. 


AutoFamily dapat mengunjungi pura ini untuk beribadah atau sekadar menikmati keindahan arsitektur dan lingkungan sekitarnya. Jangan lupa untuk menghormati aturan dan tradisi yang berlaku selama kunjungan berlangsung. 


8. Air Terjun Jumog putri

Air Terjun Jumog Putri adalah air tejun eksotis yang terletak di Dusun Gondosuli Kidul, Gondosuli, Kecamatan Tawangmangu. Air terjun ini memiliki pesona alam yang memikat dengan airnya yang jatuh dari ketinggian sekitar 80 meter ke dalam kolam yang jernih.

Pemandangan sekitar air terjun juga memikat, dengan hamparan hijau perbukitan dan tebing-tebing yang menjulang.


Air Terjun Jumog juga dikelilingi oleh pepohonan yang rindang, memberikan suasana yang sejuk dan menyejukkan. Lokasi ini cocok untuk berbagai aktivitas seperti berfoto, piknik, atau sekadar menikmati keindahan alam.


Akses menuju Air Terjun Jumog cukup mudah dengan kendaraan pribadi atau angkutan umum. Namun, karena akses jalan menuju air terjun agak menanjak dan berliku, disarankan untuk menggunakan kendaraan yang cukup bertenaga.


9. Tawangmangu Wonder Park

Tawangmangu Wonder Park merupakan salah satu destinasi wisata terkenal di Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah. Taman ini menawarkan berbagai wahana dan atraksi yang menarik untuk dinikmati oleh pengunjung dari berbagai kalangan.


Di dalam Tawangmangu Wonder Park, pengunjung dapat menemukan berbagai wahana seperti roller coaster, wahana permainan air, dan berbagai jenis wahana permainan lainnya yang cocok untuk anak-anak maupun dewasa. Selain itu, terdapat juga area bermain anak-anak, area piknik, dan area makan yang nyaman.


Keindahan alam sekitar Tawangmangu juga turut menambah daya tarik tempat ini. Pemandangan perbukitan hijau dan udara segar membuat pengunjung betah berlama-lama di sini. Tawangmangu Wonder Park sering menjadi pilihan untuk berlibur bersama keluarga, teman, maupun rombongan wisata.


Baca juga: Ciri-Ciri Rem Mobil Habis dan Bahayanya

Tips Liburan Menggunakan Mobil Pribadi

Liburan menggunakan mobil pribadi bisa menjadi pilihan yang menyenangkan dan fleksibel bagi AutoFamily yang ingin menjelajahi destinasi wisata tanpa terikat oleh jadwal transportasi umum. Namun, perjalanan dengan mobil pribadi juga membutuhkan persiapan yang matang untuk memastikan kenyamanan dan keamanan selama perjalanan. Berikut beberapa tips untuk liburan menggunakan mobil pribadi.


1. Periksa Kondisi Mobil Secara Rutin

Sebelum memulai perjalanan, pastikan untuk memeriksa kondisi mobil secara menyeluruh. Periksa tekanan ban, tingkat oli mesin, air radiator, dan kondisi rem. Pastikan juga semua lampu dan klakson berfungsi dengan baik. Memeriksa kondisi mobil secara rutin di bengkel Auto2000 dapat mencegah terjadinya masalah di tengah perjalanan yang dapat mengganggu liburan Anda.


Baca juga: 8 Tips Mudik Aman Meninggalkan Rumah


2. Persiapkan Rute Perjalanan

Sebelum berangkat, buat rencana perjalanan yang jelas termasuk rute yang akan dilalui dan tempat-tempat istirahat yang akan dikunjungi. Gunakan aplikasi peta atau GPS untuk membantu navigasi selama perjalanan. Pastikan untuk mempertimbangkan kondisi lalu lintas dan cuaca dalam perencanaan rute Anda, serta menyediakan alternatif jika terjadi kemacetan atau penutupan jalan.


NIKMATI PERJALANAN BERSAMA KELUARGA YANG NYAMAN DENGAN MENJAGA KONDISI MOBIL AGAR SELALU PRIMA DI AUTO2000


3. Bawa Persediaan Makanan dan Minuman

Agar perjalanan menjadi lebih nyaman, persiapkan makanan dan minuman yang cukup untuk seluruh anggota keluarga. Bawa camilan ringan, air minum, dan makanan yang tahan lama untuk menghindari kelaparan dan dehidrasi selama perjalanan. Hindari membawa makanan yang berpotensi tumpah atau berbau menyengat di dalam mobil.


4. Jaga Kebersihan dan Kesehatan

Selama perjalanan, penting untuk menjaga kebersihan dan kesehatan Anda. Bawa perlengkapan pembersih tangan dan tisu basah untuk membersihkan tangan dan permukaan di dalam mobil. Hindari makanan atau minuman yang berpotensi meninggalkan bekas atau membuat mobil menjadi kotor. Jangan lupa untuk beristirahat secara teratur dan membuka jendela untuk sirkulasi udara segar.


Dari rekomendasi wisata Tawangmangu yang telah disebutkan sebelumnya, Anda dan keluarga dapat menemukan petualangan yang tak terlupakan di tengah keindahan alam Jawa Tengah. Jangan ragu untuk menjelajahi air terjun, kebun teh, dan tempat-tempat bersejarah yang memukau di Tawangmangu.


Baca juga: 5 Langkah Cara Membuat Rute Perjalanan Mudik Dengan Google Maps

Untuk memastikan kenyamanan dan keamanan selama berkendara, apakah AutoFamily memerlukan informasi tentang rekomendasi mobil Toyota untuk perjalanan jauh? Auto2000 menawarkan mobil Toyota Rush, Toyota Fortuner, Toyota Avanza, dan Toyota Innova Zenix untuk menemani liburan Anda. 


Mobil ini dibekali dengan teknologi canggih, desain yang ergonomis, dan performa yang andal, sehingga cocok untuk menemani petualangan Anda ke destinasi wisata mana pun. Jadi, segera rencanakan liburan Anda, dan nikmati pengalaman tak terlupakan bersama keluarga dengan mobil Toyota yang dapat diandalkan. Kunjungi Auto2000 sekarang juga untuk mendapatkannya!


Informasi dalam konten artikel ini dapat mengalami perubahan dan perbedaan, menyesuaikan dengan perkembangan, situasi, strategi bisnis, kemajuan teknologi dan kebijakan tertentu tanpa pemberitahuan terlebih dahulu.

digiroom logo

AUTO2000 DIGIROOM

Dealer Toyota terbesar di Indonesia yang melayani jaringan jasa penjualan, perawatan, perbaikan dan penyediaan suku cadang Toyota yang terbesar di seluruh Indonesia.