Cancel

Kenali Perbedaan Sunroof dan Moonroof

Perbedaan moonroof dan sunroof mobil ternyata cukup signifikan dari segi fungsi. Ada beberapa perbedaan jenis kaca atap yang perlu AutoFamily kenali sebelum membeli mobil jenis MPV atau SUV. Simak penjelasannya berikut ini. 

Apa Itu Sunroof Mobil?

Secara umum, fungsi sunroof dan moonroof sebenarnya sama, yaitu memberikan jangkauan pandang yang lebih luas dari arah atap mobil. Fitur ini cocok untuk Anda yang sangat senang mengamati cerahnya langit pada siang hari dan indahnya bintang pada malam hari. Menikmati pemandangan menjadi lebih mudah karena mudah untuk dibuka tutup. Dengan sunroof, Anda tidak perlu lagi turun dari mobil hanya untuk melihat pemandangan di atas. 

Sunroof adalah model jendela atau kaca pertama yang ditempatkan di atas atap mobil dengan kemampuan membentuk sudut tertentu saat dibuka. Umumnya, bagian belakang sunroof akan terangkat naik ketika fitur ini diaktifkan. Saat sudah membuka, kabin akan menerima aliran udara langsung dari luar serta sinar matahari. Sunroof sangat cocok dipakai saat Anda berkendara di daerah pegunungan dengan cuaca cerah.

Baca juga: 7 Komponen Alternator dan Fungsinya

Apa Itu Moonroof Mobil?

Moonroof sebenarnya adalah bagian dari salah satu jenis sunroof. Bila sunroof merupakan generasi pertama teknologi kaca bukaan yang diletakkan di atap mobil, maka moonroof adalah versi upgrade dari sunroof. Fungsinya pun sama, untuk memberikan pengalaman berkendara dengan pemandangan di atas atap. Secara dimensi, ukuran jendela kaca atap ini serupa dengan sunroof, cenderung hanya bisa mengakomodasi penumpang baris paling depan atau pada area pengemudi. 

Meskipun begitu, jika sunroof maupun moonroof dibuka lebar, maka AutoFamily bisa melihat pemandangan yang lebih luas, bahkan bisa mengeluarkan tubuh dari bukaan di atas atap mobil. Jadi mulai terlihat keduanya memiliki perbedaan dan memiliki fungsi berbeda.

Perbedaan Sunroof dan Moonroof

Perbedaan sunroof moonroof adalah pada sistem cara kerjanya. Bila sunroof bagian belakangnya akan terangkat ke atas ketika dibuka, maka moonroof memiliki semacam rel yang berfungsi untuk menggerakkan atap kaca. Kaca versi moonroof akan bergeser masuk ke dalam plafon saat AutoFamily mengaktifkan fitur ini. Dengan mengaktifkan kaca ini, pemandangan yang bisa dilihat di luar akan terasa lebih luas dan lega.

Perbedaan keduanya juga terletak pada bahan material pembuatnya. Pada sunroof, karena ini adalah teknologi kaca di atap mobil yang pertama ditemukan, maka bahan pembuatnya disamakan dengan material yang dipakai untuk badan mobil. Sedangkan, pada moonroof yang jadi generasi kedua atau bagian dari sunroof, bahan pembuatnya adalah material kaca. 

Baca juga: Tips untuk Perawatan Power Window

Perawatan Sunroof Dan Moonroof

Karena sistem cara kerjanya berbeda, maka perbedaan sunroof dan moonroof juga terdapat pada cara perawatannya. Simak caranya berikut.

Sunroof

Untuk perawatan sunroof, cara paling mudah adalah dengan rutin membuka dan menutupnya beberapa kali dalam sebulan dengan tujuan menjaganya tetap licin. Di samping itu, bersihkan bagian sela-sela tutup sunroof dari debu dan pasir. Pada bagian karet, semprotkan silicon spray untuk menjaga elastisitasnya ketika terpapar sinar matahari. Lalu, pada bagian jalur buka tutup sunroof, semprotkan cairan pembersih dan penghilang karat. 

Moonroof 

Untuk perawatan moonroof, AutoFamily harus fokuskan pada jalur buka tutup kaca atau yang biasa disebut sliding rail. Bagian ini berisiko mudah kotor dan macet. Oleh karena itu, bersihkan sliding rail dari debu dan kotoran, serta berikan pelumas untuk menjaganya tetap licin. AutoFamily juga perlu menjaga kaca moonroof agar tidak mudah rusak dengan selalu memarkir kendaraan di tempat teduh, serta menghindari panas dari paparan sinar matahari yang terlalu lama. 

Baca juga: Keuntungan Memiliki Jenis Mobil MPV

Kini, Anda sudah memahami perbedaan moonroof dan sunroof mobil. Mobil yang dilengkapi dengan kaca pada bagian atap, tentu saja akan membuat tampilan mobil terasa mewah atau prestige. Daftar harga pemasangan kaca atap juga beragam, bergantung pada jenis material yang digunakan. Selain itu ada juga sunroof, moonroof, dan panoramic.

Namun kali ini kita tidak akan membahas moonroof dan panoramic roof. Sebenarnya, fitur ini sudah bisa Anda nikmati pada mobil Toyota seri terbaru seperti New AlphardNew Vellfire, danAll New Corolla Cross. Bila tertarik mencoba fiturnya, AutoFamily bisa mengunjungi cabang dealer Auto2000 terdekat untuk test drive. 

Share this article
Avatar

Auto2000 Digiroom

Dealer Toyota terbesar di Indonesia yang melayani jaringan jasa penjualan, perawatan, perbaikan dan penyediaan suku cadang Toyota yang tersebar di seluruh Indonesia.

Temui kami di Media Sosial
Promosi Lainnya
Mobil Aman Tetap Prima dengan Promo Mantap
Hai AutoFamily!

Mobil lebih awet dan prima dengan promo Mobil Aman Tetap Prima dari Auto2000. Dapatkan diskon 10% untuk pembelian TMO Injector Cleaner melalui Auto2000 Digiroom. Dapatkan juga berbagai diskon suku cadang dan aksesoris hingga 30% selama bulan September ini.

Tunggu apa lagi? Dapatkan promo mantap dengan klik button di bawah ini.

Urusan Toyota lebih mudah dengan Auto2000 Digiroom.
01 September 2022
Promo September Ceria Bersama THS
Hai AutoFamily!

Servis mobil yang profesional dan terjamin seringkali sulit ditemukan dilokasi anda. Jangan khawatir, servis Toyota yang profesional, lengkap bahkan tanpa biaya kunjungan kini hadir di manapun lokasi Auto Family dengan layanan THS dari Auto2000.

Nikmati mudahnya servis dari lokasi Anda dengan program September Ceria bersama THS dari Auto2000. Dapatkan TMO Cabin Disinfectant secara Gratis untuk setiap Servis Berkala & ganti oli selama bulan September 2022. Selain itu AutoFamily juga masih bisa menggunakan fasilitas Free Check Up kendaraan via THS selama program ini berlangsung.

Yuk booking THS sekarang dan dapatkan promonya!
01 September 2022
Promo - Pengecekan Komponen Toyota Bali
Hai AutoFamily Bali!

Tak hanya kesehatan tubuh, kesehatan Toyota AutoFamily juga perlu dijaga lho agar selalu prima!

Beberapa komponen Toyota seperti aki (battery), kopling, shock absorber dan ban memiliki peran yang cukup vital. Dengan menyepelekan perawatan keempatnya akan merugikan diri sendiri lho!

Yuk, lakukan pengecekan komponen Toyota AutoFamily sekarang juga! Tersedia pengecekan GRATIS dan diskon part hingga 700 Ribu* loh.

Tunggu apalagi? Yuk, segera isi formulir di bawah ini dan tim Auto2000 akan segera menghubungi Anda untuk pengecekan komponen Toyotamu.

Urusan Toyota lebih mudah dengan Auto2000 Digiroom.
*Syarat dan ketentuan berlaku
12 September 2022
Hemat servisnya banyak untungnya
Jangan sampai ketinggalan perawatan hemat kendaraanmu dengan promo-promo istimewa bulan ini. Dapatkan diskon hingga 30% untuk jasa dan 15% untuk Sparepart saat melakukan pemesanan berbagai layanan servis di program Auto Sehat Hemat Servisnya, Banyak Untungnya. Dapatkan juga Oli TMO Synthetic secara Gratis setiap pemesanan servis berkala dan THS dengan menggunakan kode promo.*

Ini dia beberapa paket servis (kode promo) yang bisa AutoFamily gunakan:
- SEHATOLI → Free 1L Oli TMO Synthetic senilai Rp 101.000 untuk Pemesanan Servis Berkala atau pekerjaan Ganti Oli.
- SEHATKOPLING → Diskon Jasa 30% dan Part 15% untuk Pekerjaan Ganti Kopling.
- SEHATSHOCK → Diskon Jasa 30% dan Part 15% untuk Pekerjaan Ganti Shock Abs.
- SEHATAKI → Diskon Jasa 30% dan Part 10% untuk Pekerjaan Ganti Aki.
- SEHATBAN → Diskon Ban 10% untuk Pekerjaan Ganti Ban.
- SEHATBRAKE → Diskon Jasa 30% dan diskon Part 10% untuk Brake Pad dan Brake Shoe (Non-Servis Berkala).

Promo ini dapat didapatkan melalui :
1. Pemesanan melalui Website Auto2000 Digiroom, dengan mengisi form di bawah ini.


Urusan Toyota lebih mudah dengan Auto2000 Digiroom.
*Syarat dan ketentuan berlaku
01 Agustus 2022
Tanya TasiaBackground Lazy GIF