Cancel

Mengenal Perbedaan Rem Tromol dan Rem Cakram

Kemajuan teknologi membawa efek positif untuk dunia otomotif. Terdapat banyak fitur baru dan teknologi yang berbeda di beberapa produksi mobil. Salah satunya adalah sistem pengereman. Ada dua jenis rem yang berbeda tapi memiliki keunggulan masing-masing, yakni rem tromol dan cakram. Sebenarnya apa saja perbedaan rem tromol dan rem cakram? Untuk lebih lengkap tentang rem cakram dan rem tromol, simak rangkumannya untuk AutoFamily di bawah ini.

Cara Kerja Rem Tromol

Bisa dibilang rem tromol merupakan versi lebih lama dibandingkan rem cakram. Bisa dilihat dari cara kerjanya. Penggerak kampas rem ini berbentuk susunan tuas dan kawat baja. Agar sistem kerja tetap optimal, perlu pelumasan secara teratur agar tidak macet.

Permukaan kampas rem tromol berupa lengkungan. Namun akibat gaya tekan tidak sebesar rem cakram, akhirnya kurva lengkungan kampas harus pas menempel di bagian lengkungan drum tromol. Dengan begini maka rem menjadi lebih pakem karena bidang gesek sudah pasti maksimal. 

Baca juga: Alasan Perlunya Tune Up pada Mesin Mobil

Selain permasalahan usia pemakaian, ukuran drum tromol bisa berubah. Suatu saat, ada bagian drum tromol yang bisa habis. Diameternya bisa membesar hingga tak mampu ditampung oleh permukaan kampas rem. Jadi sekuat apa pun menginjak pedal rem Anda injak, masih tetap terasa blong. 

Kalau sudah begini, biaya penggantiannya lebih mahal daripada biaya ganti cakram. Permasalahan pasti bertambah kalau menggunakan velg castwheel yang drum tromol bersatu. Akhirnya Anda harus mengganti velg juga saat ingin mengganti drum tromol. Anda sebaiknya segera melakukan pengecekan rutin untuk rem tromol di layanan bengkel resmi Auto2000.

CEK DAFTAR HARGA TERBARU TOYOTA COROLLA CROSS HYBRID HANYA DI AUTO2000 DIGIROOM

Cara Kerja Rem Cakram

Setelah mengenal rem tromol beserta perbandingannya, sekarang saatnya mengetahui perbedaan rem cakram dan cara kerjanya. Untuk rem cakram, penggerak kampas terdiri dari piston, tuas, dan fluida berupa minyak rem. Dengan teknologi lebih modern, maka lebih bebas masalah karena pergesekan logam cenderung sedikit.

Kelebihan dari rem cakram adalah kemampuan menjepit cakram yang lebih pakem dalam proses pengereman. Hal ini karena gaya yang diteruskan ke kampas mengalami pembesaran lebih besar jika dibandingkan dengan tromol. Permukaan kampas rem dan piringan cakram sama-sama rata. Saat sudah mulai terkikis, permukaan keduanya akan tetap rata dan menempel secara optimal.

Kalau cakram sudah menipis, tingkat pengereman masih lebih kuat dibandingkan rem tromol. Anda tinggal menekan pedal rem lebih dalam saja. Walaupun masih tetap kuat, untuk menghindari masalah pada kendaraan ke depannya, sebaiknya tetap diganti dengan komponen yang baru. 

Baca juga: Sudah Menggunakan Rem Tangan Tapi Mobil Masih Bisa Jalan?

Bagaimana dengan permasalahan penggantian yang ada di bagian sistem rem tromol? Apakah harus tetap ganti velg juga? Tentu saja tidak. Jika Anda ingin mengganti cakram rem yang telah habis, tinggal membeli yang baru. Velg yang digunakan akan tetap sama. Inilah yang membuat rem cakram lebih menguntungkan dan hemat dibandingkan dengan rem tromol.

Sekarang AutoFamily sudah tahu apa saja perbedaan rem tromol dan rem cakram. Dari sisi manapun, rem cakram memang jauh lebih unggul berkat teknologi yang dimilikinya. Dari sisi ketahanan, kemudahan, dan keamanan, rem cakram lebih baik. Namun ingat, kalau perlu mengganti rem cakram dan tromol atau mengalami keluhan seperti rem mobil bunyi AutoFamily harus memilih bengkel resmi yang tepat. Auto2000 adalah jawaban terbaik saat ini.

Di dalam Auto2000 ada layanan purna jual Order Suku Cadang yang mudah untuk Anda dapatkan. Jadi AutoFamily bisa mendapatkan paket rem terbaru dengan lebih cepat. Proses pemasangan pun dilakukan oleh teknisi handal dan berpengalaman. Akhirnya mobil Toyota AutoFamily bisa digunakan sehari-hari dengan lebih aman.

Kemudian bagi AutoFamily yang berada di Lampung Utara, segera kunjungi salah satu cabang kita di Dealer Toyota Lampung Utara. Anda bisa melakukan servis, cek berbagai sparepart resmi, dan menemukan informasi seputar mobil-mobil Toyota. Jangan lupa juga kunjungi Auto2000 Digiroom untuk informasi lebih lanjut.

Baca Juga: Penyebab Lampu Rem Menyala Terus

Informasi dalam konten artikel ini dapat mengalami perubahan dan perbedaan, menyesuaikan dengan perkembangan, situasi, strategi bisnis, kemajuan teknologi dan kebijakan tertentu tanpa pemberitahuan terlebih dahulu.

Share this article
Avatar

Auto2000 Digiroom

Dealer Toyota terbesar di Indonesia yang melayani jaringan jasa penjualan, perawatan, perbaikan dan penyediaan suku cadang Toyota yang tersebar di seluruh Indonesia.

Temui kami di Media Sosial
Promosi Lainnya
Mobil Aman Tetap Prima dengan Promo Mantap
Hai AutoFamily!

Mobil lebih awet dan prima dengan promo Mobil Aman Tetap Prima dari Auto2000. Dapatkan diskon 10% untuk pembelian TMO Injector Cleaner melalui Auto2000 Digiroom. Dapatkan juga berbagai diskon suku cadang dan aksesoris hingga 30% selama bulan September ini.

Tunggu apa lagi? Dapatkan promo mantap dengan klik button di bawah ini.

Urusan Toyota lebih mudah dengan Auto2000 Digiroom.
01 September 2022
Promo September Ceria Bersama THS
Hai AutoFamily!

Servis mobil yang profesional dan terjamin seringkali sulit ditemukan dilokasi anda. Jangan khawatir, servis Toyota yang profesional, lengkap bahkan tanpa biaya kunjungan kini hadir di manapun lokasi Auto Family dengan layanan THS dari Auto2000.

Nikmati mudahnya servis dari lokasi Anda dengan program September Ceria bersama THS dari Auto2000. Dapatkan TMO Cabin Disinfectant secara Gratis untuk setiap Servis Berkala & ganti oli selama bulan September 2022. Selain itu AutoFamily juga masih bisa menggunakan fasilitas Free Check Up kendaraan via THS selama program ini berlangsung.

Yuk booking THS sekarang dan dapatkan promonya!
01 September 2022
Promo - Pengecekan Komponen Toyota Bali
Hai AutoFamily Bali!

Tak hanya kesehatan tubuh, kesehatan Toyota AutoFamily juga perlu dijaga lho agar selalu prima!

Beberapa komponen Toyota seperti aki (battery), kopling, shock absorber dan ban memiliki peran yang cukup vital. Dengan menyepelekan perawatan keempatnya akan merugikan diri sendiri lho!

Yuk, lakukan pengecekan komponen Toyota AutoFamily sekarang juga! Tersedia pengecekan GRATIS dan diskon part hingga 700 Ribu* loh.

Tunggu apalagi? Yuk, segera isi formulir di bawah ini dan tim Auto2000 akan segera menghubungi Anda untuk pengecekan komponen Toyotamu.

Urusan Toyota lebih mudah dengan Auto2000 Digiroom.
*Syarat dan ketentuan berlaku
12 September 2022
Hemat servisnya banyak untungnya
Jangan sampai ketinggalan perawatan hemat kendaraanmu dengan promo-promo istimewa bulan ini. Dapatkan diskon hingga 30% untuk jasa dan 15% untuk Sparepart saat melakukan pemesanan berbagai layanan servis di program Auto Sehat Hemat Servisnya, Banyak Untungnya. Dapatkan juga Oli TMO Synthetic secara Gratis setiap pemesanan servis berkala dan THS dengan menggunakan kode promo.*

Ini dia beberapa paket servis (kode promo) yang bisa AutoFamily gunakan:
- SEHATOLI → Free 1L Oli TMO Synthetic senilai Rp 101.000 untuk Pemesanan Servis Berkala atau pekerjaan Ganti Oli.
- SEHATKOPLING → Diskon Jasa 30% dan Part 15% untuk Pekerjaan Ganti Kopling.
- SEHATSHOCK → Diskon Jasa 30% dan Part 15% untuk Pekerjaan Ganti Shock Abs.
- SEHATAKI → Diskon Jasa 30% dan Part 10% untuk Pekerjaan Ganti Aki.
- SEHATBAN → Diskon Ban 10% untuk Pekerjaan Ganti Ban.
- SEHATBRAKE → Diskon Jasa 30% dan diskon Part 10% untuk Brake Pad dan Brake Shoe (Non-Servis Berkala).

Promo ini dapat didapatkan melalui :
1. Pemesanan melalui Website Auto2000 Digiroom, dengan mengisi form di bawah ini.


Urusan Toyota lebih mudah dengan Auto2000 Digiroom.
*Syarat dan ketentuan berlaku
01 Agustus 2022
Tanya TasiaBackground Lazy GIF