Cancel

6 Fungsi Karburator Mobil Berdasarkan Komponennya

Fungsi karburator mobil sendiri memang cukup vital pada mobil. Tugas utamanya adalah mengumpulkan dan kemudian mencampurkan udara serta bahan bakar kendaraan, yang nantinya digunakan untuk mesin pembakaran bagian dalam.

Meski kini sudah ada kontrol elektronik pada mobil-mobil yang menggunakan sistem injeksi bahan bakar, karburator masih digunakan beberapa mobil berbahan bakar bensin.

Agar lebih memahami tentang fungsi karburator mobil serta komponen-komponen penyusunnya, mari simak penjelasannya berikut. 

Mengenal Macam dan Fugsi Kaburator Mobil

Karburator pada mesin mobil tersusun atas beberapa komponen. Tanpa adanya komponen-komponen ini, karburator tidak akan bisa berfungsi sebagaimana mestinya.

1. Ruang bakar (float chamber)

Komponen pertama adalah ruang bakar atau float chamber. Fungsinya jelas, sebagai ruang pembakaran bahan bakar dan udara pada mobil. Dengan adanya komponen ini, maka fungsi karburator mobil yang utama adalah sebagai mekanisme pembakaran bahan bakar pada mobil. Letaknya ada di kepala silinder

Pada ruang bakar, bahan bakar mobil (biasanya bensin) akan dicampurkan dengan udara yang telah terkompresi melalui piston (torak) di dalam silinder. Setelah kedua material tersebut tercampur, maka proses pembakaran pun dimulai.

2. Pelampung (floater)

Komponen penyusun karburator mobil selanjutnya adalah pelampung atau floater. Ukurannya sangat kecil, namun perannya amat vital. 

Kinerja pelampung sangat bergantung pada tinggi rendahnya level bahan bakar kendaraan. Dengan adanya pelampung, maka level ketinggian bahan bakar kendaraan pun bisa tetap stabil. 

3. Choke valve

Berikutnya ada choke valve. Fungsi choke valve adalah menambah jumlah campuran bahan bakar. Dengan begitu, mobil pun lebih mudah untuk dihidupkan kembali. 

Komponen ini sangat penting pada mobil yang jarang dihidupkan atau selalu dalam keadaan dingin. Gunakan choke valve untuk menghidupkan kendaraan yang lama tidak digunakan. Setelah mesin berhasil nyala, segera kembalikan choke valve pada posisi semula.

Baca juga: 5 Ciri-Ciri Kompresor AC Mobil Kurang Oli

4. Throttle valve

Throttle valve, atau kadang disebut sebagai piston valve, adalah komponen penyusun karburator mobil yang bertugas mengendalikan jumlah campuran udara yang masuk ke ruang bakar. 

Komponen throttle valve bekerja beriringan dengan komponen main jet. Saat throttle valve terbuka, main jet pun akan terbuka. Maka, tidak mengherankan jika kedua komponen tersebut sering disebut sebagai suatu kesatuan. 

5. Main jet

Inilah komponen yang menjadi “partner” dari throttle valve. Pada dasarnya, fungsi dari main jet adalah mengatur seberapa banyak bahan bakar kendaraan yang akan disalurkan ke ruang bakar. Bahan bakar tersebut kemudian akan dicampur dengan udara yang disalurkan oleh throttle valve. 

Bentuknya seperti kerucut terbalik; semakin ke bawah, semakin lancip. Saat Anda menekan pedal gas, maka main jet ini akan terangkat. Jumlah bahan bakar kendaraan yang masuk ke ruang bakar pun semakin besar. Mobil jadi bisa melaju lebih cepat.

6. Slow jet

Selain main jet, karburator mobil juga memiliki komponen slow jet. Fungsi dari slow jet adalah memasok bahan bakar kendaraan serta udara bersih saat mobil sedang dalam kondisi idle atau mati.

Dengan begitu, mobil bisa tetap dihidupkan kembali nanti. Bentuk slow jet mirip lubang kecil. Letaknya tepat di bagian depan karburator.

Baca juga: 5 Ciri- Ciri Thermostat Mobil Rusak Dan Cara Mudah Mengatasinya

Lakukan Perawatan Komponen Karburator Mobil Di Auto2000

Itulah pembahasan mengenai komponen serta fungsi karburator mobil. Komponen yang satu ini amat vital perannya pada kendaraan. Untuk itu, pastikan AutoFamily melakukan pengecekan karburator secara berkala. 

Ingin perawatan karburator yang lebih profesional dan tepercaya untuk mobil Toyota Anda? Auto2000 siap membantu Anda melalui layanan bengkel Auto2000. Segera Booking Service Auto2000. Pastikan kamu sudah cek cabang Auto2000 terdekat di wilayahmu.

Nikmati berbagai promosi dan hot deals dari mobil Toyota Fortuner di Auto2000 Digiroom. Jangan lewatkan berbagai penawaran menarik untuk Toyota Kijang Innova, mobil MPV pilihan Anda di Auto2000 Digiroom

Share this article
Avatar

Auto2000 Digiroom

Dealer Toyota terbesar di Indonesia yang melayani jaringan jasa penjualan, perawatan, perbaikan dan penyediaan suku cadang Toyota yang tersebar di seluruh Indonesia.

Temui kami di Media Sosial
Promosi Lainnya
Mobil Aman Tetap Prima dengan Promo Mantap
Hai AutoFamily!

Mobil lebih awet dan prima dengan promo Mobil Aman Tetap Prima dari Auto2000. Dapatkan diskon 10% untuk pembelian TMO Injector Cleaner melalui Auto2000 Digiroom. Dapatkan juga berbagai diskon suku cadang dan aksesoris hingga 30% selama bulan September ini.

Tunggu apa lagi? Dapatkan promo mantap dengan klik button di bawah ini.

Urusan Toyota lebih mudah dengan Auto2000 Digiroom.
01 September 2022
Promo September Ceria Bersama THS
Hai AutoFamily!

Servis mobil yang profesional dan terjamin seringkali sulit ditemukan dilokasi anda. Jangan khawatir, servis Toyota yang profesional, lengkap bahkan tanpa biaya kunjungan kini hadir di manapun lokasi Auto Family dengan layanan THS dari Auto2000.

Nikmati mudahnya servis dari lokasi Anda dengan program September Ceria bersama THS dari Auto2000. Dapatkan TMO Cabin Disinfectant secara Gratis untuk setiap Servis Berkala & ganti oli selama bulan September 2022. Selain itu AutoFamily juga masih bisa menggunakan fasilitas Free Check Up kendaraan via THS selama program ini berlangsung.

Yuk booking THS sekarang dan dapatkan promonya!
01 September 2022
Promo - Pengecekan Komponen Toyota Bali
Hai AutoFamily Bali!

Tak hanya kesehatan tubuh, kesehatan Toyota AutoFamily juga perlu dijaga lho agar selalu prima!

Beberapa komponen Toyota seperti aki (battery), kopling, shock absorber dan ban memiliki peran yang cukup vital. Dengan menyepelekan perawatan keempatnya akan merugikan diri sendiri lho!

Yuk, lakukan pengecekan komponen Toyota AutoFamily sekarang juga! Tersedia pengecekan GRATIS dan diskon part hingga 700 Ribu* loh.

Tunggu apalagi? Yuk, segera isi formulir di bawah ini dan tim Auto2000 akan segera menghubungi Anda untuk pengecekan komponen Toyotamu.

Urusan Toyota lebih mudah dengan Auto2000 Digiroom.
*Syarat dan ketentuan berlaku
12 September 2022
Hemat servisnya banyak untungnya
Jangan sampai ketinggalan perawatan hemat kendaraanmu dengan promo-promo istimewa bulan ini. Dapatkan diskon hingga 30% untuk jasa dan 15% untuk Sparepart saat melakukan pemesanan berbagai layanan servis di program Auto Sehat Hemat Servisnya, Banyak Untungnya. Dapatkan juga Oli TMO Synthetic secara Gratis setiap pemesanan servis berkala dan THS dengan menggunakan kode promo.*

Ini dia beberapa paket servis (kode promo) yang bisa AutoFamily gunakan:
- SEHATOLI → Free 1L Oli TMO Synthetic senilai Rp 101.000 untuk Pemesanan Servis Berkala atau pekerjaan Ganti Oli.
- SEHATKOPLING → Diskon Jasa 30% dan Part 15% untuk Pekerjaan Ganti Kopling.
- SEHATSHOCK → Diskon Jasa 30% dan Part 15% untuk Pekerjaan Ganti Shock Abs.
- SEHATAKI → Diskon Jasa 30% dan Part 10% untuk Pekerjaan Ganti Aki.
- SEHATBAN → Diskon Ban 10% untuk Pekerjaan Ganti Ban.
- SEHATBRAKE → Diskon Jasa 30% dan diskon Part 10% untuk Brake Pad dan Brake Shoe (Non-Servis Berkala).

Promo ini dapat didapatkan melalui :
1. Pemesanan melalui Website Auto2000 Digiroom, dengan mengisi form di bawah ini.


Urusan Toyota lebih mudah dengan Auto2000 Digiroom.
*Syarat dan ketentuan berlaku
01 Agustus 2022
Tanya TasiaBackground Lazy GIF