penyebab-karburator-banjir.jpg

Cek Penyebab Karburator Banjir di Bagian-Bagian Ini

Diterbitkan30 Mei 2023

Penyebab karburator banjir yang menjadi masalah pada mobil bensin ataupun diesel tentu sangat merugikan AutoFamily.

Nah, Toyota Kijang merupakan salah satu model ikonik dari pabrikan asal Jepang tersebut. Dengan bentuknya yang seolah timeless dan mampu memuat 7 penumpang, Toyota Kijang sudah sah sebagai salah satu mobil keluarga terbaik. Hingga kini popularitasnya masih tinggi karena kerap dicari versi bekasnya untuk menjadi mobil harian.

Namun tentu perlu pengecekan dari sisi mesin agar tidak terkena masalah berarti. Salah satunya adalah karburator banjir. Sebenarnya apa penyebab karburator banjir? Anda perlu mengecek beberapa bagian ini.

9 Penyebab Karburator Banjir

Kondisi karburator banjir sudah pasti membuat jumlah bensin yang masuk ke ruang bakar menjadi tidak ideal. Kalau sudah begini, mesin tidak akan mudah dinyalakan.

Sebelum itu, fungsi utama karburator adalah mencampurkan udara serta bahan bakar yang sesuai.

Ada beberapa bagian yang harus Anda cek karena mungkin menjadi penyebabnya. Karburator banjir ini terkadang jika dibiarkan bisa membuat mobil tiba-tiba mati saat jalan. Untuk, itu AutoFamily jangan menunda jika memang sudah ada kerusakan.

1. Karburator Rusak

Penyebab karburator banjir yang pertama adalah kerusakan di bagian tersebut. Kalau kondisinya memang sudah terlalu tua dan tidak mendapatkan perawatan optimal, maka sudah pasti rusak. Korosi dan kotoran yang sudah berkerak menjadi faktor utama. Mau tidak mau Anda harus mengganti karburator yang sudah rusak dengan yang baru.

2. Pelampung Bocor

Kalau kondisi karburator masih bagus, coba cek bagian pelampung yang berfungsi untuk menutup saluran bensin ketika suplai sudah penuh. Bisa saja bagian yang memiliki sistem buka tutup ini sudah bocor. Ketika sudah bocor, maka jarum pelampung tidak mampu menutup saluran aliran bensin. Akhirnya bahan bakar terus mengalir hingga membuat karburator banjir.

Baca juga: Arti Kode Oli yang Umum di Dunia Otomotif

3. Setelan Pelampung Lebih Tinggi

Pemasangan pelampung yang tidak tepat akan membuat karburator banjir. Bahkan tidak mampu bekerja untuk menggerakan jarum pelampung. Anda sebaiknya langsung melakukan servis karburator agar masalah ini cepat selesai.

4. Jarum Pelampung Kotor

Karburator Toyota Kijang versi lawas memang harus dicek secara mendalam kalau mau mencari sumber masalah ini. Coba perhatikan kondisi jarum pelampung. Apakah kotor atau tidak. Jika memang kotor, maka jarum tidak bisa bekerja secara optimal. Sebaiknya segera bersihkan jarum tersebut. Kalau mau, ganti saja dengan yang baru.

5. Perakitan Karburator Ternyata Salah

Kondisi mobil bekas memang bisa berbagai macam. Jika karburator sudah pernah diganti tapi malah muncul masalah banjir, bisa jadi ada kesalahan saat perakitan.

Masalah ini tentu tidak bisa dipandang sebelah mata. Karburator adalah sistem penting dalam mobil. Kalau ada kesalahan perakitan, seperti pelampung karburator yang terjepit, maka sudah pasti menimbulkan masalah.

Terjadinya banjir pada karburator dapat dicegah dengan merakit karburator dengan benar. Pastikan untuk membawa kendaraan Anda ke tempat servis terpercaya agar tidak terjadi kesalahan.

6. Selang Pembuangan Sudah Rusak

Selain itu ada penyebab lain yang bisa membuat karburator banjir seperti selang pembuangan yang sudah rusak. Kalau selang ini tidak bekerja dengan baik, maka bahan bakar justru keluar melalui lubang pembakaran. Akhirnya karburator menjadi banjir karena terlalu banyak bahan bakar yang masuk.

Baca juga:Inilah Fungsi Throttle Body Mobil

7. Spring Needle Valve Patah

Per ini ada di jarum pelampung karburator. Kalau komponen ini telah patah, maka jarum pelampung tidak bisa menutup rapat saluran bahan bakar. Apa yang terjadi? Karburator pasti kebanjiran.

8. Jarung Pelampung Sudah Aus

Inilah bagian yang penting karena menjadi penyumbat jalannya aliran bahan bakar ke ruang bakar. Ketika jarum pelampung sudah aus, maka tidak akan kontrol yang tepat untuk jumlah bahan bakar ke dalam ruang pembakaran.

9. Seal Mangkok Karburator yang Sudah Mengeras

Salah satu penyebab karburator banjir yang terakhir adalah mengerasnya seal mangkok karburator. Karet seal ini terletak di tengah, dan fungsi dari karet seal ini adalah untuk menutup bak karburator agar bensin tidak keluar.

Rembesan bensin akan muncul apabila seal sudah tidak dapat menutup karborator dengan benar. Rembesan bensin yang muncul menandakan bak karburator yang bocor, sehingga seal harus diganti dengan yang baru.

Baca juga:Etika dan Cara Penggunaan Lampu Hazard Yang Benar

Jadi sekarang AutoFamily harus memperhatikan dengan benar kondisi karburator Toyota Kijang lawas yang dimiliki. Namun untuk mendapatkan hasil yang lebih optimal, tinggal bawa mobil klasik tersebut ke Auto2000 sebagai solusinya.

Sebagai bengkel resmi Toyota, mobil AutoFamily akan dicek dari segala sisi sehingga bisa kembali prima saat digunakan. Ada pula fitur Booking Servis agar AutoFamily mendapatkan jadwal kedatangan yang sesuai.

Dapatkan berbagai penawaran mobil Toyota baru dengan harga menarik sekarang di Auto2000 Digiroom!

Informasi dalam konten artikel ini dapat mengalami perubahan dan perbedaan, menyesuaikan dengan perkembangan, situasi, strategi bisnis, kemajuan teknologi dan kebijakan tertentu tanpa pemberitahuan terlebih dahulu.

digiroom logo

AUTO2000 DIGIROOM

Dealer Toyota terbesar di Indonesia yang melayani jaringan jasa penjualan, perawatan, perbaikan dan penyediaan suku cadang Toyota yang terbesar di seluruh Indonesia.