Penyebab Piringan Cakram Rem Mobil Berkarat.webp

6 Penyebab Piringan Cakram Rem Mobil Berkarat dan Cara untuk Mengatasinya

Diterbitkan29 Mei 2024

Piringan cakram rem merupakan bagian rem mobil yang memastikan kendaraan berhenti dengan aman. Namun, sering kali kita mengalami masalah karat pada piringan ini yang dapat mengganggu kinerjanya dan bahkan membahayakan keselamatan pengendara. Mengetahui penyebab penyebab piringan cakram rem mobil berkarat menjadi cara yang tepat untuk dapat mengatasinya.


Pada kesempatan kali ini, Auto2000 akan menjabarkan beberapa hal yang menyebabkan piringan cakram rem mobil berkarat, dampaknya, serta cara untuk mengatasinya. Tanpa panjang lebar lagi, simak sampai tuntas artikel di bawah ini!


Penyebab Piringan Cakram Rem Mobil Berkarat

Piringan cakram rem mobil yang berkarat bisa menjadi masalah serius yang mengganggu kinerja kendaraan dan meningkatkan risiko kecelakaan pengendara. Berikut penyebab cakram mobil berkarat.


1. Paparan Air

Paparan terus-menerus terhadap air merupakan salah satu penyebab utama karat pada piringan cakram rem. Paparan ini memungkinkan reaksi kimia antara logam besi pada piringan dengan oksigen dan air, yang akhirnya membentuk karat. Mobil yang sering digunakan di daerah dengan cuaca lembap atau terparkir di tempat yang tidak terlindungi dari hujan berisiko lebih tinggi mengalami masalah ini.


Baca juga: 12 Komponen Rem Cakram Mobil dan Fungsinya


2. Debu dan Kotoran

Debu dan kotoran dari jalan raya dapat menempel pada piringan cakram rem, terutama setelah kendaraan melewati daerah berbatu atau berdebu. Ketika debu dan kotoran tersebut menumpuk, piringan dapat mengalami korosi karena debu dan kotoran dapat mengikat kelembapan.


3. Penggunaan yang Tidak Rutin

Mobil yang jarang digunakan atau dibiarkan terparkir dalam waktu yang lama juga rentan terhadap karat. Kurangnya aktivitas pada sistem rem memungkinkan kelembapan untuk menetap pada permukaan piringan tanpa terganggu oleh gesekan dan panas yang dihasilkan selama penggunaan normal.


ATUR JADWAL TEST DRIVE MOBIL TOYOTA IMPIAN ANDA UNTUK MERASAKAN KENYAMAN DAN KEHANDALANNYA DI AUTO2000 DIGIROOM

4. Penggunaan Air Biasa untuk Membersihkan

Menggunakan air biasa untuk membersihkan piringan cakram rem tidak hanya tidak cukup efektif, tetapi juga bisa memperburuk kondisi karat. Air biasa tidak mampu menghilangkan kotoran yang menempel pada permukaan piringan dengan efektif. Selain itu, jika air mengandung zat-zat kimia yang korosif seperti garam, dapat meningkatkan risiko korosi pada piringan.


5. Suhu Ekstrem

Paparan suhu ekstrem, baik panas maupun dingin dapat memengaruhi integritas material piringan cakram rem. Selain itu, perubahan suhu yang drastis dapat menyebabkan perubahan struktural pada logam piringan, yang pada akhirnya dapat mempercepat proses korosi.


6. Kualitas Piringan Cakram yang Buruk

Kadang-kadang, penyebab piringan cakram rem mobil berkarat bisa berasal dari kualitas material yang buruk atau cacat produksi. Piringan yang terbuat dari material yang kurang tahan terhadap korosi atau memiliki cacat produksi rentan terhadap karat bahkan dengan perawatan yang tepat.


Baca juga: Perbedaan Rem Tromol dan Rem Cakram


Dampak Karat pada Piringan Cakram Rem Mobil

Cakram mobil berkarat dapat menyebabkan sejumlah dampak negatif yang signifikan terhadap kinerja sistem rem dan keselamatan pengguna jalan. Berikut beberapa dampak yang timbul akibat karat pada piringan cakram rem.


1. Getaran saat Pengereman

Permukaan piringan cakram yang tidak rata akibat adanya karat bisa menyebabkan getaran saat pengereman. Getaran ini bisa dirasakan di pedal rem atau bahkan di kemudi, yang dapat mengganggu kontrol kendaraan. Getaran yang berlebihan juga dapat mengindikasikan adanya masalah serius pada sistem rem dan memerlukan perhatian segera.


2. Penurunan Daya Cengkeram Rem

Karat yang menumpuk pada piringan cagkeram rem dapat mengurangi daya rem. Hal tersebut membuat pengereman menjadi kurang efektif dan meningkatkan risiko kecelakaan, terutama dalam situasi pengereman mendadak atau pada jalan licin. Daya cengkeram rem yang berkurang juga dapat memperpanjang jarak pengereman, yang dapat menjadi faktor penting dalam menghindari tabrakan.


3. Kebisingan Saat Pengereman

Karat pada piringan cakram rem dapat menghasilkan suara decitan atau bunyi gesekan yang mengganggu saat melakukan pengereman. Kebisingan ini tidak hanya mengganggu bagi pengemudi dan penumpang, tetapi juga dapat menjadi tanda peringatan bahwa ada masalah pada sistem rem yang perlu segera ditangani. Mengabaikan kebisingan ini bisa berpotensi menyebabkan kerusakan lebih lanjut pada piringan cakram dan komponen lainnya.


Baca juga: 5 Penyebab Piston Rem Cakram Tidak Kembali


Cara Mengatasi Karat pada Piringan Cakram Rem Mobil

Ketika cakram mobil mulai menunjukkan tanda-tanda karat, penting untuk segera mengambil tindakan agar mencegah kerusakan lebih lanjut pada sistem rem. Berikut beberapa langkah yang dapat diambil untuk mengatasi karat pada piringan cakram rem mobil.


1. Pembersihan Teratur

Membersihkan piringan cakram secara teratur dengan pembersih khusus akan membantu menghilangkan debu, kotoran, dan residu lainnya yang dapat memicu terbentuknya karat. Untuk memaksimalkan pembersihannya, AutoFamily dapat menggunakan sikat yang lembut untuk membersihkan permukaan piringan secara menyeluruh, termasuk bagian dalam dan luar cakram.


2. Lakukan Perawatan Rutin

Lakukan perawatan secara berkala untuk mencegah terbentuknya karat pada piringan cakram. Ini termasuk pengecekan rutin dan pelumasan sistem rem oleh mekanik yang profesional. Dengan memastikan bahwa sistem rem berfungsi dengan baik, Anda dapat mengurangi risiko terkena karat dan memperpanjang umur pakai piringan cakram.


TEMUKAN INFORMASI LENGKAP TENTANG MOBIL TOYOTA BARU DENGAN MENGUNJUNGI AUTO2000 DIGIROOM!

3. Penyimpanan yang Tepat

Parkirkan mobil di tempat yang kering dan terlindung dari kelembapan untuk mengurangi risiko terkena karat. Hindari parkir mobil di daerah yang terkena paparan langsung sinar matahari atau di tempat yang lembap, seperti dekat dengan pantai atau sungai. Penyimpanan yang tepat akan membantu menjaga kondisi piringan cakram tetap baik dan mencegah terbentuknya karat.


4. Penggantian Piringan Cakram yang Tepat

Jika karat sudah telanjur parah dan tidak dapat diatasi dengan pembersih atau perawatan lainnya, segera ganti piringan cakram dengan yang baru dan berkualitas. Pastikan untuk memilih piringan cakram yang sesuai dengan spesifikasi mobil AutoFamily dan dipasang oleh mekanik yang terlatih.


Itulah penyebab piringan cakram rem mobil berkarat beserta cara untuk mengatasinya. Dari paparan air dan kualitas piringan cakram yang buruk, setiap faktor di atas dapat membantu Anda memahami risiko dan tindakan pencegahan yang dapat mesti diambil.


Mengingat pentingnya rem cakram yang harus berfungsi dengan baik, Anda perlu melakukan perawatan dan perbaikan secara teratur. Untuk itu, Auto2000 siap memberikan layanan perawatan dan perbaikan untuk kendaraan AutoFamily. Tidak perlu repot untuk menjadwalkan booking, karena cara booking service Toyota dapat dilakukan melalui Auto2000 Digiroom dengan mudah.


Jangan ragu untuk menghubungi kami dan menjadwalkan perawatan rutin jika mengalami masalah dengan sistem mobil Anda!

digiroom logo

AUTO2000 DIGIROOM

Dealer Toyota terbesar di Indonesia yang melayani jaringan jasa penjualan, perawatan, perbaikan dan penyediaan suku cadang Toyota yang terbesar di seluruh Indonesia.