Cancel

Mengenal Perbedaan Rem Tromol dan Rem Cakram

Kemajuan teknologi membawa efek positif untuk dunia otomotif. Terdapat banyak fitur baru dan teknologi yang berbeda di beberapa produksi mobil. Salah satunya adalah sistem pengereman. Ada dua jenis rem yang berbeda tapi memiliki keunggulan masing-masing, yakni rem tromol dan rem cakram. Sebenarnya apa saja perbedaan rem tromol dan rem cakram? Untuk lebih lengkap, simak rangkumannya untuk AutoFamily di bawah ini.
​​​​​​​

Cara Kerja Rem Tromol

Bisa dibilang rem tromol merupakan versi lebih lama dibandingkan rem cakram. Bisa dilihat dari cara kerjanya. Penggerak kampas rem ini berbentuk susunan tuas dan kawat baja. Agar kinerjanya optimal, perlu pelumasan secara teratur agar tidak macet.

Permukaan kampas rem tromol berupa lengkungan. Namun akibat gaya tekan tidak sebesar rem cakram, akhirnya kurva lengkungan kampas harus pas menempel di bagian lengkungan drum tromol. Dengan begini maka rem menjadi lebih pakem karena bidang gesek sudah pasti maksimal. 

Selain permasalahan usia pemakaian, ukuran drum tromol bisa berubah. Suatu saat, ada bagian drum tromol yang bisa habis. Diameternya bisa membesar hingga tak mampu ditampung oleh permukaan kampas rem. Jadi sekuat apa pun pedal rem Anda injak, masih tetap terasa blong. 

Kalau sudah begini, biaya penggantiannya lebih mahal daripada biaya ganti cakram. Permasalahan pasti bertambah kalau menggunakan velg castwheel yang drum tromol bersatu. Akhirnya Anda harus mengganti velg juga saat ingin mengganti drum tromol. Anda sebaiknya segera melakukan pengecekan rutin untuk rem tromol di layanan bengkel resmi Auto2000.
 

Cara Kerja Rem Cakram

Setelah mengenal rem tromol beserta perbandingannya, sekarang saatnya mengetahui cara kerja rem cakram. Untuk rem cakram, penggerak kampas terdiri dari piston, tuas, dan fluida berupa minyak rem. Dengan teknologi lebih modern, maka lebih bebas masalah karena pergesekan logam cenderung sedikit.

Rem cakram terbukti lebih pakem karena gaya yang diteruskan ke kampas mengalami pembesaran lebih besar jika dibandingkan dengan tromol. Permukaan kampas rem dan cakram sama-sama rata. Saat sudah mulai terkikis, permukaan keduanya akan tetap rata dan menempel secara optimal.

Kalau cakram sudah menipis, tingkat pengereman masih lebih kuat dibandingkan rem tromol. Anda tinggal menekan pedal rem lebih dalam saja. Walaupun masih tetap kuat, untuk menghindari masalah pada ke depannya, sebaiknya tetap diganti yang baru. 

Bagaimana dengan permasalahan penggantian yang ada di bagian rem tromol? Apakah harus tetap ganti velg juga? Tentu saja tidak. Jika Anda ingin mengganti cakram rem yang telah habis, tinggal membeli yang baru. Velg yang digunakan akan tetap sama. Inilah yang membuat rem cakram lebih menguntungkan dan hemat dibandingkan dengan rem tromol.

Sekarang AutoFamily sudah tahu apa saja perbedaan rem tromol dan rem cakram. Dari sisi manapun, rem cakram memang jauh lebih unggul berkat teknologi terbaru. Dari sisi ketahanan, kemudahan, dan keamanan, rem cakram lebih baik. Namun ingat, kalau perlu mengganti rem atau keluhan seperti rem mobil bunyi AutoFamily harus memilih bengkel resmi yang tepat. Auto2000 adalah jawaban terbaik saat ini.

Di dalam Auto2000 ada layanan purna jual Order Suku Cadang yang mudah untuk Anda dapatkan. Jadi AutoFamily bisa mendapatkan paket rem terbaru dengan lebih cepat. Proses pemasangan pun dilakukan oleh teknisi handal dan berpengalaman. Akhirnya mobil Toyota AutoFamily bisa digunakan sehari-hari dengan lebih aman. Yuk kunjungi Auto2000 Digiroom untuk informasi lebih lanjut.
 

PROMO MENARIK DI AUTO2000 DAPATKAN SEKARANG!

PROMO1  ​​​​​​ promo sehat toyotaku

lebih ringan cicil toyota corolla cross digiroom new normal deals

bayar setengah cicilan promo promo perkasa​​​​​​​ ​​​​​​​

promo new yaris promo spontan  ​​​​​​

promo spontan promo spontan

promo spontan​​​​​​​​​​​​​​

Share this article
Avatar

Auto2000 Digiroom

Dealer Toyota terbesar di Indonesia yang melayani jaringan jasa penjualan, perawatan, perbaikan dan penyediaan suku cadang Toyota yang tersebar di seluruh Indonesia.

Temui kami di Media Sosial
Promosi Lainnya
Promo Perawatan dan Body Paint Toyota - Servicetival Digiroom
Sudah di penghujung tahun 2021, sudah servis Toyota kamu belum? Auto2000 Digiroom punya Bonus Akhir Tahun untuk AutoFamily!

Dalam program Servicetival, AutoFamily bisa menikmati berbagai promo perawatan Toyota. Yuk catat jadwal promo di bawah ini:
04 November 2021
Promo - SUPER HERO EZ Deal
Mau punya mobil All New Avanza & Veloz tanpa perlu bayar mahal? Yuk, ikutan program SUPER HERO EZ Deal saja! Dengan program SUPER HERO EZ Deal, AutoFamily bisa mendapatkan mobil All New Avanza dengan cicilan hanya 2.9 Juta/ bulan* dan All New Veloz hanya dengan cicilan 3.5 juta/ bulan*!

Tak hanya itu, AutoFamily bisa langsung mendapatkan kepastian stock/ bebas inden lho. AutoFamily juga bisa mendapatkan hadiah Sharp Air Purifier setiap pembelian kredit melalui EZ Deal dan uang elektronik setiap pembelian EZ Deal melalui Auto2000 Digiroom. Tersedia juga program EZ Deal Syariah.

Yuk, segera miliki mobil impianmu di akhir tahun 2021 dengan mengisi formulir di bawah ini!

*Syarat dan ketentuan berlaku
16 November 2021
Promo - KINTO ONE Syariah
Menjelang akhir tahun 2021, saatnya AutoFamily merasakan sensasi berkendara mobil baru tanpa ribet lewat layanan Car Subscription Kinto. Dengan program KINTO ONE Syariah, AutoFamily bisa tenang mengendarai mobil baru bersama keluarga lho!

AutoFamily bisa bebas berkendara hanya dengan membayar biaya berlangganan mulai dari 2.7 jutaan/ bulan* untuk Toyota Calya, 4.8 jutaan/ bulan* untuk Toyota Avanza, 8.4 jutaan/ bulan* untuk Toyota Innova, dan beragam pilihan mobil lainnya!

Anda juga bisa bebas memilih mobil kesayangan Anda dan tersedia juga model mobil terbaru lho. Biaya di atas juga sudah termasuk servis, asuransi all in, dan perpanjangan STNK.

Urusan Toyota lebih mudah dengan Auto2000 Digiroom. *Syarat dan ketentuan berlaku
16 November 2021
Promo - DP Ringan All New Avanza & All New Veloz
Semakin mudah untuk miliki All New Avanza & All New Veloz yang baru saja rilis di Indonesia. Cukup dengan DP sebesar Rp 33.5 juta* saja, AutoFamily sudah bisa bawa pulang All New Avanza atau All New Veloz impian.

Selain itu, untuk setiap pembelian Toyota di Auto2000 Digiroom, AutoFamily akan mendapatkan hadiah langsung berupa Sharp Air Purifier* dan juga uang elektronik 500 ribu rupiah* untuk pembelian dengan paket kredit.

Jangan sampai ketinggalan! Buruan isi form di bawah ini dan tim Auto2000 akan segera menghubungi Anda.

Urusan Toyota lebih mudah dengan Auto2000 Digiroom. *syarat dan ketentuan berlaku
12 November 2021
Tanya TasiaBackground Lazy GIF