Perhatikan Tekanan Udara Ban Sebelum Mudik Lebaran"/>

LOKASIMU

Memilih lokasi Anda membantu kami memberikan harga yang akurat, ketersediaan stok, dan menemukan cabang terdekat untuk Anda.

Perhatikan Tekanan Udara Ban Sebelum Mudik Lebaran

Auto2000.co.id – Salah satu yang wajib diperhatikan oleh pengguna mobil jika mau melakukan perjalanan mudik menggunakan mobil pribadi adalah memperhatikan kondisi ban.

Paling dasar, adalah memastikan kondisi tekanan udara tetap terjaga. Pastikan keempat ban, termasuk ban cadangan dalam keadaan baik, karena demi keamanan dan kenyamanan bersama.

Jika ban mobil Anda kurang tekanan udara maka bisa berbahaya karena selain bisa meledak, juga bisa mempengaruhi konsumsi bahan bakar (BBM) yang secara otomatis menjadi lebih boros, karena beban yang diemban oleh mobil lebih berat.

Selain itu, pastikan juga kondisi ban tetap prima. Artinya tidak bermasalah seperti sudah gundul, ada benjolan, atau jumlah tambalan yang terlalu banyak.

BACA JUGA : Mudik Lanjut Libur Sekolah, Auto2000 Punya Banyak Promo Beli Mobil Baru

Menurut Sapta Agung Nugraha, Kepala Bengkel Auto2000 Bekasi Timur, untuk tekanan udara ban pemilik mobil Toyota harus selalu mengacu pada ketentuan ukuran tekanan udara ban yang sudah direkomendasikan oleh pabrikan.

“Sebenernya ukuran standar tekanan udara pada ban itu ada di pintu depan kanan, di dekat bawah jok. Ketika ingin menambah tekanan ban maka mengikuti ukuran itu saja,” ujar Sapta.

Sapta melanjutkan, di Indonesia sendiri tekanan ideal ban itu berkisar antara 28 sampai 33 Psi. Melihat rentang nilai Psi yang tak terlalu jauh itu, pada dasarnya setiap mobil memiliki tekanan udara yang hampir sama, dimana paling tinggi yaitu 33 Psi dan yang paling rendah adalah 28 Psi.

BACA JUGA : Serba Gratis, Ini Deretan Fasilitas Posko Siaga 24 Jam Auto2000

“Tetapi jika ragu bisa melihatnya di bagian daun pintu depan bagian kanan di bawah. Itu yang paling benar, karena pabrikan sendiri sudah mempertimbangkan ukuran tersebut berdasarkan bobot kendaraan dan yang lainnya sehingga lebih aman,” kata Sapta.

Sapta melanjutkan, pada mobil Toyota umumnya posisi stiker Tyre-Loading Information ada di frame pilar B sebelah kanan. Buka pintu kanan depan sisi pengemudi, di pilar B bagian dalam ada stiker yang tertulis mengenai informasi tekanan angin standar mobil.

“Tetapi perlu diingat apabila membawa muatan atau penumpang belakang, maka tekanan anginnya ditambah. Misal depan 33 Psi, dan belakang 36 Psi,” kata Sapta.

Auto2000

Share this article
More News
toyota innova trd
Ini Dia Varian Baru Kijang Innova!
Toyota Kijang Innova TRD Sportivo Limited resmi meluncur hari ini tepat dengan perayaan hari kemerdekaan Republik Indonesia, 17 Agustus 2020. Sesuai namanya, Kijang Innova ini memiliki berbagai kelengkapan dan dijual secara eksklusif.
thumb3.jpg
Resmi Meluncur! Toyota Hilux Kini Semakin Gagah dan Canggih
Toyota New Hilux resmi meluncur dengan harga Rp 429.750.000 untuk tipe 2.4 E (4x4) DSL MT. Mobil komersial satu ini kini semakin tampan dan gagah dengan beberapa perubahan di eksterior.
thumb2.jpg
Cara Menghilangkan Bau di Mobil Menggunakan 5 Benda Sederhana
Siapa yang tidak kesal mendapati kabin mobil bau tak sedap? Sebenarnya, bau pada mobil bisa terjadi kapan saja, baik yang sering atau jarang dipakai. Ada banyak penyebab mobil berbau apek, pertama tentu bersumber dari masalah kebersihan.
New Project (7).jpg
Tips Membersihkan Interior Mobil Agar Terhindar dari Virus
Saat ini, virus COVID-19 masih menjadi pandemi global, tak terkecuali di Indonesia. Bagi AutoFamily yang menggunakan mobil untuk kegiatan sehari-hari, penting juga untuk membersihkan interior mobil secara rutin.
Tanya TasiaBackground Lazy GIF